Pengenalan Matakuliah

Selamat Datang Mahasiswa pada Matakuliah Pendidikan Inklusif

Mata kuliah pendidikan inklusif membahas konsep, prinsip, prosedur dan teori – teori pendidikan inklusif di SD. Materi perkuliahan mencakup: (1) Definisi pendidikan inklusif (2) Sejarah pendidikan inklusif (3) Perkembangan pendidikan inklusif di Indonesia (4) Penyelenggaraan pendidikan inklusif (5) Karakteristik peserta pendidikan inklusif (6) Identifikasi dan assesmen siswa (7) Kurikulum pendidikan inklusif (8) Ketenagaan atau pendidik dalam kelas inklusif (9) Manajemen sekolah dan manajemen kelas inklusif (10) Kegiatan pembelajaran pada kelas inklusif (11) Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP Inklusif) (12) Program pembelajaran individual (PPI) (13) Evaluasi/penilaian pembelajaran inklusif (14) Prosedur Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif.

Pada masa Pandemi Covid-19 ini, perkuliahan dilaksanakan secara Daring, baik sinkronus dan asinkronus. Pada setiap pertemuan akan menggunakan pembelajaran dengan variasi antara kedua siatem tersebut, selain tentu saja dengan sistem luring (membaca sumber belajar lainnya). Metode pembelajaran berbasis: Diskusi, kelompok kecil, tanya jawab, proyek maupun observasi terbatas. Media pembelajaran yang digunakan antara lain, video baik dari link You tube, maupun benda-benda di sekitar mahasiswa. 

Untuk dapat memahami pembelajaran dengan baik, mahasiswa dapat menggunakan sumber belajar yang disediakan dosen di LMS, serta sumber belajar lainnya yang dapat diakses secara luas, maupun terbuka yang berkaitan dengan topik matakuliah. Mahasiswa harus selalu mengecek apa saja topik, kegiatan, serta tugas yang harus dikerjakan setiap minggunya di LMS. Jangan lupa mengisi absen kehadiran, agar terhitung sebagai nilai akhir.

Silahkan mengunduh Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Kontrak Matakuliah


Selamat belajar!

Tetap semangat!

(No announcements have been posted yet.)