Welcome to My Virtual Class
Multimedia Instructional Development-PR6
Silahkan anda pelajari agenda perkuliahan yang sudah disediakan dengan harapan anda mempunyai strategi untuk menyelesaikan tagihan-tagihan yang harus dicapai selama perkuliahan kita (16 kali tatap muka).
File Agenda RPS
Rekan-rekan mahasiswa dimanapun anda berada, Perkenalkan, Saya Yerry Soepriyanto. keseharian saya adalah dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Kegiatan Belajar kali ini menggunakan belajar berbasis proyek dalam kasus kehidupan. Adapun kasus kehidupan terdiri dari 2 elemen yaitu 1) elemen teoritis dan 2) elemen empiris.
Kehudupan akademis selalu bersentuhan dengan kemampuan berpikir dan bertindak ilmiah. Tindakan kita tidak boleh hanya didasari dari kepentingan kita saja, namun kita harus memulai dengan apa yang dibutuhkan dalam kehidupan. Oleh karena itu tindakan pengembangan dalam sebuah kegiatan proyek merupakan alur pelaksanaan pembelajaran.
Rekan-rekan semua, tidak ada gading yang tak retak. Rancangan belajar bisa saja berubah seiring kebutuhan kehidupan. Sehingga tahapan pembelajaran ini merupakan rancangan bangaiman berpikir dan bertindak ilmiah dalam rangka mencapai capaian pembelajaran matakuliah (CPMK)
Mapping Program Belajar merupakan panduan alur kegiatan belajar. Mapping Program belajar dirancang untuk mempermudah RPS agar dapat dibaca secara cepat dan dapat dilakukan diskusi terhadap rancangan
Pada kegiatan pembelajaran, kita perlu memperkenalkan diri. Karena dengan saling kenal kita dapat berkolaborasi dengan baik. Oleh karena itu, dalam perkenalan tersebut saya mengharap kepada rekan-rekan untuk memperkenalkan
1. Nama
2. Kota Asal Anda
3. Alasan Mengikuti Perkuliahan
Rangkailah 1, 2 dan 3 menjadi satu paragraf sehingga dapat dibaca dengan baik oleh pebelajar lain dalam perkuliahan kita
untuk memberikan landasan dalam mengembangkan multimedia khususnya untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran, anda harus mempelajari materi berikut. Harapannya adalah saat anda mengembangkan multimedia pembelajaran tidak hanya sekedar mengembangkan tetapi mempunyai landasan yang kuat dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.
Perkuliahan kita memerlukan konten Topik. Pemilihan
topik pada perkuliahan merupakan dasar dari keseluruhan proses pembelajaran. Topik-topik
yang diangkat dalam perkuliahan dimaksudkan dalam rangka menguatkan mahasiswa agar fokus pada
sesuatu yang benar-benar ingin dikaji atau didalami. Sehingga memiliki potensi memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan serta penguatan
agar kita menjadi personal yang fleksibel dan adaptif terhadap temuan yang strategis dalam kehidupan
Rekan-rekan dalam kehidupan yang nyata, pastilah teman-teman memiliki gambaran bagaimana keterkaitan matakuliah dengan kehidupan nyata secara keseharian. Oleh karena itu, saya persilahkan rekan-rekan melakukan pencarian di
1. Media Massa
2. Media Sosial
3. Jurnal
4. Seminar/konferensi
5. Pengalaman Pribadi
Kemudian berikan masukan dalam diskusi Realitas Topik untuk masing-masing mahasiswa 1 topik yang penting untuk kita jadikan proyek dalam perkuliahan ini.
Untuk mengingat kembali mata kuliah yang pernah anda tempuh, mari kita selaraskan pemahaman kita tentang belajar pembelajaran. Harapannya adalah dengan mengingat kembali materi tersebut, maka perancangan multimedia menjadi semakin terarah untuk tujuan pembelajaran.
