Topic outline

  • Pengantar Perkuliahan


    Assalamualaikum

    Bagaimana kabar rekan-rekan mahasiswa. Semoga kalian senantiasa dalam sehat dan bahagia. Senang sekali kami dapat membersamai Anda di mata kuliah sosiologi pendidikan. Mata kuliah ini sangat penting bagi tpers, karena menjadi dasar dalam memotret gejala sosial di dunia pendidikan yang ada, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, penerapan, dan hal penting tujuan pendidikan.  Sehingga kita mampu memahami paradigma pendidikan, dimana sebagai implikasi pilihan perspektif sosiologis yang akan digunakan



    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata kuliah ini membahas mengenai  faktor yang berinteraksi dengan proses pendidikan terutama lingkungan sosialnya dalam

    berbagai situasi yang dihadapi baik di dalam maupun di luar sekolah, sehingga dapat menganalisis lapangan pendidikan dari segi

    sosiologi. Secara khusus, diharapkan dapat membantu mahasiswa (calon pendidik) memperoleh pandangan sosiologis tentang

    pendidikan dan menangkap hubungan antar konsep dalam pendidikan dan sosiologi serta kemungkinan-kemungkinan penerapannya dalam bidang ilmu atau kajian yang digeluti.


    Capaian Mata Kuliah

    1. Mampu menguraikan latar belakang, sejarah perkembangan, tujuan, dan ruang lingkup sosiologi pendidikan.
    2. Mampu mendeskripsikan pengaruh  masyarakat terhadap pendidikan.
    3. Mampu menjelaskan pengaruh  pendidikan terhadap masyarakat.
    4. Mampu menjelaskan kebudayaan dalam  masyarakat sekolah.
    5. Mampu mengelompokkan struktur sosial sekolah.
    6. Mampu menguraikan  hubungan antar kelompok di sekolah.
    7. Mampu menjelaskan tentang  penyesuaian diri dan sosialisasi.
    8. Mampu menguraikan tentang kenakalan anak.
    9. Mampu menjelaskan praktik new normal di bidang Pendidikan
    10. Mampu mengidentifikasi isu-isu terbaru terkait bidang sosiologi pendidikan


    Referensi

    1. Ahmadi, A. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
    2. Mahmud, D. M. 1989. Dasar-dasar Sosiologi Pendidikan (Suatu Penelitian Kepustakaan). Jakarta: P2LPTK.
    3. Nasution. 1999. Sosiologi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara.
    4. Swift, D.F. 1989. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bhratara.
    5. Rahmat, Abdul. (2015). Sosiologi Pendidikan. Gorontalo : Ideas Publishing.
    6. Sanapiah, F.S. & Mundzir. 2006. Sosiologi Pendidikan Malang: FIP UM.

    7. Suci, I Gede Sedana, Hadion Wijoyo, Irjus Indrawan. (2020). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Pasuruan: Qiara Media


    Petunjuk Belajar



    Evaluasi

    • Aktivitas partisipatif (20%)
    • Project (35%)
    • Kuis (5%)
    • Tugas (15%)
    • UTS (15%)
    • UAS (20%)

  • P1: Konsep Dasar Sosiologi Pendidikan

  • P2: Pengaruh masyarakat terhadap pendidikan

    Masalah Pendidikan di Indonesia Timur Halaman 1 - Kompasiana.com

    Rekan-rekan mahasiswa, pada pertemuan ke-2 ini kita akan membahas tentang pengaruh masyarakat terhadap pendidikan.

    Apakah benar masyarakat mampu memberi pengaruh terhadap pendidikan? 

    Apakah budaya masyarakat juga mampu memberi sumbangsih terhadap proses pembelajaran?

    Dan bagaimana contoh penerapan dari pengaruh masyarakat terhadap pendidikan?

    Nah, ketiga pertanyaan tersebut tentunya dapat kita temukan jawabannya setelah mendalami materi dan aktivitas yang ada di dalam kelas maya ini.

    Selamat Belajar!

