Topic outline

  • General


    welcome


    Selamat Datang,

    Pada mata kuliah Teknopreneur. Beberapa hal yang berkaitan dengan perkuliahan seperti capaian pembelajaran, komponen penilaian, referensi/modul yang digunakan, serta topik/materi bahasan dan aktivitasnya dapat dilihat pada file RPS di bawah ini.

    Mohon untuk dipahami dan dipelajari secara seksama.



  • PERTEMUAN 1

    Pada topik kali ini, akan dibahas mengenai efek globalisasi sebagai salah satu faktor penyebab didorongnya seseorang untuk berwirausaha.

    Kemudian juga memahami definis dari teknopreneur yang akhir ini mulai banyak digunakan. Memahami pentingnya para wirausaha untuk memanfaatkan teknologi sebagai prinsip dan nilai dasar dalam menambah nilai dari suatu produk dan jasa.

    Sumber Gambar : https://media3.giphy.com/

  • PERTEMUAN 2

    Pada topik ini, dibahas mengenai sosok teknopreneur dan semangat dalam menjalankan bisnisnya. Beberapa aspek, watak, spirit dan ciri untuk membentuk sosok teknopreneur.

    Mahasiswa diharapkan mampu menganalisa terkait sifkat atau karakteristik positif yang dimiliki dari setiap technopreneur. Mahasiswa juga diharapkan mampu menemukan sosok teknopreneur yang dapat dijadikan panutan dari dalam negeri maupun luar negeri.

    Sumber Gambar : https://media3.giphy.com/

  • PERTEMUAN 3

    Pada pertemuan kali ini, akan dibahas terkait cara-cara menemukan dan memvalidasi ide bisnis. Peserta diharapkan mampu memahami dan melakukan beberap cara dalam menemukan ide bisnis.

    Selain itu, peserta juga diharapkan memahami terkait metode yang digunakan untuk menganalisa dan memvalidasi ide bisnis.

    Sumber Gambar : https://media3.giphy.com/

  • PERTEMUAN 4

    Pada pertemuan kali ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami proses validasi customer. Customer merupakan seseorang yang menggunakan dan mau membayar sejumlah uang untuk produk atau jasa yang kita tawarkan. Mahasiswa juga diharapkan mampu memahami metode design sprint dalam validasi customer.

  • PERTEMUAN 5

    Pada materi kali ini, mahasiswa diajarkan tentang validasi masalah. Mahasiswa diharapkan mampu memahami metode-metode yang digunakan untuk validasi masalah. Terdapat dua metode yang digunakan pada bahasan kali ini yaitu kuantitatif dan kualitatif.

    Mahasiswa juga diahrapkan mampu mengaplikasikan atau mempraktekan cara pembuatan website sederhana untuk pengujian masalah secara kuantitatif.

    Sumber Gambar : https://saamarketing.co.uk/

  • PERTEMUAN 6

    Pada materi kali ini, mahasiswa diberikan materi dan pemahaman terkait business plan. Output dari materi ini adalah capaian pembelajaran berupa mahasiswa mampu memahami setipa komponen dalam business plan. Selain itu, mahasiswa juga diharapakn mampu membuat sebuha dokumen business plan dari ide bisnis yang sudah divalidasi.

    Sumber Gambar : https://pinimg.com/

  • PERTEMUAN 7

    Pada materi kali ini, akan dibahas mengenai Business Model Canvas.

    Capaian Pembelajaran dari materi ini adalah mahasiswa mampu memahami setiap komponen dari BMC.

    Selain itu, mahasiswa juga diharaokan mampu melakukan proses canvasing degan memilih setiap isian untuk tiap komponen dalam BMC sesuai dengan ide bisnis yang mereka usulkan

    Sumber Gambar : https://venturely.io/

  • UTS

    Ujian Tengah Semester (UTS) dilaksanakan dalam bentuk pengumpulan dokumen tugas.

