PENDAHULUAN
SELAMAT DATANG DI PROGRAM IPD BAHASA INDONESIA 2021
Assalamualaikum Wr. Wb. Salam Sejahtera bagi kita semua.
Selamat datang dan selamat bergabung rekan-rekan mahasiswa di manapun kalian berada. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Selamat datang di program Inovasi Pembelajaran Digital Mata Kuliah Bahasa Indonesia 2021 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Melalui program ini, kita akan mengenal lebih jauh bahasa kita tercinta, bahasa Indonesia.
Mata kuliah bahasa indonesia memiliki beban SKS sebesar 3 SKS, dengan kode mata kuliah 10412
Semoga dengan mengikuti program ini, dapat meningkatkan rasa bangga dan cinta terhadap bahasa Indonesia.
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik!
Tetap jaga kesehatan dan selalu semangat!
Salam hangat,
Penyelenggara IPD
Wassalamualaikum. Wr. Wb.
Mata kuliah Bahasa Indonesia ditujukan untuk seluruh mahasiswa program studi berbasis Bahasa Indonesia, yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berasal dari Perguruan Tinggi Mitra di seluruh Indonesia. Mata kuliah Bahasa Indonesia adalah matakuliah wajib Prodi Pendidikan Bahasa dan Sasra Indonesia yang memiliki beban 2 SKS. Proyeksi perguruan tinggi mitra tersebut berjumlah lima universitas dengan latar belakang yang variatif. Kekhasan latar belakang tersebut menjadi motif proyeksi mitra strategis, seperti; latar belakang kerja sama yang terjalin, potensi ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU), potensi dan kapasitas mahasiswa.
Mata kuliah Bahasa Indonesia akan diajarkan dalam bentuk Daring dengan sistem Blended Learning. Topik-topik yang diajarkan meliputi sejarah Bahasa Indonesia; kedudukan Bahasa Indonesia, fungsi Bahasa Indonesia dan eksistensi Bahasa Indonesia; hakikat Bahasa Indonesia untuk teks akademik/ karya ilmiah, diksi (kata dan frasa) yang sesuai dengan kaidah; teks akademik dan non akademik; teknik penulisan teks akademik genre makro (resume, esay, makalah, paper); model teks ulasan buku dan artikel jurnal ilmiah; aspek penilaian, formulasi bahasa, dan manfaat teks ulasan buku atau artikel jurnal ilmiah; bentuk plagiasi dan sitasi dalam teks akademik; model teks proposal PKM; formulasi bahasa pada proposal, manfaat proposal, pihak yang diberi proposal, dan hubungan genre pada setiap tahapan proposal PKM; teks proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM); struktur teks pada artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah; hubungan genre pada teks artikel llmiah dan media presentasi ilmiah; teks artikel llmiah dan media presentasi ilmiah.
Kemanfaatan MK:
Cara belajar:
Program IPD Bahasa Indonesia UMS menggunakan cara belajar sinkronis dan asinkronis.
Cara sinkronis dilakukan dengan meminta mahasiswa untuk belajar melalui open learning ini. Adapun cara asinkronis dilakukan dengan menggunakan zoom sebagai ruang pembelajaran virtual yang melibatkan mahasiswa dan dosen pengampu.
Peta kompentensi:
Berdasarkan materi mata kuliah Bahasa Indonesia yang diajarkan, ada beberapa kompetensi yang akan dicapai. Berikut rinciannya:
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan pertama pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-1, materi yang dibahas adalah Sejarah Bahasa Indonesia. Materi ini akan disampaikan oleh ….. berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu mengekplorasi Sejarah Bahasa Indonesia. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai Sejarah Bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan dapat memproduksi sebuah infografis mengenai alir sejarah terlahirnya bahasa Indonesia.
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai Sejarah Bahasa Indonesia. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Diskusikanlah mengenai perkembangan sejarah bahasa Indonesia!
Deskripsikan sejarah perkembangan bahasa Indonesia pada tahun 1928, 1938, dan 1945!
Fadrin, S. 2018. Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia.
Jatmiko, D. 2020. Sejarah Bahasa Indonesia.
Kok Bisa?. 2015. Bagaimana Bahasa Bisa Terbentuk? (Ft. Google Translate).
Kok Bisa?. 2017. Darimana Asal-Usul Alfabet yang ada dalam Bahasa Indonesia.
Malik, A. Sejarah Bahasa Melayu Sebagai Bahasa Ilmiah. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/aksis/article/view/7346
Mijianti, Y. (2018). Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/1927
Pusposari, D. (2017). Kajian Linguistik Historis Komparatif Dalam Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1). http://fkip.umrah.ac.id/wp-content/uploads/2020/12/SEJARAH-BAHASA-MELAYU-SEBAGAI-BAHASA-ILMIAH.pdf
Repelita, T. (2018). Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia (Ditinjau dari Prespektif Sejarah Bangsa Indonesia). Jurnal Artefak, 5(1), 45-48. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/226
Sudaryanto, S. (2018). Tiga Fase Perkembangan Bahasa Indonesia (1928-” 2009): Kajian Linguistik Historis. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-16. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/1114
Glosarium
Bahasa: sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri
Ejaan: kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca
Hieroglif: tulisan dan abjad Mesir Kuno, yang terdiri atas 700 gambar dan lambang dalam bentuk manusia, hewan, atau benda
Lingua Franca: bahasa yang dipakai sebagai alat komunikasi di antara kelompok masyarakat yang mempunyai bahasa yang berlainan
Linguistik Historis Komparatif: Linguistik Komparatif Historis adalah cabang linguistik yang meneliti perkembangan bahasa dari satu waktu ke waktu yang lain, mengamati cara-cara perubahan bahasa, dan meneliti penyebab perubahan bahasa
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan pertama pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-2, materi yang dibahas adalah Kedudukan Bahasa Indonesia. Materi ini akan disampaikan oleh Bapak Gallant Karunia Assidik, M.Pd. berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu mampu mengekplorasi Kedudukan Bahasa Indonesia. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai Kedudukan Bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan dapat memproduksi sebuah diagram fishbone kedudukan Bahasa Indonesia.
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai Sejarah Bahasa Indonesia. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Pekan 2 - Kedudukan Bahasa Indonesia
Diskusikanlah mengenai kedudukan bahasa Indonesia!
Diskusikan dalam bentuk video Kedudukan Bahasa Indonesia dengan melihat aspek unsur serapan, budaya, ras dalam bentuk rekaman video dengan durasi minimal 15 menit!
