• Introduction

    GREETING

    Assalammualaikum wr, wb, Hallo teman-teman Cvisioner!!

    Selamat datang dan selamat bergabung pada matakuliah Computer Vision.
    Matakuliah IFB-301 Computer Vision ini merupakan matakuliah wajib di Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung yang diselenggarakan di semester ganjil atau tepatnya di semester 5. Bobot matakuliah Computer Vision adalah 3 SKS.

    Perkenalkan saya Irma Amelia Dewi, selama satu semester ini akan menemai teman-teman Cvisioner untuk lebih memahami tidak hanya konsep dari metode-metode computer vision tetapi juga implementasinya di bidang industri.

    Pembelajaran yang diterapkan merupakan collaborative learning dan active learning, mengajak CVisioner terlibat secara partisipasi aktif dalam diskusi/small group discussion, group activity dalam menyelesaikan case study, problem-based yang berasal dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jika teman-teman Cvisioner memiliki pertanyaan atau kebutuhan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui platform ini. Saya selalu siap membantu teman-teman dalam proses pembelajaran ini.

    Jadi, mari kita mulai! Siapkan diri Anda untuk menggali ilmu baru, berdiskusi, dan menjalani pengalaman pembelajaran yang luar biasa.

    Terima kasih telah bergabung, dan saya berharap kita akan memiliki waktu yang sangat bermanfaat bersama. Selamat belajar!"

  • Pertemuan (12-13)-Convolutional Neural Network (CNN) | Deep Learning Image Classification & Detection

    HEADER

    Greeting

    Selamat datang teman-teman CVisioner pada pertemuan kali ini di Computer Vision. Pada pertemuan ini teman-teman CVisioner diharapkan dapat mengimplementasikan metode convolutional neural network (CNN) untuk image classification atau object detection. Semoga teman-teman CVisioner dalam keadaan sehat dan semangat mempelajari materi di pertemuan ini. 

    Deskripsi Materi

    CNN (Convolutional Neural Network) adalah jaringan syaraf tiruan yang dirancang khusus untuk pengolahan data gambar.

    Terinspirasi dari sistem visual biologis Struktur dan konsep CNN terinspirasi dari cara kerja sistem visual pada makhluk hidup. CNN meniru konsep lapisan-lapisan sel saraf di area visual korteks serebral.

    CNN pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980-an Meski saat itu belum sepopuler sekarang, CNN telah ada konsep dan risetnya sejak 30-40 tahun lalu oleh ilmuwan bernama Fukushima. Kemampuan mengenali citra lebih baik dari manusia Beberapa arsitektur CNN modern seperti inception Net dan ResNet mampu melampaui manusia dalam mengenali pola pada gambar & video. CNN Membutuhkan data latih dalam jumlah besar Proses training CNN membutuhkan ribuan hingga jutaan data gambar danpelabelan untuk performa akurasi tinggi. Seiring waktu, dataset image recognition CNN kian besar.

    Sub-Capaian Pembelajaran MataKuliah (Sub-CPMK)

    Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu secara kolaboratif mengidentifikasi dan mengimplementasikan  metode supervised dan unsupervised learning serta deep learning architecture pada computer vision dalam pengenalan dan deteksi single atau multiple object serta melakukan analisis model untuk menghasilkan aplikasi yang optimal sesuai kebutuhan industri

    Indikator Capaian Pembelajaran

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan arsitektur dan konsep dasar jaringan syaraf tiruanconvolutional neural network
    2. Mahasiswa mampu melakukan pra-pemrosesan data gambar yang sesuai sebagai input untuk CNN
    3. Mahasiswa mampu membangun dan melatih model CNN untuk deteksi objek atau klasifikasi gambar menggunakan library deep learning
    4. Mahasiswa mampu melakukan augmentasi data, hyperparameter tuning dan teknik regularisasi untuk meningkatkan performa CNN
    5. Mahasiswa mampu mengevaluasi dan meng-interpretasikan hasil deteksi objek atau klasifikasi gambar berdasarkan metrik evaluation seperti mAP, akurasi, loss dan matriks konfusi

    Skenario Pembelajaran 

    Matakuliah Computer Vision diselenggarakan dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Mahasiswa mempelajari materi pembelajaran baik handout, video pembelajaran, modul praktek pemrograman diluar jam perkuliahan sebelum kelas dimulai. Teman-teman CVisioner setelah mempelajari terlebih dahulu materi mengenai feature extraction berdasarkan tekstur menggunakan LBP dan modul pemrograman dengan metode LBP yang dapat teman-teman praktekkan menggunakan Google Colaboratory. 

    Sebelum Pertemuan (90 menit):

    1. Mahasiswa menonton video materi Image Classification dan Object Detection menggunakan CNN selama 30 menit.
    2. Mahasiswa membaca handout ringkasan materi dan modul praktik coding CNN untuk klasifikasi gambar dan deteksi objek selama 30 menit.
    3. Mahasiswa mengerjakan kuis pemahaman materi di LMS selama 30 menit.

    Saat Pertemuan (150 menit):

    1. Dosen membahas poin-poin penting materi dan menjawab pertanyaan mahasiswa (15 menit).
    2. Mahasiswa dibagi dalam 5 kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4-5 orang. Tiap kelompok diberikan tugas proyek studi kasus classification dan detection mengimplementasikan CNN (60 menit).
    3. Tiap kelompok mempresentasikan hasil proyek. Kelompok lain memberi pertanyaan dan saran (60 menit).
    4. Dosen memberi ulasan dan penjelasan bagian yang masih membingungkan, lalu merangkum materi (15 menit).

    Pada pertemuan ini juga akan ada kuliah tamu dari DUDI yang dapat memberikan insight dan ilmu dari sudut pandang yang berbeda.

    =====================================================================================================================

Previous section
Pertemuan 11- Optical Flow | Video Analysis & Motion Tracking
Next section
Pertemuan (14)- Image Classification Supervised & Unsupervised Learning