Weekly outline

  • MANAJEMEN STRATEGI

    NISAK RUWAH IBNATUR HUSNUL, M.Pd.0409039101

    DESKRIPSI MATA KULIAH :

    Dalam mata kuliah ini akan dibahas bagaimana cara menyusun dan merumuskan strategi perusahaan atas dasar visi, misi perusahaan beserta dasar pemikiran SWOT analisis. Berbagai masalah yang berhubungan dengan penentuan strategi perusahaan yang menyeluruh juga merupakan bagian yang terpenting sebagai dasar penyajian agar terjadi pemikiran yang integral dan komprehensip terhadap perubahan.
    Dalam materi mata kuliah ini akan membahas tentang proses dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penyusunan/perumusan strategi perusahaan yang antara lain terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu pembuatan visi dan misi perusahaan yang relevan, menetapkan tujuan umum perusahaan maupun tujuan khusus/sasaran perusahaan sampai akhirnya mengembangkan suatu strategi baik ditingkat perusahaan maupun ditingkat fungsional.
    Pada mata kuliah ini dibahas mengenai bagaimana melakukan pengamatan atas lingkungan eksternal dan internal perusahaan yang menjadi dasar dalam perumusan strategi perusahaan.

    POKOK BAHASAN MATERI :

    1. Pengantar ekonomi strategi 8. Strategi korporat
    2. Strategi dalam manajemen strategi 9. Strategi internasional
    3. Lingkungan eksternal perusahaan : Analisis industri dan pesaing 10. Strategi aliansi strategi
    4. Lingkungan internal : Sumber daya, kapabilitas dan kompetensi inti 11. Tata kelola korporat yang baik
    5. Merumuskan visi dan misi 12. Struktur dan desain organisasi
    6. Formulasi dan safari strategi 13. Kepemimpinan strategi
    7. Strategi bersaing pada unit bisnis 14. Pengendalian, evaluasi dan kinerja strategi

    CAPAIAN MATA KULIAH :

    Setelah pembelajaran, setiap peserta didik diwajibkan menyelesaikan suatu kasus perusahan yang berkaitan dengan pembahasan di mata ajaran ini dan berdasarkan situasi perusahaan di Indonesia.
    Setiap peserta didik diwajibkan membuat kelompok kerja dan mulai mencari perusahaan sebagai sarana studi kasus dengan cara kunjungan langsung/field trip atau dari sumber lainnya yang lengkap untuk selanjutnya di-scanning, diaudit dan dianalisis berdasarkan materi yang diterima setiap minggunya atas pengarahan dosen pengampu untuk dilaporkan perkembangan kajiannya.

    • PENGANTAR EKONOMI STRATEGI

      APA ITU MANAJEMEN???

      APA ITU STRATEGI???

      Silahkan terlebih dahulu menyimak video berikut ini :

      Istilah manajemen berasal dari kata management (bahasa Inggris), turunan dari kata to manage yang artinya mengurus atau tata laksana atau ketatalaksanaan. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara manajer (orangnya) mengatur, membimbing, dan memimpin semua orang yang menjadi pembantunya agar usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
      Kata strategi berasal dari bahasa yunani Strategos terdiri dari dua kata stratos yang berarti militer dan ag yang berarti memimpin yang berarti generalship atau sesuatu yang dikerjakan oleh para jenderal perang untuk memenangkan perang. (Agustinus, 1996 ; 19).
    • STRATEGI DALAM PROSES MANAJEMEN STRATEGI

      Strategi-strategi itu berinteraksi erat dan berkelanjutan serta harus diintegrasikan dengan baik demi kesuksesan perusahaan.
      Manajemen strategik dimulai dari satu atau semua level hirarki dalam organisasi. Dasar Proses Manajemen Strategik : 1. Menetapkan visi, misi dan tujuan organisasi 2. Pengamatan Lingkungan 3. Perumusan dan Pemilihan Strategi 4. Implementasi strategi 5. Evaluasi kinerja dan Pengendalian/tindakan koreksi

      Untuk mengetahui materi lebih luas mengenai strategi dalam proses manajemen strategi, silahkan download materi PDF dan simak VIDEO juga di link bawah ini, silahkan anda pahami bagaimana seharusnya sebuah strategi itu di implementasikan dalam perusahaan.
    • LINGKUNGAN EKSTRENAL PERUSAHAAN

      BAGAIMANA MENURUT ANDA LINGKUNGAN EKSTERNAL SEBUAH PERUSAHAAN?

      Secara umum, lingkungan perusahaan dapat dikategorikan ke dalam dua bagian besar, yakni lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahaan. Lingkungan eksternal sendiri dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian besar lagi yakni lingkungan yang sifatnya umum dan lingkungan industri. Kategori lingkungan Eksternal perusahaan adalah sebagai berikut:

      Lingkungan Umum

      Lingkungan umum adalah suatu lingkungan dalam lingkungan eksternal organisasi yang menyusun faktor-faktor yang memiliki ruang lingkup luas dan faktor-faktor tersebut pada dasarnya berada di luar dan terlepas dari operasi perusahaan. Lingkungan ini hanya memiliki sedikit dampak implikasi langsung bagi pengaturan suatu organisasi. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah: a. Ekonomi
      b. Sosial
      c. Politik dan Hukum
      d. Teknologi
      e. Demografi Dengan kata lain, Lingkungan umum adalah sekumpulan elemen-elemen dalam masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi suatu industri dan perusahaan-perusahaan yang ada di dalamnya.

