Weekly outline

  • General

  • Topik 1 : Penjelasan Matakuliah

    1. Penjelasan umum kontrak perkuliahan dan materi secara keseluruhan
    2. Perkenalan setiap mahasiswa

    Kontrak Perkuliahan

    Ruang lingkup komunikasi dan komunikasi bisnis :
    1. Hakikat, definisi dan konteks Komunikasi
    2. Prinsip-prinsip dasar berkomunikasi
    3. Pengertian-pengertian Komunikasi Bisnis

  • Topik 2 : Komunikasi Dalam Bisnis

    Materi yang di bahas pada babak ini adalah

    1. konsep-konsep komunikasi dalam bisnis,
    2. komunikasi internal dan komunikasi eksternal
    3. etika komunikasi
    4. hambatan komunikasi dalam organisasi.

    Materi ini merupakan penjelasan lebih detail tentang komunikasi bisnis dimana mahasiswa akan memberikan gambaran utuh tentang komunikasi bisnis, konsep dan proses yang terjadi didalamnya serta hambatan-hambatan yang mungkin terjadi.

    Setelah mempelajari dan mengikuti semua aktivitas pada babak ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami bagaimana cara berkomunikasi dalam bisnis sesuai etika dan mampu menyiapkan diri dalam menghadapi hambatan-hambatan yang mungkin terjadi.

  • Topik 3 : Komunikasi Antar Budaya Dalam Bisnis

    materi yang akan dibahas adalah

    1. dasar-dasar komunikasi antar budaya dalam bisnis beserta contoh atau implementasinya dalam bisnis,
    2. berkomunikasi dengan budaya asing
    3. studi kasus komunikasi antar budaya dalam bisnis.
  • Topik 4 : Proses Penulisan Pesan Bisnis

    Materi yang akan di bahas :

    1. Perencanaan Pesan Bisnis
    2. Penyusunan Pesan Bisnis
    3. Revisi Pesan Bisnis

    Video berikut, menjelaskan prosedur dalam penyusunan Pesan Bisnis

    Proses Penyusunan Pesan Bisnis

    https://www.academia.edu/11720958/PROSES_PENYUSUNAN_PESAN_BISNIS

    Revisi Pesan Bisnis

    http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/387/jbptunikompp-gdl-gumgumgumi-19312-8-9-revisi-s.pdf

  • Topik 5 : Korespondensi Bisnis

    Materi yang akan dibahas :

    1. Menyusun Permintaan Langsung

    Pesan Bisnis yang berkaitan dengan kegiatan bisnis sehari-hari yang bersifat rutin, menarik dan diorganisasikan dengan pendekatan langsung digolongkan sebagai permintaan langsung (direct request)

    direct request

    2. Menyusun permintaan tidak langsung

    Permintaan tidak langsung (non direct request) dapat dibedakan lagi menjadi goodwill (contohnya ucapan selamat, penghargaan)dan bad news (contohnya Penggantian produk)

    http://www.slideshare.net/Linkingpar/penulisan-bad-news-29063008

    3. Pesan Persuasif

    Suatu usaha yang dengan sadar dilakukan oleh individu untuk memodifikasi atau untuk mengubah pendapat, sikap, kepercayaan, atau perilaku individu maupun organisasi

    (Sumber : Maryani, Sri., Dra., M.Si, 2001, Komunikasi Bisnis, UPP AMP YKPN, Yogyakarta)

    http://www.slideshare.net/ayashoo/pesan-persuasif

    4. Penulisan Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup

    Untuk apa orang menulis lamaran kerja dan riwayat hidup ? jawabannya sangat singkat, karena orang ingin bekerja pada orang lain, atau pada instansi tertentu daripada mengganggur. Sebagai bahan pertimbangan dari instansi atau orang lain yang akan menerima sesorang bekerja, tentu dibutuhkan surat lamaran kerja yang disertai daftar riwayat hidup sebagai syarat adminstrasi dan bahan pertimbangan pihak penerima.

  • Topik 6 : Wawancara Kerja

    Wawancara merupakan salah satu cara yang sangat penting dalam menjaring pelamar pada suatu perusahaan. Jumlah pelamar biasanya jauh lebih banyak dari pada posisi atau lowongan yang disediakan. Olehnya itu, wawancara dibutuhkan sebagai salah satu alat penyeleksi bagi perusahaan untuk mendapatkan orang-orang yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan. Biasanya, bagi perusahaan-perusahaan besar, bisa melakukan wawancara lebih dari satu kali, agar bisa mendapatkan orang yang kompoten dibidangnya. Namun ada 2 hal yang harus diperhatikan oleh pelamar, sebelum mengikuti proses wawancara. Ke dua hal tersebut adalah :

    1. Etika wawancara kerja

    Dalam mengikuti proses wawancara kerja, etika merupakan hal utama yang harus diperhatikan pelamar. Biasanya "pewawancara" akan menilai terlebih dahulu bagaimana sikap pelamar dalam mempersiapkan dirinya agar bisa memberikan kesan yang baik bagi perusahaan tempat dia melamar.

    https://susianty.wordpress.com/2010/11/10/etika-dalam-melakukan-wawancara-kerja/

    2. Tips menjawab pertanyaan Wawancara Kerja

    Dalam wawancara, berbagai pertanyaan akan diajukan kepada pelamar. Pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara biasanya berkaitan dengan data pribadi, pengalaman kerja, minat kerja di tempat melamar dll.