Perkuliahan kita memerlukan konten Topik. Pemilihan topik pada perkuliahan merupakan dasar dari keseluruhan proses pembelajaran. Topik-topik yang diangkat dalam perkuliahan dimaksudkan dalam rangka menguatkan mahasiswa agar fokus pada sesuatu yang benar-benar ingin dikaji atau didalami. Sehingga memiliki potensi memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan serta penguatan agar kita menjadi personal yang fleksibel dan adaptif terhadap temuan yang strategis dalam kehidupan
Rekan-rekan, kita perlu mengkaji mengenai topik-topik tersebut terutama dari sisi kebutuhan masyarakat atau pengguna keilmuan kita. Oleh karena itu rekan-rekan bisa mengungkapkan apa sebenarnya
1. Mengapa Topik Tersebut sangat Penting Bagi Anda
2. Mengapa Topik Tersebut sangat Penting Bagi Masyarakat
Rangkaikan dalam sebuah kalimat pemaparan.
Silahkan rekan-rekan membuat presentasi maksimal 3 slide dengan media presentasi. Media presentasi berisi kajian topik anda, Masukkan media presentasi anda kedalam penyimpanan online seperti google drive. Kirim link file presentasi anda melalui penugasan media presentasi. Pastikan bahwa file anda dapat dibuka untuk orang yang memiliki link
Rekan-rekan, presentasikan topik anda melalui video. Video tersebut diharapkan memiliki durasi 3 menit (maksimal atau lebih kurang). Video merekam presentasi rekan-rekan menggunakan media presentasi anda. Simpan file video anda di penyimpanan online dan kirimkan link video anda presentasi ini. Pastikan link video anda dapat dibuka oleh orang yang memiliki link
Bahasan kali ini tentang teori-teori yang mendasari multimedia dapat digunakan untuk pembelajaran, selain itu dijelaskan juga teori-teori yang melingkupi dan berada di sekitar multimedia.
Sebelum anda melakukan pekerjaan pengembangan Multimedia Pembelajaran, sebaiknya anda belajar terlebih dahulu tentang teori yang menjadi landasan multimedia pembelajaran.
Selanjutnya dari teori pemrosesan informasi ini, Dual Coding Theory-nya Paivio menjadi landasan berikutnya:
Setelah anda belajar Dual Coding Theory, jangan lupa bahwa manusia mempunyai keterbatasan dalam memproses informasi, seperti yang disampaikan oleh Claude Shannon dalam teori informasi-nya Limited Capacity Channel. Channel yang tersedia pada manusia yaitu modalitas sensory kita atau indera manusia melalui mata dan telinga.
Saatnya anda belajar Cognitive Theory Multimedia Learning (CTML) dari Richard Mayer, silahkan anda simak video berikut:
Kegiatan belajar kali ini lebih menekankan mahasiswa untuk memiliki kepekaan terhadap lingkungan belajar. Rekan-rekan mahasiswa perlu mewujudkan pengakuan bahwa hal yang terbaik
dari apa yang terjadi sekarang, bisa saja berubah dan semuanya adalah realitas kehidupan teritis dan empiris.
Menemukan konteks adalah upaya membangun realitas dengan melibatkan
pengumpulan data dan eksplorasi yang berkaitan dengan topik afirmasi
Masukkan link video presentasi anda yang telah anda kerjakan dalam pertemuan sebelum ini. Dan kita simak bersama-sama seluruh video yang kita unggah. Video tersubut merupakan pemaparan topik yang telah dipilih rekan-rekan anda.
Berilah komentar atau tanggapan terhadap topik yang dipilih oleh rekan-rekan anda sehingga semua anggota dapat saling mengomentari video presentasi
Setelah anda belajar tentang teori yang melandasi dan teori yang melingkupi multimedia. Saatnya anda mempelajari prinsip-prinsip desain yang meluncurkan berdasarkan riset-riset yang telah dilakukan.
