Weekly outline

  • General

  • Pengenalan Tentang Mata Kuliah

    Selamat Datang di Kuliah Online Persamaan Diferensial Parsial.

    Hallo semuanya, selamat datang di kuliah online Persamaan Diferensial Parsial.  Pada perkuliahan ini, kita akan mempelajari beberapa tehnik mencari solusi dari suatu persamaan diferensial parsial. Tidak hanya teorinya saja, materi kami sajikan dengan memperbanyak aplikasinya sehingga kalian dapat belajar menginterpretasikan hasil yang telah kalian diperoleh. Apa sajakah materi yang kalian pelajari?? simak penjelasannya pada video berikut...

    Kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah sebelumnya yaitu Persamaan Diferensial. Seperti yang telah kalian ketahui bahwa pada Persamaan Diferensial Parsial, variabel independen yang dilibatkan pada persamaan ini lebih dari atau sama dengan dua. Secara garis besar, isi dari perkuliahan ini yaitu membahas teori penyelesaian serta aplikasi PDP orde satu maupun orde dua terbatas pada dua variabel independen saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian klik PENDAHULUAN berikut :

  • Bab A. Terminologi Dasar


    Hi, ini adalah pertemuan pertama Kita. Pada bab ini, kalian akan mempelajari terminologi persamaan diferensial parsial yaitu definisi, klasifikasi, solusi dan nilai awal syarat batas. 

  • Bab B. PDP Orde Dua

     Hi, ini adalah pertemuan kedua mata kuliah Persamaan Diferensial Parsial.   Sebelumnya kalian telah belajar mengidentifikasi klasifikasi PDP berdasarkan ordenya. Nah, pada pertemuan ini, kita akan membahas lebih detail lagi terkait PDP Orde Dua. Seperti yang kalian ketahui, suatu persamaan diferensial parsial disebut orde jika tingkat turunan tertinggi yang muncul pada persamaan adalah dua. Jadi, secara umum PDP Orde dua untuk dua variabel independen dapat ditulis dalam bentuk

    F(x,y,u,u_x,u_y,u_{xx},u_{xy},u_{yy})=0.

    Nah, untuk lebih memahami lagi klasifikasi PDP Orde Dua, simak pembahasan berikut ini.

     B.1 Definisi 

  • Klasifikasi PDP Orde Dua

    Pada bagian ini kalian dapat berlatih mengidentifikasi jenis PDP Orde Dua Linear Koefisien Konstan. 

  • Bentuk Kanonik PD Orde Dua

    Hi, ini adalah pertemuan ketiga kita di mata kuliah Persamaan Diferensial Parsial. Tetap semangat ya..

    Persamaan Diferensial Parsial Orde Dua Linear dapat diubah ke dalam bentuk kanonik. Dengan mengubah ke dalam bentuk kanonik, PDP dapat dipandang sebagai suatu persamaan diferensial biasa. Dengan demikian solusi dari PDP bentuk kanonik dapat dicari dengan menggunakan metode yang sudah dipelajari di PD Biasa. Nah, pada pertemuan ini, pertama kita akan mempelajari bagaimana mengubah PDP orde dua linear dalam bentuk kanonik, kemudian menyelesaikannya. 

    B.2 Bentuk Kanonik

    Bentuk kanonik dari suatu PDP berbeda-beda dan dapat dilihat dari jenis PDPnya. Transformasi ke bentuk kanonik berarti PDP atas variabel independen yang lama (x,y) diubah ke variabel independen yang baru (\xi,\eta) sedehimikian sehingga PDP dalam variabel yang baru bentuknya lebih sederhana sehingga lebih mudah dicari solusinya. 

  • Bab C. Aplikasi PDP Orde Dua

    Pada awal perkuliahan, telah dijelaskan bahwa Persamaan Diferensial Parsial dapat diaplikasikan pada bidang yang sangat luas. Nah, pada pertemuan ini akan kita bahas mengenai penurunan persamaan diferensial parsial pada persamaan gelombang, persamaan panas dan persamaan Laplace.  

  • Bab D. Fungsi Ganjil, genap dan Periodik

    Pada pertemuan kali ini kalian akan belajar mengenai fungsi ganjil, genap dan periodik. Ketiga macam fungsi ini akan sangat berguna dalam menentukan solusi khusus dari persamaan gelombang, persamaan panas dan persamaan laplace. Jadi, pastikan kalian benar-benar memahami definisi serta sifat fungsi tersebut.