Topic outline

  • Pengantar Perkuliahan


    Assalamualaikum

    Selamat datang rekan-rekan mahasiswa! Senang sekali kami dapat membersamai Anda di mata kuliah Kapita Selekta Pendidikan. Mata kuliah ini didesain dengan metode blended learning yaitu perpaduan antara perkuliahan tatap muka terbatas dan perkuliahan daring melalui platform LMS SYAM-OK. Kami mengajak rekan-rekan mahasiswa untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam semua proses pembelajaran, agar dapat menghasilkan proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.


    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata kuliah ini membahas tentang dinamika manajemen sistem pendidikan sebagai bunga rampai pelaksanaan pendidikan nasional, sehingga kajian dalam mata kuliah ini adalah tentang isu-isu strategis yang berkaitan dengan pengelolaan pendidikan di Indonesia dalam perspektif nasional, baik pada tataran makro di tingkat nasional dan regional, maupun mikro di tingkat satuan pendidikan. Selain itu, melalui mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk melakukan kajian kritis untuk mengungkap, menggali, mendipkripsikan, dan memposisikan isu-isu pengelolaan pendidikan baik dari segi legislasi, konsepsi, maupun praktisi.


    Capaian Mata Kuliah

    1. Mampu menguraikan Reformasi Pendidikan Nasional
    2. Mampu memahami Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan
    3. Mampu memahami Pendidikan Karakter
    4. Mampu memahami Wajib Belajar Dalam Sistem Pendidikan Nasional
    5. Mampu mnegidentifikasi Pendidikan Prasekolah
    6. Mampu memahami Sekolah Dasar Sekolah Rendah
    7. Mampu memahami Sekolah Menengah Komprehensif
    8. Mampu memahami Pendidikan Guru
    9. Mampu memahami Pendidikan Internasional
    10. Mampu memahami Sertifikasi Guru
    11. Mampu memahami Pendidikan Wanita
    12. Mampu memahamiPendidikan Seks
    13. Mampu memhami pembelajaran di era pandemic covid-19


    Referensi

    1. Sugiyono. (2002). Manajemen Diklat. Bandung: Alfabeta
    2. Waluyo Adi, 1999, Peran dan Fungsi Pelatihan serta Fungsi Manajemen Pelatihan: Jakarta UT
    3. Dr. Nurhikmah, S.Pd,M.Si. 2006. Kapita Selekta. Di Biayai Oleh SP4
    4. Zaitun. (2011). Kapita Selekta Pendidikan. Riau: Yayasan Pusaka Riau

    5. Muhsyanur & Amie Primarni. (2018). Kapita Selekta Pendidikan Menelaah Fenomena Pendidikan di Indonesia dari Perbagai Disiplin Ilmu. Yogyakarta: Katalog Dalam Terbitan.


    Evaluasi

    • Aktivitas partisipatif (20%)
    • Project (35%)
    • Kuis (5%)
    • Tugas (15%)
    • UTS (15%)
    • UAS (20%)

  • P1: Reformasi Pendidikan Nasional

    Rekan-rekan mahasiswa, pada pertemuan kali ini akan dibahas mengenai Reformasi Pendidikan Nasional.

    Perubahan dan pembaharuan dalam pendidikan adalah sesuatu yang wajar dikarenakan dalam hidup ini pendidikan bagaikan air sungai yang mengalir terus. baik dari yang sebelumnya. Tujuan diadakannya sebuah reformasi pendidikan, tidak lain dilandaskan pada tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, cerdas, dan berkualitas sehingga mampu mewujudkan generasi emas dalam masyarakat madani. 

    Pada kajian bab ini akan dibahas mengenai sejarah perkembangan pendidikan di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda sampai dengan keadaan pendidikan Indonesia saat ini, sistem pendidikan di Indonesia, dan sumber daya manusia seperti apa yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan global.

    Untuk memahami materi lebih dalam, telah disajikan buku Kapita Selekta Pendidikan yang siap didownload dan dipelajari secara mandiri.

    Selamat belajar! 


  • P2: Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan

    Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ke-2 ini, kita akan membahas tentang budaya nasional sebagai dasar pendidikan.

    Mengapa kita perlu mempelajari budaya nasional?