Bagaimana kita menyusun atau mendesainnya agar dapat secara optimal membelajarkan kepada pebelajar. Simak video berikut:
Untuk lebih mudahnya penjelasan prinsip-prinsip tersebut simak video berikut:
Berikut ini disajikan kaitan dari beban kognitif (Cognitive Load), Dual Coding dan Multimedia Pembelajaran:
Setelah anda menyaksikan video-video tersebut, Semoga anda dalam mengembangkan multimedia pembelajaran dapat menerapkan prinsip-prinsip tersebut, karena prinsip-prinsip itu diciptakan berdasarkan penenlitian dan bukti-bukti empiris.
Kegiatan belajar kali ini lebih menekankan mahasiswa untuk memiliki kepekaan terhadap lingkungan belajar. Rekan-rekan mahasiswa perlu mewujudkan pengakuan bahwa hal yang terbaik
dari apa yang terjadi sekarang, bisa saja berubah dan semuanya adalah realitas kehidupan teritis dan empiris.
Menemukan konteks adalah upaya membangun realitas dengan melibatkan
pengumpulan data dan eksplorasi yang berkaitan dengan topik afirmasi
Silahkan rekan-rekan membuat presentasi maksimal 3 slide dengan media presentasi. Slide pada media presentasi tersebut berisi buku yang anda rekomondasikan untuk topik anda. Masukkan media presentasi anda kedalam penyimpanan online seperti google drive. Kirim link file presentasi anda melalui penugasan media presentasi. Pastikan bahwa file anda dapat dibuka untuk orang yang memiliki link
Silahkan rekan-rekan membuat presentasi maksimal 3 slide dengan media presentasi. Slide pada media presentasi tersebut berisi jurnal yang anda rekomondasikan untuk topik anda. Masukkan media presentasi anda kedalam penyimpanan online seperti google drive. Kirim link file presentasi anda melalui penugasan media presentasi. Pastikan bahwa file anda dapat dibuka untuk orang yang memiliki link
Rekan-rekan, presentasikan hasil bedah buku anda melalui video. Video tersebut diharapkan memiliki durasi 3 menit (maksimal atau lebih kurang). Video merekam presentasi rekan-rekan menggunakan media presentasi anda. Simpan file video anda di penyimpanan online dan kirimkan link video anda presentasi ini. Pastikan link video anda dapat dibuka oleh orang yang memiliki link
Rekan-rekan, presentasikan hasil bedah jurnal anda melalui video. Video tersebut diharapkan memiliki durasi 3 menit (maksimal atau lebih kurang). Video merekam presentasi rekan-rekan menggunakan media presentasi anda. Simpan file video anda di penyimpanan online dan kirimkan link video anda presentasi ini. Pastikan link video anda dapat dibuka oleh orang yang memiliki link
Untuk memberikan kejelasan dalam melaksanakan pengembangan multimedia pembelajaran, maka anda diharapkan mempunyai pengetahuan dan pemahaman dalam model-model yang digunakan untuk mengembangkannya.
Model pengembangan yang sesuai untuk mengembangkan Multimedia Pembelajaran adalah Model Lee-Owens. Model ini dijelaskan pada bukunya Multimedia-Based Instructional Design tahun 2004, meskipun model diterapkan untuk training atau pelatihan di sebuah organisasi (perusahaan). Model ini mampu juga untuk diterapkan pada ranah pembelajaran di sekolah atau pendidikan dengan beberapa penyesuaian-penyesuaian dalam menerapkan langkah-langkahnya.
Kegiatan belajar kali ini lebih menekankan mahasiswa untuk memiliki kepekaan terhadap lingkungan belajar. Rekan-rekan mahasiswa perlu mewujudkan pengakuan bahwa hal yang terbaik
dari apa yang terjadi sekarang, bisa saja berubah dan semuanya adalah realitas kehidupan teritis dan empiris.
Menemukan konteks adalah upaya membangun realitas dengan melibatkan
pengumpulan data dan eksplorasi yang berkaitan dengan topik afirmasi
Masukkan link video presentasi anda yang telah anda kerjakan dalam pertemuan sebelum ini. Dan kita simak bersama-sama seluruh video yang kita unggah. Video tersubut merupakan pemaparan bedah buku yang telah dipilih rekan-rekan anda.
