Topic outline

  • General

  • Pertemuan 1: KESEPAKATAN

    Pemilihan topik merupakan dasar dari keseluruhan proses proses pembelajaran. Topik-topik yang diangkat dimaksudkan dalam rangka menguatkan mahasiswa agar fokus pada sesuatu yang benar-benar ingin dilihat atau terjadi pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online dan yang berpotensi memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pebelajar, penguatan agar terus berubah, dan menjadi temuan yang strategis.

  • Pertemuan 2: TOPIK PILIHAN

    Pemilihan topik merupakan dasar dari keseluruhan proses proses pembelajaran. Topik-topik yang diangkat dimaksudkan dalam rangka menguatkan mahasiswa agar fokus pada sesuatu yang benar-benar ingin dilihat atau terjadi pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online dan yang berpotensi memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pebelajar, penguatan agar terus berubah, dan menjadi temuan yang strategis.

  • Pertemuan 3: TOPIK PILIHAN

    Mahasiswa pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online akan mewujudkan pengakuan bahwa hal yang terbaik dari apa yang terjadi sekarang, bisa saja berubah dan semuanya adalah realitas. Menemukan konteks adalah upaya membangun realitas baru yang melibatkan pengumpulan data dan eksplorasi yang berkaitan dengan topik matakuliah Pembelajaran Berbasis Online

  • Pertemuan 4: KONTEKS PILIHAN

    Mahasiswa pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online akan mewujudkan pengakuan bahwa hal yang terbaik dari apa yang terjadi sekarang, bisa saja berubah dan semuanya adalah realitas. Menemukan konteks adalah upaya membangun realitas baru yang melibatkan pengumpulan data dan eksplorasi yang berkaitan dengan topik matakuliah Pembelajaran Berbasis Online

  • Pertemuan 5: KONTEKS PBO

    Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan matakuliah Pembelajaran Berbasis Online, pebelajar diperkuat untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan visi individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.


  • Pertemuan 6: PRAKTIKUM 1

    Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan matakuliah Pembelajaran Berbasis Online, pebelajar diperkuat untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan visi individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

  • Pertemuan 7: PRAKTIKUM 2

    Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan matakuliah Pembelajaran Berbasis Online, pebelajar diperkuat untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan visi individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

  • Pertemuan 8:Ujian Tengah Semester

    Rekan-rekan, saya mengucapkan terimakasih. Karena selama ini, walaupun kita semua mengalami kondisi pandemi, kita tetap bersemangat untuk tetap belajar. Secara khusus saya meminta rekan-rekan berpartisipasi dalam survei perbaikan perkuliahan yang harus saya lakukan. Karena saya menyadari ... betapa sulitnya menyatukan dan mengkompromikan kegiatan belajar pada saat kita benar-benar terpisah oleh ruang, jarak dan waktu. 
    Survei ini saya lakukan murni karena saya ingin meningkatkan layanan belajar untuk rekan-rekan semua. dan saya mengharapkan survei ini menjadi acuan saya kedepan dalam layanan belajar.

  • Pertemuan 9:Mahasiswa membangun gagasan pengembangan yang efektif, efisien dan menarik

    Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dalam rencana aksi. Proposisi provokatif dikembangkan oleh pengajar sebagai scaffolding dalam matakuliah pbo, sehingga mampu mengkontruksi pernyataan berani dari komunitas belajar terhadap kondisi masa depan yang seolah-olah atau bahkan sudah terjadi realitas baru di matakuliah PBO Rencana implementasi kemudian dikembangkan oleh individu, kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik seperti kepemimpinan, strategi, budaya, praktik bisnis, kemampuan, pengembangan profesional, sistem dll.

  • Pertemuan 10: Pengembangan pembelajaran berbasis online dari sis teknis (hardware, software) Pegembangan petunjuk penggunaaan sistem pembelajaran online

    Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dalam rencana aksi. Proposisi provokatif dikembangkan oleh pengajar sebagai scaffolding dalam matakuliah pbo, sehingga mampu mengkontruksi pernyataan berani dari komunitas belajar terhadap kondisi masa depan yang seolah-olah atau bahkan sudah terjadi realitas baru di matakuliah PBO Rencana implementasi kemudian dikembangkan oleh individu, kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik seperti kepemimpinan, strategi, budaya, praktik bisnis, kemampuan, pengembangan profesional, sistem dll.

  • Pertemuan 11: KEGIATAN PRAKTIKUM

    Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dalam rencana aksi. Proposisi provokatif dikembangkan oleh pengajar sebagai scaffolding dalam matakuliah pbo, sehingga mampu mengkontruksi pernyataan berani dari komunitas belajar terhadap kondisi masa depan yang seolah-olah atau bahkan sudah terjadi realitas baru di matakuliah PBO Rencana implementasi kemudian dikembangkan oleh individu, kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik seperti kepemimpinan, strategi, budaya, praktik bisnis, kemampuan, pengembangan profesional, sistem dll.

  • Pertemuan 12: PRAKTIKUM PENGEMBANGAN KONTEN

    Diakhir inkuiri dalam fase pembelajaran adalah melihat implementasi dan ulasan mahasiswa terhadap topik melalui publikasi dan pengakuan. Di tingkat organisasi, proses transformasi positif Pembelajaran Berbasis Online dilakukan melalui pemberdayaan pebelajar secara terkoneksi, bekerja sama dan berkolaborasi, hasilnya akan terus muncul dengan cara baru, berinovasi, dan berani.

  • Pertemuan 13: PRAKTIKUM PENGEMBANGAN