      Lingkungan Industri

      Lingkungan industri adalah serangkaian faktor-faktor-ancaman dari pelaku bisnis baru, supplier, pembeli, produk pengganti, dan intensitas persaingan di antara para pesaing yang secara langsung mempengaruhi perusahaan dan tindakan dan tanggapan kompetitifnya. Semakin besar kapasitas perusahaan untuk mempengaruhi lingkungan industri, semakin besar kemungkinan perusahaan untuk menghasilkan laba di atas rata-rata. Laba di atas rata-rata adalah kelebihan penghasilan yang diharapkan yang diharapkan seorang investor dari investor lain dengan jumlah risiko serupa. Risiko adalah ketidakpastian investor tentang laba atau rugi yang dihasilkan oleh investasi tertentu. Bagaimana perusahaan mengumpulkan dan menafsirkan informasi tentang para pesaing mereka disebut analisis pesaing
    • LINGKUNGAN INTERNAL PERUSAHAAN

      LINGKUNGAN INTERNAL PERUSAHAAN???

      Berbalik dari lingkungan ekstrenal perusahaan, pengertian dari lingkungan internal perusahaan adalah lingkungan dalam perusahaan yang perludi identifikasi kekuatan dan kelemahannya. Untuk menganalisis lingkungan internal digunakan analisis SWOT dan simak video berikut untuk mengetahui contoh dari analisis SWOT!

      Analisis SWOT adalah cara sistematis untuk mengindentifikasi faktor-faktordan strategi yang paling cocok. Tujuannya adalah untuk memaksimumkan kekuatan dan peluang yang dimiliki perusahaan dan meminimalkan kelemahan dan ancaman yang ada diperusahaan

    • MERUMUSKAN VISI MISI PERUSAHAAN

      APA ITU VISI???
      DAN APA BEDANYA DENGAN MISI???

      BAGAIMANA MERUMUSKAN VISI DAN MISI YANG BAIK DALAM PERUSAHAAN?

      Empat Komponen Menyusun Visi : 1. Visi dibangun berdasarkan nilai inti 2. Visi perlu mengelaborasi tujuan organisasi 3. Visi perlu memasukkan gambaran singkat mengenai bagaimana cara organisasi mencapai tujuannya 4. Visi perlu merumuskan sasaran umum. Sedangkan misi perusahaan adalah tujuan atau alasan mengapa organisasi hidup. Pernyataan misi yang disusun dengan baik mendifinisikan tujuan mendasar dan unik yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lain, dan mengidentifikasi jangkauan operasi perusahaan dalam produk yang ditawarkan dan pasar yang dilayani.
    • FORMULASI DAN SAFARI PERUSAHAAN

      APA ITU FORMULASI STRATEGI??

      Formulasi strategi adalah suatu tahap merumuskan, menyusun atau memformat strategi yang dimulai dengan pengembangan suatu visi, misi organisasi, mengidentifkasi peluang dan ancaman eksternal organisasi, menentukan kekuatan dan kelemahan internal, penentuan tujuan jangka panjang, untuk menghasilkan strategi alternatif dan strategi terpilih yang berkelanjutan.

      Sebelum masuk ke materi, silahkan simak video berikut ini :

      Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan strategi adalah bagaimana organisasi mampu merumuskan sebuah visi,misi dan tujuan yang jelas dan terukur kemudian menghubungkan dengan kondisi existing yang dihadapi ( lingkungan internal dan eksternal ), menentukan sumberdaya yang menjadi nilai keunggulan strategis organisasi, menciptakan strategi-strategi yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.
    • STRATEGI BERSAING PADA UNIT BISNIS

      Persaingan adalah keadaan ketika organisasi berperang atau berlomba untuk mencapai hasil atau tujuan yang diinginkan. Keunggulan kompetitif merupakan konsep kunci dalam manajemen stratejik. Keunggulan kompetitif adalah strategi bersaing terhadap sesuatu yang dirancang untuk dieksploitasi oleh suatu organisasi. Keunggulan kompetitif bersifat sementara sehingga muncul hiperkompetisi, yaitu situasi dengan tingkat kompetisi yang intensif dan terus-menerus meningkat. Sebagai bentuk aplikatif dari persaingan bisnis, coba simak praktiknya langsung dalam video ini :

      Ada lima teknik analisa yang dikembangkan untuk membantu para perencana strategi dalasm proses pembuatan strategi. APA SAJA ??? silahkan pelajari materi lebih lanjut di bawah ini ya!

    • STRATEGI KORPORAT

      Silahkan untuk mengetahui taktik sebuah perusahaan, bisa simak video berikut ya :

      STRATEGI KORPORAT???

      Strategi yang menitikberatkan pada pertanyaan jangka panjang dan luas mengenai bisnis apa yang akan dimasuki oleh suatu organisasi dan apa yang diinginkan dalam bisnis tersebut.

