Topic outline

  • Japanese Popular Culture

    Deskripsi Matakuliah

    Mata kuliah ini akan membahas tentang budaya populer Jepang dengan berbagai aspek permasalahan dan topik-topik kajian. Sejalan dengan visi misi prodi, topik-topik diskusi akan difokuskan pada industri kreatif Jepang yang populer di Indonesia dan dunia. 

    Target Capaian Pembelajaran

    Mahasiswa diharapkan akan mampu memberikan eksplanasi terkait fenomena budaya populer Jepang, terutama yang ada di Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap hubungan baik Indonesia Jepang serta mampu memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan terkait budaya populer Jepang di Indonesia.

    Bobot Mata Kuliah

    2 SKS

    Pengampu Mata Kuliah

    Heri Widodo, M.A.

  • Session #1 : Pengertian Budaya Populer

    Pada sessi ini akan dibahas mengenai pengertian Budaya Populer dan permasalahan-permasalahan dalam studi kebudayapopuleran.  Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep, pengertian dan permasalahan budaya populer. Indikator pencapaiannya adalah keaktifan mahasiswa dalam diskusi, penyelesaian kuiz & tugas dengan baik.

  • Session #2. Selera dan Budaya Populer

    Pada session ini akan dibahas tentang sSelera dalam kaitannya dengan Budaya Populer

  • Session #3. Media & Budaya Populer

    Session #3 ini akan membahas dan mendiskusikan bagaimana peranan media dalam budaya populer. Setelah mengikuti session ini diharapkan mahasiswa mampu mengidentifikasi artefak-artefak budaya populer di sekitarnya, mengidentifikasi media yang berkontribusi terhadap pembentukan dan penyebaran budaya populer, memahami proses pembentukan dan penyebaran budaya populer, serta bagaimana relasi kuasa yang terbentuk dan beroperasi di dalam budaya populer.

    • 3.3. Materi 2. Budaya dan Budaya Populer File
      151.3KB
      Restricted Not available unless: The activity 3.2. Tugas Materi 1.Pendahuluan is marked complete
    • 3.4. Tugas Materi 2: Budaya dan Budaya Populer Assignment
      Restricted Not available unless: The activity 3.3. Materi 2. Budaya dan Budaya Populer is marked complete
    • 3.5. Materi 3. Kuasa Media File
      151.3KB
      Restricted Not available unless: The activity 3.4. Tugas Materi 2: Budaya dan Budaya Populer is marked complete
    • 3.6. Tugas Materi 3. Kuasa Media Assignment
      Restricted Not available unless: The activity 3.5. Materi 3. Kuasa Media is marked complete
    • 3.7. Materi 4. Penutup File
      151.3KB
      Restricted Not available unless: The activity 3.6. Tugas Materi 3. Kuasa Media is marked complete
    • 3.8. Tugas Materi 4. Penutup Assignment
      Restricted Not available unless: The activity 3.7. Materi 4. Penutup is marked complete
  • Session #4. Media: Definisi, Jenis & Fungsi

    Konnichiwa, selamat datang kembali di kelas Japanese Pop Culture 1. Pada session ke-4 ini kita akan mendiskusikan seputar media dalam kaitannya dengan Budaya Populer. Setelah session ini saya berharap mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis media dan fungsinya dalam menopang budaya populer. Selain itu, saya berharap mahasiswa mampu membuat kajian kritis tentang media terkait dengan budaya populer sehingga mampu membangun konstruksi tindakan yang bijak terkait budaya populer.

