Pendahuluan
Salam Pembuka
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan.
Hai teman-teman mahasiswa yang hebat. Selamat datang di perkuliahan Pengembangan Media Pembelajaran. Mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran merupakan mata kuliah dasar yang terletak di Semester 3 Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Argopuro Jember. Mata kuliah ini merupakan matakuliah yang menyajikan pengetahuan, sikap dan keterampilan dasar tentang pembuatan media pembelajaran. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan Project Based dan Team Based Learning dalam penilaiannya. Mata kuliah ini lebih menekankan pada output base learning dengan pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan media pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dan memberi kontribusi kepada permasalahan dalam pendidikan dan sosial. Halaman ini merupakan Luaran Hasil Program Hibah Pengembangan, dan Penyelenggaraan Pembelajaran Digital (P3D) yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kepada Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Argopuro Jember. Produk yang dihasilkan dari Hibah P3D ini diantaranya: Rencana Program Semester (RPS) Mata Kuliah Pngembangan Media Pembelajaran Aplikasi Assesment Test (Mobile Apps) untuk Mata Kuliah Pngembangan Media Pembelajaran Modul Matakuliah Pngembangan Media Pembelajaran Modul Panduan H5P Modul Panduan Edpuzzel Materi Pendukung Mata Kuliah Pngembangan Media Pembelajaran: Powerpoint Pokok Bahasan, Soal Pre Test, Soal Post Test, Video Panduan Modul, Video Panduan H5P Video Panduan Edpuzeel Luaran produk yang dihasilkan ini, diharapkan dapat memudahkan mahasiswa untuk mencapai capaian pembelajaran pada mata Kuliah Pngembangan Media Pembelajaran. Ttd, Tim Penyusun Hibah P3D 2023 Prodi Pendidikan Ekonomi, Universitas PGRI Argopuro Jember
Halo rekan-rekan mahasiswa..
Berikut adalah petunjuk mengikuti perkuliahan Pengembangan Media Pembelajaran yang ada pada Laman Spada Indonesia:
- Mahasiswa diminta enroll terlebih dahulu melalui akun Spada Indonesia
- Mahasiswa diminta untuk membaca dan Mempelajari RPS, Modul Ajar, dan Buku Referensi mata kuliah Pengantar Sistem Informasi yang ada di konten persiapan belajar.
- Mahasiswa di pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 8 diminta untuk :
- Mengerjakan Soal PreTest .
- Mempelajari materi pada masing-masing pokok bahasan. (Bisa melalui modul, powerpoint atau video interaktif) kemudian menjawab pertanyaan Latihan Soal.
- Mahasiswa disediakan forum diskusi untuk menyampaikan pertanyaan atau mungkin bahan diskusi terkait dengan materi yang dipelajari.
- Mahasiswa diminta mengerjakan Soal Post Test pada pertemuan ke-8 guna mengukur tingkat pemahaman mahasiswa terkait dengan materi yang dipelajari.
- Mahasiswa akan mendapatkan evaluasi pembelajaran sebanyak 2 kali dalam 1 Semester (Pertemuan 8 dan Pertemuan 16)
- Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar menggunakan metode PBL (Project Based Learning) dengan mendapatkan Tugas Project pada Pertemuan 9 s/d Pertemuan 15.
Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran yang sudah disusun oleh tim pengajar, dan semoga dilancarkan dalam mempelajari materi-materi yang sudah di sediakan. Akhirnya selamat belajar dan semangat untuk terus menuntut ilmu.
ttd,
Tim Pengajar,
Halo rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia..
Berikut merupakan dokumen RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang kami gunakan sebagai pedoman dalam menyusun rangkaian pembelajaran yang ada pada konten LMS ini. Silahkan rekan-rekan mahasiswa membaca dan mempelajarai apa saja yang akan rekan-rekan mahasiswa dapatkan selama 1 semester mengikuti perkuliahan ini.Modul Lengkap
Berikut ini merupakan Buku Modul Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif yang kami gunakan sebagai acuan dalam menyampaikan materi pada mata kuliah ini. Silahkan rekan-rekan mahasiswa untuk membaca dan mempelajari materi-materi yang ada pada modul ini agar CPMK yang dibebankan pada matakuliah ini dapat tercapai.
Modul Panduan penggunaan H5P
Selamat datang dalam modul ini yang didedikasikan untuk memberikan panduan lengkap tentang penggunaan H5P. H5P adalah alat yang inovatif untuk membuat konten interaktif secara online, yang dapat meningkatkan pengalaman belajar secara signifikan. Modul ini dirancang untuk membimbing Anda melalui langkah-langkah penggunaan H5P, memberikan wawasan mendalam, dan memungkinkan Anda menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan efektif.
Apa itu H5P?
