Topic outline

  • SELAMAT DATANG

     DESKRIPSI LITERASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN IT

    Mata kuliah Literasi dan Media Pembelajaran IT  adalah mata kuliah yang membekali mahasiswa untuk mengembangkan berbagai sumber belajar dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran agar tercipta pembelajaran aktif, kreatif dan inovatif berbasis Teknologi Informasi

    Materi ajar Mata Kuliah Literasi dan Media Pembelajaran IT adalah sebagai berikut:

    1. Konsep Literasi Digital dalam Pendidikan
    2. Etika Penggunaan Literasi Digital dalam Pembelajaran
    3. Konsep Literasi Digital dan Tantangan Abad 21
    4. Konsep Media Pembelajaran
    5. Jenis-Jenis Media Pembelajaran
    6. Pengembangan Media Pembelajaran
    7. Media Ebook Interaktif
    8. Multimedia Interaktif
    9. Media Pembelajaran Berbasis Web
    10. Media Pembelajaran Berbasis Android
    11. Elearning Berbasis Moodle
    12. Evaluasi Media Pembelajaran
     CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

     

    1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah (S9)
    2. Mampu mengembangkan berbagai sumber belajar dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran agar tercipta pembelajaran aktif, kreatif dan inovatif berbasis Teknologi Informasi (KK5)
     CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

     

    1. Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah (S9)
    2. Mahasiswa mampu menjabarkan konsep literasi digital dalam pendidikan (C2)
    3. Mahasiswa mampu menyatakan kembali etika penggunaan literasi digital dalam pembelajaran (C2)
    4. Mahasiswa mampu menggambarkan konsep literasi digital dan tantangan abad 21 (C2)
    5. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep media pembelajaran (C3)
    6. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan jenis-jenis media pembelajaran (C4)
    7. Mahasiswa mampu memilih dan mengembangkan media pembelajaran (C4)
    8. Mahasiswa mampu memproduksi aplikasi pembelajaran digital (C6)
    9. Mahasiswa mampu melaksanakan evaluasi media pembelajaran (C5) 
     SISTEM PENILAIAN

    Bobot penilaian ditentukan oleh beberapa komponen penilaian, yaitu sebagai berikut:

    No.Komponen PenilaianBobot (%)
    1.  Nilai Tugas TS (Kuis & Penugasan) 17
    2.  Nilai UTS 33
    3. Nilai Tugas UAS (Kuis & Penugasan) 17
    4. UAS 33
      Total 100%

     

    Adapun nilai tersebut akan dikonversi sebagai berikut:

    Nilai HurufBobotPredikatBatas AtasBatas Bawah
    A 4.00 Sangat baik 100 85
    A- 3.70 Baik 84.99 80
    B+ 3.30 Baik 79.99 75
    B 3.00 Baik 74.99 70
    B- 2.70 Cukup 69.99 65
    C+ 2.30 Cukup 64.99 60
    2.00 Cukup 59.99 55
    D 1.00 Kurang  54.99 40
    E 0.00 Sangat Kurang 39.99 0

       

     SISTEM PERKULIAHAN

    Perkuliahan dilaksanakan secara daring  menggunakan SPADA Kemdikbud dengan metode belajar mandiri dan project based learning. 

     RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

    Silakan membaca Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berikut ini sebagai pedoman Anda dalam mengikuti proses perkuliahan. 

      PENANGGUNGJAWAB MODUL

    Hendra Nelva Saputra, S.Pd., M.Pd. (Koordinator Mata Kuliah)

    profil

      VIDEO SAPAAN

    Silakan Anda menonton video ini untuk mengetahui gambaran umum mata kuliah Literasi dan Media Pembelajaran TI!

    • Konsep Literasi Digital dalam Pendidikan

      Deskripsi Topik I

      Materi Konsep Literasi Digital dalam Pendidikan bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait konsep digital dalam pendidikan. Topik ini berisi tentang pengertian, komponen utama, urgensi, dan pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran.

      CPMK

      1. Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah (S9)
      2. Mahasiswa mampu menjabarkan konsep literasi digital dalam pendidikan

      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa adalah mampu:

      1. Menjelaskan Pengertian Literasi Digital  dengan benar
      2. Menjelaskan komponen utama literasi digital dalam pembelajaran dengan benar
      3. Menguraikan urgensi literasi digital dengan benar
      4. Menjelaskan pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran dengan benar

      Sub-Topik Materi

      1. Konsep Literasi Digital dalam Pembelajaran
      2. Komponen Utama Literasi Digital dalam Pendidikan
      3. Urgensi Literasi Digital dalam Pembelajaran
      4. Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran

      Rencana Perkuliahan

      Perkuliahan dilaksanakan selama 1 kali pertemuan secara daring dengan materi open access selama 1 semester.

