Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan mata kuliah umum diprogramkan oleh mahasiswa semester awal (satu) dengan tujuan untuk mengenalkan lebih dini penting integrasi TI dalam dunia pendidikan. Mata kuliah ini ditujukan pada mahasiswa lingkup FKIP Universitas Halu Oleo dan dapat pula dipergunakan secara luas pada mahasiswa dengan backgroud kependidikan. Outcome dari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menentukan, mendesain, menerapkan aplikasi/platform/software yang mendukung dalam bidang pendidikan agar tujuan pendidikan dapat tercapai sesuai harapan
CAPAIAN PEMBELAJARAN Capaian pembelajaran pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi:
- Sikap
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1);
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3);
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa(S4);
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6);
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9);
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10).
- Pengetahuan
Mampu memahami konsep penerapan TI yang diintegrasikan dalam bidang pendidikan (P2);
Mampu menggunakan aplikasi berbasis TI untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan (P3);
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan dibidang TI, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (P5);
Mampu menyelesaikan masalah pendidikan dengan menggunakan aplikasi berbasis TI (P6).
- Keterampilan
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau Implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1);
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2);
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3);
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5);
Terampil menggunakan High Order Thinking (HOT) dan 4-C (critical, creative, collaborative, communicative)(KK2).
Terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika (KK8).
PETA PEMBELAJARAN
PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL Demi memeroleh pengetahuan secara maksimal dalam pembelajaran menggunakan modul ini, maka langkah-langkah yang perlu dilaksanakan antara lain:
Umum- Pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan system Self Based Training atau Sistem Pembelajaran Mandiri
- Bacalah dan pahami materi yang telah disajikan
- Perhatikan petunjuk penginstalan aplikasi Augmented Reality pada tiap materi
- Perhatikan dan pahami visualisasi yang diberikan dengan bantuan Augmented Reality
- Kerjakan soal latihan untuk mengetahui dan mengukur tingkat kemampuan Anda terkait materi yang disajikan
Instalasi Aplikasi
Simak ulasannya melaui panduan dibawah ini.
REFERENSI Andriana., Olly, V., Riyanto, S., Ganjar, T., & Zulkarnain. 2016. Speech Recognition Sebagai Fungsi Mouse Untuk Membantu Pengguna Komputer Dengan Keterbatasan Khusus. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi . Jakarta, Indonesia. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Darmawan, D. 2013. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Teori dan Aplikasi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Iskandar, Y. 2018. Pengantar Aplikasi Komputer. Yogyakarta: Deepublish.
Salim, Abubakar, S. R., Nurhayati, & Saputra, H. N. 2011. Media Augmented Reality Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu. Solok: Mitra Cendekia Media.
Saputra, H. N., Prasetiyo, T. K., & Salim 2020. Suplemen Komputer Dalam Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Solok: Mitra Cendekia Media.
Sutopo, A. H. 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syahrul. (2010). Organisasi dan Arsitektur Komputer. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Talib, Haer. (2009). Panduan Praktis Belajar Komputer Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.