    Ya, karena budaya merupakan hal yang tak terpisahkan dengan pendidikan, sekaligus budaya nasional-lah yang menjadi dasar filosofi penting dalam mengembangkan sistem pendidikan nasional. Coba bayangkan apabila sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia adalah copy-an dari Negara Amerika?

    Ya, mungkin kita tidak akan pernah mengenal Bahasa Indonesia, pangan lokal Indonesia, potensi alam Indonesia, dan masih banyak lagi hal-hal yang mungkin tidak kita tahu sehingga kita merasa terasing di negeri kita sendiri. 

    Nah, untuk memahami konsep budaya nasional yang menjadi dasar pendidikan Indonesia, mari kita simak aktivitas dan sumber belajar yang tersedia di kelas maya Sosiologi Pendidikan ini.

    Selamat Belajar!

  • P3: Wajib Belajar Dalam Sistem Pendidikan Nasional


    Hallo rekan-rekan mahasiswa. Setelah mempelajari konsep kebudayaan nasional sebagai dasar pendidikan, kita akan lanjut pada pokok pembahasan yang ke-3 yaitu wajib belajar dalam sistem pendidikan nasional

    Wajib belajar merupakan program pemerintah yang sudah tidak asing lagi ya?

    Dahulu kita mengenal Wajib Belajar 9 Tahun, kemudian berubah menjadi Wajib Belajar 12 Tahun. Bagaimana menurut rekan-rekan tentang Wajib Belajar 12 Tahun ini? Nah, pada pertemuaan ini kita akan menyelami lebih dalam tentang bagaimana pelaksaan program Wajib Belajar di Indonesia. 


    Adapun capaian pembelajaran dai pertemuan ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami penerapan Program Wajib Belajar Dalam Sistem Pendidikan Nasional

  • P4: Pendidikan Prasekolah


    Rekan-rekan mahasiswa, pada pertemuan ke-4 ini kita akan membahas lebih dalam tentang Pendidikan Prasekolah.

    Jenjang pendidikan prasekolah merupakan dasar fondasi yang sangat penting bagi perkembangan aspek kognitif, psikomotor, dan sosial anak agar siap melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh sebab itu, isu-isu pendidikan prasekolah selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas lebih mendalam. 

    Setelah rekan-rekan mahasiswa mempelajari materi dan aktifitas yang ada pada pertemuan ke-4 ini, Anda diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan konsep pendidikan prasekolah.
    2. Menjelaskan landasan hukum tentang pendidikan prasekolah.
    3. Menjelaskan komponen pembelajaran pada pendidikan prasekolah.
    4. Menganalisis permasalah pada jenjang pendidikan prasekolah berdasarkan komponen-komponen pembelajaran.
    5. Membuat infografik yang berisi pemetaan permasalahan pendidikan prasekolah di Indonesia.

    Baik, rekan-rekan mahasiswa untuk mencapai kompetensi diatas silahkan simak baik-baik materi, aktifitas, dan penugasan yang ada di pertemuan ke-4 ini.
    Selamat Belajar !

  • P5: Sekolah Dasar Sekolah Rendah


    Selamat Datang rekan-rekan mahasiswa di pertemuan ke-5 ini.

    Pada pertemuan kali ini kita akan membahas materi tentang Pendidikan Sekolah Dasar. Sekolah dasar merupakan jenjang pendidikan yang ditempuh peserta didik setelah selesai dari jenjang pendidikan prasekolah. Di Indonesia, jenjang sekolah dasar ini wajib ditempuh selama 6 tahun dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.  

    Pada pertemuan ke-5 ini, akan disajikan materi serta aktifitas yang berkaitan dengan pokok pembahasan pendidikan dasar. Silahkan, rekan-rekan untuk mencermati dan berpartisipasi pada setiap materi dan aktifitas yang telah disiapkan.

    Adapun capaian pembelajaran dari pertemuan ini, yaitu:

    1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep pendidikan sekolah dasar.
    2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan 6 komponen pembelajaran pada jenjang pendidikan sekolah dasar. 
    3. Mahasiswa mampu menyebutkan permasalahan pendidikan sekolah dasar berdasarkan pada 6 komponen pembelajaran. 


    Selamat Belajar !

