Topic outline

  • PENDAHULUAN

     
    welcome

    SELAMAT DATANG di KELAS DARING
    MATEMATIKA DISKRIT



    Simak video berikut ini untuk mengtahui aturan dan gambaran umum tentang
    pelaksanaan perkuliahan selama satu semester.



    Identitas Mata Kuliah:

    Nama : Matematika Diskrit
    Kode : INF-55201-203
    Beban : 3 SKS
    Jenjang : Strata 1



    Capaian Pembelajaran dari kuliah ini yaitu:

    1. Mahasiswa mampu memahami tentang objek diskrit dalam dunia matematika yang merupakan pengetahuan dasar teori
    2. Mahasiswa menguasai dasar-dasar logika, kalimat berkuantor, metode pembuktian, induksi matematika, teori himpunan, kombinatorika, relasi, relasi rekurensi dan fungsi dalam aplikasi di dunia ilmu komputer
    3. Mahasiswa menguasai graf, analisa algoritma, struktur aljabar, dan aljabar boole dalam aplikasi di dunia ilmu komputer



    Materi pada matakuliah ini antara lain mencakup:

    1. Teori Himpunan
    2. Relasi dan Fungsi
    3. Kombinatorial
    4. Graf Pohon (Tree)
    5. Aljabar Boolean & Gerbang Logika
    6. Jaringan Switching
    7. Teori Graf & Otomata


    Adapun komponen penilaian untuk mata kuliah ini yaitu:
    • Absensi / Kehadiran : 10%
    • Tugas : 30%
    • Ujian Tengah Semester (UTS) : 30%
    • Ujian Akhir Semester (UAS) : 30%


    Sumber Referensi (Pustaka):
    • Rosen, K.H., Discrete Mathematics and Its Applications, 7thEdition, Boston: Mc Graw Hill International, 2012.
    • Stein, C., Drysdale, R.L., Bogart, K., Discrete Mathematics for Computer Scientists. United States: Pearson Education Inc. 2011.
    • Siang, J.J., Matematika Diskrit dan Aplikasinya Pada Ilmu Komputer. Yogyakarta: Andi. 2002.
    • Johnsonbaugh, R, Discrete Mathematics: 7th Edition, Prentice Hall. 1997.


  • Pertemuan 1 - Himpunan

     
     

    Deskripsi Singkat:

    Pada materi ini akan dibahas tentang Definisi, Cara Penyajian, dan Jenis-Jenis Himpunan. Mahasiswa akan memahami konsep himpunan dalam konteks matematika diskrit. Kemudian cara menyajikan himpunan dalam beberapa bentuk. Mahasiswa juga akan diberikan pemahaman tentang jenis-jenis himpunan beserta contohnya.

  • Pertemuan 2 - Himpunan (DARING)

    Pada materi lanjutan dari Himpunan ini, mahasiswa akan mempellajari teori tentang operasi-operasi yang dapat dillakukan pada himpunan. Selain itu, juga diajarkan tentang konsep dari hukum-hukum himpunan. Untuk mengetahui pemahaman lebih anjut, mahasiswa akan diberikan tugas terkait materi yang diajarkan.
  • Pertemuan 3 - Relasi

    Pada materi ini akan dipelajari tentang definisi, cara penyajian, dan beberapa sifat relasi. Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep-konsep dasar tentang relasi dallam ilmu matematika diskrit.

  • Pertemuan 4 - Fungsi

    Pada materi ini, mahasiswa akan memahami konsep dasar daripada fungsi. Seteah paham konsep dasar dan definisi, mahasiswa diharapkan mampu memahami perbedaan antara fungis dan relasi. Sealin itu, mahasiswa juga mampu memahami dan mempraktekan cara penyajian fungsi.
  • Pertemuan 5 - Kombinatorial

    Kombinatorial adalah cabang matematika yang berguna untuk menghitung banyaknya/jumlah penyusunan objek-objek tanpa harus menghitung semua kemungkinan susunannya. Pada materi ini akan dibahas mengenai definisi serta contoh-contoh kasus. Kemudian prinsip dasar yang terdiri dari teknik penjumlahan dan perkalian untuk menghitung banyaknya proses/cara yang dihasilkan dari studi kasus kombinatorial.

  • Pertemuan 6 - Kombinatorial (DARING)

    Pada beberapa kasusu kombinatorial, urutan atau susunan suatu objek dalam hal menghitung banyaknya cara yang dapat dihasilkan. Hal ini sering dikenal sebagai Permutasi dan Kombinasi. Pada materi ini akan dibahas lebih mendalam mengenai kedua hal tersebut. Mahasiswa juga akan diberikan latihan soal untuk lebih memahami materi tersebut.

  • Pertemuan 7 - Review

    Mahasiswa akan mengerjakan latihan soal yang berisi materi yang telah diajarkan sebelumnya (pertemuan 1-6). Latihan bersifat offline, mahasiswa mengerjakan di lembar jawaban (kertas). Soal akan diberikan pada saat kelas berlangsung.

    • Pertemuan 9 & 10 - Graf Pohon (Tree)

      Pohon (tree) merupakan salah satu ilmu dalam matematika diskrit yang mempelajari tentang arah dan lintasan. Pada materi ini, mahasiswa akan memahami definisi dan konsep dari pohon (tree), pohon merentang minimum (minimum spanning tree) beserta beberapa algoritma yang digunakan, dan pemahaman tentang pohon berakar beserta terminologinya.

    • Pertemuan 11 - Aljabar Boolean (DARING)

      Pada materi ini, mahasiswa akan diajarkna tentang konsep Aljabar Boolean serta penerapannya di dalam Rangkaian Logika. Pada rangkaian logika, mahasiswa diharapkan mampu menggambarkan rangkaian tersebut bedasarkan persamaan matematika dan mampu menyederhanakaanya

    • Pertemuan 12 - Jaringan Switching

      Saah satu penerapan dari Ajabar Boolean adalah pada jaringan switching. Pada materi ini, mahasiswa akan diajarkan tentang definisi, cara menggambarkan, serta penyederhanaan jaringan switching. Mahasiwa nantinya diharapkan mampu memhami materi dan mengetahui konsep secara menyeluruh

    • Pertemuan 13 & 14 - Teori Graf & FSA

      Pada materi ini akan dibahas secara singkat tentang terori graf. Pembahasan akan lebih banyak kepada contoh implementasinya yaitu Finite State Automota (FSA). Berdasarkan mateir yang disampaikan, mahasiswa diharapkan mampu memahami definisi dan konsep dari FSA, mampu menyajikan FSA dalam bentuk drigraf, notasi forma 5 tuple, dan table state.

    • Pertemuan 15 - Review

      Mahasiswa akan mengerjakan latihan soal yang berisi materi yang telah diajarkan sebelumnya (pertemuan 9-14). Latihan bersifat offline, mahasiswa mengerjakan di lembar jawaban (kertas). Soal akan diberikan pada saat kelas berlangsung.

      • Pertemuan 16 - UAS