Topic outline

  • DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata Kuliah ini mengkaji aspek-aspek ekonomi dalam pendidikan, yang menjelaskan bagaimana pendidikan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Mata kuliah ini membahas pendidikan sebagai human investment yang akan menghasilkan human capital, sehingga pendidikan diposisikan sebagai suatu industri yang didalamnya terdapat input, proses dan output. Oleh karena itu aspek ekonomi seperti permintaan dan penawaran dalam pendidikan, cost dan benefit dalam pendidikan, tingkat pengembalian pendidikan, dan pembiayaan pendidikan menjadi bagian yang dikaji. Diharapkan setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa memiliki wawasan dan keterampilan dalam mengelola pendidikan yang dapat memberikan maksimisasi surplus, baik dalam  lingkup individu maupun institusi.

    berikut adalah link untuk RPS


    https://drive.google.com/file/d/1i0RcpQrIRwNTekhy5FWiDQZcJ60Sqvz7/view?usp=sharing


  • Pertemuan 1 : Selayang Pandang Mata KUliah Ekonomi Pendidikan

    Sub-CPMK / Indikator Capaian Pembelajatan Matakuliah

    S1.1

    Menyeleraskan persepsi tentang aturan, norma serta menjelaskan ruang lingkup mata kuliah ekonomi pendidikan

    Indikator:

    1) Menginformasikan rencana

    perkuliahan semester

    2) Membuat kontrak belajar

    3) Menyelerasakan sikap

    kepribadian sebagai mahasiswa di mata kuliah Ekonomi Pendidikan

    4) Menyelaraskan sikap sosial

    sebagai mahasiswa di mata

    kuliah Ekonomi Pendidikan

    5) Menyelaraskan sikap akademik sebagai mahasiswa di mata kuliah Ekonomi Pendidikan

    6) Menyelaraskan sikap kinerja sebagai mahasiswa di mata kuliah Ekonomi Pendidikan

    Bahan Kajian/Materi Ajar

    1.     Deskripsi mata kuliah

    2. Ruang lingkup mata kuliah

    Penyajian tentang pengembangan bahan ajar dan Peta Konsep

    Ekonomi Pendidikan

  • PERTEMUAN 2 : MENDESKRIPSIKAN TEORI HUMAN CAPITAL

    materi yang akan di pelajarai:

    Investasi Pendidikan

    Nilai ekonomi dari pendidikan

    Bentuk Perkuliahan:

     

    Pembelajaran:Synchronous

    Tatap Maya via zoom

    Synchronous

    Mahasiswa bersama

    dosen melalui zoom

    mengeksplorasi konsep human capital dan nilai ekonomi dari pendidikan

    Asynchronous

    Resitasi terkait   indeks pendidikan sebagai tolok ukur human capital

    Penilaian proses  pada  forum zoom meeting dan

    diskusi di

    WAG

    Penilaian resitasi :laporan tentang  indeks pendidikan di beberapa negara ASEAN  dan di propinsi di wilayah Indonesia

    Hanushek (2015), Psacharopoulos (1987), Burgess (2016)

    Suhendra (2021)




  • PERTEMUAN 3 : MENJELASKAN HUBUNGAN PENDIDIKAN DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI

    Materi Ajar

    ·  Human capital dan pertumbuhan ekonomi

    ·  Kontribusi pendidikan terhadap pendidikan ekonomi

    ·  Akses terhadap pendidikan dan pertumbuhan ekonomi

    - Pendidikan, distribusi, dan ketidamerataan

    Bentuk Perkuliahan:

    Synchronous

    Tatap Maya via zoom

    Membahas tugas project dan pembagian kelompok mahasiswa

    Synchronous

    Mahasiswa bersama

    dosen melalui zoom

    mengeksplorasi hubungan pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi  

    sumber:

    Acemoglu (2000), 

    Bils, Mark and Peter Klenow (2000)

    Suhendra (2021)

  • PERTEMUAN 4 : MENJELASKAN HUBUNGAN PENDIDIKAN DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI

    materi ajar:

    ·  Human capital dan pertumbuhan ekonomi

    ·  Kontribusi pendidikan terhadap pendidikan ekonomi

    ·  Akses terhadap pendidikan dan pertumbuhan ekonomi

    - Pendidikan, distribusi, dan ketidamerataan

    Team-based Project menganalisis kontribusi pendidikan dalam pertumbuhan ekonomi (kasus di Indonesia dan beberapa negara ASEAN), 4dan membuat laporannya untuk dipresentasikan

     

    Acemoglu (2000), 

    Bils, Mark and Peter Klenow (2000)

    Suhendra (2021)

  • PERTEMUAN 5 : MENGIDENTIFIKASI IMBAL BALIK PENDIDIKAN

    materi ajar:

    ·  Imbal balik pribadi versus sosial

    ·  Pendidikan dan penghasilan

    - Estimasi tingkat pengembalian pendidikan

    Synchronous

    ·  Mahasiswa bersama dosen melalui zoom

    mengeksplorasi konsep imbal balik pendidikan serta menganalisis proses estimasinya

    Dosen memberikan beberapa rujukan inti untuk dibahas dan didiskusikan

    Mincer (1974), 

    Moretti (2004), 

    Wang (2015)

    Psacharopoulos (1987)