Berilah komentar atau tanggapan terhadap topik yang dipilih oleh rekan-rekan anda sehingga semua anggota dapat saling mengomentari video presentasi
Masukkan link video presentasi anda yang telah anda kerjakan dalam pertemuan sebelum ini. Dan kita simak bersama-sama seluruh video yang kita unggah. Video tersubut merupakan pemaparan bedah jurnal yang telah dipilih rekan-rekan anda.
Berilah komentar atau tanggapan terhadap topik yang dipilih oleh rekan-rekan anda sehingga semua anggota dapat saling mengomentari video presentasi
Sebelum dilaksanakan Ujian Tengah Semester, mari kita review dan refleksikan kembali materi-materi yang telah disampaikan. Hal ini perlu dilakukan untuk memperkuat anda dalam mengembangkan multimedia pembelajaran.
Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang
berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan. Rekan-rekan mahasiswa perlu mempertajam mimpi sebagai fokus pada tujuan memilih topik ini. Wujud mimpi merupakan latar belakang yang memuat pengalaman pribadi, pengalaman teoritis dengan buku dan pengalaman empiris setelah membaca berbagai jurnal. Sehingga mahasiswa perlu memperkuat dengan berpartisipasi dalam mendiskusikan visi
individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan
terjadi dimasa yang akan datang
Buatlah Latar Belakang dengan konstruksi sebagai berikut
Paragraf 1
Jelaskan pengalaman peribadi rekan-rekan mengenai topik yang anda yakini dengan mempertimbangkan saran rekan-rekan dalam pertemuan sebelumnya. jelaskan pula mengapa pengalaman rekan-rekan terhadap topik terkait dengan matakuliah
Paragraf 2
Jelaskan pengalaman teoritis rekan-rekan setelah membaca buku dan anda yakini dengan mempertimbangkan saran rekan-rekan dalam pertemuan sebelumnya. jelaskan pula mengapa pengalaman teoritis rekan-rekan terhadap topik terkait dengan matakuliah
Paragraf 3
Jelaskan pengalaman empiris rekan-rekan setelah membaca jurnal dan anda yakini dengan mempertimbangkan saran rekan-rekan dalam pertemuan sebelumnya. jelaskan pula mengapa pengalaman empiris rekan-rekan terhadap topik terkait dengan matakuliah
Paragraf 4
Jelaskan tujuan anda mengapa memilih topik anda berkenaan dengan proyek pada matakuliah ini
Buatlah dalam tulisan dan unggah kedalam penyimpanan online yang anda miliki seperti google drive, kemudian masukkan link google drive tersebut. Pastikan link tersebut dapat dibuka oleh pengguna lain yang memiliki link
Persiapkan diri anda dalam mengikuti Ujian Tengah Semester yang dilaksanakan secara Synchronous.
Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang
berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan. Rekan-rekan mahasiswa perlu mempertajam mimpi sebagai fokus pada tujuan memilih topik ini. Wujud mimpi merupakan latar belakang yang memuat pengalaman pribadi, pengalaman teoritis dengan buku dan pengalaman empiris setelah membaca berbagai jurnal. Sehingga mahasiswa perlu memperkuat dengan berpartisipasi dalam mendiskusikan visi
individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan
terjadi dimasa yang akan datang
Masukkan link visi proyek anda yang telah anda kerjakan dalam pertemuan sebelum ini. Dan kita simak bersama-sama seluruh visi proyek yang kita unggah. visi proyek tersubut merupakan pemaparan visi proyek sebanyak 4 paragraf.
Berilah komentar atau tanggapan terhadap visi proyek rekan-rekan anda sehingga semua anggota dapat saling mengomentari video presentasi
Kegiatan ini dilakukan untuk meninjau kembali hal-hal yang membuat anda kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan pada ujian yang telah dilaksanakan.
