Topic outline

  • Umum

    Assalamualaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh

    SELAMAT DATANG PADA MATAKULIAH PENDIDIKAN INKLUSIF




    DOSEN PENGAMPU: DR. RASMITADILA, M.Pd

    Email: rasmitadila@unida.ac.id


  • Pertemuan 1

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

    Selamat Datang pada Pertemuan ke-1


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira.

    Sudah siap belajar pada pertemuan ke-1 ini? Pada pertemuan ke-1, teman-teman akan mempelajari tentang definisi Pendidikan Inklusif, dan ruang lingkunpnya. Tujuan dari pembelajaran ke-1 ini, agar mahasiswa dapat memahami definisi tentang pendidikan inklusif. Mahasiswa dapat belajar menggunakan materi yang diunggah  yang terdiri dari materi yang dibuat oleh dosen maupun e-book yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.

    Selamat Belajar!



  • Pertemuan ke-2

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

    Selamat Datang pada Pertemuan ke-2


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira.

    Sudah siap belajar pada pertemuan ke-2? Pada pertemuan ke-1, teman-teman telah mempelajari tentang definisi Pendidikan Inklusif, dan ruang lingkunpnya. Nah, pada Pertemuan ke-2 ini, teman-teman akan mempelajari tentang SEJARAH PENDIDIKAN INKLUSIF DI DUNIA DAN DI INDONESIA. Tujuan dari pembelajaran ke-2 ini, agar mahasiswa dapat memahami sejarah tentang pendidikan inklusif baik di dunia maupun di Indonesia tentang pendidikan inklusif. Untuk lebih memahami bagaimana sejarah pendidikan inklusif, teman-teman juga dapat membaca pada Buku Saya tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Bab 1.


    Selamat Belajar!

    Tetap Semangaaaaat



  • Pertemuan ke-3

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

    Selamat Datang pada Pertemuan ke-3


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira.

    Sudah siap belajar pada pertemuan ke-3? Pada pertemuan ke-2, teman-teman telah berdiskusi tentang perbedaan pendidikan segregasi, pendidikan terintegrasi, pendidikan inklusif. Nah, pada Pertemuan ke-3 ini, teman-teman akan mempelajari lebih mendalam secara detil tentang ke-3 jenis pendidikan tersebut. Tujuan dari pembelajaran ke-3 ini, agar mahasiswa dapat memahami "Perkembangan dan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Indonesia". Untuk lebih memahami bagaimana sejarah pendidikan inklusif di Indonesia, teman-teman juga dapat membaca pada Buku Saya tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Bab 1.


    Selamat Belajar!

    Tetap Semangaaaaat


  • Pertemuan ke-4

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

    Selamat Datang pada Pertemuan ke-4


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira.

    Sudah siap belajar pada pertemuan ke-4? Pada pertemuan ke-3, teman-teman telah berdiskusi tentang penyelenggaraan pendidikan inklusif di Indonesia. Nah, pada Pertemuan ke-4 ini, teman-teman akan mempelajari lebih mendalam secara detil tentang memahami dan mengenal karakteristik peserta didik dalam kelas inklusif. Untuk lebih memahami memahami dan mengenal karakteristik peserta didik dalam kelas inklusif, teman-teman juga dapat membaca pada Buku Saya tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Bab 2. 


    Selamat Belajar!

    Tetap Semangaaaaat


  • Pertemuan ke-5

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

    Selamat Datang pada Pertemuan ke-5


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira.

    Sudah siap belajar pada pertemuan ke-5? Pada pertemuan ke-4, teman-teman telah berdiskusi tentang karakteristik anak berkebutuhan khusus. Nah, pada Pertemuan ke-5 ini, teman-teman akan mempelajari dan mempraktekkan lebih mendalam secara detil tentang mengidentifikasi peserta didik yang ada di kelas.  Untuk lebih memahami memahami dan mengenal karakteristik peserta didik dalam kelas inklusif, teman-teman juga dapat membaca pada Buku Saya tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Bab 3.  


