Topic outline

  • IDENTITAS MATAKULIAH

    Kode MK

    : 431430352



    SKS

    : 2

     

    Semester

    : V

     

    MK Prasyarat

    : Pengantar Pendidikan Biologi & Belajar dan Pembelajaran Biologi


    Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Biologi merupakan matakuliah yang akan membekali mahasiswa sebagai calon guru khususnya dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang efektif di sekolah serta kemampuan dalam merefleksi seluruh rangakaian kegiatan pembelajaran.

    IDENTITAS PENGAMPU:

    1. Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd
    2. Dr. Elya Nusantari, M.Pd
    3. Dr. Masra Latjopoh, M.Pd

    4. Nurrijal, M.Pd

    Daftar Referens

    Utama:                       

    • Ashih W. Wisudawati dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA.
    • Arends, Richard. 1997. Classroom Instruction and Management. Allyn and Bacon  McGraw Hill.
    • Arends, Richard. 2004. Learning to Teach, Sixth Edition. Boston: McGraw Hill.
    • Delisle, R 1997. How to Use Problem-based Learning in the Classroom. Alexandria: ASCD.
    • Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Materi perkuliahan Biologi Sekolah Menengah A/as don Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
    • Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 SMA: Pedoman Khusus Pengembangan Silabus don Penilaian Mata Materi perkuliahan Biologi. Jakarta:
    • Depdiknas, Ditjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Heinich. 1982. Intructional Media and New Technologies of Instruction. New York: John Willey and Sons.
    • Indriwati, E. dan Basuki, S. 1996. Pengajaran Biologi: Metodologi. Malang.
    • Indriwati, E. 1999. Media Pembelajaran Biologi.
    • Louisell, RD. and Descamp, J. 1992. Developing of Teaching Style.
    • Martin, Ret all. 1997. & Science Teaching for All Children. Boston: Allyn and Bacon.
    • Partomisastro, K. dan Hadisuparto, D. 1984. Diagnosa don Pemecahan Kesulitan Belajar.
    • Ricahardson, J.S. 1957. Science Teacfting in Secondary Schools. Englewood Cliffs: Prentice Hall.
    • Sri Anitah W, dkk. 2009. Media Pembelajaran IPA. Jakarta.

     Pendukung:

    • Barba, RH. 1995. Science in the Multicultural Classroom. Boston: Allyn and Bacon.
    • Crain, W. 1992. Theories of Development. Englewood Cliffs: Printce-Hall.
    • Depdiknas. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Buku 5 Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta.
    • Depdiknas.;2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Kebijaksanaan Umum (Buku I-A). Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional.
    • Depdiknas.;2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Kebijaksanaan Umum (Buku I-A). Jakarta:
    • Direktorat Pendidikan Nasional.

    • STRATEGI BELAJAR

      Restricted Available until 23 September 2018, 10:55 PM

      Strategi belajar menggunakan peta konsep, analogi, outlining dan catatan-catatan pinggir:

      • Kelebihan dan kelemahan strategi belajar: Peta konsep, Outlining dan Rangkuman
      • Langkah-langkah strategi belajar: Peta konsep, Outlining dan Rangkuman
      • Bentuk penerapan strategi belajar: Peta konsep, Outlining dan Rangkuman

      Capaian Pembelajaran:

      Mahasiswa secara mandiri dapat mengaplikasikan berbagai strategi-strategi belajar ke dalam proses pembelajaran Sains/Biologi.

    • MODEL PEMBELAJARAN

      Restricted Available until 27 September 2018, 10:55 PM

      Model pembelajaran  direct instruction, kooperatif, pemerolehan konsep (Deduktif & Induktif) dan problem base learning (PBL):

      • Kelebihan dan kelemahan pembelajaran konstruktivisme (Model siklus belajar, problem-based learning (PBL), belajar kooperatif, pembelajaran inquiri, direct instruction, pemerolehan konsep)
      • Unsur-unsur pembelajaran konstruktivisme (Model siklus belajar, problem-based learning (PBL), belajar kooperatif, pembelajaran inquiri, direct instruction, pemerolehan konsep)
      • Aktivitas pembelajaran konstruktivisme (Model siklus belajar, problem-based learning (PBL), belajar kooperatif, pembelajaran inquiri, direct instruction, pemerolehan konsep)
      • Rancangan pembelajaran konstruktivisme (Model siklus belajar, problem-based learning (PBL), belajar kooperatif, pembelajaran inquiri, direct instruction, pemerolehan konsep)

      Capaian Pembelajaran:

      Mahasiswa secara kelompok dapat mendesain pembelajaran kedalam model-model pembelajaran  konstruktivisme: (Model siklus belajar, problem-based learning (PBL), belajar kooperatif, pembelajaran inquiri, direct instruction, pemerolehan konsep).

    • PENDEKATAN PEMBELAJARAN

      Restricted Available until 3 October 2018, 10:55 PM

      Desain pendekatan saintifikk pada pembelajaran Sains/Biologi:

      • Aktivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifikk

      Capaian Pembelajaran:

      Mahasiswa secara mandiri dapat merancang pembelajaran menggunakan pendekatan saintifikk pada pembelajaran Sains/Biologi.

    • METODE PEMBELAJARAN

      Restricted Available until 10 October 2018, 10:55 PM

      Metode pembelajaran: ceramah, diskusi, simulasi dan bermain peran:

      • Aktivitas penerapan metode ceramah, diskusi, simulasi dan bermain peran

      Capaian Pembelajaran:

      Mahasiswa secara mandiri dapat memilih metode pembelajaran Sains/Biologi sesuai materi materi perkuliahan yang akan dibelajarkan.

    • MEDIA PEMBELAJARAN

      Restricted Available until 17 October 2018, 10:55 PM

      Jenis-jenis media pembelajaran:

      • Media pembelajaran berbasis TIK
      • Media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar

      Capaian Pembelajaran:

      Mahasiswa secara kelompok dapat mendesain media pembelajaran Sains/Biologi.