      Pengalaman Belajar

      1. Mahasiswa belajar secara mandiri untuk mengkonstruk pengetahuannya melalui berbagai jenis bahan ajar yang tersedia pada SPADA Kemdikbud
      2. Mahasiswa mampu menyelesaikan seluruh aktivitas pembelajaran pada SPADA Kemdikbud
      3. Mahasiswa mampu menyelesaikan dengan baik dan benar kuis 1
    • Etika Penggunaan Literasi Digital dalam Pembelajaran

      Deskripsi Topik II

      Materi Etika Penggunaan Literasi Digital dalam Pembelajaran bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait konsep etika penggunaan literasi digital. Topik ini akan membahas tentang konsep etika, konsep etika digital, dan implementasi etika digital dalam pembelajaran.

      CPMK

      1. Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah (S9)
      2. Mahasiswa mampu menyatakan kembali etika penggunaan literasi digital dalam pembelajaran

      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa adalah mampu:

      1. Menjelaskan konsep etika dengan benar
      2. Menjelaskan konsep etika digital dengan benar
      3. Menjelaskan implementasi etika digital dalam pembelajaran dengan benar

      Sub-Topik Materi

      1. Konsep etika
      2. Konsep etika digital
      3. Implementasi etika digital dalam pembelajaran

      Rencana Perkuliahan

      Perkuliahan dilaksanakan selama 1 kali pertemuan secara daring dengan materi open access selama 1 semester.

      Pengalaman Belajar

      1. Mahasiswa belajar secara mandiri untuk mengkonstruk pengetahuannya melalui berbagai jenis bahan ajar yang tersedia pada SPADA Kemdikbud
      2. Mahasiswa mampu menyelesaikan seluruh aktivitas pembelajaran pada SPADA Kemdikbud
      3. Mahasiswa mampu menyelesaikan dengan baik dan benar kuis 2

       

    • Konsep Literasi Digital dan Tantangan Abad 21

      Deskripsi Topik III

      Materi Konsep Literasi Digital dan Tantangan Abad 21 bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait Konsep Literasi Digital dan Tantangan Abad 21. Topik ini akan membahas tentang Pengenalan Literasi Digital, Komponen Literasi Digital, Tantangan Abad 21, Mengintegrasikan Literasi Digital dalam Pendidikan, Tindakan Praktis dalam Pengembangan Literasi Digital.

        CPMK

        1. Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah (S9)
        2. Mahasiswa mampu menyatakan kembali Konsep Literasi Digital dan Tantangan Abad 21

        Indikator

        Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa adalah mampu:

        1. menjelaskan tantangan literasi digital pada Abad 21 dengan benar
        2. menyatakan kembali tindakan praktis yang harus dilakukan dalam pengembangan literasi digital

        Sub-Topik Materi

        1. Tantangan Abad21
        2. Tindakan Praktis dalam Pengembangan Literasi Digital

        Rencana Perkuliahan

        Perkuliahan dilaksanakan selama 1 kali pertemuan secara daring dengan materi open access selama 1 semester.

        Pengalaman Belajar

        1. Mahasiswa belajar secara mandiri untuk mengkonstruk pengetahuannya melalui berbagai jenis bahan ajar yang tersedia pada SPADA Kemdikbud
        2. Mahasiswa mampu menyelesaikan seluruh aktivitas pembelajaran pada SPADA Kemdikbud
        3. Mahasiswa mampu menyelesaikan dengan baik dan benar kuis 3
      • Konsep Media Pembelajaran

        Deskripsi Topik IV

        Materi Konsep Media Pembelajaran bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait definisi media pembelajaran, peran dan pentingnya media pembelajaran, serta keunggulan media pembelajaran.

        CPMK

        1. Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah (S9)
        2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep media pembelajaran dengan jelas.

        Indikator

         Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa adalah mampu:

        1. Menjelaskan definisi media pembelajaran dengan benar
        2. Menguraikan peran dan pentingnya media pembelajaran dengan benar
        3. Menjelaskan keunggulan media pembelajaran dengan benar

         

        Sub-Topik Materi

        1. Pengertian Media Pembelajaran
        2. Peran dan Petingnya Media Pembelajaran
        3. Keunggulan Media Pembelajaran

        Rencana Perkuliahan

        Perkuliahan dilaksanakan selama 1 kali pertemuan secara daring dengan materi open access selama 1 semester.

        Pengalaman Belajar

        1. Mahasiswa belajar secara mandiri untuk mengkonstruk pengetahuannya melalui berbagai jenis bahan ajar yang tersedia pada SPADA Kemdikbud
        2. Mahasiswa mampu menyelesaikan seluruh aktivitas pembelajaran pada SPADA Kemdikbud
        3. Mahasiswa mampu menyelesaikan dengan baik dan benar Tugas 4
      • Jenis-Jenis Media Pembelajaran

        Deskripsi Topik V

        Materi Jenis-Jenis Media Pembelajaran bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait jenis-jenis media pembelajaran yang meliputi media pembelajaran berbasis visual, auditif, dan audio visual.

