Mata Kuliah - Komunikasi Bisnis
Mata Kuliah ini menyajikan komunikasi sebagai komponen penting untuk sukses di tempat kerja.
Di kelas ini, Anda akan mengembangkan landasan untuk merancang pesan yang efektif, baik tertulis maupun lisan, mulai dari konsep hingga penyampaian.
Anda akan menggunakan model komunikasi untuk mengidentifikasi tujuan, menganalisis audiens, memilih informasi, dan membuat pengaturan dan saluran yang paling efektif untuk pesan tersebut.
Secara khusus, Mata Kuliah ini menekankan unsur-unsur komunikasi persuasif: bagaimana merancang pesan untuk audiens yang beragam dan mungkin menolak dan bagaimana menyajikan informasi tersebut dengan cara yang kredibel dan meyakinkan.
Secara khusus, Anda akan berlatih menyusun dan mengedit dokumen bisnis tertulis yang jelas, tepat, dan dapat dibaca serta belajar merancang dokumen untuk membuat informasi mudah diakses oleh pembaca tingkat eksekutif yang sibuk. Selain itu, Anda akan mengembangkan dan menyampaikan presentasi individu, menggunakan dukungan visual yang tepat dan efektif, di mana Anda menyajikan argumen persuasif yang menunjukkan relevansi dan manfaat bagi audiens di berbagai tingkat keahlian atau minat.
Kursus ini membahas komunikasi sebagai komponen kunci untuk sukses di tempat kerja. Dalam kelas ini, kamu akan membangun dasar untuk merancang pesan-pesan yang efektif, baik secara tertulis maupun lisan, dari konsep hingga penyampaian. Kamu akan menggunakan model komunikasi untuk mengidentifikasi tujuan, menganalisis audiens, memilih informasi, dan membuat susunan serta saluran yang paling efektif untuk pesan tersebut. Khususnya, kursus ini menekankan elemen-elemen komunikasi persuasif: bagaimana merancang pesan-pesan untuk audiens yang beragam dan mungkin resisten, serta bagaimana menyajikan informasi tersebut dengan cara yang kredibel dan meyakinkan.
Secara khusus, kamu akan berlatih menyusun dan mengedit dokumen bisnis tertulis yang jelas, tepat, dan mudah dibaca, serta belajar merancang dokumen agar informasi mudah diakses oleh pembaca yang sibuk dan berada di level eksekutif. Selain itu, kamu akan mengembangkan dan menyampaikan presentasi individu, dengan menggunakan dukungan visual yang sesuai dan efektif. Dalam presentasi ini, kamu akan menyajikan argumen persuasif yang menunjukkan relevansi dan manfaat kepada audiens dengan tingkat pengetahuan atau minat yang berbeda-beda.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
M1 Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup dispilin ilmu komunikasi bisnis dan model dasar studi komunikasi bisnis ( KK5, P4) .
M2 Mahasiswa mampu memahami klasifikasi berbagai persfektif keefektifan individu, kelompok, dan organisasi (S5, KU7, KK5)
M3 Mahasiswa mampu memahami komunikasi internpersonal dan tim (KU4,P4)
M4 Mahasiswa mampu memahami dan melakukan pembuatan pesa bisnis (S5,KU6, P4)
M5 Mahasiswa mampu memahami , merumuskan, dan menjelaskan tentang komunikasi positif dan negatif (S6, KU1, KK2)
M6 Mahasiwa mampu melakukan laporan dan proposal bisnis (S8, KK10, P4)
M7 Mahasiswa mampu memahami dan mempersiapkan tentang karir (S6,KK8, P4)
M8 Mahasiswa mampu melakukan pidato bisnis, role play dan lainnya ( S5, KK9, KU8)CPMK
L1 Mahasiswa mampu menjelaskan tentang , ruang lingkup, disiplin ilmu, dan model dasar komunikasi bisnis (M1)
L2 Mahasiswa mampu mengklasifikasikan dan membuat pesan bisnis (M2)
L3 Mahasiswa mampu mengklasifikasikan dan menjelaskan terkait pesan negative dan positif (M3)
L4 Mahasiswa mampu mengklasifikasikan dan mempersiapkan karir (M4)
L5 Mahasiswa mampu mengklasifikasikan dan menjelaskan terkait mobilitas komunikasi perusahaan (M4)
L6 Mahasiswa mampu mengklasifikasikan dan mempersiapkan karir (M5).Buku Referensi
Utama
1. Bovee & Thill, 2018, Business Communication Essensials, a skills- based approach, pearson education, 6e, Inc (BT)
2. Komunikasi Bisnis / Djoko Purwanto, MBA, Terbitan erlangga 2018.Pendukung
1.Ewald and Burnett, Business Communication, Prentice Hall International, Inc. Latest Edition. (EB)
2.Taylor,S (2009). Communication for Business: A Practical Approach. 4th Ed. New Delhi: Prentice-Hall. (T)
3.Essentials of Business Communication, 8th Ed., 2010; Mary Ellen Guffey; Southwestern Cengage Learning ISBN: 978-Penilaian
Komponen Bobot
UTS 30%
UAS 30%
Tugas 30%
Kehadiran 10%No Simbol Nilai Syarat
1 A 4.00 >= 80
2 A- 3.75 >= 77
3 B+ 3.50 >=74
4 B 3.00 >=68
5 B- 2.75 >=65
6 C+ 2.50 >=62
7 C 2.00 >=56
8 D 1.00 >=46
9 E 0.00 >=0