Topic outline

  • General

    Matakuliah ini termasuk matakuliah wajib bagi jurusan / Prodi Teknologi Pendidikan. Melalui perkuliahan ini diharapkan mampu membuka wawasan mahasiswa tentang teknologi pendidikan. Wawasan tersebut terkait dengan konsep, serta aplikasi konsep, dalam bentuk kegiatan pendidikan yang menerapkan konsep teknologi pendidikan. Sebagai mahasiswa baru peserta matakuliah ini masih belum banyak kenal dengan seluk beluk teknologi pendidikan, untuk itu dengan matakuliah ini diharapkan memiliki wawasan tentang teknologi pendidikan baik secara konseptual maupun operasional serta organisasi profesi Teknologi Pendidikan.

                Teknologi pendidikan sebagai suatu kajian teori, kawasan bidang garapan dan profesi telah mengalami perkembangan, baik secara konseptual maupun aplikasi dalam berbagai bidang garapan. Dari sisi paradigma teknologi pendidikan telah mengalami perkembangan dari paradikma 1974, paradikma 1994, paradikma 2004, dan seterusnya. Dari sisi landasan teori juga mengalami perkembangan yang dulunya banyak berpijak pada teori behavioristik menuju pada teori kontruktivistik. Merupakan perubahan yang lebih memberikan penghargaan pada harkat dan martabat manusia. Berbagai perkembangan konsep tersebut perlu dipahami oleh mahasiswa teknologi pendidikan. 

    Dengan perkuliahan ini diharapkan anda tidak hanya mengenal teknologi pendidikan secara konseptual, tetapi juga menumbuhkan kecintaan  pada profesi dalam bidang Teknologi Pendidikan. Pengenalan lingkup keilmuan teknologi pendidikan akan menumbuhkan berbagai pilihan profesi yang akan anda tekuni sebagai Teknolog Tendidikan. Hal ini akan menumbuhkan cita-cita anda yang akan dicapai melalui perkuliahan pada Prodi Teknologi Pendidikan. 

    General news and announcements

  • Pertemuan 1:Pengantar Perkuliahan Teknologi Pendidikan

    saudara mahasiswa baru Teknologi Pendidikan, kita akan berjumpa dalam perkulihan ini selama 16 kali pertemuan dan dilakukan sedara daring, karena dalam situasi saat ini tidak dimungkinkan untuk melakukan perkuliahan secara tatap muka kelas (LURING). beberapa capaian pembelajaran yang diharapkan anda capai dalam perkuliahan tersebut adalah: 

    1. Mendeskripsikan pengertian konsep dan perkembangan teknologi pendidikan sebagai proses kerja maupun produk teknologi pendidikan..
    2. Mendeskripsikan karakteristik teknologi pendidikan sebagai suatu disiplin kerja dalam pemecahan masalah-masalah pendidikan/pembelajaran
    3. Mennganalisis definisi teknologi pendidikan berdasarkan paradikma tahun 1994, 2004,dan 2012.
    4. Menjelaskan berbagai teori atau ilmu yang mendasari perkembangan teknologi pendidikan/pengajaran
    5. Menjelaskan berbagai praktek teknologi pendidikan/pembelajaran yang mencakup elemen-elemen praktek teknologi pendidikan/pembelajaran, standar dan etika praktek bidang TP.
    6. Menganalisis berbagai contoh penerapan teknologi pendidikan/pembelajaran dalam pemecahan masalah Pendidikan, sebagai gambaran praktek kerja teknologi Pendidikan. 

    Bahan kajian kajian yang akan menjadi bahasan dalam satu semester ini adalah sebagai berikut: 

    1. Pengertian dan Perkembangan konsep teknologi pendidikan/pembelajaran mencakup
      1. Konsep pendidikan
      2. Konsep teknologi pendidikan dan pembelajaran
      3. Tahapan sejarah perkembangan konsep teknologi pendidikan/pembelajaran.

     2. Karakteristik teknologi pendidikan sebagai suatu disiplin kerja yang mencakup

      1. orientasi  pada pebelajar (learner)
      2. orientasi pada sumber belajar.
      3. menggunakan pendekatan sistem
    1. Kawasan teknologi pendidikan/pembelajaran berdasarkan paradikma definisi bidang tahun 1994, mencakup Kawasan 1) Desain, 2) pengembangan, 3) pemanfaatan, 4) pengelolaan dan 5) penilaian.
    2. Kawasan Teknologi Pendidikan berdasarkan definisii tahun 2008,
    3. Berbagai teori atau ilmu yang berpengaruh dalam bidang teknologi pendidikan/pengajaran mencakup
      1. teori sistem
      2. teori psikologi
      3. teori sosiologi
      4. teori komunikasi terkait dengan perkembangan pada tiap-tiap kawasan teknologi pendidikan/pembelajaran
    4. Praktek teknologi pendidikan/pembelajaran yang mencakup
      1. elemen-elemen praktek teknologi pendidikan/pembelajaran
      2. etika praktek dan.
      3. pengaruh praktek terhadap evaluasi teknologi TP.
    5. Berbagai contoh penerapan teknologi pendidikan/pembelajaran dalam pemecahan masalah pendidikan baik dalam cakupan
      1. makro masalah pendidikan secara nasional atau regional dan kelembagaan,
      2. mikro system pembelajaran  
    Penilaian hasil perkuliahan
    Penilaian hasil perkuliahan di dasarkan pada hasil unjuk kerja siswa yang meliputi:
    Proses