  • P3: Pengaruh pendidikan terhadap masyarakat


    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Setelah mempelajari pengaruh masyarakat terhadap pendidikan, pada pertemuan ke-3 ini kita akan membahas tentang pengaruh pendidikan terhadap masyarakat. Apakah perbedaan dari kedua topik tersebut? Untuk menelisik hal tersebut, marilah kita cermati dan pahami keseluruhan materi yang ada pada pertemuan ke-3 ini. 

    Adapun capaian pembelajaran pada pertemuaan kali ini, adalah:

    Mahasiswa mampu menjelaskan pengaruh pendidikan terhadap masyarakat.

    Dengan indikator sebagai berikut:

    1. Ketepatan Menjelaskan hubungan pendidikan dan lingkungan sosial.
    2. Ketepatan menguraikan faktor-faktor pekembangan manusia.
    3. Ketepatan Menguraikan hubungan pendidikan dan kebudayaan.
    4. Ketepatan menjelaskan fungsi sekolah dan kontrol sosial dalam Pendidikan.
    5. Ketepatan mengemukakan pendidikan sebagai agen pembaharuan.

    Selamat Belajar!

  • P4: Kebudayaan dalam masyarakat sekolah


    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Tak terasa kita sudah memasuki pertemuan ke-4. Pada pertemuan kali ini pokok bahasan yang akan dipelajari yaitu tentang Kebudayaan dalam Masyarakat Sekolah. Apakah rekan-rekan telah mempelajari materi ini sebelumnya? atau mungkin sudah membacanya di buku referensi yang telah di dibagikan pada pertemuan ke-2? 

    Mari kita cermati terlebih dahulu capaian pembelajaran pada pertemuan ini, yaitu:

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian kebudayaan.
    2. Mahasiswa mampu menjelaskan  pengaruh kebudayaan terhadap individu.
    3. Mahasiswa mampu menguraikan konsep tentang kebudayaan sekolah.

    Ketiga capaian pembelajaran tersebut tentunya akan mampu dicapai dengan baik apabila rekan-rekan sungguh-sungguh mendalami seluruh materi dan aktifitas yang ada pada kelas maya ini. 

    Selamat Belajar !

  • P5: Kebudayaan dalam Masyarakat Sekolah


    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Tak terasa kita sudah memasuki pertemuan ke-4. Pada pertemuan kali ini pokok bahasan yang akan dipelajari yaitu tentang Kebudayaan dalam Masyarakat Sekolah. Apakah rekan-rekan telah mempelajari materi ini sebelumnya? atau mungkin sudah membacanya di buku referensi yang telah di dibagikan pada pertemuan ke-2? 

    Mari kita cermati terlebih dahulu capaian pembelajaran pada pertemuan ini, yaitu:

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian kebudayaan.
    2. Mahasiswa mampu menjelaskan  pengaruh kebudayaan terhadap individu.
    3. Mahasiswa mampu menguraikan konsep tentang kebudayaan sekolah.

    Ketiga capaian pembelajaran tersebut tentunya akan mampu dicapai dengan baik apabila rekan-rekan sungguh-sungguh mendalami seluruh materi dan aktifitas yang ada pada kelas maya ini. 

    Selamat Belajar !

    • P6: Struktur Sosial Sekolah


      Selamat Datang rekan-rekan mahasiswa di pertemuan ke-6.

      Pada pertemuan ini, kita akan membahas lebih dalam tentang Struktur Sosial Sekolah. Sekolah memiliki struktur yang mempunyai kedudukan tertentu, saling berinteraksi dan menjalankan peranan sesuai dengan kedudukannya. 

      Struktur sosial sekolah terdiri dari kepala sekolah, guru, pegawai administrasi, petugas kebersihan dan keamanan, dan siswa yang masing-masing memiliki kedudukan dan peranan yang berbeda, dan saling berinteraksi satu sama lain.

      Untuk lebih memperdalam pemahaman rekan-rekan mahasiswa, telah kami lampirkan sumber belajar serta aktifitas pada pertemuan ke-6 ini. Adapun capaian pembelajaran dari pertemuan ini, yaitu mahasiswa mampu:

      1. Menjelaskan konsep struktur sosial sekolah.
      2. Menjelaskan hubungan antara kedudukan dan peranan kepala sekolah, guru, petugas sekolah, dan siswa.
      3. Mengidentifikasi berbagai kedudukan dalam masyarakat sekolah. 
      4. Menjelaskan penyebab munculnya klik di kalangan guru.
      5. Menguraikan struktur sosial siswa di sekolah.