Unggah video kerja kelompok kalian pada tautan berikut ini!
https://drive.google.com/drive/folders/13RYGI7cttaPX2KlKnVMVB32xvr2gQFqb?usp=sharing
Anam, C. 2021. Kedudukan Bahasa Indonesia. Online
Bulan, D. R. (2019). Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Nasional Bangsa Indonesia. JISIPOL| Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 23-29. URL https://www.unaki.ac.id/ejournal/index.php/jurnal-culture/article/view/98
Dian, S. 2019. Bahasa Indonesia Sebagai Identitas dan Bahasa Nasional. Online
Karyanti, Tri. (2015). “Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”. Jurnal Culture, 2(1): 102-118. URL https://web.archive.org/web/20180504130411id_/http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/viewFile/50/951
Nugroho, Agung (2015) Pemahaman Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Dasar Jiwa Nasionalisme. In: Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, pp. 285-291. ISBN 978-602-8043-50-2. URL https://unibba.ac.id/ejournal/index.php/jisipol/article/view/115
Nuryanto, T. (2015). Menurunnya penutur bahasa Indonesia sebagai lingua franca. Indonesian Language Education and Literature, 1(1), 29-41. URL http://repository.unib.ac.id/11129/
Sari, Inda Puspita (2015) Pentingnya Pemahaman Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). In: Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, pp. 234-242. ISBN 978-602-8043-50-2. URL http://repository.unib.ac.id/11134/
Glosarium
Prokem : ragam bahasa dengan leksikon tertentu digunakan oleh kaum remaja (seperti kata bokap untuk bapak, sepokat untuk sepatu dan bokin untuk bini).
Sosiolinguistik : cabang linguistik tentang hubungan dan saling pengaruh antara perilaku bahasa dan perilaku sosial.
Patriotisme: sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya; semangat cinta tanah air.
Bahasa ibu: bahasa pertama yang dikuasai manusia sejak lahir melalui interaksi dengan sesama anggota masyarakat bahasanya, seperti keluarga dan masyarakat lingkungannya.
Kongres Bahasa Indonesia : pertemuan rutin lima tahunan yang diadakan oleh pemerintah dan praktisi bahasa dan sastra Indonesia untuk membahas Bahasa Indonesia dan perkembangannya.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan ke tujuh pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-3, materi yang dibahas adalah Model Teks Ulasan Buku dan Artikel Jurnal Ilmiah. Materi ini akan disampaikan oleh Dipa Nugraha, Ph.D berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu menelusuri dan menganalisis model teks ulasan buku atau artikel jurnal ilmiah. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai model teks ulasan buku atau artikel jurnal ilmiah, mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi struktur teks ulasan dan megulas isi referensi/ pustaka baik buku maupun artikel dalam jurnal. Metaanalisis Jurnal Ilmiah.
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai model teks ulasan buku dan artikel jurnal ilmiah. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume mengenai Model Teks Ulasan Buku dan artikel jurnal ilmiah berdasarkan materi-materi yang telah Anda baca!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Kumpulkan hasil latihan kalian di bawah ini:
https://drive.google.com/drive/folders/11INUZ7jDu656TCgx71tZtbqJTHc_aPvu?usp=sharing
Identifikasikan struktur teks ulasan dan ulaslah isi referensi/ pustaka baik buku maupun artikel dalam jurnal. Metaanalisis Jurnal Ilmiah!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Kumpulkan hasil tugas kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1_qSe7d6slcUNHuPskPcjcAE7qrC8eelb?usp=sharing
Diskusikanlah mengenai model teks ulasan buku dan artikel jurnal ilmiah!
Bentuklah kelompok dengan 3 mahasiswa. Diskusikan dan buatlah ulasan dari buku maupun jurnal yang berkaitan dengan bahasa maupun pembelajaran bahasa!
Kumpulkan tugas pada tautan google drive di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1Ybe_IjxD7f2P62ShSBwvDJ5b4brx4TID
Arif Uenes.2020. Ulasan Artikel Jurnal Ilmiah.
Firdaus, F. (2019). Pengaruh Penguasaan Ragam Bahasa Kritik dan Kalimat Efektif terhadap Pembelajaran Menulis Teks Resensi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(01), 39-51. URL
https://www.researchgate.net/publication/350839831_Pengaruh_Penguasaan_Ragam_Bahasa_Kritik_dan_Kalimat_Efektif_terhadap_Pembelajaran_Menulis_Teks_Resensi
Harzsalistian, Syarah. 2021. Contoh Teks Ulasan/Resensi/Review.
Karlinah, K., & Jaja, J. (2019). Analisis Teks Ulasan Film dari Media Elektronik Google dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar untuk Siswa SMP/Mts Kelas VIII. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 36-42. URL https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/2860
Nuryanti, M., & Arfiyanti, R. (2015). ANALISIS FITUR KEBAHASAAN DALAM TEKS ULASAN. Repository FKIP Unswagati. URL https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/42020
Rahmawati, H. N., Setiawan, B., & Suryanto, E. ANALISIS STRUKTUR WACANA DAN KESALAHAN BERBAHASA TEKS ULASAN BUKU FIKSI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 143-152. URL http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/repository/article/view/281
Sholeh, K., & Meirani, D. A. (2017, October). Nilai Pendidikan Akhlak Film Rumah Tanpa Jendela Karya Aditya Gumay Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Interpretasi Makna Teks Ulasan Drama/film Di Kelas XI Sma/smk. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL, 1(1), 181-191. URL http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/1653
Glosarium
Kritik : kecaman atau tanggapan, atau kupasan kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya
Metafora : pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan
Objektif : mengenai keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi
Referensi adalah suatu informasi yang dapat dijadikan sebagai rujukan atau sumber acuan untuk mempertegas suatu pernyataan yang disampaikan
Resensi adalah ulasan mengenai kelemahan atau kelebihan suatu karya untuk diberitahukan pada pembaca
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan ke delapan pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-4, materi yang dibahas adalah Aspek Penilaian, Formulasi Bahasa, dan Manfaat Teks Ulasan Buku atau Artikel Jurnal Ilmiah. Materi ini akan disampaikan oleh Dipa Nugraha, Ph.D berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu menganalisis aspek penilaian, formulasi bahasa, dan manfaat teks ulasan buku atau artikel jurnal ilmiah. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai aspek penilaian, formulasi bahasa, dan manfaat teks ulasan buku atau artikel jurnal ilmiah, mahasiswa diharapkan dapat saling mengevaluasi hasil analisis isi teks ulasan dari referrensi berupa buku atau artikel jurnal.