    Penilaian dilakukan selama mahasiswa terlibat dalam berbagai interaksi perkuliahan yang berlangsung. Penilaian ini mencakup partisipasi mahasiswa(kehadiran) penyampaian pendapat, argumen, gagasan dan lain-lain yang terkait

     Hasil/Produk

    1. Penilaian dikenakan pada hasil kerja baik individu maupun kelompok, yang disampaikan melalui diskusi kelas, dan tugas akhir, serta bentuk produk lain yang relevan
    2. Tes tengah semester dan akhir semester
    3. Penilaian dilakukan secara tertulis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
    4. Nilai akhir mahasiswa didasarkan perbandingan 1:2:3 antara tiga penilaian tersebut di atas.


  • Pertemuan 2:Mengkaji Konsep Teknologi Pendidikan era 1970/1980 an

    Kajian meliputi: definisi teknologi, dan tenologi pendidikan / pembelajaran, pandangan terhadap teknologi pendidikan, karakteristik kerja teknologi pendidikan.  

  • Pertemuan 3:Kajian terkait pandangan dan cara kerja teknolog pendidikan dalam pemecahan masalah belajar.

    Tiga pandangan teknologi pendidikan; sebagai teori, bidang garapan, dan profesi kerja.

    Tiga karakteristik kerja teknolog pendidikan dalam pemecahan masalah belajar: menggunakan pendekatan sistem, berorientasi pada peserta didik, dan pendayagunaan sumber belajar. 


  • Pertemuan 4:Kajian terkait cara kerja Teknologi Pendidikan dalam pemecahan masalah belajarDiskusi Kelompok 3

    Pada pertemuan ini anda fokuskan pada belajar Pendayagunaan sumber balajar dan Orientasi pada peserta didik dalam pemecahan masalah belajar. acuan materi tetap pada power point pada pertemuan 3

  • Pertemuan 5:Lima kawasan teknologi pembelajaran

    Pada pertemuan ini diharapkan mahasiswa mampu mengkaji definisi teknologi pendidikan tahun 1994, untuk memahami 5 kawasan teknologi pendidikan, serta unsur-unsur dari lima domain tersebut.

  • lima kawasan teknologi pembelajaran.

    Kajian definisi teknologi pembelajaran 1994, diarahkan pada pemahaman definisi teknologi pembelajaran, dari sisi lima domain tersebut, serta unsur-unsur dari lima domain tersebut. disisi lain 5 domamain tersebut merupakan proses kerja teknolog pendidikan dalam menghasilkan  produk teknologi pendidikan. 

  • Pertemuan 7:Kajian definisi teknologi pembelajaran tahun 2012

    Kajian definisi teknologi pendidikan / pembelajaran tahun 2012 merupakan orientasi baru kerja teknologi pendidikan dalam memecahkan masalah belajar. Terdapat beberapa komponen yang harus dipahami terkait definisi tersebu. tiap komponen dalam definisi akan menghasilkan kerja dan produk kerja teknologi. Bandingkan definisi pada tahun 2012 dengan tahun-tahun sebelumnya, apa hal berbeda dari definisi tersebut.  

  • Pertemuan 8:Ujian Tengah Seester

  • Pertemuan 9:Penerapan Teknologi Pendidikan

    Teknologi pendidikan/teknologi pembelajaran sebagai suatu bidang kerja memiliki obyek dan sasaran kerja dalam menerapkan teori untuk memecahkan berbagai persoalan pembelajaran. Dibidang apasaja dan dalam lingkup apasaja yang bisa dilakukan oleh teknolog pembelajaran dalam mengaplikasikan pengetahuannya perlu dipahami oleh para calon teknolog pendidikan. kajian ini akan memberikan wawasan pada anda terkait sasaran kerja teknolog pendidikan dalam menerapkan ilmunya, atau berkarir dalam bidang teknologi pendidikan. 

