General
- SELAMAT DATANG KOMUNIKASI BISNIS Prodi Ilmu KomunikasiSemester Ganjil 2015/2016 - 2 SKS
Dosen: Zulaeha Laisa, M.SiSelamat datang mahasiswa yang telah mendaftar pada matakuliah Komunikasi Bisnis. Anda akan mengikuti mata kuliah ini selama satu semester yang terdiri dari 10 Topik beserta aktivitasnya. Agar bisa lulus matakuliah ini, anda harus mengikuti semua aktivitas yang telah dirancang dalam setiap babak.
Profil Dosen:ZULAEHA LAISA, M.Si
email : zulaeha@ung.ac.id
HP : 081321200274
bLog : http://dosen.ung.ac.id/zulaeha+
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah Komunikasi Bisnis, merupakan mata kuliah aplikatif. Namun sebelum memahami lebih lanjut tentang Konsep Dasar Komunikasi Bisnis yang diterapkan dalam kegiatan bisnis, mahasiswa terlebih dahulu harus memahami mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi dan Teori-Teori Komunikasi.
Mata kuliah ini membahas secara rinci dan detail tentang berbagai konsep dasar, fungsi komunikasi dalam dunia bisnis dan komunikasi antar budaya dalam bisnis. Selain itu, dibahas pula bagaimana merencanakan dan menyusun pesan bisnis, bagaimana menulis korespondensi bisnis, wawancara kerja, komunikasi dalam kelopok kecil dan rapat, pembuatan proposal bisnis, penggunaan teknologi komunikasi dan presentasi dalam bisnis.Capaian Pembelajaran (Kompetensi MK):
Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat:
- Memahami Konsep-konsep Kombis dan ruang lingkupnya
- memahami Komunikasi antar Budaya dalam bisnis
- Membuat pesan bisnis
- Membuat Korespondensi Bisnis
- Menyusun dan melakukan wawancara kerja
- Melakukan Komunikasi dalam kelompok kecil dan rapat
- Menyusun Proposal Bisnis
- Memanfaatkan Teknologi dalam Kegiatan Komunikasi Bisnis
- Melakukan Presentasi Bisnis
Cara Belajar:
Setiap minggu Anda harus mendownload dan mempelajari bahan ajar baik berupa slide PowerPoint maupun bahan pengayaan lain serta mengerjakan berbagai aktivitas. Aktivitas dari minggu ke minggu bisa berbeda yakni antara lain: perkenalan, diskusi, refleksi, Quiz, Tugas, Chat dan lain-lain. Pada saat praktikum, kerjakan aktivitas praktikum sesuai yang direncanakan pada minggu yang bersangkutan.
Cara Penilaian:
- Partisipasi dalam aktivitas: 40%
- Tugas/Quiz : 20%
- UTS : 20%
- UAS : 20%
Peta Kompetensi:
Daftar Referensi:
- Curtis, Dan B., James J. Floyd., Jerry L. Winsor. Komunikasi Bisnis dan Profesional Cetakan : IV, Remaja Rosdakarya. Bandung. Mei 2000
- Dewi, Sutrisna. Komunikasi Bisnis ed. 1, Andi Offset, Yogyakarta, 2007.
- Effendi, Onong Uchjana. Prof.,Drs.,M.A., Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Remaja Karya Bandung. 1986
- Maryani, Sri., Dra., M.Si., Komunikasi Bisnis, UPP AMP YKPN, Yogyakarta. 2001
- Machfoedz, Mahmud. Dasar-dasar Komunikasi Bisnis ed. 1 cet. 1.+ UPP AMP YKDN. Yogyakarta. 2002.
- Mulyana, Deddy. Prof. H. M.A., Ph.D. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya Bandung. 2007
- Purwanto, Djoko. Drs., MBA., Komunikasi Bisnis: Erlangga. Jakarta 2003.
- Sendjaja, Sasa Djuarsa,. Materi Pokok Pengantar Komunikasi IKOM4130 --cet. 6.-- Universitas Terbuka Jakarta. 2003
- Subarna, Tatang., Materi Pokok Komunikasi Bisnis SKOM4432.-- cet. 6.-- Universitas Terbuka. Jakarta. 2003