Weekly outline

  • General

    Teknologi Pembelajaran

    Selamat datang di kuliah daring Teknologi Pembelajaran

    Matakuliah ini mengaji pengertian teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran, kawasan teknologi pendidikan dan pembelajaran, perspektif teknologi pendidikan, ilmu-ilmu yang menunjang teknologi pendidikan, sumber-sumber yang mempengaruhi teknologi pembelajaran serta aplikasinya pada pendidikan di Indonesia melalui pembelajaran kolaboratif.


    Capaian pembelajaran

    Memiliki kemampuan bekerja sama serta kepedulian terhadap masyarakat dengan mengaplikasikan konsep dasar teknologi pendidikan dalam rangka mengoptimalkan proses belajar peserta didik dan meningkatkan kinerja sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analis Pendidikan/ Pelatihan.

    • Pertemuan 1

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menjelaskan peta perkuliahan dan menguraikan permasalahan pembelajaran/pendidikan
      Indikator
      Menjelaskan konsep teknologi pendidikan
      Menjelaskan konsep teknologi pembelajaran
    • Pertemuan 2

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menjelaskan historis pemecahan masalah belajar dan kemunculan teknologi pendidikan sebagai pemecahan masalah
      Indikator
      Mengidentifikasi perbedaan teknologi pendidikan vs teknologi pembelajaran
    • Pertemuan 3

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat mengidentifikasi perspektif teknologi pendidikan secara umum
      Mahasiswa dapat menjelaskan dukungan ilmu lain terhadap teknologi pendidikan
      Indikator
      Mendiskripsikan TP dari konstruk konstruk teoritik, bidang garapan dan profesi.
      Mendiskripsikan perkembangan teori 13 perspektif histories 13 Teknologi Pendidikan
    • Pertemuan 4

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat mengidentifikasi perspektif teknologi pendidikan secara umum
      Mahasiswa dapat menjelaskan dukungan ilmu lain terhadap teknologi pendidikan
      Indikator
      Mendiskripsikan TP dari konstruk konstruk teoritik, bidang garapan dan profesi.
      Mendiskripsikan perkembangan teori 13 perspektif histories 13 Teknologi Pendidikan
    • Pertemuan 5

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menguraikan model pemecahan masalah menurut teknologi pendidikan
      Mahasiswa dapat menjelaskan ciri khas pemecahan masalah yang muncul sebagai sumber belajar
      Indikator
      Mendiskripsikan model pemecahan masalah menurut teknologi pendidikan
      Menjelaskan ciri khas pemecahan masalah yang muncul sebagai sumber belajar
    • Pertemuan 6

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menguraikan model pemecahan masalah menurut teknologi pendidikan
      Mahasiswa dapat menjelaskan ciri khas pemecahan masalah yang muncul sebagai sumber belajar
      Indikator
      Mendiskripsikan model pemecahan masalah menurut teknologi pendidikan
      Menjelaskan ciri khas pemecahan masalah yang muncul sebagai sumber belajar
    • Pertemuan 7

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menjelaskan teknik intelektual teknologi pendidikan
      Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh teknologi pendidikan pada sistem organisasi
      Indikator
      Menjelaskan teknik intelektual teknologi pendidikan
      Menjelaskan pengaruh teknologi pendidikan pada sistem organisasi
    • Pertemuan 8

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menjelaskan teknik intelektual teknologi pendidikan
      Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh teknologi pendidikan pada sistem organisasi
      Indikator
      Menjelaskan teknik intelektual teknologi pendidikan
      Menjelaskan pengaruh teknologi pendidikan pada sistem organisasi
    • Pertemuan 9

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menguraikan pendekatan kawasan teknologi pendidikan menurut seels & richey
      Mahasiswa dapat menganalisis sumber dan pemecahan masalah dalam teknologi pendidikan
      Indikator
      Mendeskripsikan pendekatan kawasan teknologi pendidikan menurut seels & richey
      Menganalisis sumber dan pemecahan masalah dalam teknologi pendidikan
    • Pertemuan 10

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menguraikan pendekatan kawasan teknologi pendidikan menurut seels & richey
      Mahasiswa dapat menganalisis sumber dan pemecahan masalah dalam teknologi pendidikan
      Indikator
      Mendeskripsikan pendekatan kawasan teknologi pendidikan menurut seels & richey
      Menganalisis sumber dan pemecahan masalah dalam teknologi pendidikan
    • Pertemuan 11

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menguraikan pendekatan kawasan teknologi pendidikan menurut seels & richey
      Mahasiswa dapat menganalisis sumber dan pemecahan masalah dalam teknologi pendidikan
      Indikator
      Mendeskripsikan pendekatan kawasan teknologi pendidikan menurut seels & richey
      Menganalisis sumber dan pemecahan masalah dalam teknologi pendidikan
    • Pertemuan 12

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menganalisis domain desain dan pengembangan pada kawasan teknologi pendidikan
      Mahasiswa dapat menganalisis domain pemanfaatan dan manajemen pada kawasan teknologi pendidikan
      Indikator
      Menganalisis domain desain dan pengembangan pada kawasan teknologi pendidikan
      Menganalisis domain pemanfaatan dan manajemen pada kawasan teknologi pendidikan
    • Pertemuan 13

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menganalisis domain desain dan pengembangan pada kawasan teknologi pendidikan
      Mahasiswa dapat menganalisis domain pemanfaatan dan manajemen pada kawasan teknologi pendidikan
      Indikator
      Menganalisis domain desain dan pengembangan pada kawasan teknologi pendidikan
      Menganalisis domain pemanfaatan dan manajemen pada kawasan teknologi pendidikan
    • Pertemuan 14

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menganalisis domain evaluasi dan penelitian pada kawasan teknologi pendidikan
      Mahasiswa dapat menganalisis metode teknologi pendidikan dalam memecahkan masalah belajar / pendidikan
      Indikator
      menganalisis domain evaluasi dan penelitian pada kawasan teknologi pendidikan
      menganalisis metode teknologi pendidikan dalam memecahkan masalah belajar / pendidikan
    • Pertemuan 15

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat menganalisis domain evaluasi dan penelitian pada kawasan teknologi pendidikan
      Mahasiswa dapat menganalisis metode teknologi pendidikan dalam memecahkan masalah belajar / pendidikan
      Indikator
      menganalisis domain evaluasi dan penelitian pada kawasan teknologi pendidikan
      menganalisis metode teknologi pendidikan dalam memecahkan masalah belajar / pendidikan
    • Pertemuan 16

      Kemampuan akhir: Mahasiswa dapat memahami definisi TP tahun 2008
      Mahasiswa dapat menganalisis bentuk-bentuk penerapan teknologi pendidikan di Indonesia
      Indikator
      Mendeskripsikan definisi TP tahun 2007
      Menganalisis bentuk-bentuk penerapan teknologi pendidikan di Indonesia