Topic outline

  • Pertemuan 1: Orientasi Perkuliahan

    Silahkan anda pelajari agenda perkuliahan yang sudah disediakan dengan harapan anda mempunyai strategi untuk menyelesaikan tagihan-tagihan yang harus dicapai selama perkuliahan kita (16 kali tatap muka).

    File Agenda RPS

  • Pertemuan 2: PENGANTAR MULTIMEDIA

    untuk memberikan landasan dalam mengembangkan multimedia khususnya untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran, anda harus mempelajari materi berikut. Harapannya adalah saat anda mengembangkan multimedia pembelajaran tidak hanya sekedar mengembangkan tetapi mempunyai landasan yang kuat dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.

  • Pertemuan 3: REFLEKSI BELAJAR PEMBELAJARAN

    Untuk mengingat kembali mata kuliah yang pernah anda tempuh, mari kita selaraskan pemahaman kita tentang belajar pembelajaran. Harapannya adalah dengan mengingat kembali materi tersebut, maka perancangan multimedia menjadi semakin terarah untuk tujuan pembelajaran.

  • Pertemuan 4:teori-teori multimedia pembelajaran

    Bahasan kali ini tentang teori-teori yang mendasari multimedia dapat digunakan untuk pembelajaran, selain itu dijelaskan juga teori-teori yang melingkupi dan berada di sekitar multimedia.

    Sebelum anda melakukan pekerjaan pengembangan Multimedia Pembelajaran, sebaiknya anda belajar terlebih dahulu tentang teori yang menjadi landasan multimedia pembelajaran.
     

     

    Selanjutnya dari teori pemrosesan informasi ini, Dual Coding Theory-nya Paivio menjadi landasan berikutnya:
     

     
    untuk lebih mudah penjelasannya silahkan simak video berikut:
     
      

    Setelah anda belajar Dual Coding Theory, jangan lupa bahwa manusia mempunyai keterbatasan dalam memproses informasi, seperti yang disampaikan oleh Claude Shannon dalam teori informasi-nya Limited Capacity Channel. Channel yang tersedia pada manusia yaitu modalitas sensory kita atau indera manusia melalui mata dan telinga.

    Saatnya anda belajar Cognitive Theory Multimedia Learning (CTML) dari Richard Mayer, silahkan anda simak video berikut:
     

     
    Bagaimana? Masih sanggup mengikutinya?
    Kita sudahi dulu tentang Teori-teori yang melandasi multimedia pembelajaran.

  • Pertemuan 5: prinsip-prinsip desain multimedia pembelajaran

    Setelah anda belajar tentang teori yang melandasi dan teori yang melingkupi multimedia. Saatnya anda mempelajari prinsip-prinsip desain yang meluncurkan berdasarkan riset-riset yang telah dilakukan.
    Bagaimana kita menyusun atau mendesainnya agar dapat secara optimal membelajarkan kepada pebelajar. Simak video berikut:
     

     

    Untuk lebih mudahnya penjelasan prinsip-prinsip tersebut simak video berikut:
     

     

    Berikut ini disajikan kaitan dari beban kognitif (Cognitive Load), Dual Coding dan Multimedia Pembelajaran:
     

     

    Setelah anda menyaksikan video-video tersebut, Semoga anda dalam mengembangkan multimedia pembelajaran dapat menerapkan  prinsip-prinsip tersebut, karena prinsip-prinsip itu diciptakan berdasarkan penenlitian dan bukti-bukti empiris.

  • Pertemuan 6:model-model pengembangan

    Untuk memberikan kejelasan dalam melaksanakan pengembangan multimedia pembelajaran, maka anda diharapkan mempunyai pengetahuan dan pemahaman dalam model-model yang digunakan untuk mengembangkannya.

    Model pengembangan  yang sesuai untuk mengembangkan Multimedia Pembelajaran adalah Model Lee-Owens. Model ini dijelaskan pada bukunya Multimedia-Based Instructional Design tahun 2004, meskipun model diterapkan untuk training atau pelatihan di sebuah organisasi (perusahaan). Model ini mampu juga untuk diterapkan pada ranah pembelajaran di sekolah atau pendidikan dengan beberapa penyesuaian-penyesuaian dalam menerapkan langkah-langkahnya.