    Selamat Belajar!

    Tetap Semangaaaaat


  • Pertemuan ke-6

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

    Selamat Datang pada Pertemuan ke-5


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira.

    Sudah siap belajar pada pertemuan ke-6? Pada pertemuan ke-5, teman-teman telah berdiskusi tentang identifikasi dan asesmen siswa. Teman-teman sudah melakukan wawancara kepada guru tentang identifikasi. Pada pertemuan ke-6 ini, teman-teman akan melaporkan hasil wawancara tersebut.   


    Selamat Belajar!

    Tetap Semangaaaaat


  • Pertemuan ke-7

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

    Selamat Datang pada Pertemuan ke-7


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira.

    Sudah siap belajar pada pertemuan ke-7? Pada pertemuan ke-6, teman-teman telah berdiskusi tentang identifikasi dan asesmen yang merupakan salah satu kegiatan penting dalam praktek kelas inklusif, dan harus dilaksanakan oleh guru.  Nah, pada Pertemuan ke-7 ini, teman-teman akan mempelajari lebih mendalam secara detil tentang KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF. Tujuan dari pembelajaran ke-7 ini, agar mahasiswa dapat memahami tentang kurikulum pendidikan inklusif, serta jenis-jenis pendidikan inklusif yang dapat diterapkan pada kelas inklusif. Untuk memahami lebih mendalam, teman-teman dapat membaca buku Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bab 5. 


    Selamat Belajar!

    Tetap Semangaaaaat


  • Pertemuan ke-8 (UTS)

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

    Selamat Datang pada Pertemuan ke-8


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira.

    Pada pertemuan ke-8 ini, teman-teman akan melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS). Silahkan mengerjakan UTS dengan gembira, dan dalam keadaan sehat. Kumpulkan tugas UTS sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan, sehingga teman-teman mendapatkan nilai maksimal. Aamin YRA.


    Selamat UTS!

    Tetap Semangaaaaat


  • Pertemuan ke-9

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh 

     Selamat Datang pada Pertemuan ke-9 


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira. Sudah siap belajar pada pertemuan ke-9? Pada pertemuan ke-7, teman-teman telah berdiskusi tentang identifikasi dan asesmen yang merupakan salah satu kegiatan penting dalam praktek kelas inklusif, dan harus dilaksanakan oleh guru. Nah, pada Pertemuan ke-9 ini, teman-teman akan mempelajari lebih mendalam secara detil tentang TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DALAM KELAS INKLUSIF. Tujuan dari pembelajaran ke-7 ini, agar mahasiswa dapat memahami tentang siapa dan bagaimana tugas pendidikan dan kependidikan.
    Selamat Belajar! Tetap Semangaaaaat
  • Pertemuan ke-10

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh 

     Selamat Datang pada Pertemuan ke-10 


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira. Sudah siap belajar pada pertemuan ke-9? Pada pertemuan ke-9, teman-teman telah menonton video tentang Hellen Keller dan Anna Sullivan. Mahasiswa diharakan dapat memahami peran guru inklusif.  Nah, pada Pertemuan ke-10 ini, teman-teman akan mempelajari lebih mendalam secara detil tentang MANAJEMEN SEKOLAH DAN KELAS INKLUSIF. Tujuan dari pembelajaran ke-10 ini, agar mahasiswa dapat memahami tentang siapa memahami dan menjelaskan manajemen sekolah dan manajemen kelas inklusif .
    Selamat Belajar! Tetap Semangaaaaat

