PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI
LILI DARLIAN

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Mata kuliah ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kurikulum untuk mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Biologi. Fokusnya adalah untuk memberikan kemampuan kepada mahasiswa calon guru dalam menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam menciptakan alat bantu pembelajaran biologi, serta mendorong kemampuan mahasiswa calon guru dalam mengembangkan berbagai jenis media pembelajaran dan sumber belajar yang efektif untuk mendukung terciptanya pembelajaran biologi yang bermutu. Mata kuliah ini mencakup pemahaman mendalam tentang konsep media dan sumber belajar, berbagai macam media yang ada, dan teori dasar penggunaan media. Mahasiswa diharapkan dapat menguasai berbagai aspek pengembangan media, termasuk definisi dan fungsi berbagai jenis media, serta langkah-langkah praktis dalam pengembangannya, seperti media cetak, grafis, tiga dimensi, audio, visual, multimedia, dan berbasis internet. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas berbagai model pengembangan produk seperti ADDIE, Dick & Carey, dan lainnya. Mahasiswa akan diajak untuk mengembangkan media dengan prosedur tertentu sebagai bagian dari pembelajaran ini. Para mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih jenis media yang ingin dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan keterjangkauan dalam bentuk kerja kelompok.

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI
MASRA LATJOMPOH

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI

Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Biologi merupakan matakuliah yang akan membekali mahasiswa sebagai calon guru khususnya dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang efektif di sekolah serta kemampuan dalam merefleksi seluruh rangakaian kegiatan pembelajaran.

EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI
LILAN DAMA

EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Biologi. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan konsep pengertian dan kegunaan tes, etika tes, perencanaan tes, taxonomy pendidikan, tes standar dan tes buatan guru, teknik dan bentuk evaluasi, menulis tes, assesmen alternatif, menskor dan menilai hasil tes, mengolah nilai, menganalisis hasil tes dan menguji validitas dan reliabilitas tes. Kegiatan pembelajaran diawali dengan pengantar mata kuliah, mengkaji pembelajaran, dan mengaplikasikan; latihan menyusun instrument tes, latihan menyusun soal buatan guru, menganalisis soal. Mahasiswa juga menggunakan ICT untuk mencari informasi, presentasi, komunikasi dalam belajar.