  • P7: Pendidikan Guru


    Selamat Datang, 

    Rekan-Rekan Mahassiwa pada pertemuan ke-7 ini kita akan membahas tentang Pendidikan Guru.

    Apa itu pendidikan guru? mengapa guru perlu melakukan pendidikan, bukankah guru adalah seorang pendidik?

    Pada topik pendidikan guru ini, kita akan membahas lebih dalam tentang pendidikan guru penggerak. Mengapa perlu membahas tentang guru penggerak? Betul sekali, karena topik ini sangat berkaitan dengan program merdeka belajar yang merupakan solusi atas permasalahan pembelajaran di era pandemi COVID-19.

    Adapun capaian pembelajaran pada pertemuan kali ini, yaitu:

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pendidikan guru penggerak.
    2. Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan program pendidikan guru penggerak.
    3. Mahasiswa mampu menjelaskan pelaksanaan pendidikan guru penggerak.
    4. Mahasiswa mampu menyimpulkan dampak program pendidikan guru penggerak.
    Selamat Belajar !



  • P8: UTS

  • P9: Pendidikan Internasional


    Hallo rekan-rekan semua, bagaimana kabar Anda? Semoga tetap semangat dan antusias dalam menyimak rangkaian perkuliahan Kapita Selekta Pendidikan baik daring maupun luring ya.

    Nah, apakah teman-teman sudah pernah mendengar tentang program Kampus Merdeka IISMA yang merupakan singkatan dari Indonesian International Student Mobility Awards?

    Ya, betul sekali bahwa program tersebut bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi dan pengetahuan, serta memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri sebagai implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek.


    Adakah hubungan antara IISMA dengan topik pembahasan kita di pertemuan ke-9 ini? 

    Tepat sekali, bahwa salah satu contoh implementasi dari pendidikan internasional yakni terselenggaranya kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk bisa merasakan pendidikan internasional di kampus internasional tingkat global. 

    Untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang pendidikan internasional, akan disajikan beberapa sub-topik diantaranya:

    • Asumsi Pendidikan Internasional.
    • Pelaksanaan Pendidikan Internasional di Indonesia.
    • Implikasi masalah dalam pendidikan internasional.
    • Alternatif solusi terhadap permasalahan pendidikan internasional.
    Setelah mempelajari sub-topik di atas, selanjutnya mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan tendensi dan latar belakang diselenggarakannya pendidikan internasional.
    2. Menjelaskan asumsi pendidikan internasional. 
    3. Menjelaskan hubungan antara pendidikan internasional dan pertukaran siswa/mahasiswa.
    4. Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan intenasional di Indonesia.
    5. Mengidentifikasi implikasi masalah dalam pendidikan internasional.
    6. Memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan pendidikan internasional.
  • P10: Pendidikan Wanita

     

     

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? Selamat datang di pertemuan ke-10 yang akan membahas topik Pendidikan Wanita.

    Silahkan simak video di atas, untuk memberikan sedikit gambaran mengenai perempuan dari beberapa sudut pandang. 
    Kemudian, refleksikan bagaimana pendapat Anda terhadap penjelasan dari video tersebut?

    Nah, pada pertemuan ini Anda diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan asumsi dan urgensi pendidikan wanita.
    2. Menjelaskan implementasi pendidikan wanita di Indonesia.
    3. Menjelaskan permasalahan yang mucul dalam pendidikan wanita.
    4. Menjelaskan solusi atas permasalahan yang mucul dalam pendidikan wanita. 

  • P11: Pendidikan Seks


    Selamat Datang di P11 dengan Topik Pendidikan Seks

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? Semoga selalu semangat dalam menyimak rangkaian pembelajaran di SYAM OK ya!

    Pernahkah Anda mendengar tentang Pendidikan Seks? atau apa yang terlintas di pikiran Anda tentang hal tersebut? Bagi sebagian masyarakat, topik pendidikan seks masih terdengar agak 'tabu' dan kurang layak untuk dibahas di lingkungan pendidikan. Namun, tahukah Anda bahwa pendidikan seks merupakan topik penting yang mampu menambah literasi remaja tentang kesehatan reproduksinya? dan masih banyak lagi manfaat dari adanya pendidikan seks.

    Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang pendidikan seks. Topik pembahasan akan terdiri dari konsep, implementasi hingga pada permasalahan yang muncul dalam pendidikan seks. Oleh sebab itu, akan disajikan beberapa materi dan aktifitas yang dapat diakses secara asynchronous di P11 ini. Silahkan rekan-rekan ikut aktif terlibat pada setiap aktifitas yang disajikan. 

    Adapun capaian pembelajarannya yaitu mahasiswa mampu:

    1. Menjelaskan konsep dan urgensi pendidikan seks. 
    2. Menjelaskan implementasi serta manfaat adanya pendidikan seks.
    3. Menganalisis permasalahan yang muncul dalam pendidikan seks.

    Selamat Belajar!

  • P12: Pendidikan Karakter


    Selamat Datang di pekan ke-12.


    Indonesia tengah mengalami krisis moral. Situasi kritis tersebut mendorong pemerintah perlu mengambil kebijakan dan memprioritaskan pembangunan karakter bangsa. Apa itu karakter? Karakter bisa didefinisikan sebagai jati diri, kepribadian, watak, ataupun identitas diri seseorang. 
    Apakah rekan-rekan mahasiswa pernah mendengar tentang Pendidikan Karakter? atau pernahkah Anda mendengar tentang pendidikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)? Nah, pada pertemuan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter mulai dari penajabaran definisi hingga fokus & basis gerakan PPK, 

    Adapun capaian pembelajaran pada pertemuan ini yakni mahasiswa mampu:

    1. Menjelaskan konsep gerakan penguatan pendidikan karakter. 
    2. Menjelaskan urgensi gerakan penguatan pendidikan karakter.
    3. Menjelaskan implementasi gerakan penguatan pendidikan karakter.
    4. Menganalisis permasalahan yang muncul dalam gerakan penguatan pendidikan karakter.

    Selamat Belajar!

  • P13: Pembelajaran di Jenjang Sekolah Dasar di Era Pandemi

    Kembali ke sekolah di tengah pandemi | UNICEF Indonesia

    Selamat Datang di Pertemuan Ke-13.

    Pandemi COVID-19 tidak dipungkiri memiliki peran yang sangat besar dalam mengubah budaya global tak terkecuali pelaksanaan proses pembelajaran di jenjang sekolah dasar. Nah, pada pertemuan ini kita akan membahas tentang bagaimana implementasi pembelajaran di jenjang sekolah dasar di era pandemi. Apakah dalam pelaksanaannya memerlukan penyesuaian? bagaimana perubahan yang dihadapi sekolah-sekolah dasar agar tetap mampu melangsungkan kegiatan belajar mengajar ditengah pandemi COVID-19? dan dimana peran Teknologi Pendidikan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dapat dijawab setelah Anda menyimak keseluruhan materi dan aktifitas yang ada pada pertemuan ke-13 ini. 

    Adapun capaian pembelajarannya yakni mahasiswa mampu:

    1. Menjelaskan urgensi pelaksanaan pembelajaran pada jenjang sekolah dasar di era pandemi.
    2. Menjelaskan perbedaan pelaksanaan pembelajaran pada jenjang sekolah dasar ketika sebelum dan sesudah pandemi.
    3. Menjelaskan program pemerintah untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran pada jenjang sekolah dasar di era pandemi.
    4. Mengidentifikasi hambatan pelaksanaan program pemerintah pada jenjang sekolah dasar di era pandemi.
    5. Mengidentifikasi peran Teknologi Pendidikan pada pelaksanaan pembelajaran pada jenjang sekolah dasar di era pandemi.

    Pada pertemuan ini, kegiatan pembelajaran akan dilakukan dengan metode presentasi kelompok diikuti sesi diskusi yang didampingi oleh dosen pengampu. Pembagian kelompok dilakukan oleh ketua kelas masing-masing. Silahkan bekerja dalam kelompok, dan sajikan makalah berikut presentasi yang menarik.

    Selamat Belajar!


  • P14: Pembelajaran di Jenjang Sekolah Menengah di Era Pandemi

    SMA Negeri 5 Mataram - Website Resmi

    Selamat Datang di Pertemuan Ke-14.