  • PERTEMUAN 6 : MENGESTIMASI IMBAL BALIK PENDIDIKAN

    materi ajar:

    Estimasi tingkat pengembalian pendidikan

    Mahasiswa berkolaborasi untuk membuat project estimasi imbal balik pendidikan. Setelah proses estimasi dilakukan, mahasiswa membuat laporan dalam bentuk artikel

    IFLS, Purnastuti et al. (2014), Duflo (1999), Mincer (1974)


  • PERTEMUAN 7 : MENDESKRIPSIKAN PERMINTAAN PENDIDIKAN

    materi ajar:

    ·  Determinan permintaan pendidikan

    ·  Pendidikan sebagai penciptaan kemampuan minimal

    - Peranan bakat individu

    Synchronous

    ·  Mahasiswa bersama dosen melalui zoom mengeksplorasi konsep permintaan pendidikan

    - Dosen memberikan beberapa rujukan inti untuk dibahas dan didiskusikan

    Checchi (2006), Becker and Tomes  (1986), Becker (1993), Krueger, Alan B. (1999)

  • PERTEMUAN 8 : MENGANALISIS PERMINTAAN PENDIDIKAN

    materi ajar:

    ·  Pasar keuangan yang tidak sempurna dan investasi modal

    - Permintaan individu untuk pendidikan dan distribusi pendapatan agregat

    Synchronous

    ·  Mahasiswa bersama dosen melalui zoom mengeksplorasi topik khusus dalam permintaan pendidikan

    Dosen mereview dan mendiskusikan tugas pada pertemuan sebelumnya


    hecchi (2006), Becker and Tomes  (1986), Becker (1993), Krueger, Alan B. (1999)


  • PERTEMUAN 9 : UTS

    Mahasiswa mengerjakan soal yang diberikan dosen pada batas waktu tertentu

  • PERTEMUAN 10 : MENDESKRIPSIKAN PENAWARAN PENDIDIKAN

    materi ajar:

    ·  Formasi Human capital

    ·  Formasi kelas dan efek teman sebaya

    - Integrasi atau segregasi?

    Synchronous

    ·  Mahasiswa bersama dosen melalui zoom mengeksplorasi konsep penawaran pendidikan

    Dosen memberikan beberapa rujukan inti untuk dibahas dan didiskusikan

    Checchi (2006), Dustman et al. (2008), Bradley and Green (eds) (2020)


  • PERTEMUAN 11 : MENGANALISIS PENAWARAN PENDIDIKAN

    materi ajar;

    ·  Ukuran kelas

    ·  Efektivitas sumber daya

    - Efisiensi sumber daya pemerataan

    kegiatan:

    ·  Mahasiswa memecahkan suatu kasus yang telah ditetapkan terkait topik yang berhubungan dengan penawaran pendidikan.

    - Mahasiswa membuat essay berdasarkan kasus yang telah dibahas

    Hoxby (2000), Checchi (2006), Dustman et al. (2008), Bradley and Green (eds) (2020)


    • PERTEMUAN 12 : MENGANALISIS FUNGSI PRODUKSI PENDIDIKAN

      Materi ajar:

      ·  Pendidikan sebagai industri

      ·  Sumber daya pendidikan

      ·  Hasil belajar

      - Efisiensi produksi pendidikan

      Synchronous

      Mahasiswa bersama dosen melalui zoom mengeksplorasi konsep fungsi produksi pendidikan

      Chechi, D. (2005). The Economic of Education;

      Brewer.DJ.,& McEwan PJ.(2010). Economics of Education.

    • PERTEMUAN 13 : MENGANALISIS FUNGSI PRODUKSI PENDIDIKAN

      materi ajar;

      ·  Efisiensi produksi pendidikan

      - asar kerja guru

      Asynchronous

      Mahasiswa melakukan

      case study menganalisis masalah terkait pasar pendidikan dan membuat laporannya

      Chechi, D. (2005). The Economic of Education;

      Brewer.DJ.,& McEwan PJ.(2010). Economics of Education

    • PERTEMUAN 14 : MENGANALISIS PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

      materi ajar;

      ·       Jenis-jenis pembiayaan pendidikan

      ·       Sumber-sumber biaya pendidikan

      ·       Komponen biaya pendidikan

      ·       Satuan biaya pendidikan (unit cost)

      - Analisis pembiayaan dalam pendidikan

      Synchronous

      Mahasiswa bersama

      dosen melalui zoom

      mengeksplorasi konsep fungsi produksi pendidikan

      Chechi, D. (2005). The Economic of Education;

      Dedi Supriadi.(2004). Satuan Biaya

    • PERTEMUAN 15 : MENGANALISIS PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

      materi ajar;

      ·       Jenis-jenis pembiayaan pendidikan

      ·       Sumber-sumber biaya pendidikan

      ·       Komponen biaya pendidikan

      ·       Satuan biaya pendidikan (unit cost)

      - Analisis pembiayaan dalam pendidikan

      Synchronous

      Mahasiswa bersama

      dosen melalui zoom

      mengeksplorasi konsep fungsi produksi pendidikan

      Chechi, D. (2005). The Economic of Education;

      Dedi Supriadi.(2004). Satuan Biaya

    • PERTEMUAN 16 : UAS

      Mahasiswa mengerjakan soal sesuai petunjuk