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai aspek penilaian, formulasi bahasa, dan manfaat teks ulasan buku atau artikel jurnal ilmiah. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume mengenai Aspek Penilaian, Formulasi Bahasa, dan Manfaat Teks Ulasan Buku. atau artikel jurnal ilmiah berdasarkan materi-materi yang telah Anda baca!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Kumpulkan hasil latihan kalian pad tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1sywYIC5Iv-K3VrSF0CKYN934wYi0zbRM?usp=sharing
Evaluasilah hasil analisis isi teks ulasan dari referensi berupa buku atau artikel jurnal bersama mahasiswa lain!
Kumpulkan hasil tugas kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/15XEai58VVFTyXNGZtPqmFF8CLl2iSVMG?usp=sharing
Diskusikanlah mengenai aspek peneilaian, formulasi bahasa, dan manfaat teks ulasan buku atau artikel ilmiah
Hendrisman, H. (2019). Penggunaan Metode Diskusi terhadap Keteramplan Menulis Teks Ulasan. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 3(1), 80-91. URL https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/902
Ibda, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku Ilmiah pada Mahasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (TUTER TENSI). Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-13. URL https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/disastra/article/view/1998/2233
“KMF” edu.2020. Bahasa Indonesia-Teks Ulasan Buku (Teks Review). Online.
Meza, Y. F., Mustofa, A., & Karomani, K. (2016). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 METRO. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 4(1), 1-9. URL http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/10349/7096
Nuryanti, M., & Arfiyanti, R. (2015). ANALISIS FITUR KEBAHASAAN DALAM TEKS ULASAN. Repository FKIP Unswagati. URL http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/repository/article/view/281
Riyanto, Annora. 2019. Teks Ulasan. Online
Santoso, Edy. 2020. PERTEMUAN 5-6 Sub CPMK 3: Sistematika Dan Formulasi Bahasa Indonesia Yang Digunakan Dalam KTI. Online
Siregar, N. Y. KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUNPEMBELAJARAN 2017/2018. Basastra, 7(2), 128-136. URL https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/10065/9094
Glosarium
Kata rujukan : kata rujukan juga berarti kata yang digunakan untuk mengacu pada suatu hal atau untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut. Beberapa kata rujukan yang sering digunakan: ia, mereka, itu, beliau, dia, tersebut, di sini, dan lainnya
Konjungsi penerang : penghubung yang digunakan untuk menjelaskan atau menerangkan suatu kejadian dalam sebuah kalimat
Kritik : kecaman atau tanggapan, atau kupasan kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya
Mengevaluasi : memberikan penilaian; menilai sesuatu
Rekomendasi : hal minta perhatian bahwa orang yang disebut dapat dipercaya dengan baik (biasa dinyatakan dengan surat); penyungguhan; saran yang menganjurkan (membenarkan, menguatkan)
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan ke lima pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-5, materi yang dibahas adalah Model Teks Proposal PKM. Materi ini akan disampaikan oleh Dr. Laili Etika Rahmawati, M.Pd. berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu membangun konteks menganalisis model teks proposal PKM. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai model teks proposal PKM, mahasiswa diharapkan dapat menyampaikan berbagai jenis model PKM dan ciri khasnya, serta menyampaikan ide salah satu jenis PKM.
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai model teks proposal PKM. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume mengenai Model Teks Proposal PKM berdasarkan materi-materi yang telah Anda baca!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Kumpulkan hasil latihan pada tautan google drive di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1Iz5q-1hy-Qp2uBStKh1-52Pw6hvWbXUU
Tulislah macam-macam jenis model PKM dan ciri khasnya, serta menyampaikan ide salah satu jenis PKM!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Kumpulkan hasil latihan pada tautan google drive di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1QY7Jk7Q5jHiUP5bwRrH1R53l9AxfxS9G
Diskusikanlah mengenai model teks proposal PKM
Diskusikan dalam bentuk video model teks proposal PKM dengan melihat aspek unsur serapan, budaya, ras dalam bentuk rekaman video dengan durasi minimal 15 menit!
Unggah video hasil kerja kelompok kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/13kPRh6DdXcAEbsT4ZXGwR9rHX26N_ptE
Hamzah, H., & Sahade, S. (2020). PKM Karya Tulis Ilmiah. DEDIKASI, 22(2), 122-125. URL https://ojs.unm.ac.id/dedikasi/article/view/16118/9327
Hipotesa FPP UMM. 2017. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).
Juwita, N. P. R., & Sabardila, A. (2020). Nama Tokoh Sebagai Teks Acuan dalam Penulisan Judul Program Kreativitas Mahasiswa 5 Bidang (Studi Prior Text). Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(3), 263-276. URL https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/issue/view/252
Putra, A. P., Satriawan, N., Nasirin, A., & Hidayat, C. (2018). PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA DAN IMPLIKASINYA DALAM UPAYA SUSTAINABLE EMPOWERMENT. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(1), 1-8. URL http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/80/63
Paryanti, A. B., Yosepha, S. Y., & Widodo, S. (2021). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Kampus tentang PKM 5 Bidang Secara Online. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 2(1), 18-26. URL https://jurnal.dosenperiset.org/index.php/senada/article/view/80/41
Putri, K. E., Khansa, S. D., Herlina, R., & Safitri, D. (2020). Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan Cheewings. Jurnal Solma, 9(2), 444-451. URL https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/16/58
Slamet Santoso FE – UMPo. 2020. PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA: Menyusun Proposal PKM.
Glosarium
Justifikasi ilmiah: Bukti-bukti kebenaran kondisi dan situasi yang telah disampaikan sehingga pembaca yakin bahwa topik yang ada perlu diteliti
Komoditas: Barang dagangan utama
Prototipe: Model awal yang menjadi contoh
Efikasi diri: Kepercayaan seseorang atas kemampuan dirinya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
Futuristik: Terarah, tertuju ke masa depan
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan ke enam pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-6, materi yang dibahas adalah Formulasi Bahasa pada Proposal, Manfaat Proposal, pihak yang Diberi Proposal, dan Hubungan Genre pada Setiap Tahapan Proposal PKM. Materi ini akan disampaikan oleh Dr. Laili Etika Rahmawati, M.Pd. berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu menganalisis formulasi bahasa pada proposal, manfaat proposal, pihak yang diberi proposal, dan hubungan genre pada setiap tahapan proposal PKM. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai formula bahasa pada proposal, manfaat proposal, pihak yang diberi proposal, dan hubungan genre pada setiap tahapan proposal PKM, mahasiswa diharapkan dapat menyusun bagan kerangka isi sesuai struktur proposal PKM yang diminati , kemudian saling memberi masukan mengenai kekurangan dan kelebihannya.