Kegiatan belajar yang kita lakukan merupakan kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara bersama-sama. Untuk memperjelas arah kebersamaan kita perlu dilakukan rancangan aksi.
Mahasiswa perlu memiliki kemampuan untuk mengkontruksi pernyataan yang berani dalam komunitas belajar ini agar mampu menjawab tantangan kekinian dan kehidupan di masa depan. Rancangan aksi kita merupakan realitas
baru. Rencana aksi dikembangkan oleh individu,
kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan
kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik dan membangun pengembangan secara profesional terhadap kehidiupan nyata.
Buatlah analisis kebutuhan masyarakat terhadap proyek yang anda rancang adapun analisis yang anda buat mencakup
1. Paragraf 1 Kekuatan Rancangan Proyek Anda
2. Paragraf 2 Kelemahan Rancangan Proyek Anda
3. Paragraf 3 Peluang Rancangan Proyek Anda
4. Paragraf 4 Ancaman Rancangan Proyek Anda
Untuk memperkuat pengetahuan anda tentang anlisis ini, silahkan anda mencari sumber belajar terkait dengan analisis SWOT.
Buatlah dalam bentuk tulisan, unggah dalam media penyimpanan online seperti google drive. Kirimkan linknya ke analisis proyek. Pastikan Link dapat dibuka siapapun yang memiliki link anda
Silahkan rekan-rekan membuat presentasi maksimal 5 slide dengan media presentasi. Slide pada analisis tersebut berisi analisis SWOT proyek anda. Masukkan media presentasi anda kedalam penyimpanan online seperti google drive. Kirim link file presentasi anda melalui penugasan media presentasi. Pastikan bahwa file anda dapat dibuka untuk orang yang memiliki link
Rekan-rekan, presentasikan hasil analisis proyek anda melalui video. Video tersebut diharapkan memiliki durasi 3 menit (maksimal atau lebih kurang). Video merekam presentasi rekan-rekan menggunakan media presentasi anda. Simpan file video anda di penyimpanan online dan kirimkan link video anda presentasi ini. Pastikan link video anda dapat dibuka oleh orang yang memiliki link
Selama setengah semester anda telah diberikan pengetahuan tentang teori-teori yang melandasi Multimedia Pembelajaran. Selama setengah semester selanjutnya anda mengembangkan multimedia pembelajaran berdasarkan pilihan yang telah anda lakukan, baik dari tingkat pendidikan, mata pelajaran, pokok bahasan dan jenis multimedianya.
Untuk pertemuan kali ini pembahasan diarahkan ke jenis-jenis multimedia yang dapat digunakan untuk pembelajaran.
Ada dua jenis Multimedia:
Berikut adalah Contoh Multimedia Linear:
Video Pembelajaran merupakan Multimedia Linear pula
Jadi Apakah Multimedia Linear itu?
Pengguna berinteraksi dengan aplikasi multimedia tanpa mengendalikan progress dari konten. Konten Linear biasanya diatur secara berurutan.
Mutimedia Non Linear
Beberapa contoh Multimedia Non Linear: Multimedia Interactive, Multimedia Tutorial, Multimedia Drill & Practice, Hypermedia, Games, Simulation.
Multimedia Non Linear mengijinkan pengguna mengendalikan apa dan kapan elemen dikirimkan.
Hypermedia adalah kombinasi simpul/ujung-ujung/titik-titik (node)yang terdiri dari komponen multimedia yang dapat diinterkoneksikan antara satu dengan yang lain
Bagaimana Bisa dipahami jenis-jenis multimedia pembelajaran. Tentu anda sudah mengkatagorisasikannya.
Kegiatan belajar yang kita lakukan merupakan kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara bersama-sama. Untuk memperjelas arah kebersamaan kita perlu dilakukan rancangan aksi.
