Ringkasan topik

  • Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini

    "SELAMAT DATANG DIPERKULIAHAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI"

    Dosen Pembina: Dr. Erny Wahdini, S.Pd., M.Pd

    email: erny.wahdini@ulm.ac.id/08125127238

    Deskripsi Mata Kuliah:

    Matakuliah ini membahas tentang kreatifitas dan keberbakatan melalui berbagai sudut pandang latar belakang, pengertian dan konsep, serta teori pembentukan kreativitas dan keberbakatan. Dan bagaimana penerapan konsep-konsep tersebut dalam pembelajaran sehingga bentuk pengajaran AUD mampu mengembangkan kreativitas anak.

    Bahan Kajian:

    Dasar-dasar pengembangan kreativitas, teori kreativitas, model dan strategi pembelajaran dalam pengembangan kreativitas AUD, pengukuran kreativitas, dan praktik pengembangan kreativitas AUD.

    Referensi:

    1. Hurlock, B Elizabeth, 1978, Perkembangan Anak Jilid 2, Diterjemahkan Oleh Med, Metasari Tjandrasa, Jakarta: Erlangga.
    2. Hartiti Tri, Pengaruh Tandur Terhadap Kreativitas Pada PembelajaranMatematika Berdasarkan Gender Siswa SD Kelas V Di Gugus Diponegoro Kota Salatiga, Yogyakarta: Universitas Kristen Surya Wacana, Skripsi.
    3. Idris Zahara dan Jamal Lisma, 1992, Pengantar Pendidikan Cet Ke-2, Jakarta: Gramedia Widiasarana.
    4. Jamaris Martini, 2010, Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Jakarta:Yayasan Penamas Murni.
    5. Latif Mukhtar, dkk, 2013, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia DiniTeori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana Preanada Media Group.
    6. Munandar Utama, 1999, Kreativitas dan Keberbakatan:Strategi MewujudkanKreatif dan Bakat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
    7. Munandar Utami, 2012, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.
    8. Masganti Sit dkk, 2016, Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik, Medan: Perdana Mulya Sarana.
  • 1. Kreativitas

    1. Pengertian Kreativitas 
    2. Hubungan Kreativitas dengan Intelegensi 
    3. Mekanisme Kreativitas                                   
  • 2. Dasar-Dasar Pengembangan Kreativitas

    1. Ciri–ciri Anak Kreatif      
    2. Pendekatan 4P dalam Pengembangan Kreativitas
    3. Faktor Pendukung dan Penghambat Pengembangan Kreativitas
    • 3. Teori Kreativitas

      Teori Psikoanalisi:

      1. Sigmund Freud

      2. Ernst Kris

      3. Carl Jung

    • 4. Teori Kreativitas

      Teori Humanistik:

      1. Abraham Maslow

      2. Carl Rogers

      3. Cziksentmihalyi

      • 7. MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

        Model

        1. Kooperatif
        2. Konstruktivisme
        3. Portopolio
        4. Kontekstual
        • 8. UJIAN TENGAH SEMESTER/UTS

        • 9. Pengukuran Kreativitas

          Pendekatan dalam pengukuran bakat kreatif:

          • analisis obyektif
          • pertimbangan subyektif
          • inteventori kepribadian

          • 10. Pengukuran Kreativitas

            Manfaat Pengukuran Bakat Kreatif:

            • Pengayaan
            • Pola perkembangan kreativitas
            • Remidiasi
            • 11. Presentasi Kelompok

              Presentasi kelompok:

              Pengembangan kreativitas aspek Nilai Agama dan  Moral

              • 12. Presentasi Kelompok

                Presentasi kelompok :

                Pengembangan kreativitas aspek bahasa

              • 13. Presentasi Kelompok

                Presentasi kelompok :  

                Pengembangan kreativitas aspek kognitif

                • 14. Presentasi Kelompok

                  Presentasi kelompok :  

                  Pengembangan kreativitas aspek fisik/motorik

                • 15. Presentasi Kelompok

                  Presentasi Kelompok

                  Pengembangan kreativitas aspek Sosial dan emosional