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai formula bahasa pada proposal, manfaat proposal, pihak yang diberi proposal, dan hubungan genre pada setiap tahapan proposal PKM. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume mengenai Formulasi Bahasa pada Proposal, Manfaat Proposal, pihak yang diberi Proposal, dan Hubungan Genre pada Setiap Tahapan Proposal PKM berdasarkan materi-materi yang telah Anda baca!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Kumpulkan hasil latihan kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1qDZEm7-p4wTBCY_BefudykVeAH8_eTO5
Susunlah bagan kerangka isi sesuai struktur proposal PKM yang diminati, kemudian saling memberi masukan mengenai kekurangan dan kelebihannya!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Kumpulkan hasil tugas kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1rhFRr5_tf-hRAY3R8ZQrwxLAxUCSLA7v
Diskusikanlah mengenai formulasi bahasa, manfaat proposal, pihak yang diberi proposal dan hubungan genre proposal PKM
Diskusikan dalam bentuk video formula bahasa pada proposal, manfaat proposal, pihak yang diberi proposal, dan hubungan genre pada setiap tahapan proposal PKM dengan melihat aspek unsur serapan, budaya, ras dalam bentuk rekaman video dengan durasi minimal 15 menit!
Unggah video hasil kerja kelompok kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1A3dVJGtsk9x3UV3syj2MYeYHixcb1Twn
HARIADI, H. SOFT SKILL DAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA. GENERASI KAMPUS, 2(2), 1-16. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/viewFile/7070/6050
Nura, Elin. 2021. PROPOSAL KEGIATAN (Manfaat dan Sistematika Penulisan). Online.
Rube'i, M. A., Firmansyah, S., Yuliananingsih, Y., Suhaida, D., & Moad, M. (2019). PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) PADA PROGRAM STUDI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 102-114. URL https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/gervasi/article/view/1208/993
Sari, I. P., Prananosa, A. G., & Satria, A. (2021). Pelatihan Penulisan Proposal Kegiatan pada IRMAS Di Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musirawas Utara. Bakti Nusantara Linggau: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 26-23. URL https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/bnl/article/view/88/42
Sudiro, S. (2020). WORKSHOP PENULISAN PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) BAGI MAHASISWA AKADEMI PARIWISATA MANDALA BAKTI SURAKARTA. Jurnal Sainstech, 7(1), 52-58. URL http://www.poltekindonusa.ac.id/SUB-DOMAIN/jurnal_sainstech/index.php/view/article/view/153/131
Glosarium
Logis: sesuai dengan logika; benar menurut penalaran; masuk akal
Lokakarya: pertemuan antara para ahli (pakar) untuk membahas masalah praktis atau yang bersangkutan dengan pelaksanaan dalam bidang keahliannya; sanggar kerja
Modalitas: klasifikasi pernyataan menurut hal menyungguhkan atau mengingkari kemungkinan atau keharusan; makna kemungkinan, keharusan, kenyataan, dan sebagainya yang dinyatakan dalam kalimat (dalam bahasa Indonesia dinyatakan dengan kata barangkali, harus, dan sebagainya)
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS): kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kesepakatan pimpinan perguruan tinggi yang disetujui oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (d/h Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).
Soft Skill: kemampuan komunikasi, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial yang melekat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan ke tujuh pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-7, materi yang dibahas adalah teks roposal program kreatifitas mahasiswa (PKM). Materi ini akan disampaikan oleh ….. berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu membangun teks proposal program kreatifitas mahasiswa (PKM) secara mandiri atau bersama-sama. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai teks roposal program kreatifitas mahasiswa (PKM), mahasiswa diharapkan dapat menyusun bagan kerangka isi sesuai strutur proposal PKM yang diminati , kemudian saling memberi masukan mengenai kekurangan dan kelebihannya.
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai teks roposal program kreatifitas mahasiswa (PKM). Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume mengenai Teks Proposal program kreatifitas mahasiswa (PKM) berdasarkan materi-materi yang telah Anda baca!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Kumpulkan hasil latihan kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1EoMDhR22jCluTQtc1PY7_lVzkQh3DKB6?usp=sharing
Susunlah Proposal PKM sesuai dengan ide dan kerangka yang telah dibuat!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Kumpulkan hasil tugas kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1dqrbozXvxOBt3jcZzOPD17FSLv6hNBCL?usp=sharing
Diskusikanlah mengenai teks proposal program kreativitas mahasiswa (PKM)!
Hasanah, M., & Ratumbuysang, M. F. N. (2017). Strategi Peningkatan Minat Wirausaha Mahasiswa Melalui Program Kreativitas Mahasiswa–Kewirausahaan (PKM-K) di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Socius, 6(02). URL https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JS/article/view/3478/3020
Rube'i, M. A., Firmansyah, S., Yuliananingsih, Y., Suhaida, D., & Moad, M. (2019). PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) PADA PROGRAM STUDI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 102-114. URL https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/matappa/article/view/1026/395
Sriasih, S. A. P., Nitiasih, P. K., Jayaputra, I. N. A., Budasi, I. G., & Utama, I. D. G. B. (2020). PROBLEMATIKA PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) DAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) PADA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNDIKSHA. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 15(01), 22-33. URL https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/view/24801/15268
Sumariawan, Adi. 2020. LANGKAH MENYUSUN LAPORAN PKM | PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA.
