General
Matakuliah ini termasuk matakuliah wajib bagi jurusan / Prodi Teknologi Pendidikan. Melalui perkuliahan ini diharapkan mampu membuka wawasan mahasiswa tentang teknologi pendidikan. Wawasan tersebut terkait dengan konsep, serta aplikasi konsep, dalam bentuk kegiatan pendidikan yang menerapkan konsep teknologi pendidikan. Sebagai mahasiswa baru peserta matakuliah ini masih belum banyak kenal dengan seluk beluk teknologi pendidikan, untuk itu dengan matakuliah ini diharapkan memiliki wawasan tentang teknologi pendidikan baik secara konseptual maupun operasional serta organisasi profesi Teknologi Pendidikan.
Teknologi pendidikan sebagai suatu kajian teori, kawasan bidang garapan dan profesi telah mengalami perkembangan, baik secara konseptual maupun aplikasi dalam berbagai bidang garapan. Dari sisi paradigma teknologi pendidikan telah mengalami perkembangan dari paradikma 1974, paradikma 1994, paradikma 2004, dan seterusnya. Dari sisi landasan teori juga mengalami perkembangan yang dulunya banyak berpijak pada teori behavioristik menuju pada teori kontruktivistik. Merupakan perubahan yang lebih memberikan penghargaan pada harkat dan martabat manusia. Berbagai perkembangan konsep tersebut perlu dipahami oleh mahasiswa teknologi pendidikan.
Dengan perkuliahan ini diharapkan anda tidak hanya mengenal teknologi pendidikan secara konseptual, tetapi juga menumbuhkan kecintaan pada profesi dalam bidang Teknologi Pendidikan. Pengenalan lingkup keilmuan teknologi pendidikan akan menumbuhkan berbagai pilihan profesi yang akan anda tekuni sebagai Teknolog Tendidikan. Hal ini akan menumbuhkan cita-cita anda yang akan dicapai melalui perkuliahan pada Prodi Teknologi Pendidikan.
General news and announcementsRekan-rekan mahasiswa dimanapun anda berada, Perkenalkan, Saya Sulton. keseharian saya adalah dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Kegiatan Belajar kali ini menggunakan belajar berbasis proyek dalam kasus kehidupan. Adapun kasus kehidupan terdiri dari 2 elemen yaitu 1) elemen teoritis dan 2) elemen empiris.
Kehudupan akademis selalu bersentuhan dengan kemampuan berpikir dan bertindak ilmiah. Tindakan kita tidak boleh hanya didasari dari kepentingan kita saja, namun kita harus memulai dengan apa yang dibutuhkan dalam kehidupan. Oleh karena itu tindakan pengembangan dalam sebuah kegiatan proyek merupakan alur pelaksanaan pembelajaran.
Rekan-rekan semua, tidak ada gading yang tak retak. Rancangan belajar bisa saja berubah seiring kebutuhan kehidupan. Sehingga tahapan pembelajaran ini merupakan rancangan bangaiman berpikir dan bertindak ilmiah dalam rangka mencapai capaian pembelajaran matakuliah (CPMK)