    Perhatikan terkait waktu pelaksanaan dan batas akhir (deadline) pngemupulan tugas.

    Terkait soal atau tugas yang harus dikerjakan, dapat dilihat pada aktivitas berikutnya.

  • PERTEMUAN 9

    Pada pertemuan kali ini, akan dibahas mengenai cara menghasilkan uang dari bisnis proses yang telah dijalankan atau dikenal dengan istilah monetization.

    Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis monetize. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu memilih dan menentukan jenis model monetize yang cocok untuk bisnis-bisnis tertentu.

    Sumber Gambar : https://medium.com/

  • PERTEMUAN 10

    Pada pertemuan kali ini, akan dibahas mengenai cara membangun branding bagi sebuah startup.

    Mahasiswa diharapkan mampu memahami terkait definisi, unsur, jenis, dan cara membangun branding yang baik.
    Selain itu mahasiswa mampu mempraktekan cara membuat logo dan mockup atau prototipe.

    Sumber Gambar : https://pinimg.com/

  • PERTEMUAN 11

    Pada pertemuan kali ini, akan dibahas mengenai jenis-jenis saluran digital atau channel yang dapat digunakan dalam mempromosikan startup.

    Mahasiswa mampu diharapkan mampu memahami tentang jenis saluran digital yng dapat digunakan. Secara khusus berfokus kepada digital channel oneline.

    Selain itu mahasiswa diharapkan mampu mempraktekan cara membuat website sederhana menggunakan beberapa platform sebagai salah satu pilihan digital channel.

    Sumber Gambar : https://pinimg.com/

  • PERTEMUAN 12

    Pada pertemuan kali ini, akan dibahas mengenai manajemen sumber daya manusia (SDM) atau dalam dunia startup dikenal sebagai tema founder dan co-founder.

    Mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang prinsip pengelolaan, menyusun pengukuran kinerja atau lebih dikenal dengan istilah key performance indicator (KPI), dan tahap-tahap pengelolaan

    Selain itu mahasiswa diharapkan mampu membuat form penilaian kinerja secara sederhana menggunakan matriks sederhana

    Sumber Gambar : https://gfycat.com/

  • PERTEMUAN 13

    Pada pertemuan kali ini, akan dibahas mengenai manajemen keuangan. Keuangan merupakan aspek yang sering diabaikan oleh para pelakustartup namun sebenarnya memegang pernana penting

    Mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang prinsip-prinsip dasar keuangan, memahami istilah dan fungsi-fungsi sderhana terkait pencatatan dan pengelolaan keuangan

    Selain itu mahasiswa diharapkan mampu mempraktekan pencatatan buka kas laporan keungan sederhana menggunakan beberapa aplikasi atau platform yang tersedia.

    Sumber Gambar : https://pinimg.com/

  • PERTEMUAN 14

    Pada pertemuan kali ini, akan dibahas mengenai manajemen aspek hukum. Beberapa poin tentang jenis badan hukum, dokumen prasyarat, dan mekanisme pengajuan.

    Mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang aspek hukum dalam sebuah startup. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu mempersipakan dokumen-dokumen prasyarat dan memahami mekanisme pengajuan

    Sumber Gambar : https://gifer.com/

  • PERTEMUAN 15

    Pada pertemuan kali ini, akan dibahas mengenai materi-materi sebelumnya yang sudah disampaikan. Tujuannya agar mahasiswa dapat lebih memahami dan menguasai terkait materi muai dari monetisasi, branding, digital channel, manajemen SDM, manajemen keuangan dan legal atau hukum.

  • UAS

    Ujian Akhir Semester (UAS) dilaksanakan dalam bentuk pengumpulan dokumen tugas. Perhatikan terkait waktu pelaksanaan dan batas akhir (deadline) pngemupulan tugas. Terkait soal atau tugas yang harus dikerjakan, dapat dilihat pada aktivitas berikutnya.