Mahasiswa perlu memiliki kemampuan untuk mengkontruksi pernyataan yang berani dalam komunitas belajar ini agar mampu menjawab tantangan kekinian dan kehidupan di masa depan. Rancangan aksi kita merupakan realitas
baru. Rencana aksi dikembangkan oleh individu,
kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan
kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik dan membangun pengembangan secara profesional terhadap kehidiupan nyata.
Buatlah desain sistem proyek yang anda rancang adapun desain sistem mencakup
1. Paragraf 1 Penjelasan Apa Nama Desain Sistem Proyek Anda
2. Paragraf 2 Penjelasan Untuk Siapa Desain Sistem Proyek Anda
3. Paragraf 3 Penjelasan Kapan Waktu Tepat untuk Desain Sistem Proyek Anda
4. Paragraf 4 Penjelasan dimana tempat yang cocok untuk Desain Sistem Proyek Anda
5. Paragraf 4 Penjelasan Mengapa anda membuat Desain Sistem Proyek Anda
Untuk memperkuat pengetahuan anda tentang anlisis ini, silahkan anda mencari sumber belajar terkait dengan 5W1H.
Buatlah dalam bentuk tulisan, unggah dalam media penyimpanan online seperti google drive. Kirimkan linknya ke analisis proyek. Pastikan Link dapat dibuka siapapun yang memiliki link anda
Silahkan rekan-rekan membuat presentasi maksimal 5 slide dengan media presentasi. Slide pada analisis tersebut berisi Desain 5W1H proyek anda. Masukkan media presentasi anda kedalam penyimpanan online seperti google drive. Kirim link file presentasi anda melalui penugasan media presentasi. Pastikan bahwa file anda dapat dibuka untuk orang yang memiliki link
Rekan-rekan, presentasikan hasil desain proyek anda melalui video. Video tersebut diharapkan memiliki durasi 3 menit (maksimal atau lebih kurang). Video merekam presentasi rekan-rekan menggunakan media presentasi anda. Simpan file video anda di penyimpanan online dan kirimkan link video anda presentasi ini. Pastikan link video anda dapat dibuka oleh orang yang memiliki link
Minggu ini anda disajikan beberapa software-software yang bisa digunakan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran. Silahkan anda pilih untuk mengerjakan tugas pengembangan Multimedia (Tugas Besar)
adalah sebuah aplikasi pengembang multimedia pembelajaran dengan fitur yang cukup
lengkap dan memadai. Berikut Video Demonstrasinya:
Software berikutnya adalah
dan lain sebagainya, Berikut Video Tour-nya:
Manakah yang lebih baik, Silahkan di-explore sendiri-sendiri
Kegiatan belajar yang kita lakukan merupakan kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara bersama-sama. Untuk memperjelas arah kebersamaan kita perlu dilakukan rancangan aksi.
Mahasiswa perlu memiliki kemampuan untuk mengkontruksi pernyataan yang berani dalam komunitas belajar ini agar mampu menjawab tantangan kekinian dan kehidupan di masa depan. Rancangan aksi kita merupakan realitas
baru. Rencana aksi dikembangkan oleh individu,
kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan
kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik dan membangun pengembangan secara profesional terhadap kehidiupan nyata.
Buatlah Keterangan Teknis terhadap Produk Anda yang Mencakup
1. Nama Produk
2. Jenis Produk (Soft/Hard)
3. File yang terkait Produk
Jika dalam bentuk soft, unggah dalam file kedalam media penyimpanan online seperti google drive. Kirimkan linknya ke analisis proyek. Pastikan Link dapat dibuka siapapun yang memiliki link anda
Jika dalam bentuk hard, unggah dalam file foto berbagai sudut pandang kedalam media penyimpanan online seperti google drive. Kirimkan linknya ke analisis proyek. Pastikan Link dapat dibuka siapapun yang memiliki link anda
Silahkan rekan-rekan membuat presentasi maksimal 5 slide dengan media presentasi. Slide pada analisis tersebut berisi hasil pengembangan proyek anda. Masukkan media presentasi anda kedalam penyimpanan online seperti google drive. Kirim link file presentasi anda melalui penugasan media presentasi. Pastikan bahwa file anda dapat dibuka untuk orang yang memiliki link
Rekan-rekan, presentasikan hasil pengembangan proyek anda melalui video. Video tersebut diharapkan memiliki durasi 3 menit (maksimal atau lebih kurang). Video merekam presentasi rekan-rekan menggunakan media presentasi anda. Simpan file video anda di penyimpanan online dan kirimkan link video anda presentasi ini. Pastikan link video anda dapat dibuka oleh orang yang memiliki link
Untuk memperoleh wawasan tentang desain antarmuka (Interface) Multimedia, anda harus belajar tentang tata letak (layout), pewarnaan, komposisi, typhografi, desain pesan dan desain komunikasi visual.
