Analisis Kesalahan Berbahasa
DEWI RATNANINGSIH

Analisis Kesalahan Berbahasa

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pemahaman mendalam mengenai kesalahan berbahasa dalam berbagai aspek linguistik. Sub-CPMK 1.1 membahas teori dan konsep dasar fonologi, termasuk fonem, alofon, kluster konsonan, dan vokal, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan fonologi seperti interferensi bahasa ibu. Sub-CPMK 1.2 berfokus pada identifikasi kesalahan pengucapan fonem dalam kata-kata bahasa Indonesia, termasuk kesalahan penghilangan dan penambahan fonem serta penggunaan kluster yang tidak tepat. Sub-CPMK 1.3 menekankan pada pemberian contoh nyata dari data empiris yang menunjukkan kesalahan fonologi serta perancangan strategi untuk memperbaikinya. Sub-CPMK 2.1 menguraikan konsep kesalahan morfologis dan faktor penyebabnya seperti bentuk asal, fonem, morfem, dan kata majemuk. Sub-CPMK 2.2 berfokus pada identifikasi kesalahan dalam penggunaan afiks, perubahan bentuk kata, dan kata majemuk. Sub-CPMK 2.3 mengajarkan klasifikasi kesalahan morfologi berdasar-kan jenis dan penyebabnya, serta menyajikan contoh nyata dari data empiris dan merangkum hasil identifikasi serta analisis kesalahan morfo-logi. Sub-CPMK 3.1 membahas identifikasi dan penelaahan jenis-jenis kesalahan sintaksis dalam kalimat bahasa Indonesia serta perbaikan struktur kalimat yang salah. Sub-CPMK 3.2 berfokus pada penguraian komponen-komponen kalimat yang mengandung kesalahan sintaksis dan penjelasan proses terjadinya kesalahan tersebut. Sub-CPMK 3.3 menekankan interpretasi penyebab kesalahan sintaksis dan perbaikan yang diperlukan. Sub-CPMK 4.1 mengidentifikasi kesalahan semantik dalam berbagai konteks komunikasi. Sub-CPMK 4.2 memberikan saran atau perbaikan untuk menghindari kesalahan karena pilihan kata yang tidak tepat. Sub-CPMK 5.1 berfokus pada identifikasi kesalahan berbahasa dalam wacana, terutama terkait dengan struktur dan syarat paragraf. Sub-CPMK 5.2 mengajarkan teknik koreksi untuk kesalahan dalam penggunaan bahasa dalam paragraf. Sub-CPMK 5.3 menekankan keterampilan menyeleksi, mengoreksi, dan memperjelas kesalahan karena pemilihan topik yang tidak tepat. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan memperoleh keterampilan analitis yang diperlukan untuk mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan memperbaiki kesalahan berbahasa dalam bahasa Indonesia.

MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
ZULFAHITA ZULFAHITA

MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat media dalam pembelajaran, klasifikasi media pembelajaran, teknik pemilihan media, multimedia pembelajaran interaktif, media pembelajaran kontekstual berbasis informasi teknologi, pembuatan media grafis dan presentasi, media pembelajaran berbasis internet, teknik menggunakan media pembelajaran, dan penilaian media pembelajaran. 

METODE PENGAJARAN BAHASA INDONESIA
ETI SUNARSIH

METODE PENGAJARAN BAHASA INDONESIA

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran, Pengertian belajar, pembelajaran, dan pengajaran, unsur-unsur pendidikan, Pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL), Pembelajaran kooperatif dan konvensional, perbedaan pembelajaran kooperatif dan konvensional, serta metode-metode pembelajaran konvensional dan kooperatif yang tergabung dalam Strategi pembelajaran PAIKEM.

Literasi Media Digital
IIS SITI SALAMAH AZZAHRA

Literasi Media Digital

Materi ini membahas semua hal yang terkait dengan Literasi Media Digital. Di dalamnya memuat materi tentang literasi bahasa media digital, menjadi bagian dari digital dengan menjadi konten kreator media digital dalam jenis konten berupa teks, gambar, audio, video, maupun live streaming, serta membuka insight terkait peluang dan kesempatan yang luas dari sisi manfaat maupun bisnis literasi.

Analisis Kesalahan Berbahasa
DEWI RATNANINGSIH

Analisis Kesalahan Berbahasa

Menganalisis kesalahan berbahasa bukanlah hal yang mudah. Perkembangan zaman yang begitu pesat, mau tidak mau, juga dapat memengaruhi bagaimana seseorang atau suatu komunitas berbahasa atau berkomunikasi. Mulai dari munculnya kosakata, istilah, juga kebiasaan-kebiasaan baru yang pada akhirnya menghasilkan aturan berbahasa baru.

Pengembangan Media Pembelajaran**
UMAR MANSYUR

Pengembangan Media Pembelajaran**

Selamat datang di kelas mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran, Kelas C1, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muslim Indonesia. Untuk bergabung atau mendaftar di kelas ini, silakan masukkan enrolment key: c1_mediabelajar.

Bahasa Indonesia
GALLANT KARUNIA ASSIDIK

Bahasa Indonesia

Mata kuliah Bahasa Indonesia ditujukan untuk seluruh mahasiswa program studi berbasis Bahasa Indonesia, yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berasal dari Perguruan Tinggi Mitra di seluruh Indonesia. Mata kuliah Bahasa Indonesia adalah matakuliah wajib Prodi Pendidikan Bahasa dan Sasra Indonesia yang memiliki beban 2 SKS. Proyeksi perguruan tinggi mitra tersebut berjumlah lima universitas dengan latar belakang yang variatif. Kekhasan latar belakang tersebut menjadi motif proyeksi mitra strategis, seperti; latar belakang kerja sama yang terjalin, potensi ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU), potensi dan kapasitas mahasiswa.

Mata kuliah Bahasa Indonesia akan diajarkan dalam bentuk Daring dengan sistem Blended Learning. Topik-topik yang diajarkan meliputi sejarah Bahasa Indonesia; kedudukan Bahasa Indonesia, fungsi Bahasa Indonesia dan eksistensi Bahasa Indonesia; hakikat Bahasa Indonesia untuk teks akademik/ karya ilmiah, diksi (kata dan frasa) yang sesuai dengan kaidah; teks akademik dan non akademik; teknik penulisan teks akademik genre makro (resume, esay, makalah, paper); model teks ulasan buku dan artikel jurnal ilmiah; aspek penilaian, formulasi bahasa, dan manfaat teks ulasan buku atau artikel jurnal ilmiah; bentuk plagiasi dan sitasi dalam teks akademik; model teks proposal PKM; formulasi bahasa pada proposal, manfaat proposal, pihak yang diberi proposal, dan hubungan genre pada setiap tahapan proposal PKM; teks proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM); struktur teks pada artikel ilmiah dan media presentasi ilmiah; hubungan genre pada teks artikel llmiah dan media presentasi ilmiah; teks artikel llmiah dan media presentasi ilmiah.