Ringkasan Mingguan

  • Umum


    Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan

    KSDAL Permata Sakti

    Selamat datang di kuliah daring Konservasi Sumber Daya Alam Kelas Permata Sakti Tahun Akademik 2020/2021

    Matakuliah ini membahas tentang:

    1) Ruang lingkup konservasi yang meliputi: Pengertian, tujuan, manfaat dan upaya-upaya konservasi sumber daya alam dan lingkungan (SDAL);

    2) Etika lingkungan yang meliputi: Pengertian, Paradigma, dan Prinsip-prinsip Etika Lingkungan;

    3) Sumber daya alam yang meliputi: Pengertian, jenis-jenis dan manfaat Sumber Daya Alam;

    4) Kearifan lokal yang meliputi: Pengertian, pendekatan, tantangan dan kearifan lokal dalam kehidupan masyarakat di masa yang akan datang;

    5) Pengelolaan dan permasalahan sumber daya alam dan lingkungan yang meliputi: isu-isu, permasalahan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan;

    6) Sadar konservasi yang meliputi, kesadaran pentingnya konservasi sumber daya alam dan lingkungan, eco campus dan kampus konservasi.

    7). Regulasi Konservasi sumber Daya Alam dan Lingkungan

    Kegiatan perkuliahan dilakukan secara student center dengan diskusi, observasi, tugas proyek, dan presentasi dengan mengembangkan karakteristik ecopreneurship .


    Capaian pembelajaran

    1. Memiliki penguasaan tentang prinsip-prinsip konservasi, sumber daya alam, dan lingkungan. (PLO1 - pengetahuan )

    2. Menguasai konsep aplikasi KSDAL dan teknologi yang relevan dalam pengelolaan SDA dan lingkungannya. (PLO2 - pengetahuan )

    3. Memiliki kemampuan belajar sepanjang hayat yang diwujudkan dalam kemampuan meningkatkan pengetahuan tentang KSDAL dan dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. (PLO4 - kompetensi umum )

    4. Mampu memecahkan masalah di masyarakat dalam upaya mengaplikasikan pengetahuan KSDAL. (PLO7 - kompetensi khusus )

    5. Mampu mewujudkan karakter mandiri, dan peduli lingkungan melalui perkuliahan KSDAL untuk mengembangkan ecopreneurship . (PLO 9- kompetensi khusus )

    --------------------------------------------------------------------------

    Referensi    :          

    Cluras, D. D. and Reganold, J.P.  2010.  Natural Resources Conservation Future. Washington: Washington State University.

    Hamzah, S. 2010. Pendidikan Lingkungan. Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: PT RefikaAditama.

    Indrawan, M; Primack, R.B; Supriatna, J. 2007. Biologi Konservasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

    Iskandar, Z.I. 2012. Psikologi Lingkungan. Teori dan Konsep. Bandung: PT Refika Aditama.

    Keraf, A.S. 2010. Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Penerbit BukuKompas.

    Marfai, M.A. 2013. Pengantar Etika Lingkungan dan Karifan Lokal. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

    Mitchell, B; Setiawan, B; Rahmi, D.H. Pengelolaan Sumber daya dan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

    Suparmoko, M. 2013. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Suatu Pendekatan Teoritis. Yogyakarta: BPF.

    Van Dyke, F. 1993. Conservation Biology. Boston: University of Arkansas, Inc.

    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Silahkan mempelajari RPS terlampir sebagai dasar mengikuti perkuliahan Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan

    Sebelum mempelajari lebih mendalam terkait Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan silahkan menyaksikan video terlampir



       Pelajari buku ajar digital Konservasi Sumber Daya Alam (Faizah dkk., 2017)

    Buku Ajar   

    Matakuliah KSDAL juga dilengkapi dengan video Augmented Reality yang akan membantu mahasiswa seperti belajar langsung di alam terbuka dengan memaksimalkan penggunaan aplikasi animasi 3D

    oke

    oke 2

    Selamat Belajar..Semangat Berproses...Salam Konservasi


  • Pertemuan 1. Ruang lingkup konservasi

    Kemampuan akhir: Mengusulkan gagasan kreatif dalam memecahkan masalah lingkungan secara umum

    Indikator
    1. Menganalisis latar belakang konservasi sumber daya alam dan lingkungan
    2. Mendeskripsikan pengertian, tujuan, dan manfaat konservasi
    3. Mendeskripsikan upaya konservasi sumber daya alam dan lingkungan

                                 Bab 1

    Tujuan pembelajaran hari ini yaitu

                                 Tujuan  


    Forum: 2Basis data: 1Penugasan: 1
  • Pertemuan 2. Upaya-upaya konservasi sumber daya alam dan lingkungan

    Kemampuan akhir: Mengusulkan gagasan kreatif dalam memecahkan masalah lingkungan secara umum

    Indikator
    Mengusulkan gagasan tertulis terkait upaya-upaya konservasi sumber daya alam
    Mempresentasikan artikel ilmiah terkait studi kasus sumber daya alam dan lingkungan
    Penugasan: 2Forum: 1
  • Pertemuan 3. Etika lingkungan

    Kemampuan akhir: Menerapkan prinsip-prinsip etika lingkungan dalam kehidupan

    Indikator
    Menjelaskan etika lingkungan,
    Mendeskripsikan prinsip-prinsip etika lingkungan.
    Menuliskan contoh etika lingkungan

    etika 
    Forum: 3Obrolan: 1Penugasan: 1
  • Pertemuan 4. Etika Lingkungan

    Kemampuan akhir: Menerapkan prinsip-prinsip etika lingkungan dalam kehidupan melalui observasi di lingkungan sekitar

    Indikator
    Mengusulkan gagasan tertulis terkait pentingnya etika lingkungan dalam konservasi sumber daya alam melalui penyelesaian studi kasus
    Penugasan: 1Forum: 1
  • Pertemuan 5. Sumber daya alam

    Kemampuan akhir: Mengembangkan gagasan yang efektif untuk mengatasi permasalahan SDA dan lingkungan.

