Semangat pagi mahasiswa semua, bagaimana kabar Anda hari ini? Apakah masih semangat?
Mata Kuliah Komputer Disain merupakan mata kuliah praktek berbobot 2 SKS berisikan konsep teoritis dan keterampilan dalam membuat disain presentasi menggunakan komputer khususnya program grafis corel draw. Learning outcome mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mengoperasikan program corel draw untuk membuat gambar proporsi serta disain busana dengan berbagai kesempatan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- menjelaskan konsep dasar menggambar desain menggunakan Coreldraw,
- menjelaskan dan mempraktikkan membuat gambar proporsi tubuh,
- menjelaskan dan mempraktikkan membuat gambar wajah dan rambut berbagai karakter,
- menjelaskan dan mempraktikkan membuat gambar busana,
- menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan disain untuk keperluan publikasi gelar busana.
PETA KOMPETENSI
Peta Kompetensi pembelajaran Mata Kuliah Komputer Disain adalah sebagai berikut:
RANCANGAN PEMBELAJARAN
Mata Kuliah ini terdiri dari 16 tatap muka. Adapun rancangan pembelajaran selama 16 kali tatap muka tersebut adalah sebagai berikut:
1. Tatap muka 1 : Pendahuluan, berisikan ruang lingkup Komputer Disain juga berisikan pengetahuan dasar corel
2. Tatap muka 2: Fungsi-fungsi tool pada corel dan teknik dasar menggambar
3. Tatap muka 3-4 : Menggambar proporsi
4. Tatap muka 5-7 : Menggambar wajah
5. Tatap muka 8 : Ujian Tengah Semester
6. Tatap muka 9-11 : Menggambar busana
7. Tatap muka 12 : Menggambar motif batik
8. Tatap muka 13 : Mendisain kartu nama
9. Tatap muka 14-15 : Mendisain publikasi gelar
10. Tatap muka 16 : Ujian Akhir Semester
SISTEM PENILAIAN
Butir-butir penilaian terdiri dari:
- Partisipasi dan Kehadiran Kuliah/Praktik
- Hasil Praktik
- Ujian Mid Semester (Praktek)
- Ujian Akhir Semester (Teori)
- Tugas Tambahan
A.Partisipasi dan Kehadiran Kuliah/Praktik
Kehadiran kuliah dan partisipasi dalam kuliah merupakan parameter keunggulan mahasiswa yang harus dikembangkan dan diberi bobot pencapaian. Skor: 10 maksimum.
B.Hasil Praktik
Setiap pokok bahasan selesai maka mahasiswa harus mempraktekkan secara langsung dan membuat resume dari praktik yang dibuat.Praktik dilakukan secara individu, dan pada akhir perkuliahan hasil praktek diwujudkan menjadi laporan tertulis berbentuk portofolio. Skor hasil praktik 40 maksimum.
C.Ujian Mid Semester
Ujian mid semester dilaksanakan di pertenganhan perkuliahan bertujuan untuk memantau perkembangan belajar mahasiswa. Skor: 20 maksimum.
D.Ujian Akhir Semester
Ujian akhir semester dilaksanakan di akhir perkuliahan untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi mahasiswa. Skor: 30 maksimum.
Tabel Ringkasan Bobot Penilaian
No.
|
Jenis Penilaian
|
Skor Maksimum
|
1.
|
Kehadiran dan partisipasi kuliah/praktik
|
10
|
2.
|
Hasil praktik
|
40
|
3.
|
Ujian mid semester
|
20
|
4.
|
Ujian akhir semester
|
30
|
Jumlah Maksimum
|
100
|
Tabel Penguasaan Kompetensi
No
|
Nilai
|
Syarat
|
1
|
A
|
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 86 point
|
2
|
A-
|
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 81 point
|
3
|
B +
|
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 76 point
|
4
|
B
|
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 71 point
|
5
|
B-
|
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 66 point
|
6
|
C +
|
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 61 point
|
7
|
C
|
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 56 point
|
8
|
D
|
sedikitnya mahasiswa harus mengumpulkan 41 point
|
9
|
E
|
Maksimal mahasiswa harus mengumpulkan40 point
|
PETUNJUK MEMPELAJARI MEDIA PEMBELAJARAN
Kegiatan perkuliahan Komputer Disain dilakukan secara daring (e learning). Pertemuan face to face hanya dilakukan pada tatam muka 1, 2, Ujian Tengah Semester, evaluasi pada tatap muka ke 10 dan Ujian Akhir Semester.
Media pembelajaran yang disediakan pada setiap tatap muka e-learning berupa : jobsheet, presentasi, video tutorial dan sumber bacaan lain. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mendownload media pembelajaran pada tiap tatap muka untuk dipahami. Setelah itu Anda diminta melihat video untuk lebih meningkatkan pemahaman Anda terhadap materi perkuliahan.
CARA KOMUNIKASI
Cara berkomunikasi dalam pembelajaran ini bisa menggunakan forum, dimana dalam forum tersebut memungkinkan peserta menanyakan materi yang belum dipahami. Keaktifan Anda berdiskusi di dalam forum juga merupakan salah satu komponen penilaian.
BAHAN AJAR
Bahan ajar yang digunakan dalam perkuliahan Komputer Disain terdiri atas jobsheet dan ppt yang akan diunggah di setiap tatap muka. Anda diperkenankan mencetak dokumen tersebut untuk mempermudah memahami materi yang diberikan.
REFERENSI
Bahan bacaan berikut ini bisa digunakan untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan Anda mengenai materi kuliah
- Bill Thames. Fashion Drawing. McGRAW-Hill Book Company.USA
- Elisabetta Drudi & Tiziana Paci. 2005. Figure Drawing for Fashion Design. Singapura: The Pepin Press BV
- Goet Poespo. 2000. Teknik Menggambar Mode Busana. Kanisius,Yogyakarta.
- Irina V.Ivanova.2016. How to Draw Fashion Flat. www.FashionCroquis.com
- Jubilee Enterprise. 2016. Tip & Trik Coreldraw X8. Jakarta: Elex Media Komputindo
- Kojiro Kumagai. 1984. Fashion Illustration. Graphic-sha Publishing Co.,Ltd.,Tokyo, Japan.
- Suparna Sastra M.2009. Kreasi Desain Profesional dengan Coreldraw X4. Jakarta: Elex Media Komputindo
- Wahana Komputer. 2011. Disain Grafis dengan Coreldraw X5. Yogyakarta: Andi Publisher
- Wisri Adipertiwi Mamdy. 2001. Menggambar Anatomi Modis untuk Merancang Busana. Penerbit Meutia Cipta Sarana & Ikatan Penata Busana Indonesia “Kartini”, Jakarta.
- http://www.corelclub.org/tutorial -maniqui-de-moda-geometrico-en-coreldraw/
Untuk lebih mengenal tentang komputer disain simak tayangan berikut ini