      Selamat Belajar!


    • P7: Hubungan Antar Kelompok di Sekolah

      Siswa Belajar Kelompok Di Kelas – SMPN 3 Al-fauzul Kabir

      Selamat Datang,

      Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini kita akan membahas tentang Hubungan Antar Kelompok di Sekolah.

      Pernahkah rekan-rekan membentuk sebuah kelompok di sekolah? Apakah selama berkelompok pernah terjadi interaksi? Dan bagaimana jenis interaksi tersebut?

      Nah, pada pertemuan ini rekan-rekan akan diajak memahami lebih jauh tentang kelompok hingga bentuk-bentuk interaksi yang mungkin terjadi dalam sebuah kelompok. Adapun capaian pembelajarannya yaitu:

      1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dari kelompok.
      2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep interaksi sosial di sekolah.
      3. Mahasiswa mampu mengindentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial di sekolah.
      4. Mahasiswa mampu menunjukkan contoh bentuk interaksi sosial di sekolah.
      Untuk mencapai tujuan belajar tersebut, akan disajikan materi beserta aktivitas pendukung yang perlu diakses oleh rekan-rekan sekalian.

      Selamat Belajar!

    • P8: Ujian Tengah Semester


      Pada Ujian Tengah Semester ini rekan-rekan mahasiswa diminta untuk:

      1. Mencari satu topik terkait ke-khas-an hubungan antara sekolah, masyarakat dan kebudayaan.
      2. Tuangkan deskripsi pembahasan dalam bentuk buletin/newsletter (contoh terlampir).
      3. Upload file UTS dalam bentuk .pdf
      4. Adapun detail poin-poin yang harus dibahas dapat dilihat pada lampiran file FORMAT SUSUNAN TUGAS UTS Sospen.docx
      5. Silahkan kerjakan dengan sungguh dan sepenuh hati agar mendapatkan nilai yang maksimal.
      6. Deadline pengumpulan UTS pada Selasa, tanggal 29 Maret 2022 pukul 12.00 siang WITA.

    • P9: Hubungan Antar Kelompok di Sekolah


      Gambar di atas merupakan hasil karya kelompok dari Kelas A & B terkait dengan #tugasP7sospen yang diupload di instagram.

      • P10: Penyesuaian Diri dan Sosialisasi

        Gambar tentang pertemanan. Gambar: Duy Pham di unsplash.com

        Selamat Datang di Pertemuan ke-10 Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? Memasuki pertemuan ke-10 ini kita akan membahas materi tentang Penyesuaian Diri dan Sosialisasi. 

        Pernah kah rekan-rekan merasa sulit bergaul dengan teman di lingkungan yang baru? 

        Atau pernahkan teman-teman harus menyesuaikan diri dengan kondisi tertentu, misalkan ketika teman-teman pergi ke rumah sanak saudara yang berbeda agama? 

        Atau pernahkah teman-teman merasa sangat diterima di sebuah kelompok sosial?


        Semua pertanyaan tersebut merupakan pengantar refleksi tentang aspek sosialisasi. Rekan-rekan mahasiswa, untuk memperdalam pemahaman tentang konsep Penyesuaian Diri dan Sosialisasi telah disajikan beberapa materi yang bisa di-download serta aktifitas yang rekan-rekan perlu lakukan. 

        Adapun capaian pembelajaran pada pertemuan ini adalah mahasiswa mampu:

        1. Membedakan penyesuaian diri dan sosialisasi. 
        2. Mengidentifikasi kriteria keberhasilan penyesuaian diri.
        3. Menguraikan proses terjadinya sosialisasi. 

      • P11: Penyesuaian Diri dan Sosialisasi

         

         

        Silahkan rekan-rekan cermati terlebih dahulu pengantar perkuliahan pekan ke-11 pada video di atas. 


        Kelamaan Belajar di Rumah, Anak Jadi Sulit Bergaul?