    Indikator
    Menjelaskan pengertian sumber daya alam
    Mengklasifikasi jenis-jenis sumber daya alam

    SDA 
    Forum: 2Obrolan: 1Penugasan: 1
  • Pertemuan 6. Sumber daya alam

    Kemampuan akhir: Mengembangkan gagasan yang efektif untuk mengatasi permasalahan SDA dan lingkungan melalui observasi yang dituangkan dalam artikel ilmiah

    Indikator
    1. Memaparkan jenis –jenis sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar mahasiswa dalam bentuk artikel ilmiah
    2. Mengklasifikasikan jenis-jenis SDA yang ada di lingkungan sekitar mahasiswa

    Penugasan: 2
  • Pertemuan 7. Kearifan lokal

    Kemampuan akhir: Mengembangkan gagasan yang sistematis untuk melestarikan kearifan lokal masyarakat

    Indikator
    Menjelaskan definisi, pendekatan dan tantangan kearifan lokal
    Menganalisis budaya dan kearifan lokal Indonesia yang menunjang konservasi

    Kearifan Lokal

       Tujuan pembelajaran hari ini yaitu

    Tujuan           

    Anda bisa memperdalam konsep pemahaman materi Kearifan Lokal pada flipbook yang telah diunggah di home awal matakuliah Konservasi Sumber Daya Alam

    Obrolan: 1Basis data: 1Penugasan: 1
  • Pertemuan 8. Ujian Tengah Semester

    Selamat mengerjakan UTS secara jujur dan bertanggung jawab

    Kuis: 1
  • Pertemuan 9. Kearifan Lokal

    Kemampuan akhir: Mengembangkan gagasan yang sistematis untuk melestarikan kearifan lokal masyarakat

    Indikator
    Mengusulkan usaha untuk meningkatkan peran kearifan lokal yang menunjang konservasi
    Mempresentasikan kearifan lokal yang sudah dikembangkan dalam bentuk artikel ilmiah
    Forum: 1
  • Pertemuan 10. Permasalahan Pengelolaan Sumber Daya Alam

    Kemampuan akhir: Mengembangkan gagasan pengelolaan SDA dan lingkungan yang efektif sesuai dengan prinsip pengelolaan SDA

    Indikator

    Mengembangkan gagasan pengelolaan SDA dan lingkungan yang efektif sesuai dengan prinsip pengelolaan SDA melalui presentasi hasil observasi
    Tujuan Pembelajaran kita hari ini yaitu:
    1.Mendeskripsikan permasalahan yang terjadi terkait dengan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan
    2.Menganalisis lingkup permasalahan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan
    3.Menganalisis faktor yang mempengaruhi terjadinya permasalahan sumber daya alam dan lingkungan
    4.Menganalisis upaya pengelolaan yang telah dilakukan untuk mengatasi masalah SDA oleh berbagai pihak (Pemerintah, LSm, akademisi dan masyarakat)
    5.Membuat gagasan solusi yang bisa dilakukan untuk penyelesaian permasalahan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan

    Forum: 1Obrolan: 1
  • Pertemuan 11. Pengelolaan dan permasalahan sumber daya alam dan lingkungan

    Kemampuan akhir: Mengembangkan gagasan yang efektif sesuai dengan prinsip pengelolaan SDA dan lingkungan

    Indikator
    Mendeskripsikan contoh masalah SDAL yang terjadi di masyarakat.

    Mendeskripsikan contoh pengelolaan SDAL yang terjadi di masyarakat.
    Pengelolaan
    Forum: 2Berkas: 1Obrolan: 1Penugasan: 1
  • Pertemuan 12. Tingkat keanekaragaman hayati (komunitas/ habitat, jenis, genetik) dan usaha konservasi-nya

    Kemampuan akhir: Memahami prinsip-prinsip konservasi secara global dan lokal.

    Indikator
    Menguasai prinsip-prinsip konservasi SDAL secara global

    KOnservasi SDAL

    Tujuan
    Forum: 1Obrolan: 6Basis data: 1Penugasan: 1
  • Pertemuan 13. Sadar Konservasi

    Kemampuan akhir: Berperan aktif dalam gerakan eco campus Unesa

    Indikator
    Menganalisis pelaksanaan eco campus dan memberikan masukan untuk peningkatan kegiatan eco campus.

    1
    Forum: 2Penugasan: 1
  • Pertemuan 14. Diskusi Ecocampus

    Kemampuan akhir: Mampu memaparkan hasil observasi kegiatan Ecocampus di lingkungan kampus masing-masing

    Indikator
    Mendeskripsikan hasil observasi kegiatan Ecocampus di lingkungannya masing-masing melalui diskusi forum


    Forum: 1
  • Pertemuan 15. Regulasi Hukum Lingkungan

    Kemampuan akhir: memahami karakteristik hukum konservasi sumber daya alam dan lingkungan hidup.

    Indikator
    1. Memiliki pemahaman mengenai karakteristik hukum konservasi sumber daya alam dan lingkungan hidup.
    2. Memiliki pemahaman mengenai mekanisme penyelesaian sengketa yang berkaitan dengan hukum konservasi sumber daya alam dan lingkungan hidup.
                                      2

    Basis data: 1