General
Mata Kuliah: e-Learning (14B33C502 + 2SKS)
Program Studi: PTIK
Semester Ganjil 2020/2021
Selamat datang mahasiswa pada mata kuliah e-learning untuk semester 5. Anda akan belajar pada mata kulah ini selama 16 minggu yang terdiri atas, 6 minggu teori, 8 minggu praktik, ditambah 2 minggu ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Anda nantinya akan mengakses materi dan/atau melakukan aktivitas belajar secara online dengan berbagai perangkat yang anda miliki, dengan catatan terkoneksi dengan internet. Anda harus mengikuti semua aktivitas yang telah dirancang tiap minggu. Selamat belajar…
Profile Dosen
Dr. Ridwan Daud Mahande, M.Pd.
e-mail: ridwandm@unm.ac.id
SMS/WA: 081355425094
Weblog: http://www.mahande.site
e-mail: ridwandm@unm.ac.id
SMS/WA: 081355425094
Weblog: http://www.mahande.site
Mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang manfaat dan konsep teori e-learning, desain dan pengembangan e-learning, penggunaan dan modifikasi e-learning berbasis Learning Management System (LMS), serta pengenalan webhosting dan instalasi (LMS) di CPanel
1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar e-learning, manfaat dan teori belajar
2. Mahasiswa mampu menjelaskan framework desain dan pengembangan e-learning
3. Mahasiswa mampu menguraikan aplikasi e-learning berbasis LMS dan LSN
4. Mahasiswa mampu menggunakan dan memodifikasi aplikasi e-learning berbasis LMS
5. Mahasiswa mampu mengenali webhosting dan mempraktekkan instalasi LMS di Cpanel
Mahasiswa wajib mengikuti setiap pertemuan kuliah online ini secara terstruktur. Dalam setiap pertemuan disediakan materi ajar dalam bentuk presentasi, video pembelajaran, e-book dan link materi pengayaan. Mahasiswa dapat mengunduh dan mengkaji materi ajar tersebut. Mahasiswa wajib mengikuti aktivitas belajar dalam bentuk forum diskusi, chat, dan vcall, serta menyelesaikan tugas mandiri dan kelompok yang telah disediakan dalam bentuk quiz dan assignment
Partisipasi kelas : 10%
Presentasi+diskusi : 20%
Tugas-tugas : 30%
UTS : 15%
UAS/Proyek : 25%
1. Badrul Khan. 2005. Managing E-Learning Strategies: Design, Delivery, Implementation and Evaluation. USA: Information Science Publishing
2. Horton, W. & Horton, K. 2003. E-learning Tools and Technologies. Canada: Wiley Publishing Inc.
3. Som Naidu. 2006. E-Learning: A Guidebook of Principles, Procedures and Practices. Commonwealth Education Media Centre for Asia
4. Surjono, H.D. 2010. Membangun Course e-learning berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press
5. Mahande, R.D. 2018. Modul Panduan Sistem Pembelajaran Daring berbasis Gnomio.