    Seperti biasa, sebelum kita memulai proses pembelajaran ini, mari kita berdo'a menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Semoga kita diberi kemudahan dalam memahami dan kebermanfaatan dalam keberkahan ilmu.

    ttd

    Heri Widodo


    • 4.2. Media, Budaya Populer, & Kita Assignment
      Restricted Not available unless: The activity 4.1. Materi #1. Pemahaman Dasar Tentang Media Pen... is marked complete
  • Session #5. Manga

    Konnichiwa....Selamat datang kembali di kelas Budaya Pop 1. Kali ini kita akan coba untuk mengulik tentang salah satu budaya pop Jepang, yaitu MANGA. Manga menjadi produk budaya pop Jepang yang impactnya mengjangkau ke berbagai bidang, dari ekonomi, seni, hingga internasionalisasi budaya Jepang. Setelah mengikuti materi ini, saya berharap mahasiswa memahami sejarah perkembangan manga, kontribusi manga terhadap pelestarian budaya Jepang dan internasionalisasi budaya Jepang, memahami impact manga dalam berbagai bidang, dan mampu memanfaatkan manga sebagaimana Jepang.

    Sebelum memulai proses, silahkan Anda berdo'a menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd

    Heri Widodo

  • Session #6. ANIME

    Konnichiwa...Selamat datang kembali di kelas Japanese Popular Culture. Pada pertemuan ke-6 ini kita akan mencoba untuk melihat lebih dalam tentang Anime. Ada banyak hal yang menarik terkait industri anime di Jepang. Setelah mengikuti kelas ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian, sejarah perkembangan anime Jepang. Selain itu, mahasiswa diharapkan juga memahami perkembangan anime di Indonesia,  mampu mengidentifikasi permasalahan-permasalahan, serta memberikan ide solusi  terkait anime di Indonesia. 

  • Session #7. ANIME DI INDONESIA

    Konnichiwa. Selamat datang kembali di kelas Japanese Popular Culture 1. Pada kesempatan kali ini akan kembali menyimak bagaimana sih awalnya perkembangan Anime di Indonesia. Dengan mengerti bagaimana sejarah awalnya, diharapkan mahasiswa bisa memahami kecenderungan pola-pola perkembangan anime di Indonesia dan diharapkan mampu berkintribusi dalam dunia industru animasi di Indonesia.

    Sebelum memulai proses, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd.

    Heri Widodo

  • UJIAN TENGAH SEMESTER

    SIlahkan mengakses bagian SOAL UTS BUDAYA POP 1 untuk mengerjakan soal-soal UTS. Perhatikanlah hitungan waktu yang berjalan.

    Silahkan berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing sebelum mengerjakan soal-soal yang diajukan.

  • Session #9. JAPANESE CINEMA

    Konnichiwa. Selamat datang kembali di kelas Japanese Pop Culture 1. Pada session ini kita akan bersama-sama sedikit melihat bagaimana dunia cinema, perfilman Jepang. Japanese Cinema telah diakui oleh dunia perfilman global dengan beberapa film Jepang yang telah meraih penghargaan internasional. Film terakahir yang memperoleh penghargaan bergengsi Palme D'Ors pada tahun 2018 Shoplifters menjadi bukti kualitas dunai cinema Jepang. Setelah menyimak beberapa materi dalam perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana perkembangan dunia perfilman Jepang dan isu-isu sosial yang diangkat dalam film.

    Sebelum memulai, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd

    Heri Widodo

  • Session #10. JAPANESE CINEMA

    Konnichiwa, ogenki desu ka. Pada pertemuan kali ini kita masih akan mendiskusikan tentang film Jepang. Namun, kali ini kita akan menyimak dan mendiskusikan salah satu film pendek Jepang. Sebuah film terkadang bisa menjadi salah satu jendela untuk kita bisa mengetahui bagaimana budaya dan permasalahan tentang bangsa tersebut. Nah, pada pertemuan kali ini kita akan menggunakan film, yang merupakan bagian dari budaya populer jepang, untuk menyimak dan mendiskusikan tentang salah satu topik budaya Jepang.

