Topic outline

  • Pengantar Belajar dan Pembelajaran

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... 

    Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

    Selamat datang di mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Mata kuliah ini masuk dalam rumpun Kependidikan dengan bobot SKS sebesar 3 SKS dengan kode Matakuliah : 13D61C604.

    Sebelum Anda mengawali perkuliahan, alangkah lebih baiknya Anda pelajari mengenai Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), materi, dan komponen penilaian yang ada pada mata kuliah ini, 

    Pastikan Anda semua mengikuti semua aktivitas pembelajaran yang ada pada setiap pertemuan. Untuk melihat sejauh mana progres aktivitas pembelajaran yang sudah Anda lakukan silakan perhatikan bagian Progress Bar maupun bagian  Grade.

    Jika ada hal-hal yang tidak atau kurang dimengerti, silakan Anda bisa menghubungi dosen pengampu mata kuliah melalui email maupun kontak HP (WA). 

    Selamat belajar dan tetap semangat rekan-rekan mahasiswa !!

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb

    Pengampu Mata Kuliah :

     


    Kontak Dosen Pengampu:
        Email    : bhakti@unm.ac.id

        HP (WA) : 085230026044 (Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien)

    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata kuliah belajar dan pembelajaran salah satu bentuk kajian yang memberikan pemahaman dan penerapan konsep belajar dan pembelajaran, pendekatan dan metode belajar dan pembelajaran serta hubungannya dengan komponen- kompoenen lain, masalah-masalah kesulitan belajar, dan pembelajaran berbasis nilai.

    Deskripsi Mata Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK dan Materi Perkuliahan)


    Bobot Penilaian

    Bobot penilaian akan ditentukan berdasarkan beberapa komponen dibawah ini :

    1. Keaktifan (30%)
    2. Latihan Soal per Pokok Bahasan (15%)
    3. Tugas  (10%)
    4. Ujian Tengah Semester (20%)
    5. Ujian Akhir Semester (25%)

    Buku Rujukan 

    1. Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
    2. Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.
    3. Haling, Abd. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar : Badan Penerbit UNM.
    4. Suparman, Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta : Erlangga.
    5. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenada Media Group.

  • P1: Teori Belajar Behavioristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran

    • P1.7. Kuis Pertemuan 1 Quiz
      Restricted Not available unless: The activity P1.6. Forum Diskusi is marked complete
    • P1.8. Upload Tugas Assignment
      Restricted Not available unless: The activity P1.7. Kuis Pertemuan 1 is marked complete
  • P2: Teori Belajar Kognitif dan Penerapannya dalam Pembelajaran

    • P2.2. Teori Kognitif dan Penerapannya dalam Pembelajaran File
      Restricted Not available unless: The activity P1.8. Upload Tugas is marked complete
    • P2.6. Forum Diskusi
      Restricted Not available unless: The activity P2.2. Teori Kognitif dan Penerapannya dalam Pembelajaran is marked complete
    • P2.7. Kuis Pertemuan 2 Quiz
      Restricted Not available unless: The activity P2.6. Forum Diskusi is marked complete
    • P2.8. Upload Tugas Assignment
      Restricted Not available unless: The activity P2.7. Kuis Pertemuan 2 is marked complete
  • P3: Teori Belajar Konstruktivistik dan Penarapannya dalam Pembelajaran

    • P3.2. Teori Belajar Konstruktivistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran File
      Restricted Not available unless: The activity P2.8. Upload Tugas is marked complete
    • P3.3. Presentasi: Teori Belajar Konstruktivistik File
      Restricted Not available unless: The activity P3.2. Teori Belajar Konstruktivistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran is marked complete
    • P3.4. Forum Diskusi
      Restricted Not available unless:
      • The activity P3.2. Teori Belajar Konstruktivistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran is marked complete
      • The activity P3.3. Presentasi: Teori Belajar Konstruktivistik is marked complete
    • P3.5. Kuis Pertemuan 3 Quiz
      Restricted Not available unless: The activity P3.4. Forum Diskusi is marked complete
    • P3.6. Upload Tugas Assignment
      Restricted Not available unless: The activity P3.5. Kuis Pertemuan 3 is marked complete
  • P4: Teori Belajar Humanistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran

