General
SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH
PERILAKU KONSUMEN
Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Perilaku Konsumen ini membahas tentang aktivitas konsumen dalam memilih, mengambil keputusan, membeli, menggunakan dan mengevaluasi produk yang dibutuhkannya. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan yang meliputi lingkungan/eksternal yaitu sosial, budaya, kelompok, refernsi dan keluarga, faktor dalam diri individu, yaitu sikap, kepribadian, gaya hidup, motivasi dan persepsi, serta faktor psikologis yaitu pengetahuan informasi, pembelajaran dan perubahan sikap perilaku. Juga dipelajari tentang bagaimana tahapan-tahapan terjadinya penyebaran penggunaan produk (difusi dan inovasi)
Standar Kompetensi
Pemberian mata kuliah ini dimaksudkan antara lain :
- Mahasiswa mampu memahami perilaku konsumen, bagaimana konsumen memutuskan pembelian
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori teori dalam studi perilaku konsumen untuk menarik konsumen supaya melakukan pembelian serta memuaskan konsumen
Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan maksud dan pentingnya pemahaman Perilaku Konsumen.
Indikator
- Mahasiswa mampu memakai dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan segmentasi konsumen, mengapa perlu mempelajarinya dan bagaimana serta mengapa segmentasi konsumen dipengaruhi lingkungan sosial budaya.
- Mahasiswa memberikan gambaran umum bagaimana organisasi dapat menerapkan prinsip-prinsip segmentasi konsumen untuk pemasaran strategis
- Dapat memahami bagaimana prinsip-prinsip proses pengambilan keputusan konsumen dan menyediakan kerangka, konsep dan arahan strategis bagi strategi pemasaran
- Dapat memahami bagaimana model sikap perilaku konsumen dan menggunakannnya dalam penelitian perilaku konsumen
Subtansi Kajian
- Perspektif Perilaku Konsumen
- Pola pengambilan keputusan konsumen dan perencanaan strategis.
- Model Perilaku Konsumen /proses pengambilan keputusan
- Pengatahuan Konsumen
- Pengolahan Informasi
- Model sikap Konsumen
- Pandangan Kognitif dan Pendekatan Perilaku
- Kepuasan dan Loyalitas Konsumen
- pengaruh Lingkungan Sosial Makro terhadap periaku konsumen
- Pengaruh Lingkungan Sosial Mikro
- Analisa Perilaku Konsumen dan Strategi Produk
- Analisa Perilaku Konsumen dan Strategi Promosi
- Analisa Perilaku Konsumen dan Strategi Harga
- Analisa Perilaku Konsumen dan Strategi Saluran Distribusi
Dosen Pengasuh
Ir. Djoko Santoso, M.Sc
email: djokosantosobjb@gmail.com
Ahmad Yousuf Kurniawan, SP, M.Si
email: yousuf_kurniawan@ulm.ac.id