• General


    Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan

    KSDAL Permata Sakti

    Selamat datang di kuliah daring Konservasi Sumber Daya Alam Kelas Permata Sakti Tahun Akademik 2020/2021

    Matakuliah ini membahas tentang:

    1) Ruang lingkup konservasi yang meliputi: Pengertian, tujuan, manfaat dan upaya-upaya konservasi sumber daya alam dan lingkungan (SDAL);

    2) Etika lingkungan yang meliputi: Pengertian, Paradigma, dan Prinsip-prinsip Etika Lingkungan;

    3) Sumber daya alam yang meliputi: Pengertian, jenis-jenis dan manfaat Sumber Daya Alam;

    4) Kearifan lokal yang meliputi: Pengertian, pendekatan, tantangan dan kearifan lokal dalam kehidupan masyarakat di masa yang akan datang;

    5) Pengelolaan dan permasalahan sumber daya alam dan lingkungan yang meliputi: isu-isu, permasalahan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan;

    6) Sadar konservasi yang meliputi, kesadaran pentingnya konservasi sumber daya alam dan lingkungan, eco campus dan kampus konservasi.

    7). Regulasi Konservasi sumber Daya Alam dan Lingkungan

    Kegiatan perkuliahan dilakukan secara student center dengan diskusi, observasi, tugas proyek, dan presentasi dengan mengembangkan karakteristik ecopreneurship .


    Capaian pembelajaran

    1. Memiliki penguasaan tentang prinsip-prinsip konservasi, sumber daya alam, dan lingkungan. (PLO1 - pengetahuan )

    2. Menguasai konsep aplikasi KSDAL dan teknologi yang relevan dalam pengelolaan SDA dan lingkungannya. (PLO2 - pengetahuan )

    3. Memiliki kemampuan belajar sepanjang hayat yang diwujudkan dalam kemampuan meningkatkan pengetahuan tentang KSDAL dan dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. (PLO4 - kompetensi umum )

    4. Mampu memecahkan masalah di masyarakat dalam upaya mengaplikasikan pengetahuan KSDAL. (PLO7 - kompetensi khusus )

    5. Mampu mewujudkan karakter mandiri, dan peduli lingkungan melalui perkuliahan KSDAL untuk mengembangkan ecopreneurship . (PLO 9- kompetensi khusus )

    --------------------------------------------------------------------------

    Referensi    :          

    Cluras, D. D. and Reganold, J.P.  2010.  Natural Resources Conservation Future. Washington: Washington State University.

    Hamzah, S. 2010. Pendidikan Lingkungan. Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: PT RefikaAditama.

    Indrawan, M; Primack, R.B; Supriatna, J. 2007. Biologi Konservasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

    Iskandar, Z.I. 2012. Psikologi Lingkungan. Teori dan Konsep. Bandung: PT Refika Aditama.

    Keraf, A.S. 2010. Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Penerbit BukuKompas.

    Marfai, M.A. 2013. Pengantar Etika Lingkungan dan Karifan Lokal. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

    Mitchell, B; Setiawan, B; Rahmi, D.H. Pengelolaan Sumber daya dan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

    Suparmoko, M. 2013. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Suatu Pendekatan Teoritis. Yogyakarta: BPF.

    Van Dyke, F. 1993. Conservation Biology. Boston: University of Arkansas, Inc.

    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Silahkan mempelajari RPS terlampir sebagai dasar mengikuti perkuliahan Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan

    Sebelum mempelajari lebih mendalam terkait Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan silahkan menyaksikan video terlampir



       Pelajari buku ajar digital Konservasi Sumber Daya Alam (Faizah dkk., 2017)

    Buku Ajar   

    Matakuliah KSDAL juga dilengkapi dengan video Augmented Reality yang akan membantu mahasiswa seperti belajar langsung di alam terbuka dengan memaksimalkan penggunaan aplikasi animasi 3D

    oke

    oke 2

    Selamat Belajar..Semangat Berproses...Salam Konservasi


Pertemuan 15. Regulasi Hukum Lingkungan