Topic outline

  • BIOLOGI SEL


    Selamat Datang di Mata kuliah:  Biologi Sel 

    Assalamualaikum Wr. Wb. 

    Para mahasiswa yang selalu semangat, selamat mengikuti kegiatan pembelajaran pada kursus online ini. Semoga ilmu yang diperoleh dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua. Semoga sukses mengikuti hinga akhir materi!


  • PERTEMUAN 1 : SEJARAH PERKEMBANGAN BIOLOGI SEL


    Pertemuan I: Sejarah Perkembangan Biologi Sel

    Assalamulaikum Wr.Wr. 

    Salam sejahtera bagi mahasiswa yang mengikuti kursus pada PERTEMUAN I yaitu terkait sejarah perkembangan Biologi Sel. Dalam topik ini akan dibahas tentang para imuwan yang berperan dalam perkembangan teori tentang sel. 


    Sebelum kalian mempelajari materi pertemuan ini, bacalah terlebih dahulu capaian pembelajaran dan pokok-pokok materi. Pada kegiatan ini disajikan materi dalam bentuk lesson, gambarvideo, dan media presentasi. Selain itu juga dilengkapi dengan tugas dan juga quiz di kahir pembelajaran. oelh karena kalian diminta mengikuti dengan serius pembelajaran daring ini!

  • PERTEMUAN 2: ORGANISME ASELULER DAN SELULER


           Hirarki kehidupan yang bersifat aseluler seperti virus dengan ukuran yang demikian kecil dan ultra struktur yang amat sederhana telah banyak menimbulkan masalah bagi pakar ilmu pengetahuan. Pada bentuk kehidupan yang lain muncul sel prokariota dan sel eukariota. Istilah sel prokariota berasal dari bahasa Yunani, yaitu pre yang berarti sebelum, karyon yang berarti inti, dan ta yang berarti kelompok mahluk. Dengan demikian, sel prokariota berarti kelompok mahluk yang mempunyai sel dengan inti yang belum sempurna (tidak memiliki membran inti).  Sel prokariota umumnya bersel tunggal, struktur sederhana, dan tidak memiliki organel berbatas membran. (Ward, 2007).

            Pada pokok bahasan ini, akan dibahas tentang organisme aseluler yaitu struktur tubuh virus dan jenis-jenis virus , organisme seluler yaitu sel prokariotik dan eukariotik, serta struktur dasar sel. 


  • PERTEMUAN 3: DINDING SEL


    Selamat Datang di Pertemuan 3: Struktur Dinding Sel

    Assalamulaikum Wr.Wr. 

    Salam sejahtera bagi mahasiswa yang mengikuti kursus pada Pertemuan 3 yaitu terkait struktur dinding sel pada prokariotik dan eukariotik.  Pada pokok pembahasan ini, akan dibahas tentang struktur dinding sel prokariotik yang mencakup : komponen penyusun, struktur dan fungsi dinding sel bakteri gram positif dan bakteri gram negatif. Selain itu mahasiswa juga akan dibahas  tentang struktur dinding sel eukariotik (dinding sel tumbuhan) yang meliputi : Komponen penyusun dinding sel, struktur dan fungsi dinding sel pada tumbuhan.  Namun, Sebelum memasuki materi, terlebih dahulu anda membaca capain pembelajaran pada pokok bahasan ini!


  • PERTEMUAN 4: MEMBRAN SEL


    Selamat Datang di TOPIK 4: Struktur Membran Sel

    Assalamulaikum Wr.Wr. 

    Selamat datang kembali untuk  mengikuti kursus pada PERTEMUAN 4 yaitu terkait struktur membran sel. Pada pokok pembahasan ini akan dibahas tentang bagaimana perkembangan teori membran sel yang dikemukakan oleh beberapa ilmuwan, juga dibahas tentanng komponen penyusun membran sel yang terdiri atas lipid,  karbohidrat, dan protein. selain itu kalian juga akan mempelajari tentang fluiditas membran. 

  • PERTEMUAN 5:TRANSPOR MATERI MELINTASI MEMBRAN


    Selamat Datang di Pertemuan 5: Transpor Materi Melintasi Membran

    Salam sejahtera bagi kalian yang mengikuti kursus pada pertemuan 5. Pada pokok pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang tentang jenis-jenis protein yang terdapat pada membran, jenis-jenis protein transpor,  dan  juga mempelajari tentang transpor aktif dan transpor pasif. 