  • Pertemuan 10:kajian berbagai kegitan TP dilingkungan, Keluarga, sekolah, msysasyarakat, lembaga agama, dan keuarga.

    dalam kajian ini anda saya harapkan mampu menentapkan aktifitass apa sajja yang bisa dilakuknan oleh Teknolog  pendidikan beberapa tempat tersebut. masing-masing kelompok mengkaji apa yang bisa dilakukan oleh teknolog pendidikan dalam membantu peningkatan efektifitas dan sefisiensi pelaksanaa pendidikan. 

  • Pertemuan 11:Diskusi Kelompok 10

    Selamat Datang Saudara Mahasiswa. semoga kita selalu diberi kesehatan.

    pada pertemuan kali ini kita akan membuat sebuah project tentang perkembangan Teknologi Pendidikan dari masa ke masa. silahkan rekan-rekan nanti membuat sebuah video yang menampilkan slide presentasi yang menjelaskan tentang: 

    1. Apa sih pandangan rekan-rekan tentang teknologi pendidikan?
    2. Bagaimana perkembangan teknologi pendidikan dari masa ke masa mulai dari definisi dan aplikasi
    3. Jika rekan-rekan menjadi seorang teknolog pendidikan, langkah apa yang rekan-rekan akan lakukan untuk dunia pendidikan?
    4. Profesi apakah yang cocok bagi rekan-rekan ketika lulus dari Jurusan Teknologi Pendidikan.

    Silahkan rekan-rekan membuat rekaman video dengan menggunakan software Screen capture (salah satunya dapat menggunakan Screen Cast O Matic) dengan durasi maksimal 7 Menit. 

    Berikut adalah contoh video presentasinya 

    Silahkan rekan-rekan mengumpulkan video tersebut pada form Proyek Mandiri Perkembangan TEP di bawah ini

  • Pertemuan 12:Kajian Profesi Teknologi Pendidikan

    Teknologi Pendidikan sebagai salah satu profesi dalam bidang pendidikan memiliki empat kompetensi yang harus dimilki:
    A.KOMPETENSI PROFESIONAL : Keahlian bidang ilmu yang dijadikan dasar untuk kerja sesuai bidang ilmunya (Teknologi Pendidikan)
    B.KOMPETENSI PEDAGOGIK : Keahlian sebagai pendidik yang harus memiliki dasar keilmuan dan praktek mendidik.
    C.KOMPETENSI SOSIAL : Keahlian dalam berhubungan antar sesasama sebagai mahluk social terutama dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik.
    D.KOMPETENSI KEPRIBADIAN : Keahlian dalam mengendalikan diri sebagai pribadi yang dewasa dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik.
    Dalam kajian  berikut kita akan mengenal masing masing kemampuan tersebut. 

  • Pertemuan 13:analisis Kompetensi pedogogik Teknologi

    setelah anda menganalisi kompetensi profesional, terkait dengan kemampuan teoritik dan praktik apa yang harus dikuasai teknologi pendidikan, anda sekarah saya ajak menganalisis kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan teoritik dan praktik yang harus dimiliki oleh seorang tenaka kependidikan terkait pelaksanaan pendidikan atau pembelajaran.  sebagai seorang teknolog pendidikan dalam bekerja anda harus tahu bagaimana melakukan pendidikan atau pembelajaran yang bagus. sehingga anda akan mampu mendesain, mengembangkan,  memanfaatkan, mengeloladan mengefaluasi pembelajaran dengan baik pula. 

    ssilahkan ada lakukan analisis berdasarkan kemampuan yang ada pada lima kawasan dan atau pada kurikulum kita mana yang termasuk kemampuan (kompetensi) pedagogik itu.

  • Pertemuan 14:analisis kompetensi sosial dan kompetensi personalteknolog pendidikan. m

    sebagai tenaga kependidikan, teknolog pendidikan harus menguasai empat kompetensi utama yaitu profesional, paedagogik yang sudah kita analisis; dan selanjutnya saya berharap anda bisa menganalisis kompetensi sosial dan kompetensi personal. kompetensi sosial berarti kemampuan sosial apa saja yang harus dimiliki oleh seorang teknolog pendidikan agar kerjanya bisa berjalanan dengan baik, demikian juga kemampuan personal apa yang harus dimiliki oleh seorang teknolog pendidikan. 

    berikut anda diminta untuk melakukan analisis sosial dan personal dalam tugas berikut.


  • Pertemuan 15:Refleksi pemahaman mahasiswa tentang teknologi pendidikan.

    setelah satu semester anda mengkaji teknologi pendidikan dari sisi keilmuan, bidang kerja, serta sebagai suatu profesi kerja, saya berharap anda mempunyai pendangan terhadap kerja teknolog pendidikan, dan berbagai bidang kerja yang akan menjadi pilihan anda sebagai teknolog pendidikan. 

  • Pertemuan 16:UAS TEKNOLOGI PENDIDIKAN

    kerjakan ujian akhir ini dengan penuh percaya pada diri anda sendiri tanpa bantuan orang lain.