Ada delapan aturan emas dalam merancang User Interface (Antarmuka pengguna), catatannya adalah beberap tidak bisa dipakai dalam kawasan pengembangan Multimedia, coba temukan ....silahkan simak video berikut:
dan juga video enich ...
bagaimana sudah ketemu?
coba tuliskan sesegera mungkin hasil temuan anda
Kegiatan belajar yang kita lakukan merupakan kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara bersama-sama. Untuk memperjelas arah kebersamaan kita perlu dilakukan rancangan aksi.
Mahasiswa perlu memiliki kemampuan untuk mengkontruksi pernyataan yang berani dalam komunitas belajar ini agar mampu menjawab tantangan kekinian dan kehidupan di masa depan. Rancangan aksi kita merupakan realitas
baru. Rencana aksi dikembangkan oleh individu,
kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan
kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik dan membangun pengembangan secara profesional terhadap kehidiupan nyata.
Buatlah Instrumen terhadap Produk Anda yang Mencakup
1. Kefektifan Produk
2. Efisiensi Produk
3. Kemenarikan Produk
buat dalam betuk google form dan unggah link share instrumen . Kirimkan link share google form ke evaluasi proyek. Pastikan Link dapat dibuka siapapun yang memiliki link anda
Silahkan rekan-rekan membuat presentasi maksimal 5 slide dengan media presentasi. Slide pada instrumen evaluasi proyek tersebut berisi penjelasan instrumen proyek anda. Masukkan media presentasi anda kedalam penyimpanan online seperti google drive. Kirim link file presentasi anda melalui penugasan media presentasi. Pastikan bahwa file anda dapat dibuka untuk orang yang memiliki link
Rekan-rekan, presentasikan hasil pengembangan instrumen proyek anda melalui video. Video tersebut diharapkan memiliki durasi 3 menit (maksimal atau lebih kurang). Video merekam presentasi rekan-rekan menggunakan media presentasi anda. Simpan file video anda di penyimpanan online dan kirimkan link video anda presentasi ini. Pastikan link video anda dapat dibuka oleh orang yang memiliki link
berikut ini adalah video-video tutorial tentang mengembangkan multimedia pembelajaran menggunakan software aplikasi pengembang yaitu Lectora, silahkan disimak:
Langkah Cepat mengembangkan Multimedia
Diakhir sesi pembelajaran mari kita melihat implementasi dan
ulasan rekan-rekan terhadap topik melalui publikasi dan pengakuan. Di tingkat
organisasi, proses transformasi positif inkuiri dilakukan melalui pemberdayaan pebelajar
secara terkoneksi, bekerja sama dan berkolaborasi, hasilnya akan terus muncul
dengan cara baru, berinovasi, dan lebih berani mengungkapkan pemikiran ilmiah.
Masukkan link video presentasi anda yang telah anda kerjakan dalam pertemuan Analisis Proyek. Dan kita simak bersama-sama seluruh video yang kita unggah. Video tersubut merupakan pemaparan Analisis Proyek rekan-rekan anda.