Taqwa, Muhmmad, Rahmat Kamaruddin, Vivi Rosida. (2021). Pelatihan Penyusunan dan Teknik Pengusulan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa pada Mahasiswa STKIP Andi Matappa. Matappa: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 136-141. URL https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/gervasi/article/view/1208/993
Glosarium
Holistik: serangkaian gagasan-gagasan bahwa segala sesuatu harus dipelajari secara keseluruhan
Ideal: sangat sesuai dengan yang dicita-citakan atau diangan-angankan atau dikehendaki:
Kontradiktif: bersifat kontradiksi; berlawanan; bertentangan
Monitoring: pengawasan yang berarti proses pengamatan, pemeriksaan, pengendalian dan pengoreksian dari seluruh kegiatan
Skema: 1) bagan; rangka; kerangka (rancangan dan sebagainya); 2) garis besar; denah;
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan ke delapan pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-8, materi yang dibahas adalah Teks akademik dan Teks Non Akademik. Materi ini akan disampaikan oleh Ibu Nuraini Fatimah berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri teks akademik dan teks nonakademik. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai teks akademik dan teks nonakademik, mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi teks akademik dan non akademik
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai teks akademik dan teks nonakademik. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume mengenai teks akademik dan teks non akademik berdasarkan materi-materi yang telah Anda peroleh!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Kumpulkan hasil latihan kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1y5zzL256Ypth8IzJGwum3VcePROBZGtV?usp=sharing
Carilah contoh teks akademik dan teks non akademik, kemudian identifikasilah kedua teks tersebut!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Kumpulkan hasil tugas kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1PwX18Qz8Lr0aGerqG2lBDGiuBYelnngK?usp=sharing
Diskusikanlah mengenai teks akadmik dan teks non akademik1
Diskusikan dalam bentuk video Teks Akademik dan Teks Non Akademik yang berkaitan dengan budaya, ras , atau wawasan kebangsaan dan mengandung unsur serapan dalam bentuk rekaman video dengan durasi minimal 15 menit!
Unggah video hasil kerja kelompok kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1Vsq4qYTHCnfnvsabo7LlNn97UHXJQEQO
Arifin, S. R. (2017). ANALISIS KEILMIAHAN TEKS AKADEMIK (BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA/SMK/MAK KELAS X EDISI REVISI 2016 TERBITAN KEMENDIKBUD) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (Doctoral dissertation, Pascasarjana). URL http://eprints.unm.ac.id/12812/1/artikel.pdf
Gurning, B. STRUKTUR INFORMASI TEKS AKADEMIK. Jurnal Linguistik Terapan, 29-40. URL http://eprints.unm.ac.id/14589/
Imju Production. 2020. Teks Akademik. Online.
Rahman, Ikhsan. 2020. Pembelajaran Teks Akademik dan Teks Non Akademik. Online.
Setyorini, N., Kadariyati, K., & Bagiya, B. (2020, March). PEMBELAJARAN TEKS AKADEMIK BERWAWASAN LITERASI BARU. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (Vol. 2). URL http://digilib.unimed.ac.id/319/
Tim Penyusun. 2016. Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. URL https://edukasi.pajak.go.id/images/perguruan_tinggi/Bahasa_Indonesia.pdf
Widiastuti, W. (2019). ANALISIS CIRI KEILMIAHAN TEKS AKADEMIK PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X) Widiastuti (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). URL http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1384
Glosarium
Leksikal: 1) berkaitan dengan kata; 2) berkaitan dengan leksem; 3) berkaitan dengan kosakata
Metafora gramatikal : pengodean satu makna gramatikal seakan-akan seperti pengodean gramatikal yang lain
Monolog: pembicaraan yang dilakukan dengan diri sendiri
Objektif: mengenai keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi
Semantik: bagian struktur bahasa yang berhubungan dengan makna ungkapan atau struktur makna suatu wicara;
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan ke sembilan pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-9, materi yang dibahas adalah Teknik Penulisan Teks Akademik Genre Makro. Materi ini akan disampaikan oleh Ibu Nuraini Fatimah berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu membangun teks akademik dalam berbagai genre makro (Resuma, esay, makalah) secara mandiri atau bersama-sama. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai teknik penulisan teks akademik genre makro, mahasiswa diharapkan dapat menyusun resume secara mandiri dengan teknik yang tepat
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai teknik penulisan teks akademik genre makro. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume mengenai teknik penulisan teks akademik genre makro berdasarkan materi-materi yang telah Anda baca!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Unggah hasil latihan kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1OUtALCT1gMoA1UDVh2KtV8WOQpkwHVpX
Buatlah resume mengenai teknik penulisan teks akademik genre makro berdasarkan materi-materi yang telah Anda baca!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Unggah hasil latihan kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1OUtALCT1gMoA1UDVh2KtV8WOQpkwHVpX
Susunlah resume secara mandiri teks akademik genre mikro dengan teknik yang tepat!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Unggah hasil latihan kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1fjIyR1qVqc_yfZczl8R3bazWDhTwJ0gL
Susunlah resume secara mandiri teks akademik genre mikro dengan teknik yang tepat!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Unggah hasil latihan kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1fjIyR1qVqc_yfZczl8R3bazWDhTwJ0gL
Diskusikanlah mengenai teknik penulisan teks akademik genre makro!
Diskusikan dalam bentuk video teknik penulisan teks akademik genre makro dengan melihat aspek unsur serapan, budaya, ras dalam bentuk rekaman video dengan durasi minimal 15 menit!
Unggah video hasil kerja kelompok kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1TXRaDkmSyVvmw2bsaJdshxksngyCO6t0
Kuesioner Pasca Kuliah Pekan 9
https://docs.google.com/forms/d/1TvKH2RSE9nA88j2VMHIO2wLJ2x7QSitp5dwTidUd0KA/edit
Agustina, E. S. (2017). Pembelajaran bahasa indonesia berbasis teks: representasi kurikulum 2013. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(1), 84-99. URL https://jurnal.unsur.ac.id/dinamika/article/view/675
Arifin, S. R. (2017). ANALISIS KEILMIAHAN TEKS AKADEMIK (BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA/SMK/MAK KELAS X EDISI REVISI 2016 TERBITAN KEMENDIKBUD) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (Doctoral dissertation, Pascasarjana). URL http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/316
Kurniawati, S. W. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Melalui Metode Membaca SQ3R pada Buku FiksiPembelajaran Menulis Teks Ulasan Dengan SQ3R. Dinamika, 2(1), 10-18. URL http://eprints.unm.ac.id/12812/
Park, Mince. 2019. Teks Akademik.
Pribadi, B. A., & Delfy, R. (2015). Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 16(2), 76-88. URL http://eprints.unm.ac.id/14589/
Sharing Caring. 2020. Teks Akademik dalam genre Makro.
