Course View
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Selamat Datang di E-Learning
Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam
1. Deskripsi Mata Kuliah
Pendidikan Agama Islam termasuk rumpun mata kuliah wajib universitas (MKWU) dan pengembangan kepribadian yang memiliki sasaran agar mahasiswa menjadi “intelectual capital” yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, dan berkepribadian religius serta mampu menghadapi tantangan zaman.
Ruang lingkup pembahasan mata kuliah ini meliputi: Pokok dasar ajaran Islam, konsep dasar ketuhanan dalam Islam, hakikat manusia dalam Islam, sumber-sumber ajaran Islam, nilai karakter dalam al-Quran (etika, moral, dan akhlak), hukum, sosial, ekonomi, dan IPTEKS dalam perspektif Islam, masjid sebagai pusat keislaman, masyarakat madani, moderasi beragama dan kerukunan umat beragama.
2. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Sikap (S):
(S1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
(S2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
(S5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
(S7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
(S8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
(S11) Memanifestasikan nilai kejiwaan WASAKA terhadap masyarakat dan lingkungannya secara berkelanjutan
Kompetensi Umum (KU):
(KU1) Mampu mengidentifikasi, mengembangkan, dan menemukan gagasan atau ide pemecahan masalah secara ilmiah dan sesuai visi ULM yakni unggul dalam lahan basah.
Penguasaan Pengetahuan (PP):
(PP) Menguasai konsep dasar ajaran Islam (Aqidah, syari'ah dan akhlak) disertai dalil al-Quran dan hadis yang relevan
Keterampilan Khusus (KK):
(KK) Mampu menganalisis dan mengidentifikasi konsep dasar ajaran Islam (Aqidah, syari'ah dan akhlak) berdasarkan sumber ajaran Islam (al-Quran dan hadis)
3. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Setelah mempelajari Pendidikan Agama Islam, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis tiga pokok ajaran Islam; (1) Aqidah (konsep ketuhanan), (2) Syari’ah (Hakikat manusia, Ekonomi, Politik, demokrasi, HAM, IPTEK dan seni, masjid sebagai bentuk peradaban dan kebudayaan Islam, moderasi beragama dan kerukunan umat beragama dalam mewujudkan masyarakat madani) dan (3) Akhlaq, berdasarkan sumber ajaran dan sumber hukum Islam (al-Quran, Hadis dan Ijtihad)
4. Sub-CPMK
Mahasiswa Mampu:
M1. Menelaah Konsep Dasar Ketuhanan dalam Islam
M2. Menelaah Hakikat Manusia dalam Perspektif Islam
M3. Menganalisis Sumber-Sumber Ajaran dan Hukum Islam (Al-Quran, hadis dan ijtihad)
M4. Mengidentifikasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Perspektif Al-Quran (Etika, Moral dan Akhlak)
M5. Menganalisis IPTEK dan Seni dalam Perspektif Islam
M6. Menelaah Sistem Perekonomian dalam Islam
M7. Mengidentifikasi Politik, Demokrasi dan HAM dalam Perspektif Islam
M8. Memproyeksikan Masjid sebagai pusat Peradaban dan kebudayaan Islam
M9. Mengidentifikasi Konsep Masyarakat Madani dalam Perspektif Islam
M10. Menganalisis Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama berdasarkan ajaran Islam
5. Bahan Kajian/Pokok Bahasan
- Pokok Ajaran Islam; Aqidah (Iman), Syariah (Islam) dan Akhlaq (Ihsan)
- Sumber Hukum Islam; Al-Quran, Hadis dan Ijtihad
6. Evaluasi yang direncanakan
- Resume berupa poster
- Quiz (essay, true-false, Multiple choice)
- Diskusi Kelompok, Q n A
- Studi Kasus (Case study)
- Pembelajaran dan Penggalian Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
- Video Project
7. Analisis Instruksional/Peta Kompetensi
8. Referensi
- Tim MKU, Studi Islam di Era 4.0, Yogyakarta: Aswaja, 2019.
- Gt.Irhamna Husin dkk, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum, Yogyakarta: Aswaja, 2018.
- Gt.Irhamana Husin dan M.Ihsanul Arief, Konsep Dasar Ajaran Islam; Pendalaman Konsep Habl Min Allah dan Habl Min Annas Malang: IRDH Research and Publishing, 2018.
- Rusdianyah dan Fadliyanur, Islam dan Dimensi Sosial (Masyarakat Madani, Sejarah dan Peradaban Islam, Masjid dan Estetika dalam Islam, IRDH Research and Publishing, 2018.
- Maisarah dan Nur Husna, Sumber Ajaran Islam (Al-Qur’an, Hadis, Ijtihad), Malang: IRDH Research and Publishing, 2018
- Noor Ainah dan Mailita, Hukum, Sosial, Ekonomi dan Budaya dalam Islam, Malang: IRDH Research and Publishing, 2018
9. Alokasi Waktu Perkuliahan
Pertemuan ke- |
Hari/Tanggal |
Topik Perkuliahan |
1 |
|
Kontrak Perkuliahan |
2 |
|
Konsep Ketuhanan dalam Islam |
3 |
|
Hakikat Manusia dalam Islam |
4 |
|
Al-Quran Sumber Ajaran Islam |
5 |
|
Hadis Sebagai Sumber Ajaran Islam |
6 |
|
Ijtihad Sebagai Sumber Ajaran Islam |
7 |
|
Nilai-Nilai Karakter dalam Perspektif Al-Quran (Etika, Moral dan Akhlak) |
8 |
|
Ujian Tengah Semester |
9 |
|
Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Islam |
10 |
|
Tekhnologi dan Seni dalam Perspektif Islam |
11 |
|
Sistem Perekonomian Islam |
12 |
|
Politik, Demokrasi dan HAM dalam Islam |
13 |
|
Masjid Sebagai Pusat Peradaban dan Kebudayaan Islam |
14 |
|
Konsep Masyarakat Madani dalam perspektif Islam |
15 |
|
Moderasi beragama dan Kerukunan Umat Beragama dalam mewujudkan Islam Rahmatan Lil'alamin |
16 |
|
Ujian Akhir Semester |
10. Profil Pengajar
Hj. Maisarah,S.Pd.I, M.Pd. Dosen Pendidikan Agama Islam Universitas Lambung Mangkurat yang home base di Fakultas MIPA Program Studi Statistika sejak semester ganjil 2018.
Lahir di Sungai Rasau (Tanah Laut) 13 Juli 1989, Bungsu dari tiga bersaudara. Mengenyam pendidikan Sekolah dasar di SDN Sungai Rasau 2, kemudian melanjutkan MTs dan MA di Pondok Pesantren Al-Falah Puteri Banjarbaru selama 6 Tahun dan lulus pada 2007, setelah itu melanjutkan Pendidikan Strata 1 Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin dan lulus pada 2012, kemudian melanjutkan Pendidikan S2 Pendidikan Agama Islam di Pascasarjana IAIN Antasari atau sekarang UIN Antasari Banjarmasin dan selesai pada tahun 2016.