Berilah komentar atau tanggapan terhadap analisis proyek rekan-rekan anda sehingga semua anggota dapat saling mengomentari video presentasi
Masukkan link video presentasi anda yang telah anda kerjakan dalam pertemuan Desain Proyek. Dan kita simak bersama-sama seluruh video yang kita unggah. Video tersubut merupakan pemaparan Desain Proyek rekan-rekan anda.
Berilah komentar atau tanggapan terhadap Desain proyek rekan-rekan anda sehingga semua anggota dapat saling mengomentari video presentasi
Laporkan hasil pengembangan anda dengan mengirim Link Google Drive hasil pekerjaan anda ke WA saya secara Personal Communication (PC)
Diakhir sesi pembelajaran mari kita melihat implementasi dan
ulasan rekan-rekan terhadap topik melalui publikasi dan pengakuan. Di tingkat
organisasi, proses transformasi positif inkuiri dilakukan melalui pemberdayaan pebelajar
secara terkoneksi, bekerja sama dan berkolaborasi, hasilnya akan terus muncul
dengan cara baru, berinovasi, dan lebih berani mengungkapkan pemikiran ilmiah.
Masukkan link video presentasi anda yang telah anda kerjakan dalam pertemuan Pengembangan Proyek. Dan kita simak bersama-sama seluruh video yang kita unggah. Video tersubut merupakan pemaparan Pengembangan Proyek rekan-rekan anda.
Berilah komentar atau tanggapan terhadap Pengembangan proyek rekan-rekan anda sehingga semua anggota dapat saling mengomentari video presentasi
Masukkan link video presentasi anda yang telah anda kerjakan dalam pertemuan Pengembangan Instrumen Proyek. Dan kita simak bersama-sama seluruh video yang kita unggah. Video tersubut merupakan pemaparan Pengembangan Instrumen Proyek rekan-rekan anda.
Berilah komentar atau tanggapan terhadap Pengembangan Instrumen proyek rekan-rekan anda sehingga semua anggota dapat saling mengomentari video presentasi
Masukkan link Instrumen terhadap Produk Anda yang Mencakup
1. Kefektifan Produk
2. Efisiensi Produk
3. Kemenarikan Produk
buat dalam betuk google form dan unggah link share instrumen . Kirimkan link share google form ke forum evaluasi proyek dengan mempertimbangkan saran rekan-rekan anda. Pastikan Link dapat dibuka siapapun yang memiliki link anda
Rekan-rekan mahasiswa. Kami memohon rekan-rekan berkenan melakukan saling menevaluasi, dengan cara mengisi google form evaluasi terhadap produk masing-masing rekan anda.
Minggu ini, anda secara asynchronous dihubungi oleh Dosen Pembina Mata Kuliah terkait oekerjaan anda dalam bentuk review pengembangan.
Diakhir sesi pembelajaran mari kita melihat implementasi dan
ulasan rekan-rekan terhadap topik melalui publikasi dan pengakuan. Di tingkat
organisasi, proses transformasi positif inkuiri dilakukan melalui pemberdayaan pebelajar
secara terkoneksi, bekerja sama dan berkolaborasi, hasilnya akan terus muncul
dengan cara baru, berinovasi, dan lebih berani mengungkapkan pemikiran ilmiah.
Rekan-rekan, rekaplah hasil penilaian sejawat rekan-rekan dalam bentuk tabel. Kemudian simpan sebagai file spreedsheet google dan tersimpan di drive rekan-rekan. Share link spreedsheet google anda ke Rekap Evaluasi Teman Sejawat. Pastikan share linknya dapat dibuka siapapun yang memiliki link
Silahkan mengikuti Ujian secara asynchronous
Tulislah dalam bentuk Artikel yang mencakup
1. Latar Belakang
2. Analisis Produk
3. Desain Produk
4. Pengembangan Produk
5. Pembahasan Hasil Evaluasi Teman Sejawat
6. Kesimpulan Produk
7. Referensi
Unggah artikel tersebut ke penyimpanan online seperti google drive dan masukkan link sharenya ke Naskah artikel. Pastikan linknya dapat dibuka siapapun yang memiliki link anda