Widiastuti, W. (2019). ANALISIS CIRI KEILMIAHAN TEKS AKADEMIK PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X) Widiastuti (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). URL http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara/article/view/13585
Glosarium
Genre: Jenis, tipe, atau kelompok sastra atas dasar bentuknya
Sistematis: teratur menurut sistem; memakai sistem; dengan cara yang diatur baik-baik
Nominalisasi: proses membentuk nomina dari kelas kata yang lain dengan menggunakan afiks tertentu
Sematan: benda yang disematkan; keterangan tambahan; lampiran
Implikasi: keterliibatan atau keadaan terlibat
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan ke sepuluh pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-10, materi yang dibahas adalah Struktur Teks pada Artikel Ilmiah dan Media Presentasi Ilmiah. Materi ini akan disampaikan oleh Bapak Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mengeksplorasi struktur teks pada artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai struktur teks pada artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah, mahasiswa diharapkan dapat menyampaikan struktur teks artikel ilmiah dan struktur teks dalam salindia sebagai media presentasi ilmiah (PPT/ PPT Bernarasi/ Poster).
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai struktur teks pada artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Kumpulkan hasil pre-test kalian pada tautan dibawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1wAzMq679KAlRf0eaRi0R_BUJuYBuCBok
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume mengenai Struktur Teks pada Artikel Ilmiah dan Media Presentasi ilmiah berdasarkan materi-materi yang telah Anda baca!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Kumpulkan hasil latihan kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/16-ZIL1_-6H_PniVJe9DPCuaJ-qEF7WVf
Buatlah struktur teks artikel ilmiah dan struktur teks dalam salindia sebagai media presentasi ilmiah (PPT/ PPT Bernarasi/ Poster)!
Kumpulkan hasil tugas kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1fOHYpixnaGXO_tz3lint-n5Nuf8Gcw8z
Diskusikanlah mengenai struktur teks pada artikel ilmiah yang Anda baca!
Diskusikan dalam bentuk video struktur teks pada artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah dengan melihat aspek unsur serapan, budaya, ras dalam bentuk rekaman video dengan durasi minimal 15 menit!
Unggah video hasil kerja kelompok kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1KlAYOD22TuBcYgXc0Z-AsYbq0aQV8HIh
Abdillah, Leon A. (2020) Bahan dan Metode Artikel Ilmiah. In: Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi. Medan: Yayasan Kita Menulis. URL http://eprints.binadarma.ac.id/4215/
Fitri, Nur. 2021. STRUKTUR ARTIKEL ILMIAH.
Halizah, Nur. 2019. Teks Artikel Imiah.
Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 12-20. URL https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/271/131
Kirom, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Verbal Linguistik. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 2(2), 204-226. URL https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/616/384
Sari, D. P. (2017). Penerapan Metode Presentasi Ilmiah Berbasis Poster untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Indonesia University of Education). URL https://media.neliti.com/media/publications/240717-penerapan-metode-presentasi-ilmiah-berba-980e96af.pdf
Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 46-57. URL https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/228/206
Tsabit Azinar Ahmad. 2020. Kaidah Sitasi atau Pengutipan dalam Karya Tulis Ilmiah.
Glosarium
Kecerdasan verbal linguistik: kecerdasan seseorang dalam menggunakan kata-kata secara efektif, baik dilakukan secara lisan maupun tulisan
interpretasi: pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu; tafsiran
analogi: persamaan atau persesuaian antara dua benda atau hal yang berlanan; kias
multiliterasi: ancangan yang dapat digunakan untuk memahami beragam jenis teks dan beragam bentuk media yang dihasilkan berbagai teknologi baru melalui konsep pedagogi yang memberikan guru untuk menyajikan informasi kepada siswa dengan menggu- nakan beragam bentuk teks dan media.
kalibrasi: tanda-tanda yang menyatakan pembagian skala
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan ke sebelas pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-11, materi yang dibahas adalah Hubungan Genre pada Teks Artikel llmiah dan Media Presentasi Ilmiah. Materi ini akan disampaikan oleh Bapak Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa menganalisis hubungan genre pada teks artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai hubungan genre pada teks artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah, mahasiswa diharapkan dapat menyebutkan kaitan antargenre dalam bagian-bagian teks artikel ilmiah atau media presentasi ilmiah. Siniar (podcast)/ diskusi ilmiah dengan topik genre teks artikel ilmiah.
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai hubungan genre pada teks artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume mengenai Hubungan Genre pada Teks Artikel llmiah dan Media Presentasi ilmiah berdasarkan materi-materi yang telah Anda baca!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Unggah hasil latihan kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1vAKF0P5fJR7_ehXaNf-H1kO3Z73T9jG1
Sebutkan kaitan antargenre dalam bagian-bagian teks artikel ilmiah atau media presentasi ilmiah. Siniar (podcast)/ diskusi ilmiah dengan topik genre teks artikel ilmiah!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Unggah hasil tugas kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1WZpra4Q_vH6k8zzTR2PRakzz6QT-tSeD
Diskusikanlah mengenai hubungan genre pada teks artikel ilmiah serta media presentasi yang cocok untuk mempresentasikan artikel ilmiah!
Diskusikan dalam bentuk video hubungan genre pada teks artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah dengan melihat aspek unsur serapan, budaya, ras dalam bentuk rekaman video dengan durasi minimal 15 menit!
Unggah video hasil kerja kelompok kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1UCOXQ2VvBPMA-R_earqrl505JTqkVOpd
Afandi, Alfid. 2020. Media Presentasi Ilmiah.
Fatonaha, K., & Wiradharmab, G. (2018). Pemetaan Genre Teks Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 (Revisi) Jenjang SMA, 1-20. URL https://core.ac.uk/download/pdf/227157741.pdf
Getar, Arjuna. 2020. Apa itu Media Presentasi?
Ghufron, S. (2014). Artikel Ilmiah: Anatomi, Bahasa, dan Kesalahannya. EDU-KATA, 1(1), 1-10. URL https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/742500
Meikayanti, E. A., & Huda, M. B. (2017). KEMAMPUAN MEMPRESENTASI TULISAN ILMIAH PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MICROSOFT SWAY PRESENTATIONS. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 73-77. URL http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/2000/1471
Riswadinata, Indra. 2020. Teknik Presentasi Ilmiah.
T.U., Santi Pratiwi dan Deby Luriawati Naryatmojo. (2016). PELATIHAN PRESENTASI ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DALAM KOMPETISI ILMIAH BAGI ANGGOTA EKSTRAKURIKULER KARYA ILMIAH REMAJA DI KOTA SEMARANG. Semar: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat, 5(1), 83-91. URL https://jurnal.uns.ac.id/jurnal-semar/article/view/16328/13128
impromptu: dibuat atau dilakukan tanpa persiapan atau secara spontan
provokatif: bersifat provokasi; merangsang untuk bertindak; bersifat menghasut
gestur: gerak anggota tubuh aktor
ekspositoris: tulisan yang berupa fakta, berguna untuk menyajikan suatu analisa proses, tujuan yang ingin dicapai adalah ketepatan informasi mengenai suatu peristiwa
register: buku catatan atau daftar (nama dan sebagainya) yang disusun secara bersistem dan menurut abjad
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan ke dua belas pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-12, materi yang dibahas adalah Teks Artikel llmiah dan Media Presentasi Ilmiah. Materi ini akan disampaikan oleh Bapak Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa membangun teks artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah secara mandiri atau bersama-sama. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai teks artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah, mahasiswa diharapkan dapat menyusun salindia presentasi karya ilmiah atau menyusun artikel publikasi ilmiah dari hasil penelitian atau kegiatan yang pernah dilakukan. Presentasi daring.