    Pandemi COVID-19 tidak dipungkiri memiliki peran yang sangat besar dalam mengubah budaya global tak terkecuali pelaksanaan proses pembelajaran di jenjang sekolah menengah. Nah, pada pertemuan ini kita akan membahas tentang bagaimana implementasi pembelajaran di jenjang sekolah menengah di era pandemi. Apakah dalam pelaksanaannya memerlukan penyesuaian? bagaimana perubahan yang dihadapi sekolah-sekolah menengah agar tetap mampu melangsungkan kegiatan belajar mengajar ditengah pandemi COVID-19? dan dimana peran Teknologi Pendidikan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dapat dijawab setelah Anda menyimak keseluruhan materi dan aktifitas yang ada pada pertemuan ke-14 ini. 

    Adapun capaian pembelajarannya yakni mahasiswa mampu:

    1. Menjelaskan urgensi pelaksanaan pembelajaran pada jenjang sekolah menengah di era pandemi.
    2. Menjelaskan perbedaan pelaksanaan pembelajaran pada jenjang sekolah menengah ketika sebelum dan sesudah pandemi.
    3. Menjelaskan program pemerintah untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran pada jenjang sekolah menengah di era pandemi.
    4. Mengidentifikasi hambatan pelaksanaan program pemerintah pada jenjang sekolah menengah di era pandemi.
    5. Mengidentifikasi peran Teknologi Pendidikan pada pelaksanaan pembelajaran pada jenjang sekolah menengah di era pandemi.

    Pada pertemuan ini, kegiatan pembelajaran akan dilakukan dengan metode presentasi kelompok diikuti sesi diskusi yang didampingi oleh dosen pengampu. Pembagian kelompok dilakukan oleh ketua kelas masing-masing. Silahkan bekerja dalam kelompok, dan sajikan makalah berikut presentasi yang menarik.

    Selamat Belajar!


  • P15: Pembelajaran di jenjang Pendidikan tinggi di Era Pandemi

    Kuliah Tatap Muka dan Daring, UK Petra Terapkan Hybrid Learning

    Selamat Datang di Pertemuan Ke-15.

    Pandemi COVID-19 tidak dipungkiri memiliki peran yang sangat besar dalam mengubah budaya global tak terkecuali pelaksanaan proses pembelajaran di jenjang pendidikan tinggi (universitas). Nah, pada pertemuan ini kita akan membahas tentang bagaimana implementasi pembelajaran di jenjang  pendidikan tinggi (universitas) di era pandemi. Apakah dalam pelaksanaannya memerlukan penyesuaian? bagaimana perubahan yang dihadapi universitas agar tetap mampu melangsungkan kegiatan belajar mengajar ditengah pandemi COVID-19? dan dimana peran Teknologi Pendidikan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dapat dijawab setelah Anda menyimak keseluruhan materi dan aktifitas yang ada pada pertemuan ke-15 ini. 

    Adapun capaian pembelajarannya yakni mahasiswa mampu:

    1. Menjelaskan urgensi pelaksanaan pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi (universitas) di era pandemi.
    2. Menjelaskan perbedaan pelaksanaan pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi (universitas) ketika sebelum dan sesudah pandemi.
    3. Menjelaskan program pemerintah untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi (universitas) di era pandemi.
    4. Mengidentifikasi hambatan program pemerintah pada jenjang pendidikan tinggi (universitas) di era pandemi.
    5. Mengidentifikasi peran Teknologi Pendidikan pada pelaksanaan pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi (universitas) di era pandemi.

     

    Pada pertemuan ini, kegiatan pembelajaran akan dilakukan dengan metode presentasi kelompok diikuti sesi diskusi yang didampingi oleh dosen pengampu. Pembagian kelompok dilakukan oleh ketua kelas masing-masing. Silahkan bekerja dalam kelompok, dan sajikan makalah berikut presentasi yang menarik.

    Selamat Belajar!


  • Ujian Akhir Semester


    Selamat Datang di Pekan Ujian Akhir Semester

    Rekan-rekan silahkan simak dab cermati video di atas tentang penjelasan tiket masuk menuju UAS Kapita Selekta. 
    UAS akan dilaksanakan secara luring sesuai jadwal kelas masing-masing.
    Harap disimak syarat tiket masuk yang dijelaskan, agar Anda dapat melalui UAS dengan lancar dan tanpa kendala.