Topic outline

  • Course View

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

    Selamat Datang di E-Learning

    Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam

    1. Deskripsi Mata Kuliah

    Pendidikan Agama Islam termasuk rumpun mata kuliah wajib universitas (MKWU) dan pengembangan kepribadian yang memiliki sasaran agar mahasiswa menjadi “intelectual capital” yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, dan berkepribadian religius serta mampu menghadapi tantangan zaman.

    Ruang lingkup pembahasan mata kuliah ini meliputi: Pokok dasar ajaran Islam, konsep dasar ketuhanan dalam Islam, hakikat manusia dalam Islam, sumber-sumber ajaran Islam, nilai karakter dalam al-Quran (etika, moral, dan akhlak), hukum, sosial, ekonomi, dan IPTEKS dalam perspektif Islam, masjid sebagai pusat keislaman, masyarakat madani, moderasi beragama dan kerukunan umat beragama.

    2. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

    Sikap (S):

    (S1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

    (S2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

    (S5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

    (S7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

    (S8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

    (S11) Memanifestasikan nilai kejiwaan WASAKA terhadap masyarakat dan lingkungannya secara berkelanjutan

    Kompetensi Umum (KU):

    (KU1) Mampu mengidentifikasi, mengembangkan, dan menemukan gagasan atau ide pemecahan masalah secara ilmiah dan sesuai visi ULM  yakni unggul dalam lahan basah.

    Penguasaan Pengetahuan (PP):

    (PP) Menguasai konsep dasar ajaran Islam (Aqidah, syari'ah dan akhlak) disertai dalil al-Quran dan hadis yang relevan

    Keterampilan Khusus (KK):

    (KK) Mampu menganalisis dan mengidentifikasi konsep dasar ajaran Islam (Aqidah, syari'ah dan akhlak) berdasarkan sumber ajaran Islam (al-Quran dan hadis)

    3. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    Setelah mempelajari Pendidikan Agama Islam, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis tiga pokok ajaran Islam; (1) Aqidah (konsep ketuhanan), (2) Syari’ah (Hakikat manusia, Ekonomi, Politik, demokrasi, HAM, IPTEK dan seni, masjid sebagai bentuk peradaban dan kebudayaan Islam, moderasi beragama dan kerukunan umat beragama dalam mewujudkan masyarakat madani) dan (3) Akhlaq, berdasarkan sumber ajaran dan sumber hukum Islam (al-Quran, Hadis dan Ijtihad)

    4. Sub-CPMK

    Mahasiswa Mampu:

    M1. Menelaah Konsep Dasar Ketuhanan dalam Islam

    M2. Menelaah Hakikat Manusia dalam Perspektif Islam

    M3. Menganalisis Sumber-Sumber Ajaran dan Hukum Islam (Al-Quran, hadis dan ijtihad)

    M4. Mengidentifikasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Perspektif Al-Quran (Etika, Moral dan Akhlak)

    M5. Menganalisis IPTEK dan Seni dalam Perspektif Islam

    M6. Menelaah Sistem Perekonomian dalam Islam

    M7. Mengidentifikasi Politik, Demokrasi dan HAM dalam Perspektif Islam

    M8. Memproyeksikan Masjid sebagai pusat Peradaban dan kebudayaan Islam

    M9. Mengidentifikasi Konsep Masyarakat Madani dalam Perspektif Islam

    M10. Menganalisis  Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama berdasarkan ajaran Islam

    5. Bahan Kajian/Pokok Bahasan

    • Pokok Ajaran Islam; Aqidah (Iman), Syariah (Islam) dan Akhlaq (Ihsan)
    • Sumber Hukum Islam; Al-Quran, Hadis dan Ijtihad

    6. Evaluasi yang direncanakan

    • Resume berupa poster
    • Quiz (essay, true-false, Multiple choice)
    • Diskusi Kelompok, Q n A
    • Studi Kasus (Case study)
    • Pembelajaran dan Penggalian Berbasis Masalah  (Problem Based Learning)
    • Video Project

    7. Analisis Instruksional/Peta Kompetensi

      