  • Pertemuan ke-11

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh 

     Selamat Datang pada Pertemuan ke-11


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira. Sudah siap belajar pada pertemuan ke-910? Pada pertemuan ke-10, teman-teman telah belajar tentang manajemen kelas inklusif. Mahasiswa diharakan dapat memahami peran guru inklusif.  Nah, pada Pertemuan ke-11 ini, teman-teman akan mempelajari lebih mendalam secara detil tentang PEMBELAJARAN DALAM KELAS INKLUSIF. Tujuan dari pembelajaran ke-11 ini, agar mahasiswa dapat memahami tentang pembelajaran dalam kelas inklusif. Materi ini sangat penting karena akan memberikan gambaran tentang pembelajaran yang harusnya dirancang oleh guru menjadikan kelas inklusif ramah terhadap semua siswa.
    Selamat Belajar! Tetap Semangaaaaat

  • Pertemuan ke-12

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh 

     Selamat Datang pada Pertemuan ke-12


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira. Sudah siap belajar pada pertemuan ke-12? Pada pertemuan ke-11, teman-teman telah belajar tentang pembelajaran di kelas inklusif. Mahasiswa diharakan dapat memahami peran guru inklusif.  Nah, pada Pertemuan ke-12 ini, teman-teman akan mempelajari lebih mendalam secara detil tentang cara merancang RPP dan PPI integratif di kelas inklusif. Materi ini sangat penting karena akan memberikan gambaran tentang pembelajaran yang harusnya dirancang oleh guru menjadikan kelas inklusif ramah terhadap semua siswa.
    Selamat Belajar! Tetap Semangaaaaat

  • Pertemuan ke-13

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh 

     Selamat Datang pada Pertemuan ke-13


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira. Sudah siap belajar pada pertemuan ke-13? Pertemuan ke-12 yang lalu, teman-teman sudah belajar tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Modifikasi Terintegrasi untuk kelas inklusif. Nah, bagaimana jika dalam kelas inklusif tedapat siswa ABK yang harus belajar sendiri dan masuk dalam kategori berat kekhususannya? Untuk itu, pada pertemuan ke-13 ini, teman-teman akan membuat dan merancang Program Pembelajaran Individual (PPI) untuk siswa ABK.
    Selamat Belajar! Tetap Semangaaaaat

  • Pertemuan ke-14

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh 

     Selamat Datang pada Pertemuan ke-14


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira. Sudah siap belajar pada pertemuan ke-14? Pertemuan ke-13 yang lalu, teman-teman sudah belajar tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Modifikasi Terintegrasi untuk kelas inklusif dan membuat PPI untuk siswa ABK. Nah, untuk pertemuan ke-14 ini, teman-teman akan mempelajari tentang penilaian pembelajaran dalam kelas inklusif. 
    Selamat Belajar! Tetap Semangaaaaat

  • Pertemuan ke-15

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh 

     Selamat Datang pada Pertemuan ke-15


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira. Sudah siap belajar pada pertemuan ke-15? Pertemuan ke-14 yang lalu, teman-teman sudah belajar tentang penilaian pembelajaran dalam kelas inklusif. Saya berharap teman-teman da[at melakukan penilaian pembelajaran dalam kelas inklusif secara adil dan sesuai dengan karakteristik siswa (jika ada siswa ABK) seperti yang telah kita diskusikan pada materi pembuatan RPP terintegrasi. Pada pertemuan ke-15 ini, teman-teman akan mempelajari tentang syarat pendirian sekolah inklusif, sesuai dengan peraturan pemerintag RI.


    Selamat Belajar! Tetap Semangaaaaat

  • Pertemuan ke-16

    Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

    Selamat Datang pada Pertemuan ke-16


    Bagaimana kabarnya mahasiswa? Saya berharap semua dalam keadaan sehat dan gembira.

    Pada pertemuan ke-16 ini, teman-teman akan melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS). Silahkan mengerjakan UAS dengan gembira, dan dalam keadaan sehat. Pelajari semua bahan dan materi yang telah teman-teman pelajari sehingga dapat mengerjakan Tugas UAS dengan maksimal. Kumpulkan Tugas UAS sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan, sehingga teman-teman mendapatkan nilai maksimal. Aamin YRA.


    Selamat UAS!

    Tetap Semangaaaaat