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai teks artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume Teks Artikel llmiah dan Media Presentasi ilmiah berdasarkan materi-materi yang telah Anda baca!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Unggah hasil latihan kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1X6i6mXZ7YGMeDs81K-SU4idUoXshQSys
Buatlah salindia presentasi karya ilmiah atau menyusun artikel publikasi ilmiah dari hasil penelitian atau kegiatan yang pernah dilakukan. Presentasi daring!
Unggah hasil tugas kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1e0o1eniX1owsiPxPiAgw5GfM9A4lhAJh
Diskusikanlah mengenai jenis-jenis media presentasi yang cocok untuk mempresentasikan artikel ilmiah!
Diskusikan dalam bentuk video teks artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah dengan melihat aspek unsur serapan, budaya, ras dalam bentuk rekaman video dengan durasi minimal 15 menit!
Unggah video hasil kerja kelompok kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1pZmm9y08zKKI3YBojsFodqNnialxYmOl
Ananda, Refisa. 2020. Teori Presentasi Ilmiah.
Hartavi, A. N., Suwandi, S., & Hastuti, S. (2018). Peran Majas Sarkasme Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Puisi Mencari Tanah Lapang Karya Wiji Thukul Dan Relevansinya Dengan Pengajaran Sastra Di Perguruan Tinggi. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 94-102. URL https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/35429/23059
Mandia, I. N. (2017). PENELURUSAN BENTUK BAKU KATA BAHASA INDONESIA. Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora, 6(1), 21-32. URL https://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/123
Pendary, V. J., & Amir, A. (2020). DIKSI DALAM TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PARIAMAN. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 455-460. URL http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/108234/103265
PENGGUNAAN AFIKSASI PADA KARANGAN PERSUASI MAHASISWA PROGRAM BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING. Metalingua, 15(2), 191-103. http://metalingua.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/metalingua/article/view/85
Zulkifli, U. C. (2019). Pengembangan Modul PreprocessingTeks untuk Kasus Formalisasi dan Pengecekan Ejaan Bahasa Indonesia pada Aplikasi Web Mining Simple Solution (WMSS). Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 15(2), 95-103. URL https://journal.unhas.ac.id/index.php/jmsk/article/view/5718/3164
akronim: pemendekan dengan mengambil satu suku atau lebih kata-kata asalnya
abreviasi: pemendekan dengan mengambil huruf pertama setiap kata asalnya
abreviakronim: gabungan dari abreviasi dan akronim
kontraksi: pemendekan dengan pengerutan bentuk
kliping: pemendekan dengan mengambil sebagian untuk menganti seluruhnya
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan ke tiga belas pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-13, materi yang dibahas adalah Bentuk Plagiasi dan Sitasi dalam Teks Akademik. Materi ini akan disampaikan oleh Dr. Miftakhul Huda,M.Pd. berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu membangun sitasi dalam teks akademik secara mandiri atau bersama-sama. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai bentuk plagiasi dan sitasi dalam teks akademik, mahasiswa diharapkan dapat menuliskan sitasi dari berbagai referensi ilmiah yang valid dan tepercaya
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai bentuk plagiasi dan sitasi dalam teks akademik. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume mengenai Bentuk Plagiasi dan sitasi dalam teks akademik berdasarkan materi-materi yang telah Anda baca!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Unggah hasil tugas kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1mZe3bRLXRvjBaNteAlnGrLhX4ImKQZCk
Tuliskan sitasi dari berbagai referensi ilmiah yang valid dan tepercaya!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Unggah hasil tugas kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1Py4FepHNXf604RBvwB3NZgNWmHpRo65U
Diskusikanlah mengenai berbagai bentuk plagiasi dan sitasi dalam teks akademik!
Diskusikan dalam bentuk video bentuk plagiasi dan sitasi dalam teks akademik dengan melihat aspek unsur serapan, budaya, ras dalam bentuk rekaman video dengan durasi minimal 15 menit!
Unggah video hasil kerja kelompok kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1ZCMzocLWo0V70MnGcSIPNGdN-OxXPM0b
Ahmad, Tsabit Azinar. 2020. Kaidah Sitasi atau Pengutipan dalam Karya Tulis Ilmiah.
Astakoni, I. M. P. (2021). PENGENALAN DAN PELATIHAN PEMANFAATAN MENDELEY DESKTOP UNTUK KALANGAN AKADEMIK DALAM MEMBUAT CITASI KARYA ILMIAH. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 1(03), 52-61. URL https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/161/76
Charoline, Cow. 2017. Generasi Muda Anti Plagiarisne.
Hastari, R. C. (2021). Pelatihan Penelusuran Referensi dan Pencegahan Plagiasi Pada Kegiatan Diklat Dasar Karya Tulis Ilmiah. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 18-24. URL https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i1.12358
Rupadha, I. K. (2016). Memahami Metode Analisis Pasangan Bibliografi (Bibliographic Coupling) dan Ko-Sitasi (Co-Citation) Serta Manfaatnya Untuk Penelitian Kepustakaan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 2(1), 68-69. URL 10.22146/buletinpsikologi.43058
Ruslan, R., Hendra, H., & Nurfitriati, N. (2020). PLAGIARISME DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA: PROSES, BENTUK, DAN FAKTOR PENYEBAB. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(2), 147-160. URL https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/kreatif/article/view/509/375
Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 27(1), 30-42. URL https://doi.org/10.32503/cendekia.v3i1.1582
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan keempat belas pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-14, materi yang dibahas adalah Hakikat Bahasa Indonesia. Materi ini akan disampaikan oleh Dini Restiyanti Pratiwi, M.Pd. berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu mampu membedakan bahasa baku dan bahasa tidak baku. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai hakikat Bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan dapat menganalisis dan memperbaiki penggunaan bahasa baku dalam teks tertulis. Video analisis kesalahan berbahasa.