    Model Lee-Owens

  • Pertemuan 7: review materi sebelum uts

    Sebelum dilaksanakan Ujian Tengah Semester, mari kita review dan refleksikan kembali materi-materi yang telah disampaikan. Hal ini perlu dilakukan untuk memperkuat anda dalam mengembangkan multimedia pembelajaran.

    1. Konsep Dasar Multimedia
    2. Jenis-Jenis Multimedia
    3. Teori-teori yang melandasi Multimedia Pembelajaran
    4.  CTML
    5. Prinsip-Prinsip Desain
    6. Perencanaan dan perancangan
    7. Model Pengembangan

  • Pertemuan 8:ujian Tengah semester

    Persiapkan diri anda dalam mengikuti Ujian Tengah Semester yang dilaksanakan secara Synchronous.

  • Pertemuan 9:refleksi uts

    Kegiatan ini dilakukan untuk meninjau kembali hal-hal yang membuat anda kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan pada ujian yang telah dilaksanakan.

  • Pertemuan 10:jenis-jenis multimedia

    Selama setengah semester anda telah diberikan pengetahuan tentang teori-teori yang melandasi Multimedia Pembelajaran. Selama setengah semester selanjutnya anda mengembangkan multimedia pembelajaran berdasarkan pilihan yang telah anda lakukan, baik dari tingkat pendidikan, mata pelajaran, pokok bahasan dan  jenis multimedianya.

    Untuk pertemuan kali ini pembahasan diarahkan ke jenis-jenis multimedia yang dapat digunakan untuk pembelajaran.

    Ada dua jenis Multimedia:

    1. Linear
    2. Non Linear 

    Berikut adalah Contoh Multimedia Linear:

     

     

    Video Pembelajaran merupakan Multimedia Linear pula
     

     

    Jadi Apakah Multimedia Linear itu?

    Pengguna berinteraksi dengan aplikasi multimedia tanpa mengendalikan progress dari konten. Konten Linear biasanya diatur secara berurutan.

    Mutimedia Non Linear

    Beberapa contoh Multimedia Non Linear: Multimedia Interactive, Multimedia Tutorial, Multimedia Drill & Practice, Hypermedia, Games, Simulation.

    Multimedia Non Linear mengijinkan pengguna mengendalikan apa dan kapan elemen dikirimkan.  

    Hypermedia adalah kombinasi simpul/ujung-ujung/titik-titik  (node)yang terdiri dari komponen multimedia yang dapat diinterkoneksikan antara satu dengan yang lain 

    Bagaimana Bisa dipahami jenis-jenis multimedia pembelajaran. Tentu anda sudah mengkatagorisasikannya.


  • Pertemuan 11:software pengembang multimedia

    Minggu ini anda disajikan beberapa software-software yang bisa digunakan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran. Silahkan anda pilih untuk mengerjakan tugas pengembangan Multimedia (Tugas Besar)

  • Pertemuan 12:interface

    Untuk memperoleh wawasan tentang desain antarmuka (Interface) Multimedia, anda harus belajar tentang tata letak (layout), pewarnaan, komposisi, typhografi, desain pesan dan desain komunikasi visual.

    Ada delapan aturan emas dalam merancang User Interface (Antarmuka pengguna), catatannya adalah beberap tidak bisa dipakai dalam kawasan pengembangan Multimedia, coba temukan ....silahkan simak video berikut:
     

     

    dan juga video enich ...

     

     

    bagaimana sudah ketemu?

    coba tuliskan sesegera mungkin hasil temuan anda

  • Pertemuan 13: desain pengembangan

    berikut ini adalah video-video tutorial tentang mengembangkan multimedia pembelajaran menggunakan software aplikasi pengembang yaitu Lectora, silahkan disimak:

     

     

    Langkah Cepat mengembangkan Multimedia

     

     

  • Pertemuan 14:laporan hasil pengembangan'

    Laporkan hasil pengembangan anda dengan mengirim Link Google Drive hasil pekerjaan anda ke WA saya secara Personal Communication (PC)

  • Pertemuan 15:validasi dan verifikasi tugas pengembangan multimedia

    Minggu ini, anda secara asynchronous dihubungi oleh Dosen Pembina Mata Kuliah terkait oekerjaan anda dalam bentuk review pengembangan.

  • Pertemuan 16:UAS

    Silahkan mengikuti Ujian secara asynchronous