Topic outline

  • PRESENSI PERTEMUAN 1-16

    SELAMAT BERGABUNG DI MATA KULIAH PENGETAHUAN MANAJEMEN PERTUNJUKAN

    Dosen Pengampu ;


    Syakhruni, S.Pd, M.Sn.


    Sri Wahyuni Muhtar, S.Pd, M.Sn.

    Deskripsi Mata Kuliah ;

    Mata kuliah ini memberi penjelasan mengenai manajemen pertunjukan secara teoretis, mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar atau awal yang memiliki mata kuliah lanjutan yaitu Manajemen Produksi Tari 2. Mata kuliah ini membahas tentang  profil organisasi seni pertunjukan di Indonesia, konsep dasar manajemen organisasi seni pertunjukan, perencanaan stratejik, manajemen proyek, manajemen pemasaran, manajemen keuangan dan penggalangan dana. Output dari mata kuliah ini adalah proposal penyelenggaraan pertunjukan tari.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah ;

    Mahasiswa dapat menambah pengetahuan sebagai tim produksi dan pihak manajemen yang akan mengatur produksi pertunjukan tari dan dapat membuat serta mengajukan proposal penyelenggaraan pertunjukan tari.

    Pustaka ;

    Permas, Achsan, dkk. 2003.  Manajemen Organisasi Seni Pertunjukan. Jakarta : Penerbit PPM

     Robbins, Stephan P. & Mary Coulter. 2004. Manajemen. PT. Indeks Group Gramedia

    Pengantar

    Sebuah realitas bahwa pertumbuhan dan perkembangan kesenian tidak terlepas hegemoni (kekuasaan) penentu kebijakan, pasar, dan teknologi yang berperan sebagai pendukung maupun pelindungnya. Antara seniman, pendukung, pelindung, pengguna, dan pengelola sebuah karya seni senantiasa terjalin dialektika dengan dinamika kehidupan yang sedang berlangsung. Hal ini mengindikasikan bahwa fungsi seni bukan lagi menjadi ritual, peristiwa social budaya, melainkan berkembang menjadi seni hiburan yang sarat kepentingan keuntungan ekonomis. Kondisi ini menunjukkan betapa urgen dan krusialnya pengetahuan manajemen produksi seni bagi para mahasiswa. Apalagi bila para mahasiswa ingin berwiraswasta sebagai entrepreneurship.Dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan seni yang menghendaki agar lulusannya mampu mandiri (berwiraswasta) dalam bidang seni sangat membutuhkan pengetahuan dan keterampilan tentang manajemen produksi.

    Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan melaksanakan berbagai aspek penting dan diperlukan dalam mengelola penyelenggaraan sebuah pertunjukan atau pameran seni.

     

     


  • Pengertian Dasar Manajemen Produksi

    Pengertian Dasar Manajemen Produksi

    1. Fungsi Manajemen: Perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),

    Penggerakan (actuating), dan Pengawasan (controlling)

    2. Unsur Dasar Manajemen: Pengelola (mans), Prioritas-Program (programming),

    Sumber Biaya (financing), dan Pemasaran (marketing)

    3. Produksi : faktor produksi, perencanaan produksi, proses produksi, pengawasan

    produksi, dan pemeliharaan fasilitas/alat produksi


    Sejumlah organisasi seni pertunjukan di Indonesia sangat berperan dalam mengembangkan atau melestarikan suatu budaya Indonesia. Hal tersebut menunjukkan pentingnya ilmu mengelola organisasi dengan prinsip manajemen. Organisasi  seni pertunjukan Di Indonesia tidak sedikit, akan tetapi di antara organisasi organisasi-organisasi itu belum banyak yang memberi perhatian pada aspek menejemennya. Ini terlihat dari banyaknya organisasi seni pertunjukan tradisional yang merasakan menurunnya jumlah peminat atau penontonnya dan rendahnya apresiasi masyarakat umum berkurang terhadap karya seni tradisional. Satu fenomena yang umum misalnya adalah berkurangnya peminat seni pertunjukan tradisional karena beralihnya minat publik penonton ke seni organ tunggal yang menjamur sampai ke pelosok kampong di seluruh Indonesia. Keadaan ini menunjukkan perlunya usaha yang lebih kuat, terencana dan sistematis untuk memanajemeni organisasi seni pertunjukan, terutama seni tradisional, agar dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan organisasi seni pertunjukan di lingkungan yang terus berubah ini.