        CPMK

        1. Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah (S9)
        2. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan jenis-jenis media pembelajaran.

        Indikator

         Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa adalah mampu membedakan media pembelajaran berdasarkan jenisnya dengan benar.

        Sub-Topik Materi

        1. Media Pembelajaran Berbasis Visual
        2. Media Pembelajaran Berbasis Auditif
        3. Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual

        Rencana Perkuliahan

        Perkuliahan dilaksanakan selama 1 kali pertemuan secara daring dengan materi open access selama 1 semester.

        Pengalaman Belajar

        1. Mahasiswa belajar secara mandiri untuk mengkonstruk pengetahuannya melalui berbagai jenis bahan ajar yang tersedia pada SPADA Kemdikbud
        2. Mahasiswa mampu menyelesaikan seluruh aktivitas pembelajaran pada SPADA Kemdikbud
        3. Mahasiswa mampu menyelesaikan dengan baik dan benar Tugas 5
      • Pengembangan Media Pembelajaran

        Deskripsi Topik VI

        Materi Pengembangan media pembelajaran bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait 1. Konsep Pengembangan Media Pembelajaran; 2. Tujuan Pengembangan Media Pembelajaran; 3. Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran; 4. Contoh Pengembangan Media Pembelajaran.

        CPMK

        1. Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah (S9)
        2. Mahasiswa mampu mengetahui konsep pengembangan media pembelajaran.
        3. Mahasiswa mampu menguraikan tujuan pengembangan media pembelajaran
        4. Mahasiswa mampu menerapkan model-model pengembangan media pembelajaran dalam merancang atau mengembangkan media pembelajaran.

        Indikator

        Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa adalah  menerapkan model-model pengembangan media pembelajaran dalam merancang atau mengembangan media pembelajaran.

         Sub-Topik Materi

        1. Konsep Pengembangan Media Pembelajaran
        2. Tujuan Pengembangan Media Pembelajaran 
        3. Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran
        4. Contoh Pengembangan Media Pembelajaran

        Rencana Perkuliahan

        Perkuliahan dilaksanakan selama 1 kali pertemuan secara daring dengan materi open access selama 1 semester.

        Pengalaman Belajar

        1. Mahasiswa belajar secara mandiri untuk mengkonstruk pengetahuannya melalui berbagai jenis bahan ajar yang tersedia pada SPADA Kemdikbud
        2. Mahasiswa mampu menyelesaikan seluruh aktivitas pembelajaran pada SPADA Kemdikbud
        3. Mahasiswa mampu menyelesaikan dengan baik dan benar Tugas 6
      • Evaluasi Sumatif Tengah Semester

      • Media Ebook Interaktif

        Deskripsi Topik VII

        Materi Media Ebook Interaktif bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait konsep dan cara membuat media ebook interaktif dengan memanfaatkan aplikasi sigil, anyflip, dan flip pdf pro.

        CPMK

        1. Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah (S9)
        2. Mahasiswa mampu membuat media ebook interaktif

        Indikator

         Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa adalah mampu media ebook interaktif.

        Sub-Topik Materi

        1. Definisi Ebook Interaktif
        2. Kelebihan Ebook Interaktif
        3. Aplikasi Pengembang Ebook Interaktif

        Rencana Perkuliahan

        Perkuliahan dilaksanakan selama 1 kali pertemuan secara daring dengan materi open access selama 1 semester.

        Pengalaman Belajar

        1. Mahasiswa belajar secara mandiri untuk mengkonstruk pengetahuannya melalui berbagai jenis bahan ajar yang tersedia pada SPADA Kemdikbud
        2. Mahasiswa mampu menyelesaikan seluruh aktivitas pembelajaran pada SPADA Kemdikbud
        3. Mahasiswa mampu membuat ebook interaktif
      • Multimedia Interaktif

        Deskripsi Topik VII

        Materi Multimedia Interaktif bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam proses mengembangkan multimedia interaktif.

        CPMK

        1. Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah (S9)
        2. Mahasiswa mampu memproduksi multimedia interaktif.

        Indikator

         Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa adalah mampu membuat multimedia interaktif

        Sub-Topik Materi

        1. Pengertian Multimedia
        2. Pemanfaatan Multimedia
        3. Prinsip Multimedia Pembelajaran
        4. Produksi Multimedia Interaktif

        Rencana Perkuliahan

        Perkuliahan dilaksanakan selama 1 kali pertemuan secara daring dengan materi open access selama 1 semester.

