PENDAHULUAN
STATISTIK BISNIS
- Identitas Mata Kuliah
Mata kuliah Statistik Bisnis (DMH1H3) merupakan mata kuliah di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran pada semester 2 kurikulum 2016, merupakan mata kuliah wajib yang tidak mempunyai mata kuliah prasyarat. Mata kuliah ini mempelajari pentingnya IMC (Integrated Marketing Communication - Komunikasi Pemasaran Terpadu) yang lebih difokuskan pada periklanan dan promosi penjualan. Mahasiswa akan mempelajari Mata kuliah Statistika Bisnis membahas tentang statistika parametric (deskriptif dan inferens) dan non-parametrik sebagai alat pengolah data untuk keperluan penelitian atau pengambilan keputusan di bidang manajemen dan bisnis. Materi pokok statistika parametrik mencakup: Pengertian statistik, penyajian data, ukuran pemusatan, ukuran penyebaran, angka indeks, deret berkala dan peramalan, probabilitas, probabilitas diskrit dan kontinu, regresi linier sederhana & berganda, korelasi, hipotesis rata-rata & proporsi, uji chi kuadrat, sign test, Wilcoxon, kruskal wallis, mann whitney, anova, dan Kolmogorov. Mata kuliah ini mencakup kegiatan praktikum di laboratorium komputasi dengan menggunakan software statistik yaitu SPSS, untuk membangun kemampuan praktis mahasiswa menggunakan statistika, sebagai salah satu alat analisis kuantitatif, untuk memahami realita manajemen dan bisnis Dalam mata kuliah ini, materi disajikan dalam bentuk teori beserta prakteknya.
- Profil dan Sejarah Mata Kuliah
Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai perkembangan promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan baik di Indonesia maupun di dunia. Sekarang, promosi semakin berkembang pesat terutama di dunia digital. Teknologi berkembang secara dramatis.
Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) sudah ada sejak pertama program studi D3 Manajemen Pemasaran didirikan, sesuai dengan perkembangan promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan. Materi pada mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terus diupdate sesuai dengan perkembangan teknologi, dan kasus-kasus selalu diupdate. Pada kurikulum 2016, mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terdiri dari 4 SKS yang mana 3 SKS merupakan sks teori dengan durasi 3 x 50 menit, dan 1 SKS merupakan sks praktikum dengan durasi 120 menit (2 jam).
- Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah
Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah wajib atau inti yang harus diambil oleh mahasiswa dan tidak mempunyai mata kuliah prasyarat. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar pada program studi ini.
- Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah lainnya
Adapun kaitan mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) dengan mata kuliah lainnya dapat dilihat pada tabel organigram kurikulum di bawah ini:
- Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahap Pembelajaran (Peta CP)
Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) memiliki capaian pembelajaran (CP) sebagai berikut :
- Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan
Pokok bahasan pada mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terdiri dari 12 Pokok Bahasan:
- Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning
Adapun Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) Berbasis e-Learning seperti yang dipetakan di bawah ini:
- Dosen (Tutor) Pengampu
Dosen : Widya Sastika, ST., MM
NIP/NIDN : 08850040/0422058503
NO HP : 08117302423
Email : wiedyasastika@tass.telkomuniversity.ac.id
Prodi/Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/Fakultas Ilmu Terapan
- Referensi Mata Kuliah Pemasaran Jasa
♠ Buku Utama
J. Supranto. Statistik: Teori dan Aplikasi edisi 6 jilid 1. Erlangga. 2000
Lind, Marchal, Wathen. Teknik-Teknik Statistika dalam Bisnis dan Ekonomi : Menggunakan Kelompok Data Global.
Buku 1 & 2. Edisi 13. Salemba Empat. McGraw Hill. 2012
Step By Step IBM SPSS 21 : Analisis Data Statistik, C Trihendradi, 2013.
Suharyadi dan Purwanto. Statistika untuk ekonomi dan keuangan modern Buku 1 Edisi 2. Salemba Empat. 2008
Suharyadi dan Purwanto. Statistika untuk ekonomi dan keuangan modern Buku 2 Edisi 2. Salemba Empat. 2008
♦ Buku Pendukung
McClave, Benson & SINCICH. Statistik Untuk Bisnis & Ekonomi Jilid 1 Edisi 11. Erlangga. 2011
Statistik itu mudah, SPSS 16, Jonathan Sarwono, 2009.
Wahid Sulaiman, Statistik Non-Parametrik Contoh Kasus dan Pemecahannya dengan SPSS,
PT. Andi Offset, Yogyakarta, 2003