    • STRATEGI INTERNASIONAL

      STRATEGI INTERNASIONAL?

      TAHUKAH ANDA?

      Strategi bisnis internasional memiliki ciri-ciri yang unik. Dalam menerapkan strategi tingkat bisnis internasional, kegiatan operasional suatu negara asal seringkali menjadi sumber keunggulan kompetitif yang paling penting. Sumber daya dan kapabilitas yang dibangun di negara asal secara berkala memungkinkan perusahaan menerapkan strategis tersebut di dalam pasar-pasar yang berlokasi di negara lain.
      Untuk mempelajari bagaimana praktek dari penerapan strategi internasional, bisa simak vide berikut ini :

      Mengembangkan strategi internasional bukan merupakan proses satu dimensi. Perusahaan biasanya menghasilakn manajemen strategi internasional dalam dua proses, formulasi strategi dan implementasi strategi. Secara sederhana, dapat diartikan formulasi strategi untuk memutuskan apa yang dilakukan dan implementasi strategi yang melakukannya.
      Dalam formulasi strategi, perusahaan menetapkan tujuan dan rencana strategis yang akan memimpin kepada pencapaian tujuan-tujuan tersebut. Dalam formulasi strategi internasional, manajer mengembangkan, memperhalus, dan menyetujui dimana pasar yang akan mereka masuki atau keluar dan bagaimana cara yang balik baik untuk berkompetisi di masingmasing pasar tersebut.

    • ALIANSI STRATEGI

      Globalisasi ekonomi meningkatkan jalinan kerjasama antara pelaku ekonomi di berbagai kawasan.
      Syarat aliansi: bergesernya fokus perhatian dari ROI (Return on Investment) menjadi ROS (Return on Sale).
      Tujuan aliansi stratejik adalah memungkinkan suatu perusahaan atau grup untuk mencapai tujuan tertentu yang tidak dapat dicapai dengan usaha sendiri.

    • TATA KELOLA KORPORAT YANG BAIK

      Sistem tata kelola korporat terdiri dari :
      1. Berbagai peraturan yang menjelaskan hubungan antara pemegang saham, manajer, kreditor, pemerintah, dan stakeholders yang lain (menjelaskan hak dan kewajiban pihak tersebut).
      2. Berbagai mekanisme yang secara langsung ataupun tidak langsung menegakkan peraturan tersebut.
      Tujuan tata kelola korporat ialah untuk menciptakan nilai tambah bagi semua pihak yang berkepentingan (stakeholders).

    • STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI

      Struktur organisasi pada dasarnya merupakan konfigurasi peran formal, prosedur, tata kelola, mekanisme pengendalian, kewenangan, dan proses pengambilan kebijakan.
      Structure follows strategy: Struktur organisasi menyesuaikan dengan strategi yang dipilih dan diformulasikan. Silahkan simak video berikut ini untuk tahap awal mengetahui bagaimana struktur dan desain organisasi pada sebuah perusahaan.

    • KEPEMIMPINAN STRATEGI

      APA ITU KEPEMIMPINAN?

      BAGAIMANA DENGAN KEPEMIMPINAN STRATEGI?

      Kepemimpinan strategi adalah kemampuan untuk mengantisipasi, memberi inspirasi, mempertahankan fleksibilitas, dan memberdayakan orang lain untuk menciptakan perubahan stratejik yang diinginkan. Kepemimpinan stratejik perlu dikembangkan karena : - Kepemimpinan stratejik merupakan syarat bagi sukses tidaknya strategi - Banyak organisasi yang kinerjanya buruk akibat tidak dipimpin dengan baik atau terlalu banyak diatur

      Silahkan simak video ini untuk mempelajari tentang kepemimpinan strategi :

      Sebagai bahan diskusi teman-teman, bagaimana cara kepemimpinan oleh pengusaha kelas atas (Apple), silahkan simak video nya berikut ini :

      Empat macam karakter paling penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin : Honest (jujur) Forward-looking (selalu memandang ke depan) Inspiring (mampu memberikan inspirasi kepada bawahannya) Competent (mampu menjalankan semua tugas)

    • PENGENDALIAN, EVALUASI DAN KINERJA STRATEGI

      APA SAJA PENGENDALIAN, EVALUASI, DAN KINERJA STRATEGI SEBUAH PERUSAHAAN?

      Agar sistem pengendalian kontemporer efektif :
      • Harus fokus pada informasi yang terus berubah yang dapat diidentifikasi oleh manajer puncak sehingga mempunyai arti stratejik yang penting
      • Informasi harus cukup penting untuk dapat menarik perhatian manajer operasi pada semua tingkatan organisasi secara rutin dan terus-menerus
      • Data dan informasi yang dihasilkan oleh sistem pengendalian paling baik bila diinterpretasikan dan didiskusikan pada pertemuan tatap muka dengan atasan, bawahan, dan rekan bisnis
      • Sistem pengendalian kontemporer adalah katalis kunci bagi perdebatan tentang data, asumsi dan rencana aksi yang dilakukan terus-menerus