    Namun diingatkan kembali, saudara (i) untuk membaca terlebih dahulu capaian pembelajaran pada topik 5 ini. Pada kegiatan ini disajikan materi dalam bentuk lessongambarvideo, dan media presentasi. Selain itu juga dilengkapi dengan  quiz di kahir pembelajaran. Selamat mengikuti rangakaian kegiatan pada topik 5!

  • PERTEMUAN 6: NUKLEUS

    Selamat Datang di Pertemuan 6: Transpor Materi Melintasi Membran

    Salam sejahtera bagi kalian yang mengikuti pertemuan ke 6 dalam perkuliahan online ini. Pada pokok pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang tentang selaput inti, materi genetik, struktur dan tipe-tipe ribosom.

    Namun terlebih dahulu, kalian harus capaian pembelajaran pada pertemuan 6. Pada kegiatan ini, disajikan materi dalam bentuk lessongambarvideo, dan media presentasi. Selain itu juga dilengkapi dengan  quiz di kahir pembelajaran. Selamat mengikuti rangakaian kegiatan pada topik.

  • PERTEMUAN 7: RETIKULUM ENDOPLASMA


    Selamat datang kembali untuk  mengikuti kursus pada PERTEMUAN 7 yaitu terkait Retikulum Endoplasma. Pada pokok pembahasan ini akan dibahas tentang komponen penyusun membran plasma, jenis-jenis retikulum edoplasma, fungsi retikulum endoplasma serta hubungan retikulum endoplasma dengn sistem endombran lainnya.


  • PERTEMUAN 9: BADAN GOLGI


    Selamat datang kembali untuk  mengikuti perkuliahan online  pada PERTEMUAN 9. Pembahasan selanjutnya setelah mengikuti ujian tengah semester pekan lalu yaitu badan golgi. pada pertemuan ini kita akan membahas tentang eori asal terbentuknya badan golgi, struktur badan golgi, komposisi kimia badan golgi serta fungsi dari badan golgi meliputi pengemasan produk yang berasal dari retikulum endoplasma, pembentukan dinding sel, ploriferasi membran sel, dan pembentukan akrosom. Pastikan anda mengikuti seluruh rangkaian aktivitas kuliah ini. Selamat belajar!

  • PERTEMUAN 10: LISOSOM DAN MIKROBODI


    Selamat Datang di Pertemuan 10: Transpor Materi Melintasi Membran

    Salam sejahtera bagi kalian yang mengikuti pertemuan ke 10 dalam perkuliahan online ini. Pada poko bahasan ini akan dibahas tentang lisosom dan mikrobodi. Pada pokok bahasan  lisosom akan dibahas beberapa sub pokok pembahasan yaitu ciri-ciri umum lisosom, pembentukan nasib lisosom, komposisi kimia membran lisosom, dan peranan lisosom. dan pada pokok bahasan mikrobodi akan dibahas beberapa sub pokok bahasan yaitu komposisi kimia mikrobodi, dan fungsi mikrobodi. 

    Namun terlebih dahulu, kalian harus capaian pembelajaran pada pertemuan 10. Pada kegiatan ini, disajikan materi dalam bentuk lessongambarvideo, dan media presentasi. Selain itu juga dilengkapi dengan  quiz di kahir pembelajaran. Selamat mengikuti rangakaian kegiatan pada pertemuan 10.


  • PERTEMUAN 11: MITOKONDRIA

    Selamat Datang di Pertemuan 11: Mitokondria

    Salam sejahtera bagi kalian yang mengikuti pertemuan ke 11 dalam perkuliahan online ini. Pada pembahasan ini akan dibahas tentang komponen kimiawi mitokondria, bagian-bagian mitokondria, teori endosimbiosis, fungsi mitokondria serta proses pembentukan energi oleh mitokondria yang terdiri atas empat tahapan yaitu, Glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif, Siklus Krebs, dan Transfer Elektron. 


  • PERTEMUAN 12: KLOROPLAS


    Selamat Datang di Pertemuan 12 : Kloroplas

    Salam sejahtera bagi kalian yang mengikuti pertemuan ke 12 dalam perkuliahan online ini. Pada pertemuan ini akan dibahas tentang struktur kloroplas, komponen kimiawi kloroplas, struktur dan sifat genom kloroplas, dan proses fotosintesis yang meliputi rekasi terang dan reaksi gelap.

    Namun terlebih dahulu, kalian harus capaian pembelajaran pada pertemuan 12. Pada kegiatan ini, disajikan materi dalam bentuk lessongambar dan video. Selain itu juga dilengkapi dengan  quiz di kahir pembelajaran. Selamat mengikuti rangakaian kegiatan pada pertemuan 12.