Media Pembelajaran SD
Assalamualaikum.
Bagaimana kabar kalian? Selamat bergabung ya dalam mata kuliah Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan bobot 2 SKS.
Perkenalkan saya Hartoto sebagai dosen pengampu mata kuliah ini. Saya berharap kita akan dapat belajar bersama dengan lebih maksimal dan menyenangkan. Saya telah mempersiapkan berbagai sumber belajar yang dapat Anda memperkaya wawasan Anda mengenai MK ini. Untuk praktikum, akan dilaksanakan di Lab PGSD sesuai dengan jadwal yang tertera. Jika ada kendala, silakan hubungi saya di hartoto@unm.ac.id . Tlp: 081 343 865 864, Twitter/IG: @hartoto_id
Selamat belajar. Salam berkelimpahan
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Media Pembelajaran Sekolah Dasar dimaksudkan agar mahasiswa PGSD mampu mengkaji dan memilih berbagai jenis media dan multimedia yang dimanfaatkan dalam pembelajaran SD sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Menganalisis kesesuaian antara jenis dan karakteristik media dengan tujuan, kendala dan karakteristik pembelajaran SD, serta karakteristik peserta belajar, sehingga mahasiswa memiliki sikap tanggungjawab terhadap ketepatan memilih media sesuai dengan tujuannya.
Mahasiswa PGSD sangat perlu mempelajari mata kuliah media pembelajaran SD karena sebagai guru SD nantinya akan berperan dalam menyampaikan pengetahuan pada siswa sehingga perlu mempermudah penyampaian pengetahuan tersebut menggunakan media pembelajaran. Pengetahuan dan informasi akan terbatas pada ruang dan waktu untuk disampaikan sehingga memerlukan penghubung agar diketahui oleh siswa di kelas. Media Pembelajaran akan membantu membentuk "penghubung" tersebut.
Learning outcome yang diharapkan dari mata kuliah media pembelajaran SD meliputi;
Referensi:
- Arief S. Sadiman. 1993. Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan Raja Grafindo Persada.
- Lee, William W. 2004. Multimedia Based Instructional Design: Secend Edition. San Francisco: Preiffer
- Philips, Rob. 1997. The Developers Handbook to Interactive Multimedia (Practical Guide for Educational Aplication) London: Kogan Page
- Sharon E. Smaldino. 2012. Instructional technology and media for learning.USA. Pearson
Sebelum anda melanjutkan proses perkuliahan, mari dipelajari terlebih dahulu Silabus atau Rancangan Perkuliahan (RPS)
Silabus berisi apa yang akan dipelajari dan bagaimana cara belajar yang ditempuh.
PENGUMUMAN
Kepada para mahasiswa yag mengambil mata kuliah ini harap mengikuti semua aktiivitas dan penugasan yang diberikan. Setiap aktivitas akan ada apresiasi yang semuanya akan mendukung nilai akhir mata kuliah. Perhatikan juga masa berlaku kuis/tugas yang terbatas pada waktu tertentu saja. Hindari plagiasi apapun bentuknya mari menghargai produk intelektual orang lain.