    Sebelum memulai, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd

    Heri Widodo 

  • Session #11: Isu-isu dalam Budaya Pop: Boy's Love

    Konnichiwa. Selamat datang kembali di kelas Budaya Pop 1. Pada pertemuan kali ini kita akan menyima dan berdiskusi tentang tema yang akhir-akhir ini diangkat jadi diskusi ilmiah dan menjadi bahan menulis skripis, yaitu "boy's love". Setelah menyimak materi dan berdiskusi dalam topik ini, diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan beberapa istilah, korelasi antara topik bahasan dengan permasalahan sosial masyarakat Jepang, mengidentifikasi permasalahan, dan mampu mengajukan ide solusi terhadap permasalahan yang terkait dengan topik bahasan. 

    Sebelum memulai proses, mari berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd 

    Heri Widodo

  • Session #12. Isu-isu dalam Budaya Pop Jepang: OTAKU

    Konnichiwa. Selamat datang kembali di kelas Budaya Pop 1. Pada pertemuan kali ini kita akan sedikit menyimak dan mengamati Otaku di Indonesia sebagai salah satu fenomena sosial yang terkait dengan Budaya Pop Jepang di Indonesia. Setelah menyimak materi yang disajikan dalam session ini diharapkan mahasiswa mampu memahami, menjelaskan hal-hal terkait fenomena Otaku di Indonesia. Selain itu, dengan menyimak materi dan menyelesaikan beberapa aktivitas dalam perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu mengidentifikasi, merumuskan permasalahan, dan memberikan solusi atau kontribusi terhadap permasalahan terkait budaya populer di Indonesia.

  • Session #13. Isu-Isu dalam Budaya Pop: Representasi Perempuan

    Konnichiwa. Selamat datang kembali di kelas Budaya Pop 1. Pada pertemuan kali ini kita akan menyimak seputar isu gender, representasi peempuan dalam budaya pop. Simaklah rekaman webinat tentang representasi perempuan dalam budaya pop yang dibahas oleh beberapa dosen dari beberapa universitas di Indonesia. Dengan menyimak materi ini diharapkan mahasiswa mengerti isu-isu dalam budaya pop jepang dan mengerti bagaimana mengkajinya secara akademis.

    Sebelum memulai, mari kita berdo'a sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd

    Heri Widodo

  • Pertemuan #14. Isu-isu Dalam budaya Pop: IJIME

    Konnichiwa, selamat datang kembali di kelas Budaya Pop Jepang.  Dalam pertemuan kali ini kita akan mengangkat isu yang sudah lama terjadi dalam masyarakat Jepang, yaitu IJIME. Ijime menjadi tema dalam karya budaya Pop Jepang, baik dalam bentuk film, anime, manga. Apakah yang pemicu ijime, bagaimana dampaknya dalam masyarakat menjadi kajian yang urgen untuk dilakukan. Dengan menyimak materi ini diharapkan mahasiswa mampu memahami masalah, merumuskan masalah, dan menyusun solusi untuk permasalahan tersebut. Selain itu, topik bahasan ini bisa digunakan untuk materi kajian dalam bentuk skripsi atau kajian ilmiah yang lainnya.

    Sebelum memulai proses, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing

    ttd

    Heri Widodo

  • Session #15. Review & Refleksi

    Ohayou gozaimasu. Akemashite Omedetou Gozaimasu. Session #15 ini merupakan pertemuan terakhir perkuliahan Budaya Pop pada semester ini. Selama satu semester ini kita telah membahas beberapa media budaya pop Jepang dan isu-isu dalam dunia budaya pop Jepang. Tentu saja pembahasan ini belumlah cukup untuk memperoleh hasil yang mendalam dalam setiap topiknya. Perkuliahan ini dirancang sebagai pengantar untuk memasuki setiap topik pembahasan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendalami salah satu topik bahasan, silahkan melanjutkan pendalaman dengan memanfaatkan resources yang telah kita gunakan dalam kelas.

    Terkait dengan UAS, silahkan disimak di Forum Diskusi, ya

  • Session #16. Ujian Akhir Semester

    Ujian Akhir Semester Budaya Pop berupa penugasan membuat tulisan setara dengan proposal skripsi