    • P4.2. Teori Belajar Humanistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran File
      Restricted Not available unless: The activity P3.6. Upload Tugas is marked complete
    • P4.3. Presentasi: Teori Humanistik File
      Restricted Not available unless: The activity P3.6. Upload Tugas is marked complete
    • P4.4. Forum Diskusi
      Restricted Not available unless: The activity P4.2. Teori Belajar Humanistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran is marked complete
    • P4.5. Kuis Pertemuan 4 Quiz
      Restricted Not available unless: The activity P4.4. Forum Diskusi is marked complete
  • P5-P7: Model-Model Pembelajaran

    • P5.2. Pendekatan Saintifik dan Model-model Pembelajaran File
      Restricted Not available unless: The activity P4.5. Kuis Pertemuan 4 is complete and passed
    • P5.4. Materi 3: Video Penerapan Model Pembelajaran Page
      Restricted Not available unless: The activity P5.2. Pendekatan Saintifik dan Model-model Pembelajaran is marked complete
    • P5.5. Rangkuman Materi P5-P7 File
      Restricted Not available unless: The activity P5.4. Materi 3: Video Penerapan Model Pembelajaran is marked complete
    • P5.6. Forum Diskusi
      Restricted Not available unless: The activity P5.5. Rangkuman Materi P5-P7 is marked complete
    • P5.7. Kuis Pertemuan 5-7 Quiz
      Restricted Not available unless: The activity P5.6. Forum Diskusi is marked complete
  • P8: Kurikulum PAUD

    Assalamualaikum

    Mari kita mengawali pertemuan ke-8 ini dengan berdoa menurut agama masing-masing. Semoga kita semua senantiasa dalam sehat, dilindungi oleh Allah, dan semakin bertawakkal pada-Nya.

    Doa dimulai....

    Selesai

    Nah, di pertemuan ke-8 ini kita akan belajar secara mandiri mengenai kurikulum. Yang harus kalian pahami adalah: Mampu menjelaskan konsep dasar kurkulum, karakteristik kurikulum nasional.

    Langkah-langkah belajar:

    1. Isi daftar hadir di menu presensi, status Telat diberikan jika klik lewat dari 15 menit sesi kelas
    2. Nonton video tentang kurikulum
    3. Baca file materi berupa PDF
    4. Ikuti forum diskusi. Fitur ini baru terbuka jika kalian sudah membaca semua materi PDF yang diberikan
    5. Logout, waktunya istirahat


    Langsung saja, yuk  tonton video di bawah ini.

    • P8.2. Konsep Dasar Kurikulum File
      Restricted Not available unless: The activity P5.7. Kuis Pertemuan 5-7 is complete and passed
    • P8.3. Landasan Kurikulum File
      Restricted Not available unless: The activity P5.7. Kuis Pertemuan 5-7 is complete and passed
    • Forum Diskusi
      Restricted Not available unless:
      • The activity P8.2. Konsep Dasar Kurikulum is marked complete
      • The activity P8.3. Landasan Kurikulum is marked complete
  • P9: UTS

    Assalamualaikum. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesehatan selama belajar di rumah

    Sejujurnya saya menginginkan kita bisa bertemu di kelas, bisa bermain game game yang sebenarnya sudah saya siapkan. Tapi baiklah, kita harus fleksibel menghadapi situasi yang tidak menentu. Ini jaman VUCA. Apa itu VUCA, silakan searching sendiri di google.

    To the point

    Di bagian UTS ini, saya juga mengganti format UTS sehingga lebih kontekstual. Sesuai kondisi yang terjadi saat ini. Disini saya tidak meminta hapalan-hapalan kalian terkait teori belajar dan pembelajaran. Tapi lebih dari itu... Bagaimana setelah kalian mempelajari teori-teori tersebut memandang kondisi yang terjadi di lapangan. Apakah sudah sesuai? Dan kalau kurang sesuai. Apa saran Anda? Adek-adek saya harapkan masuk di level ini, level tertinggi di keterampilan kognitif. Yakni berkarya, memberikan ide dan solusi.

    Dalam multiple intelegrenci, kecerdasan itu kemampuan menyelesaikan masalah. Nah, kalian akan sampai di level itu.

    Selamat mengerjakan. Dan berharaplah pada Allah agar situasi kembali normal kembali.

