Weekly outline

  • Media Pembelajaran SD

    Selamat Datang


    Assalamualaikum.

    Bagaimana kabar kalian? Selamat bergabung ya dalam mata kuliah Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan bobot 2 SKS.


    Perkenalkan saya Hartoto sebagai dosen pengampu mata kuliah ini. Saya berharap kita akan dapat belajar bersama dengan lebih maksimal dan menyenangkan. Saya telah mempersiapkan berbagai sumber belajar yang dapat Anda memperkaya wawasan Anda mengenai MK ini. Untuk praktikum, akan dilaksanakan di Lab PGSD sesuai dengan jadwal yang tertera. Jika ada kendala, silakan hubungi saya di hartoto@unm.ac.id . Tlp: 081 343 865 864, Twitter/IG: @hartoto_id

    Selamat belajar. Salam berkelimpahan

    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata kuliah Media Pembelajaran Sekolah Dasar dimaksudkan agar mahasiswa PGSD mampu mengkaji dan memilih berbagai jenis media dan multimedia yang dimanfaatkan dalam pembelajaran SD sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Menganalisis kesesuaian antara jenis dan karakteristik media dengan tujuan, kendala dan karakteristik pembelajaran SD, serta karakteristik peserta belajar, sehingga mahasiswa memiliki sikap tanggungjawab terhadap ketepatan memilih media sesuai dengan tujuannya.

    Mahasiswa PGSD sangat perlu mempelajari mata kuliah media pembelajaran SD karena sebagai guru SD nantinya akan berperan dalam menyampaikan pengetahuan pada siswa sehingga perlu mempermudah penyampaian pengetahuan tersebut menggunakan media pembelajaran. Pengetahuan dan informasi akan terbatas pada ruang dan waktu untuk disampaikan sehingga memerlukan penghubung agar diketahui oleh siswa di kelas. Media Pembelajaran akan membantu membentuk "penghubung" tersebut.

    Learning outcome yang diharapkan dari mata kuliah media pembelajaran SD meliputi;

    Referensi:

    • Arief S. Sadiman. 1993. Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan Raja Grafindo Persada.
    • Lee, William W. 2004. Multimedia Based Instructional Design: Secend Edition. San Francisco: Preiffer
    • Philips, Rob. 1997. The Developers Handbook to Interactive Multimedia (Practical Guide for Educational Aplication) London: Kogan Page
    • Sharon E. Smaldino. 2012. Instructional technology and media for learning.USA. Pearson

  • 1: Makna Media Pembelajaran Sekolah Dasar


    MAKNA MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR

    Berjumpa kembali pada topik pengantar media pendidikan di sekolah dasar. Pada topik ini, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi perbedaan antara media komunikasi dan media pembelajaran sehingga para mahasiswa dapat memahami pengertian media pembelajaran khususnya di jenjang pendidikan dasar.

    Pemahaman tentang hakekat media pembelajaran diperlukan karena akan mendasari dalam merencanakan dan membuat media pembelajaran sehingga media yang dibuat akan efektif membantu pencapaian tujuan pembelajaran.

    Materi pada topik pengantar media pembelajaran berisi tentang makna media pembelajaran, pendekatan media by design dan media by utilization. Dengan memahami media yang dibuat dan di gunakan akan sangatbmembantu mahasiswa calon guru dalam merencanakan dan menggunakan media yang ideal untuk proses pembelajaran.

    Secara khusus materi yang dipelajari di pertemuan ini yaitu seputar konsep dasar media dan multimedia dalam pembelajaran di SD, untuk lebih jelasnya silahkan pelajari materi berikut;

  • 2: Manfaat Media Pembelajaran

    MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN

    Saudara mahasiswa yang baik. Topik kali ini membahas tentang manfaat media pembelajaran SD.

    Beberapa pertanyaan awal adalah Mengapa harus ada media pembelajaran? apakah harus ada media dalam setiap pembelajaran? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka perlu dipahami manfaat media pembelajaran. Pemahaman media pembelajaran akan dimuali dari pendapat berbagai nara sumber tentang manfaat media pembelajaran.

    Setelah mempelajari materi pada topikini anda akan bisa menjawab apakah pada setiap pembelajaran harus dihadirkan mmedia atauukah tidak.

    Untuk lebih memperdalam materi ini, Silahkan diskusikan manfaat media pembelajaran.

  • 3: Landasan Teori Media Pembelajaran

    LANDASAN TEORI MEDIA PEMBELAJARAN

    Pembelajaran sangat identik dengan media. Namun sebenarnya bagaimana landasan mendasar perlunya media dalam pembelajaran? Pada materi topik ini akan menjelaskan tentang landasan psikologis perlunya media dalam pembelajaran. Dengan memahami landasan psikologis penggunaan media akan mendukung kemampuan mahasiswa atau calon guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Apakah motivasi, memori, perhatian, emosi dan prestasi siswa dapat dipengaruhi oleh penggunaan media guru?

    Setelah memahami topik ini mahasiswa dapat merencanakan dan menyusun media yang dapat meningkatkan motivasi, memori, perhatian, emosidan prestasi belajar siswa.

  • 4: Klasifikasi Media Pembelajaran

    KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN

    Saudara mahasiswa, seperti diketahui bahwa media pembelajaran diyakini dapat membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Namun media yang seperti apa yang sebaiknya digunakan guru? Materi pada topik ini akan membahas tentang klasfikasi media. Pengetahuan tentang klasifikasi media ini dapat menjadi landasan untuk membedakan proses yang dipakai untuk menyajikan pesan, bagaimana suara dan atau gambar itu diterima, apakah melalui penglihatan langsung, proyeksi optik, proyeksi elektronik atau ICT. Sehingga sangat berguna bagi guru dalam merencanakan media yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas.

    Setelah mempelajari babak ini diharapkan mahasiswa dapat menyebutkan klasifikasi media dan merencanakan media untuk salah satu pembelajaran di SD.

  • 5: Media Pembelajaran Grafis

    MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIS

    Media grafis merupakan bentuk komunikasivisual yang menggunakan gambar atau simbol-simbol untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Media grafis merupan media yang paling sering digunakan Sekolah Dasaroleh guru dalam mengajar. Media grafis paling mudah dijumpai dan dikembangkan oleh guru untuk proses pembelajaran. Bagaimana merencanakan, mengembangkan dan mengnakan media grafis agar efisien maka perlu memahami prinsip-prinsip pengambangan media grafis.


    Agar pemahaman para mahasiswa lebih utuh tentang media grafis mari pelajari materi berikut;

  • Ujian Tengah Semester

    Teknis UTS akan disampaikan di kelas