  • Topik 7 : Komunikiasi Dalam Kelompok Kecil dan Rapat

    1. Komunikasi dalam Kelompok Kecil

    Komunikasi kelompok merupakan cara yang paling tepat dan efektif dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dalam suatu perusahaan bisnis. Dengan melibatkan orang lain, kemungkinan besar bisa menghasilkan keputusan yang akan berdampak pada anggota kelompok. Dalam suatu perusahaan, orang-orang tidak dapat bekerja secara sendiri-sendiri, tetapi harus bekerja sama dengan orang lain.

    2. Dinamika Kelompok

    Dinamika kelompok yaitu interaksi yang terjadi di antara orang-orang yang ada dalam kelompok tersebut. Dalam konteks penyelenggaraan suatu rapat, dinamika kelompok menyangkut interaksi antara orang-orang yang ada dalam rapat tersebut.

    Pemahaman Dinamika Kelompok

    3. Rapat Bisnis

    Rapat biasanya dilakukan oleh pihak perusahaan dalam membicarakan suatu masalah yang berkaitan dengan perusahaan dan menyangkut kepentingan bersama. Seseorang yang mengalami promosi dari tingkat rendah (karyawan) ke posisi menengah (manajer operasional) akan sering mengadakan rapat untuk membahas kepentingan perusahaan ke depan.

    Penjelasan tentang Rapat

  • Topik 8 : Proposal Bisnis

    1. Konsep-konsep Pembuatan Proposal Bisnis

    Proposal merupakan sebuah dokumen yang disiapkan untuk menggambarkan bagaimana sebuah organisasi dapat memenuhi kebutuhan pihak lain. Dalam era perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang demikian pesat seperti saat ini, menyiapkan proposal merupakan kegiatan paling utama yang dilakukan oleh perusahaan. Mengapa persiapan penulisan proposal itu sangat diperlukan ? Hal ini sangat diperlukan agar proposal tersebut menarik dan bisa mengungkapkan secara jelas tujuannya.

    Untuk lebih jelas, dapat kita lihat dalam video berikut ini

    2. Rencana Bisnis

    Tujuan membuat rencana bisnis adalah untuk memastikan jalannya operasi bisnis yang tepat dan memberikan dorongan pada rencana-rencana departemen atau divisi. Selain itu juga untuk memutuskan rute yang diperlukan organisasi dalam mencapai tujuannya sekaligus menentukan standar untuk menentukan kinerja bisnis. Yang tidak kalah penting adalah untuk memperoleh dukungan dari konsumen, investor bahkan pihak-pihak lainnya.

    Sumber : http://www.ciputraentrepreneurship.com/rencana-bisnis/3-aspek-utama-dalam-membuat-rencana-bisnis

    Adapun panduan menyusun rencana bisnis dapat anda baca secara detail pada file berikut :

    https://www.academia.edu/4242677/Panduan_Menyusun_Rencana_Bisnis

    Dan berikut video contoh membuat Rencana Bisnis untuk para pengusaha UKM

    • Topik 9 : Pemanfaatan Teknologi Dalam Kegiatan Komunikasi Bisnis

      1. Etika Dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

      Menggunakan TIK dalam kegiatan Komunikasi Bisnis tentunya memiliki etika tersendiri. Penguasaan teknologi, bukan menjadi jaminan bagi suatu perusahaan untuk maju pesat, tanpa memperdulikan etika penggunaan TIK dalam ber-bisnis. Untuk lebih jelasnya, bisa anda baca dalam link berikut ini

      Pengertian Etika dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

      Video berikut ini, untuk memberi pemahaman lebih dalam kepada anda, tentang Etika penggunaan TIK

      2. Penggunaan CD -ROM

      Sejak tahun 1985 CD-ROM telah banyak dikenal orang, dan untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh dua perusahaan besar yaitu Sony dan Philips. Kini keberadaan teknologi CD-ROM sudah dapat dinikmati masyarakat luas.Dalam dunia bisnis, munculnya CD-ROM di pasar akan dapat membuat kegiatan-kegiatan bisnis menjadi lebih produktif, lebih menarik dan lebih efisien. Untuk lebih jelas penggunaan CD-ROM dalam kegiatan Komunikasi Bisnis, dapat anda lihat dalam link video berikut ini

    • Topik 10 : Presentasi Bisnis

      Presentasi Bisnis dilakukan oleh pihak perusahaan dalam menyampaikan informasi kepada pihak internal maupun eksternal perusahaan.

      1. Mempersiapkan Presentasi yang baik

      Persiapan presentasi hampir sama dengan mempersiapkan penyusunan pesan tertulis yang akan disampaikan kepada audiance. Persiapan di mulai dengan menentukan tujuan penulisan pesan, menganalisa komunikan, menetukan ide pokok, dan memilih saluran beserta medianya. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada video berikut ini.

      2. Teknik membuat Presentasi

      Presentasi yang menarik dalam pemaparannya, tentu tidak dibuat hanya asal-asalan saja. Slide presentasi harus mudah menarik untuk dibaca dan dipahami oleh audiance. Media presentasi menggunakan saluran komunikasi lisan, maka perlu dipersiapkan secara khusus. LIhatlah dalam video berikut, trik membuat presentasi.

      3. Presentasi Bisnis yang Baik

      Presentasi merupakan keguatan yang tidak bisa dihindarkan dalam komunikasi bisnis. Dalam presentasi, kita menyampaikan pesan kepada sekelompok orang atau suatu perusahaan dengan menggunakan teknologi komunikasi. Berikut ini adalah video salah satu contoh mempresentasikan suatu produk.