    • Petunjuk UTS Assignment
      Restricted Not available unless: The activity P5.7. Kuis Pertemuan 5-7 is complete and passed
  • This topic

    P10: Merangkai Tujuan Pembelajaran

    • P10.6. Latihan Merumuskan Tujuan URL
      Restricted Not available unless: The activity P10.5. Kuis Pertemuan ke-10 is marked complete
  • P11: Menyusun Bahan Ajar

    • P11.2. Materi 1: Apa itu Materi Ajar? File
      Restricted Not available unless: The activity P10.6. Latihan Merumuskan Tujuan is marked complete
    • P11.3. Materi 2: Pengembangan Bahan Ajar File
      Restricted Not available unless: The activity P11.2. Materi 1: Apa itu Materi Ajar? is marked complete
  • P12: Srategi Pembelajaran

    Adik-adik mahasiswa, pada pertemuan kali ini kita akan belajar mengenai model, pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Apa bedanya? Mana yang lebih umum. Nah, untuk memperjelas, silakan baca materi berikut sambil menunggu sesi video converence

  • P13: Media Pembelajaran

  • P14: Penilaian Pembelajaran

    Adik-adik mahasiswa. Mengapa suatu proses belajar peserta didik, perlu dilakukan penilaian? Karena, proses pembelajaran pada hakikatnya adalah untuk mengetahui sejauhmana peserta didik mengalami perubahan atau bahkan peningkatan (ranah kognitif, psikomotor atau afektif). Penilaian sebagai tahapan akhir proses pembelajaran, sangat menentukan bahwa proses pembelajaran telah terselaksana secara efektif atau belum.

    Materi ini akan mengantarkan Anda untuk memahami perbedaan konsep dasar pengukuran, penilaian, tes, dan evaluasi. Selanjutnya Anda akan berinteraksi dengan penilaian otentik (authentic assessment), menulis tes hasil belajar, serta menelaah tes hasil belajar.

     Capaian Pembelajaran

    Setelah mempelajari materi ini, Anda diharapkan dapat mengevaluasi hasil belajar sehingga hasil evaluasi dapat berguna dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Sub Capaian

    1. Menjelaskan batasan pengukuran, penilaian, tes, dan evaluasi
    2. Menjelaskan langkah-langkah merencanakan dan mengembangkan tes hasil belajar
    3. Membedakan model-model penilaian otentik
    4. Menjelaskan langkah-langkah penyusunan penilaian otentik
    5. Menyusun tes hasil belajar
    6. Menelaah kualitas tes hasil belajar

    Materi pada pertemuan ini, terdiri dari 4 sub materi yaitu

    1. Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi
    2. Penilaian Otentik (Authentic Assessment)
    3. Menulis Tes Hasil Belajar
    4. Menelaah Tes Hasil Belajar
    Silakan pelajari dengan seksama, dan ikuti kuis yang diberikan setiap bagiannya

  • P15: Kesulitan Belajar Siswa

    Rekan-rekan mahasiswa, siapa diantara kalian yang pernah mengalami kesulitan belajar? Tentu semua pernah merasakannya ya? Saya pun demikian. Ada satu waktu dimana kita sulit membagi waktu dalam belajar, kadang juga kita kesulitan untuk memahami satu pelajaran padahal sudah sering di ulang-ulang. Nah sesi kali ini kita akan mencari tahu apa saja penyebab kesulitan belajar, dan bagaimana cara mengatasinya. 

    Langkah-langkah kegiatan belajar

    1. Memberi video testimoni (baca: curhat) mengenai pengalaman belajar yang Anda rasakan
    2. Membaca materi-materi pendukung tentang penyebab kesulitan belajar dan cara penanganannya
    3. Merenung dan memikirkan cara terbaik agar anda dapat belajar dengan baik

    • Apa kesulitan belajarmu? URL
      Restricted Not available unless: The activity P14.11. Tugas Penilaian is marked complete
  • P16: UAS

    Alhamdulillah, akhirnya kalian sampai pada bagian ini dengan baik. Sebagai bentuk aktualisasi ilmu yang telah Anda pelajari selama satu semester ini, silakan kerjakan tantangan UAS berikut dengan sebaik-baiknya. Project UAS dapat Anda kerjakan mulai sekarang. Silakan berkreativitas. Semakin unik ide Anda, maka semakin baik. Saya sangat menghargai hasil karya yang Anda buat sendiri. Saya percaya kalian pasti bisa. Untuk memudahkan mengerjakannya, saya sudah lampirkan contoh2 RPP kreatif untuk dijadikan sumber inspirasi.

    Selamat berkreasi.

    • UAS Assignment
      Restricted Not available unless:
      • The activity Petunjuk UTS is marked complete
      • The activity P14.10. Tes Pertemuan ke-14 is complete and passed
      • The activity P14.9. Kuis Materi 4 is complete and passed