Topic outline

  • CURRICULUM AND MATERIAL DEVELOPMENT

  • Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah

    Menurut Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran yang beragam dan konten yang beragam, sehingga peserta didik memiliki cukup waktu untuk mempelajari konsep dan menguatkan kompetensi mereka. Guru memiliki kebebasan untuk memilih berbagai perangkat ajar untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Tidak ada lagi penjurusan IPA, IPS, atau Bahasa dalam kurikulum merdeka di SMA. Bagaimana implementasi itu? Naaaaah....Adik2 mahasiswa juga ingin tau kan bagaimana implementasi kurikulum merdeka di sekolah menengah seperti apa.

    sekilas ibu sampaikan bahwa di sekolah menengah, Kurikulum Merdeka tidak memiliki penjurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Di kelas XI dan XII, siswa akan memilih mata pelajaran kelompok pilihan mereka dengan bimbingan guru Bimbingan Konseling, sesuai dengan minat dan bakatnya. Uni inkuiri juga akan diterapkan di Kelas X. Unit inkuiri adalah kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode inkuiri untuk membantu siswa menemukan dan memecahkan masalah di lingkungan sekitar dari berbagai topik dalam kelompok mata pelajaran IPA dan IPS. Sebanyak 42-47 jam pelajaran (JP) per minggu dialokasikan untuk mata pelajaran pilihan. Peserta didik memilih 4–5 mata pelajaran dari minimal dua kelompok mata pelajaran pilihan, dengan maksimal 3 mata pelajaran pilihan dari satu kelompok. Mata pelajaran MIPA, IPS, dan Bahasa dan Budaya masing-masing menerima 5 JP, dan mata pelajaran Vokasi menerima 5 JP. Pembahasan lebih lanjutnya juga disediakan video pembelajaran tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah adik2 mahasiswa dapat mengunduh video tersebut melalui link yang tersedia. selain itu, juga bisa memanfaatkan forum diskusi yang tersedia di LMS. Selamat belajar para pembelajar hebat semua...








  • Struktur Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah

    Apa kabar pembelajar hebat semua...semoga kalian juga di dalam kedaan yang prima untuk mengikuti perkuliahan daring kita di pertemuan ke 3 ini. materi kita yaitu bagiman Struktur Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah. adik-adik mahasiswa semuanya dapat membentuk grup yang terdiri dari 3 orang per grup. kalian bisa saling berdiskusi yang berkaitan dengan materi kita pada pertemuan kali ini. silahkan mempergunakan forum chat/diskusi untuk memudahkan kita dalam berdiskusi. adik-adik mahasiswa juga harus berpastisipasi dan proaktif selama proses pembelajaran berlangsung. bagi mahasiswa yang sedang ada program kegiatan diluar juga bisa mengakses LMS ini agar bisa terus menyimak di forum ini.

  • Asesmen Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah

    Selamat pagi adik-adik mahasiswa hebat semuanya...untuk materi kita pada pertemuan ini kita membahasa tentang bagaimana siih Asesmen di dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. adik mahasiswa semua dapat berinteraksi aktif dengam memanfaatkan forum diskusi. selamat belajar pembelajar hebat semua...terus semangat untuk mencapai cita-cita menjadi guru yang dicintai..

    Happy emoticon giving thumb up isolated on white background wall mural •  murals emoticons, smileys, ok | myloview.com

  • Plan: Menyusun Modul Ajar, LKPD, Instrumen asesmen

    Mahasiswa semuanya…setiap hal yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu harus dimulai dari perencanaan yang matang, begitu juga di dalam pembelajaran. Langkah awal yang dilakukan yaitu tahap Plan (perencanaan)…didalam kurikulum Merdeka tentu banyak Langkah yang harus dilalui silahkan adik-adik mahasiswa berdiskusi Langkah apa saja yang harus dilakukan sebelum pembelajaran dilaksanakan agar pembelajaran bisa berpihak kepada peserta didik. adapun Indikator yang ingin dicapai di dalam pertemuan 5 & 6 ini adalah  

    Melalui kerja kelompok secara kolaboratif bersama guru mitra di sekolah, mahasiswa mampu:

    1.   Menganalisis kebutuhan MA, LKPD, asesmen

    2.   Menentukan komponen MA yang perlu diperbaiki

    3.   Menyusun learning design dan chapter design

    4.   Memperbaiki MA, LKPD, asesmen


  • Do: Melaksanakan Observasi di Sekolah

    Salam Pembelajar Hebat...

    Adik-adik hebat semua,,untuk pertemuan kita kali ini penerapan pembelajaran yang diterapkan yaitu berbasis Project Based Learning. adik-adik mahasiswa semua pembelajaran dilaksanakan di sekolah mitra. mahasiswa dibagi didalam kelompok dengan lokasi sekolah yang berbeda-beda. manfaatkan waktu belajar dengan para guru di sekolah dengan tahapan pertama yaitu Do dengan melakukan observasi tentang penerapan kurikulum merdeka. adapun indikator capaian yang diharapkan yaitu 

    1.   Mengamati proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di sekolah

    2.   Merekam proses pembelajaran menjadi video pembelajaran

    3.   Menganalisis hasil pelaksanaan pembelajaran

  • See dan Evaluation

    Salam Hebat Mahasiswa pembelajar cerdas...pada pertemuan 13 dan 14 ini mahasiswa diharapakan untuk mencapai  

    1.   Mendiskusikan hasil pembelajaran secara Asah, Asih dan Asuh

    2.   Mengkomunikasikan Best Practice hasil dari proses pembelajaran

    3.   Mengkomunikasikan dampak dari penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah

    4.   Menkomunikasikan penyelesaian masalah dari temuan proses pembelajaran

  • Penyusunan Portofolio

    Selamat Pagi Adik-adik mahasiswa semuanya...pada pertemuan kita kali ini adik-adik mahasiswa diharapakan mampu untuk menghasilkan produk akhir yaitu Modul Ajar yang telah didesain bersama guru di sekolah. tetap semangat meraih asa menjadi guru cerdas dan berkarakter.