    8. Referensi

    1. Tim MKU, Studi Islam di Era 4.0, Yogyakarta: Aswaja, 2019.
    2. Gt.Irhamna Husin dkk, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum, Yogyakarta: Aswaja, 2018.
    3. Gt.Irhamana Husin dan M.Ihsanul Arief, Konsep Dasar Ajaran Islam; Pendalaman Konsep Habl Min Allah dan Habl Min Annas Malang: IRDH Research and Publishing, 2018.
    4. Rusdianyah dan Fadliyanur, Islam dan Dimensi Sosial (Masyarakat Madani, Sejarah dan Peradaban Islam, Masjid dan Estetika dalam Islam, IRDH Research and Publishing, 2018.
    5. Maisarah dan Nur Husna, Sumber Ajaran Islam (Al-Qur’an, Hadis, Ijtihad), Malang: IRDH Research and Publishing, 2018
    6. Noor Ainah dan Mailita, Hukum, Sosial, Ekonomi dan Budaya dalam Islam, Malang: IRDH Research and Publishing, 2018

    9. Alokasi Waktu Perkuliahan

    Pertemuan ke-

    Hari/Tanggal

    Topik Perkuliahan

    1

     

    Kontrak Perkuliahan

    2

     

    Konsep Ketuhanan dalam Islam

    3

     

    Hakikat Manusia dalam Islam

    4

     

    Al-Quran Sumber Ajaran Islam

    5

     

    Hadis Sebagai Sumber Ajaran Islam

    6

     

    Ijtihad Sebagai Sumber Ajaran Islam

    7

     

    Nilai-Nilai Karakter dalam Perspektif Al-Quran (Etika, Moral dan Akhlak)

    8

     

    Ujian Tengah Semester

    9

     

    Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Islam

    10

     

    Tekhnologi dan Seni dalam Perspektif Islam

    11

     

    Sistem Perekonomian Islam

    12

     

    Politik, Demokrasi dan HAM dalam Islam

    13

     

    Masjid Sebagai Pusat Peradaban dan Kebudayaan Islam

    14

     

    Konsep Masyarakat Madani dalam perspektif Islam

    15

     

    Moderasi beragama dan Kerukunan Umat Beragama dalam mewujudkan Islam Rahmatan Lil'alamin

    16

     

    Ujian Akhir Semester

    10. Profil Pengajar

     Hj. Maisarah,S.Pd.I, M.Pd. Dosen Pendidikan Agama Islam Universitas Lambung Mangkurat yang home   base di Fakultas MIPA   Program Studi Statistika sejak semester ganjil 2018. 

     Lahir di Sungai Rasau (Tanah Laut) 13 Juli 1989, Bungsu dari tiga bersaudara. Mengenyam pendidikan   Sekolah dasar di SDN   Sungai Rasau 2, kemudian melanjutkan MTs dan MA di Pondok Pesantren Al-Falah   Puteri Banjarbaru selama 6 Tahun dan lulus   pada 2007, setelah itu melanjutkan Pendidikan Strata 1   Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah di  Institut Agama Islam   Negeri  (IAIN) Antasari Banjarmasin   dan lulus pada 2012, kemudian melanjutkan Pendidikan S2 Pendidikan Agama Islam di   Pascasarjana IAIN Antasari atau sekarang UIN Antasari Banjarmasin dan selesai pada tahun 2016.  

    • Kontrak dan pengantar Perkuliahan

    • Konsep Ketuhanan dalam Islam (Pert-2)

    • Hakikat Manusia dalam Islam (Pert-3)

    • Al-Quran sebagai Sumber Ajaran Islam (Pert-4)

    • Hadis sebagai Sumber Ajaran Islam (Pert-5)

    • Ijtihad sebagai Sumber Hukum Islam (Pert-6)

    • Nilai Karakter dalam Perspektif al-Quran (Etika, Moral dan Akhlak)- Pert.7

    • Ujian Tengah Semester (Pert-8)

    • Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Islam (Pert-9)

    • Teknologi dan Seni dalam Perspektif Islam (Pert-10)

    • Sistem Perekonomian Islam (Pert-11)

    • Politik, Demokrasi dan HAM dalam Islam (Pert-12)

    • Masjid sebagai Pusat Peradaban dan Kebudayaan Islam (Pert-13)

    • Masyarakat Madani (Pert-14)

    • Moderasi Beragama dan Kerukunan Antar umat Beragama (Pert-15)

    • Ujian Akhir Semester (Pert-16)