  • TATAP MUKA VIRTUAL

    Pengertian Manajemen Produksi

    Suatu sistem kegiatan  yg menyangkut usaha pengelolaan secara optimal terhadap penggunaan sumber daya (faktor produksi), proses transformasi agar menjadi produk yang berdaya guna


    Silahkan aktifkan video anda saat join session

  • PENGORGANISASIAN

    Materi sebelumnya terkait perencanaan organisasi dengan kegiatan yang dapat direncanakan :

    1. Menulis jadwal

    2. Latihan

    3. Mencari tempat pentas

    4. Mencari dana

    Materi pekan ini terkait pengorganisasian kegiatan yang dapat anda baca pada file di bawah ini ;

  • PENGENDALIAN

    Berkesenian dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok, ditinjau dari aspek nonkesenian pembentukan kelompok atau grup, organisasi dinilai dapat memberikan manfaat lebih besar kepada pencapaian tujuan jika dibandingkan secara individual. Tuntutan untuk berorganisasi akan lebih besar jika orang-orang yang terlibat memiliki misi besar yang sulit untuk dicapai tanpa kerjasama, Organisasi merupakan sekelompok orang yang sepakat bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. 

    Oleh karena seni pertunjukan berkeinginan agar karya seni yang dihasilkan juga dinikmati oleh masyarakat, maka perlu diperhatikan proses pengendalian manajemennya. Dalam pengendalian perlu memerhatikan faktor-faktor lain yang bersifat tidak langsung , seperti ; faktor ekonomi, faktor politik dan peraturan pemerintah, faktor sosial masyarakat, dan perkembangan teknologi. Faktor-faktor tersebut akan memengaruhi kondisi dan perkembangan seni pertunjukan yang kemudian berpengaruh pada kondisi dan perkembangan organisasi seni pertunjukan.


    Untuk lebih jelasnya, silahkan baca materi dibawah ini ;

  • PERENCANAAN STRATEJIK

    Silahkan dibaca secara seksama dan aktif dalam forum diskusi

  • CONTOH MANAJEMEN PERTUNJUKAN

    Pembahasan salah satu materi tentang Manajemen Pertunjukan. 

    Dalam video ini kita akan membahas semua yang di butuhkan dalam sebuah pertunjukan,

    yuk kita tonton bareng-bareng videonya ! 

    Director : Jemy Tri Hutama Pemateri : Dirga HP DoP : Faldy Ferdiansyah Editor : Jemy Tri Hutama

    Selamat menyaksikan :


    • UTS

      Ujian Tengah Semester

    • ANALISIS SWOT

      Ukuran keberhasilan merupakan faktor-faktor indikator yang terukur untuk menilai sejauh mana keberhasilan organisasi dalam menjalankan misi dan mencapai visi yang telah ditetapkan. ukuran keberhasilan dirumuskan dari misi dan visi organisasi. ukuran keberhasilan untuk organisasi seni pertunjukan sangat diperlukan untuk menilai keberhasilan pimpinan organisasi dan sebagai dasar untuk menetapkan sasaran organisasi.  untuk mencapai sasaran organisasi tersebut dibutuhkan beberapa strategi, salah satunya adalah analisis SWOT. 

      untuk lebih jelasnya, silahkan baca materi berikut ini

    • TATAP MUKA VIRTUAL PEKAN INI JOIN JAM 10.00 WITA

      Silahkan aktifkan video anda

    • PENGGALANGAN DANA

      Setiap organisasi atau kegiatan seni pertunjukan tentunya memerlukan kegiatan penggalangan dana dengan berbagai metode agar dapat membantu terselenggaranya acara.

      untuk lebih jelasnya, silahkan baca materi di bawah ini ;

    • This topic

      PENULISAN PROPOSAL

      Silahkan dibaca terlebih dahulu sebelum menyimak video contoh pembuatan proposal

    • TUGAS UAS

      Ujian Akhir Semester