H5P adalah platform sumber terbuka yang memungkinkan pembuat konten membuat dan berbagi materi pembelajaran interaktif dengan mudah. Ini menyediakan berbagai jenis konten, mulai dari kuis dan presentasi hingga simulasi dan game. Dengan H5P, Anda dapat meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan peserta didik, menjadikan proses belajar lebih menyenangkan dan efektif.
Apa yang Akan Anda Pelajari dari Modul Ini?
- Pengenalan H5P: Memahami apa itu H5P, sejarahnya, dan mengapa itu menjadi alat yang populer dalam dunia pendidikan dan pembelajaran online.
- Menginstal dan Mengakses H5P: Panduan langkah demi langkah untuk menginstal dan mengakses H5P, baik sebagai bagian dari platform pembelajaran Anda atau sebagai plugin terpisah.
- Menggunakan Pembuat Konten H5P: Memahami antarmuka dan alat yang tersedia dalam pembuat konten H5P untuk membuat berbagai jenis materi pembelajaran.
- Menyesuaikan Konten: Cara menyesuaikan konten H5P sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran Anda, termasuk mengganti teks, gambar, dan media lainnya.
- Mengintegrasikan H5P dalam Pembelajaran Online: Petunjuk tentang cara menyematkan konten H5P ke dalam platform pembelajaran online Anda dan memaksimalkan pengalaman pengguna.
- Mendistribusikan dan Memonitor Kinerja Konten: Strategi untuk mendistribusikan konten H5P kepada peserta didik Anda dan cara memonitor kinerjanya.
- Pemecahan Masalah Umum: Solusi untuk masalah umum yang mungkin Anda temui selama penggunaan H5P dan cara mengatasinya.
Siapa yang Harus Mengikuti Modul Ini?
Modul ini dirancang untuk semua individu yang terlibat dalam pembelajaran online dan pendidikan, termasuk guru, instruktur, desainer instruksional, dan pengembang e-learning. Baik Anda seorang pemula yang baru mengenal H5P atau seorang pengguna berpengalaman yang ingin mengasah keterampilan, modul ini akan memberikan wawasan yang berharga.
Modul Panduan penggunaan Edpuzzel
Selamat datang dalam modul ini yang bertujuan untuk memberikan panduan komprehensif tentang penggunaan Edpuzzle. Edpuzzle adalah platform pendidikan yang memungkinkan pengajar membuat video interaktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan mempersonalisasi pengalaman belajar. Dengan Edpuzzle, Anda dapat membuat video pembelajaran yang menarik dan memastikan pemahaman konsep secara mendalam.
Apa itu Edpuzzle?
Edpuzzle adalah alat inovatif yang memungkinkan pengajar untuk mengedit video dengan menambahkan pertanyaan interaktif, komentar suara, dan tugas langsung ke dalam konten video. Dengan ini, pengajar dapat mengukur pemahaman siswa secara langsung dan menyajikan informasi dengan cara yang lebih menarik.
Apa yang Akan Anda Pelajari dari Modul Ini?
- Pengenalan Edpuzzle: Memahami fitur dan manfaat Edpuzzle dalam konteks pembelajaran online dan tradisional.
- Membuat Video Interaktif: Langkah-langkah untuk membuat video interaktif dengan Edpuzzle, termasuk menambahkan pertanyaan, komentar, dan tugas.
- Menyesuaikan Konten Video: Cara menyesuaikan video pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran Anda.
- Mengelola Kelas dan Siswa: Panduan tentang cara membuat dan mengelola kelas, serta melacak kemajuan siswa dalam menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tugas.
- Mengintegrasikan Edpuzzle dengan Platform Pembelajaran Lain: Tips dan trik untuk menyematkan video Edpuzzle ke dalam platform pembelajaran Anda atau menggunakan integrasi API.
- Analisis Kinerja dan Pemahaman Siswa: Mengeksplorasi alat analisis Edpuzzle untuk memahami sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran.
- Pemecahan Masalah dan Dukungan: Solusi untuk masalah umum yang mungkin timbul selama penggunaan Edpuzzle dan mendapatkan dukungan yang diperlukan.
Siapa yang Harus Mengikuti Modul Ini?
Modul ini dirancang untuk guru, instruktur, dan pendidik yang ingin meningkatkan pengalaman pembelajaran siswa melalui penggunaan video interaktif. Baik Anda seorang pengajar yang baru mengenal Edpuzzle atau yang sudah berpengalaman, modul ini akan memberikan wawasan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengoptimalkan penggunaan Edpuzzle dalam lingkungan pendidikan Anda.
Sebagai acuan selama proses belajar, rekan-rekan mahasiswa bisa menggunakan buku ajar dalam format flipbook. Format flipbook merupakan format buku yang dikemas dalam laman web, rekan-rekan mahasiswa bisa berganti-ganti halaman layaknya membaca buku secara fisik. Flipbook memiliki keistimewaan jika dibanding buku konvensional. Kita bisa membaca sekaligus menyimak materi dalam bentuk multimedia