        Pengalaman Belajar

        1. Mahasiswa belajar secara mandiri untuk mengkonstruk pengetahuannya melalui berbagai jenis bahan ajar yang tersedia pada SPADA Kemdikbud
        2. Mahasiswa mampu menyelesaikan seluruh aktivitas pembelajaran pada SPADA Kemdikbud
        3. Mahasiswa mampu membuat multimedia interaktif

      • Media Pembelajaran Berbasis Web

        Deskripsi Topik

        Materi Media Pembelajaran Berbasis Web bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait konsep media pembelajaran berbasis web. Topik ini berisi tentang Konsep Dasar Media Pembelajaran Berbasis Web, Sejarah dan Perkembangan Media Pembelajaran Berbasis Web, Peran Media Pembelajaran Berbasis Web dalam Pendidikan Modern, Jenis-Jenis Media Pembelajaran Berbasis Web, Manfaat dan Keuntungan Media Pembelajaran Berbasis Web, Tantangan dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Web.

        CPMK

        1. Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah (S9)
        2. Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran berbasis web.

        Indikator

        Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa adalah mampu:

        1. Mengetahui Konsep Dasar Media Pembelajaran Berbasis Web
        2. Menguraikan Sejarah dan perkembangan media pembelajaran berbasis web
        3. Menjabarkan Peran media pembelajaran berbasis web dalam pendidikan modern
        4. Mengklasisfikasi Jenis-Jenis Media Pembelajaran Berbasis Web
        5. Mendeskripsikan Manfaat dan Keuntungan Media Pembelajaran Berbasis Web
        6. Menjabarkan Tantangan dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Web
        7. Membuat Media Pembelajaran Berbasis Web

        Sub-Topik Materi

        1. Konsep Dasar Media Pembelajaran Berbasis Web, 
        2. Sejarah dan perkembangan media pembelajaran berbasis web, 
        3. Peran media pembelajaran berbasis web dalam pendidikan modern, 
        4. Jenis-Jenis Media Pembelajaran Berbasis Web, 
        5. Manfaat dan Keuntungan Media Pembelajaran Berbasis Web, 
        6. Tantangan dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Web.

        Rencana Perkuliahan

        Perkuliahan dilaksanakan selama 1 kali pertemuan secara daring dengan materi open access selama 1 semester.

        Pengalaman Belajar

        1. Mahasiswa belajar secara mandiri untuk mengkonstruk pengetahuannya melalui berbagai jenis bahan ajar yang tersedia pada SPADA Kemdikbud
        2. Mahasiswa mampu menyelesaikan seluruh aktivitas pembelajaran pada SPADA Kemdikbud
        3. Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran berbasis web

         

         

      • Media Pembelajaran Berbasis Android

        Deskripsi Topik X

        Materi Media Pembelajaran Berbasis Android bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait: (1) Defenisi Android, (2) Sejarah Android, (3) Komponen Aplikasi Android, (4) Fitur-fitur android, (5) Media pembelajaran berbasis Android, (6) Contoh Media pembelajaran berbasis Android, (7) Aplikasi Pembuat Media Pembelajaran berbasis Android, (8) Tutorial Pembuatan Media Pembelajaran berbasis android.

        CPMK

        1. Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah (S9)
        2. Mahasiswa mampu membuat Media Pembelajaran Berbasis Android

        Indikator

        Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa adalah mampu menggunakan aplikasi dalam pembuatan Media Pembelajaran berbasis android.

        Sub-Topik Materi

        1. Definisi Android
        2. Sejarah Android 
        3. Komponen Aplikasi Android
        4. Fitur-fitur android
        5. Media pembelajaran berbasis Android
        6. Contoh Media pembelajaran berbasis Android
        7. Aplikasi Pembuat Media Pembelajaran berbasis Android
        8. Tutorial Pembuatan Media Pembelajaran berbasis Android

        Rencana Perkuliahan
        Perkuliahan dilaksanakan selama 1 kali pertemuan secara daring dengan materi open access selama 1 semester.

         

        Pengalaman Belajar

        1. Mahasiswa belajar secara mandiri untuk mengkonstruk pengetahuannya melalui berbagai jenis bahan ajar yang tersedia pada SPADA Kemdikbud
        2. Mahasiswa mampu menyelesaikan seluruh aktivitas pembelajaran pada SPADA Kemdikbud
        3. Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran berbasis android

         

      • Ujian Akhir Semester

        Sahabat Mahasiswa, Ujian Akhir Semester ini merupakan form pengumpulan project yang telah dilakukan pada materi pasca UTS. Project yang harus Anda kerjakan adalah:

        1. Pilih aplikasi sesuai materi kelompok Anda
        2. Buatlah tutorial install aplikasi (dokumen word)
        3. Cari dan pilih 1 materi/pokok bahasan yang berkaitan dengan Program Studi
        4. Buat tutorial pembuatan media sesuai materi kelompok Anda (dokumen word)
        5. Pendaftaran Hak Cipta