Topic outline

  • Pendahuluan

  • 1. Konsep media dalam pembelajaran

  • 2. Jenis Media Pembelajaran

  • 3. Diskusi Studi Kasus

    Halo rekan-rekan mahasiswa

    Selamat datang di Pertemuan 3 pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Bidang Studi Silahkan rekan-rekan mahasiswa akan diajak berdiskusi untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa akan petingnya peggunaan media dalam pembelajaran. Setelah melakukan diskusi silahkan mengerjakan soal yang sudah tersedia.

    Salam Sukses!!!

  • 4. Media pembelajaran ramah disabilitas

  • 5. Media Pembelajaran Digital.

  • 6. Pembelajaran online

  • 7. CBT (Computer-Based Test)

  • 8. Ujian Tengah Semester

  • 9. Project Video Ramah Disabilitas

    Pertemuan 9 dan 10 merupakan tahap proyek pada mata kuliah berbasis pembelajaran mahasiswa, di mana mahasiswa berkewajiban untuk menciptakan video pembelajaran yang bersifat ramah disabilitas. Tugas ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam merancang konten edukatif inklusif bagi semua individu.

  • 11. Proyek Video Interaktif

    Pembuatan Video Interaktif dengan Edpuzzle melalui Pendekatan Project-Based Learning

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Mengembangkan keterampilan kolaborasi: Mahasiswa akan bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, mengambil gambar, dan mengedit video interaktif mereka.
    2. Peningkatan literasi digital: Mahasiswa akan memahami dan menguasai teknologi pembuatan video, serta keahlian penggunaan platform Edpuzzle.
    3. Meningkatkan kreativitas: Mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan video yang menarik dan informatif menggunakan kreativitas mereka sendiri.
    4. Peningkatan pemahaman materi: Melalui pembuatan video, siswa akan memahami konsep pembelajaran dengan lebih mendalam dan menyajikannya secara kreatif.

    Langkah-langkah Kegiatan:

    1. Pemilihan Topik:

    2. Siswa memilih topik pembelajaran yang relevan dengan kurikulum dan menarik bagi mereka.
    3. Perencanaan Proyek:

    4. Siswa merencanakan proyek pembuatan video interaktif, termasuk skenario, alur cerita, dan peran masing-masing anggota kelompok.
    5. Pembagian Tugas:

    6. Siswa membagi tugas berdasarkan keahlian dan minat masing-masing, seperti penulisan naskah, pengambilan gambar, pengeditan video, dan pengelolaan platform Edpuzzle.
    7. Pembuatan Konten:

    8. Kelompok mulai membuat video interaktif mereka dengan menggunakan alat-alat seperti kamera, mikrofon, dan perangkat lunak pengeditan video.
    9. Presentasi dan Refleksi.

  • 12. Pembelajaran Daring: "Proyek Pembuatan Video Interaktif dengan Edpuzzle"

    Pada pertemuan ke-12 ini, kami akan memasuki fase yang lebih mendalam dalam proyek pembuatan video interaktif menggunakan platform inovatif, Edpuzzle. Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang konsep interaktif dalam pembelajaran video serta  penggunaan Edpuzzle. Kegiatan akan dilakukan Daring via gmeet.

    Tujuan Pertemuan:

    1. Mempelajari lebih lanjut konsep pembuatan video interaktif.
    2. Mengenal dan menguasai penggunaan Edpuzzle sebagai platform interaktif.
    3. Melakukan pembahasan proyek video interaktif yang akan dihasilkan oleh peserta.
  • 13. Proyek Video Interaktif dengan H5P

    Selamat datang dalam perkuliahan proyek ini yang bertujuan untuk membekali Anda dengan keterampilan membuat video interaktif menggunakan alat pengembangan konten digital H5P. Proyek ini memberikan kesempatan kepada Anda untuk mengintegrasikan konsep-konsep pembelajaran interaktif ke dalam video yang dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman audience.

    Tujuan Perkuliahan:

    1. Mengajarkan keterampilan praktis dalam penggunaan alat pembelajaran digital, khususnya H5P.
    2. Mendorong kreativitas dalam penyampaian materi melalui video interaktif.
    3. Memahamkan pentingnya interaktivitas dalam pembelajaran online.
    4. Memberikan pemahaman konsep dan aplikasi video interaktif dengan H5P.

    Agenda:

    1. Pengenalan H5P :

      • Penjelasan fitur dan fungsionalitas utama H5P.
      • Demonstrasi cara membuat berbagai jenis konten interaktif.
    2. Diskusi Konsep Proyek:

      • Sesi diskusi kelompok untuk merumuskan konsep proyek.
      • Penjelasan topik, tujuan, dan batasan proyek.
    3. Penugasan Persiapan Konsep:

      • Setiap kelompok menyelesaikan proposal proyek mereka, mencakup konsep, tujuan, dan cara implementasi menggunakan H5P.
  • 14. Pembuatan Konten Interaktif

    Tujuan:

    • Menguasai penggunaan H5P untuk membuat berbagai jenis konten interaktif.
    • Mengimplementasikan konsep proyek dalam H5P.

    Agenda:

    1. Tutorial Pembuatan Konten :

      • Panduan langkah-demi-langkah untuk membuat berbagai elemen interaktif menggunakan H5P.
      • Praktek bersama dengan bimbingan dosen.
    2. Implementasi Proyek :

      • Kelompok memulai implementasi konsep proyek mereka menggunakan H5P.
      • Bimbingan dosen dalam mengatasi potensi kendala.
    3. Diskusi Progres :

      • Sesi diskusi ringan untuk berbagi pengalaman, tantangan, dan solusi yang dihadapi oleh setiap kelompok.

    Tugas:

    • Melanjutkan dan menyelesaikan implementasi konten interaktif menggunakan H5P.
  • 15. Presentasi Akhir dan Evaluasi Video Pembelajaran Interaktif dengan H5P

    Tujuan:

    • Menyajikan hasil proyek kepada kelas.
    • Melakukan evaluasi proyek dan memberikan umpan balik.

    Agenda:

    1. Presentasi Akhir :

      • Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka.
      • Sesi tanya jawab dan diskusi oleh dosen dan sesama mahasiswa.
    2. Evaluasi dan Umpan Balik :

      • Proses evaluasi dengan kriteria yang telah ditentukan.
      • Umpan balik dari dosen dan sesama mahasiswa.
    3. Refleksi dan Penutup :

      • Refleksi individu dan kelompok terkait pengalaman dan pembelajaran selama proyek.
      • Penutup dan pemberian tugas tindak lanjut.

    Tugas :

    • Menyelesaikan evaluasi reflektif individu dan kelompok.
    • Mengajukan saran untuk perbaikan dan pengembangan proyek di masa mendatang.
  • 16. UAS