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai hakikat Bahasa Indonesia. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume mengenai Hakikat bahasa Indonesia untuk Teks, Diksi yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, Perbedaan bahasa baku dan bahasa tidak baku, Pedoman ejaan bahasa Indonesia , dan Penulisan Kalimat efektif sesuai kaidah bahasa Indonesia!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Unggah file latihan kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/18Z54q5iqRE46Cb3x45cu31ZVIU7iOsvi
Tulislah analisis dan perbaikan penggunaan bahasa baku dalam teks tertulis dan buatlah video analisis kesalahan berbahasa!
Unggah hasil tugas kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1wRYnKClz_MFzzWC0prjf9smOWV3YkgRl
Diskusikanlah mengenai hakikat bahasa Indonesia
Diskusikan dalam bentuk video Hakikat Bahasa Indonesia dengan melihat aspek unsur serapan, budaya, ras dalam bentuk rekaman video dengan durasi minimal 15 menit!
Unggah video hasil kerja kelompok kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1rAt0khW99lyA6ocHYBtxNM5NEoGq1Gpe
Mandia, I. N. (2017). PENELURUSAN BENTUK BAKU KATA BAHASA INDONESIA. Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora, 6(1), 21-32. URL https://www.perpusnas.go.id/magazine-detail.php?lang=en&id=8134
Mijianti, Y. (2018). Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 113-126. URL https://repository.usu.ac.id/handle/123456789/17573?show=full
Hariyadi, H., & Lahir, M. (2018). Hubungan Penguasaan Ragam Bahasa Indonesia Standar dengan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 25-35. URL https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/824
Hastari. (2005). Bahasa dalam Karya Ilmiah. Englonesian, 2(1), 1-16. URL http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/1114
Ro, Toto. 2020. Hakikat Bahasa.
Setiorini, R. A. (2010). Analisis penggunaan tata bahasa indonesia dalam penulisan karya tulis ilmiah: Studi kasus artikel ilmiah. Visi Pustaka, Perpustakaan Nasional RI, 12(1), 16-24. URL https://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/123
Siagian, Maria. 2017. Hakikat Bahasa Indonesia.
Morfologi: cabang linguistik yang mengidentifikasi satuan-satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal.
Morfem: satuan gramatik yang paling kecil, yang tidak mempunyai satuan lain sebagai unsurnya, s edangkan kata merupakan satuan gramatik bebas terkecil yang bermakna.
Alomorf: anggota morfem yang sama, variasi bentuknya disebabkan oleh pengaruh lingkungan yang dimasukinya.
Kohesi: keterkaitan antarunsur dalam struktur sintaksis atau struktur wacana yang ditandai antara lain dengan konjungsi, pengulangan, penyulihan, dan pelesapan.
Koherensi: hubungan logis antara bagian karangan atau antara kalimat dalam satu paragraf.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji dan Syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat mengikuti perkuliahan pekan kelima belas pada program IPD. Semoga rekan-rekan mahasiswa selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Pada pertemuan ke-15, materi yang dibahas adalah Fungsi Bahasa Indonesia dan Eksistensi Bahasa Indonesia. Materi ini akan disampaikan oleh Dini Restiyanti Pratiwi, M.Pd. berdasarkan materi ajar, maka indikator pencapaian pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu mampu mengekplorasi fungsi dan eksistensi Bahasa Indonesia. Nantinya setelah mempelajari materi mengenai fungsi dan eksistensi Bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan dapat memproduksi esay pendek keterkaitan pemenuhan fungsi bahasa Indonesia terhadap tingkat eksistensi bahasa Indonesia dan film dokumenter.
Untuk mendukung perkuliahan dalam Open Learning ini akan disediakan berbagai tambahan materi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai fungsi bahasa Indonesia dan eksistensi bahasa Indonesia. Tambahan materi ini berupa artikel, animasi, maupun video.
Selamat belajar!
Wassalamualaikum, Wr. Wb.
Selamat Belajar😊
Buatlah resume mengenai fungsi bahasa Indonesia dan eksistensi bahasa Indonesia berdasarkan materi-materi yang telah Anda baca!
Dengan ketentuan: Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.15 dengan format pdf.
Unggah hasil latihan kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1HtXxY-3m-uJE0wnbCTuoTLNKYygOZNsY
Buatlah esay pendek tentang keterkaitan pemenuhan fungsi bahasa Indonesia terhadap tingkat eksistensi bahasa Indonesia dan film dokumenter!
Unggah hasil tugasmu pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1Nmv6C_diKCQKlVWbIDsoE0MskBoWQiZH
Diskusikanlah mengenai fungsi dan eksistensi bahasa Indonesia
Diskusikan dalam bentuk video Fungsi dan Eksistensi Bahasa Indonesia dengan melihat aspek unsur serapan, budaya, ras dalam bentuk rekaman video dengan durasi minimal 15 menit!
Unggah video hasil kerja kelompok kalian pada tautan di bawah ini!
https://drive.google.com/drive/folders/1PhWbPZ19aJa2n2AneXrbKumn9wnIF2gu
Assapari, M. M. (2014). Eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan perkembangannya di era globalisasi. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 9(18). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/view/8943
Assidik, G.K. 2020. Sejarah, Kedudukan, Fungsi dan Eksistensi Bahasa Indonesia. Online.
Karyanti, Tri. (2015). “Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”. Jurnal Culture, 2(1): 102-118. https://www.unaki.ac.id/ejournal/index.php/jurnal-culture/article/view/98
Kuliah Bahasa. 2020. Bahasa Indonesia, Fungsi Bahasa-04. Online.
Marsudi, M. (2008). Eksistensi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 1(2), 172-184. http://iptek.its.ac.id/index.php/jsh/article/view/674
Murti, Sri (2015) Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia Di Era Globalisasi. In: Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, pp. 177-184. ISBN 978-602-8043-50-2. http://repository.unib.ac.id/11123/
Putri, N. P. (2017). Eksistensi bahasa indonesia pada generasi millennial. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 45-49. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/1891
Sharing Caring. 2020. Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia. Online.
Glosarium
Eksistensi: hal berada: keberadaan
Kristalisasi: penjernihan atau penegasan (biasanya berupa kesimpulan singkat)
Konformitas: persesuaian: kecocokan
Alay: anak layangan: gaya hidup yang berlebihan untuk menarik perhatian
Reseptif: menerima; terbuka dan tanggap terhadap pendapat, saran, dan anjuran orang lain
CPMK 1