        Pada pekan ini, rekan-rekan mahasiswa akan diajak mendalami kembali topik penyesuaian diri dan sosialisasi. Perbedaan pembahasannya, pertemuan kali ini kita akan membahas tentang permasalahan-permasalahan yang mucul dalam proses sosialisasi dan penyesuaian diri serta cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

        Adapun capaian pembelajaran dari pertemuan ke-11 ini, yaitu mahasiswa mampu:

        1. Mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi dalam proses penyesuaian diri.
        2. Mengindentifikasi nilai-nilai yang dianut sekolah.
        3. Menjelaskan pengaruh iklim sosial terhadap proses sosialisasi. 


        Pada pekan ini disajikan materi dan juga aktifitas yang masih berhubungan dengan tugas Anda di FlipGrid, selamat belajar dan semangat!

      • P12: Kenakalan Anak

        Bikin Resah Warga karena Suka Pesta Miras, 23 ABG di Ciracas Ditangkap  Polisi, Sempat Janjian Tawuran

        Selamat Datang di Pertemuan ke-12

        Rekan-rekan mahasiswa pada P12 ini kita akan membahas tentang Kenakalan Anak yang lebih spesifik dalam bentuk kenakalan remaja. Remaja merupakan tahap perkembangan yang selalu identik dengan proses pencarian jati diri. Proses pencarian jati diri inilah yang terkadang membuat para remaja menempuh jalur yang salah. 

        Nah, untuk mencari tahu tentang apa itu kenakalan remaja dan faktor apa saja yang melatarbelakangi kenakalan remaja, silahkan simak semua materi yang disajikan pada pertemuan ini. Untuk memperkuat pemahaman Anda, disajikan kuis yang harus dikerjakan dengan 3 kali kesempatan. Adapun capaian pembelajaran pada pertemuan ini yaitu mahasiswa mampu:

        1. Menjelaskan pengertian kenakalan remaja.
        2. Mengidentifikasi berbagai macam kenakalan remaja.

        Selamat Belajar.


      • P13: Kenakalan Anak


        Selamat datang di pertemuan ke-13.

        Setelah rekan-rekan mahasiswa mempelajari tentang konsep dan jenis-jenis atau bentuk kenakalan remaja pada pertemuan ke-12, selanjutnya pada pertemuan ini kita akan membahas lebih dalam mengenai faktor-faktor yang terkait, sebab terjadinya, dan usaha mencegah kenakalan remaja. 

        Simaklah semua materi yang dibagikan untuk dapat terlibat aktif dalam diskusi kelompok yang akan dilaksanakan secara luring pada jadwal perkuliahan masing-masing kelas. Adapun capaian pembelajarannya yakni mahasiswa mampu:

        1. Menjelaskan faktor-faktor yang terkait dengan kenakalan remaja.
        2. Menjelaskan sebab-sebab terjadinya kenakalan remaja.
        3. Mengidentifikasi usaha-usaha mencegah kenakalan remaja. 

        Selamat Belajar !

      • P16: Ujian Akhir Semester


        Selamat datang di pertemuan ke-16.
        Perkuliahan di pekan ini dilaksanakan secara daring asynchronous sehingga rekan-rekan mahasiswa dapat mengakses SYAMOK kapan pun dan dimana pun. Untuk itu, silahkan simak video di atas yang berisi penjelasan pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS). DIharapkan rekan-rekan mahasiswa dapat memahami penjelasan yang disajikan dalam video tersebut. 

        Adapun yang perlu Anda lakukan dalam UAS Sospen yakni:
        1. Silahkan buka file "Daftar Pembagian Tema UAS Sospen" untuk mengetahui tema apa yang Anda dapat.
        2. Tuliskan 3 judul berita/artikel terkait tema tersebut di link Google Docs pada pertemuan ini.
        3. Buatlah analisis sesuai format "Format UAS Analisis Berita" yang dilampirkan pada pertemuan ini. 
        4. Untuk detail penjelasan (yang di tunjukkan di video) silahkan download file "UAS Sospen"
        5. Apabila ada yang perlu didiskusikan, silahkan bertanya di grup Whatsapp Sosiologi Pendidikan.

        Selamat Mengerjakan !