Topic outline

  • PROFIL MATA KULIAH

    DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata  kuliah  ini  memberikan pemahaman tentang konsep etnomatematika (hakekat,  rasionel  dan  manfaat  etnomatematika); dimensi, perspektif dan kedudukan etnomatematika; subjek, objek, pendekaan  dan metode  etnomatematika;  Menggali Konsep Matematika Dasar Pada Seni; Matematika Dasar Pada Permainan Tradisional; Konsep Matematika Dasar Pada Rumah Adat, Agama, Tempat Ibadah dan Interaksi Sosial; mengembangkan Alat Peraga Edukatif (APE) berbasis Etnomatematika; menelaah hasil-hasil penelitian  dan  pendekatan  riset dalam etnomatematika dan pembelaran matematika; pemahaman, identifikasi dan penelitian pendahuluan sumber-sumber pengembangan etnomatematika baik yang berupa artefak, karya sastra/budaya  dan tradisi/interaksi sosial di dalam konteks pembelajaran matematika; penelitian pendahuluan, releksi serta survey dan studi kasus  etnomatematika  di  di daerah masing-masing,  penelitian  pendahuluan,  refleksi, serta  survey  dan  study  kasus   etnomatematika, dan desiminasi hasil projek.

    TUJUAN MATA KULIAH

    Tujuan pembelajaran umum untuk mata kuliah Etnomatematika yang Anda sebutkan adalah memberikan mahasiswa pemahaman yang komprehensif tentang konsep dan aplikasi dari lingkungan yang terintegrasi dengan budaya. Berikut adalah beberapa tujuan pembelajaran umum yang mungkin relevan untuk mata kuliah tersebut:

    1. Memahami konsep dasar EtnomatematikaMahasiswa dapat memahami  Hakekat, Rasional Dan Manfaat Etnomatematika
    2. Memahami dimensi dasar pada permainan tradisional: Mahasiswa mampu memahami Konsep Matematika Dasar pada Permainan Tradisional.
    3. Ketepatan dalam memahami konsep matematika dasar pada seni: mahasiswa mampu memahami dan menggali konsep matematika dasar pada seni.
    4. Menelaah kajian konsep matematika dasar pada rumah adat: mahasiswa mampu memahami matematika dasar pada rumah adat.
    5. Ketepatan analisis pada konsep matematika dasar pada  tempat ibadah dan makan tradisional: mahasiswa mampu memahami konsep matematika dasar tempat ibadah dan makanan tradisional.

    6. Ketepatan dalam pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) berbasis Etnomatematika pada permainan tradisional, seni, rumah adat, tempat ibadah dan makanan tradisional: mahaisiswa menghasilkan Alat Peraga Edukatif (APE) berbasis Etnomatematika pada permainan tradisional, seni, rumah adat, tempat ibadah dan makanan tradisional.
    7. Ketepatan dalam membuat infografis APE dari kajian literatur tentang penelitian pendahuluan dan studi kasus etnomatematika di daerah tempat tinggalnya masing-masing: mahasiswa mampu membuat infografis APE dari kajian literatur tentang penelitian pendahuluan dan studi kasus etnomatematika di daerah tempat tinggalnya masing-masing

     

  • Pertemuan Ke-1: Kontrak Mata Kuliah

    Pada pertemuan pertama ini dosen dan mahasiswa bersama-sama membuat suatu kesepakatan dalam penetapan aturan pembelajaran untuk satu semester ke depan. kesepakatan tersebut dibuktikan dengan sebuah kontrak perkuliahan yang telah disepakati bersama

    • Absensi Choice
      Restricted Available until 20 October 2023, 6:00 PM
  • This topic

    Pertemuan Ke 2: Hakekat, Rasional dan Manfaat Etnomatematika

    Matematika adalah ilmu pasti yang mewajibkan pemahaman dalam berlatih pengerjaannya, karena dalam matematika kita memerlukan konsep penalaran dalam berfikir secara logis Matematika pada garis besarnya merupakan pengetahuan yang disusun secara konsisten berdasarkan logika deduktif. Logika deduktif adalah pola berfikir secara logis dari umum menuju khusus. Sehingga, bisa di katakan matematika merupakan ilmu tentang logika yang tidak hanya berkaitan dengan angka-angka saja melainkan berkaitan juga dengan aktivitas dalam kehidupan manusia. Sedangkan semua aktivitas yang di kerjakan oleh manusia atau sesuatu hal yang di kerjakan berkaitan dengan pemikiran manusia dalam kehidupan, namunt berbeda dalam sudut pandang tiap orangnya merupakan budaya

  • Pertemuan Ke-3: Konsep Matematika Dasar Pada Permainan Tradisional

    Enomatematika adalah matematika yang diterapkan oleh kelompok budaya tertentu, kelompok buruh/petani, anak-anak dari masyarakat kelas tertentu, kelas-kelas profesional, dan lain sebagainya (Gerdes, 1994).

    Menurut Kamus Oxford, seni adalah ekspresi atau penerapan keterampilan dan imajinasi kreatif manusia, biasanya dalam bentuk visual, menghasilkan karya yang dihargai terutama karena keindahan atau kekuatan emosionalnya.

  • Pertemuan Ke-4: KONSEP MATEMATIKA DASAR PADA SENI

    Etnomatematika diterapkan sebagai sarana untuk memotivasi, menstimulasi, mengatasi kejenuhan peserta didik serta memberikan nuansa yang baru pada pembelajaran matematika (Sirate, 2012). Objek kebudayaan yang kehadirannya dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik diperlukan sebagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satu objek kebudayaan yang sangat dekat dengan kehidupan peserta didik adalah masjid.

  • Pertemuan Ke-5: Konsep Etnomatematika Pada Rumah Adat

    Rumah adat merupakan suatu bangunan yang memiliki ciri khusus dan digunakan untuk tempat tinggal suku tertentu.

    Berbagai hal terkait budaya suatu suku telah banyak menjadi pengkajian baik dari segi budaya maupun hal-hal lain, salah satunya tentang rumah adat suku Using di Banyuwangi.

    Salah satu pembelajaran yang dapat dikembangkan dengan dasar rumah adat Using adalah matematika. Hal ini dapat dilakukan karena secara nyata atau tersirat dapat ditemukan konsep-konsep matematika dalam budaya masyarakat, khususnya rumah adat Using

  • Pertemuan Ke-6: Etnomatematika Pada Makanan Tradisional

  • Pertemuan ke-7 : Pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) Etnomatematika

    Pada Pembelajaran ini, mahasiswa dibagi kelompok dan diberi kesempatan untuk menghasilkan Alat Peraga Edukatif (APE) berbasis etnomatematika. Produk yang dihasilkan yaitu:

    1. Konsep Matematika Pada Rumah Adat

    2. Konsep Matematika pada Kesenian Tradisional

    3. Konsep Matematika Pada Permainan Tradisional

    4. Konsep Matematika Pada Pada Tempat Ibadah

    5. Konsep Matematika Pada Seni

  • UTS

  • Pert Ke-9: Pembuatan Infografis dari Artikel Jurnal

    Buatlah Infografis dari Konsep Matematika Pada Rumah Adat dari artikel atau jurnal yang anda ketahui!

  • Pert Ke-10: Pembuatan Infografis dari Artikel jurnal Tentang Konsep Matematika Pada Alat Kesenian Tradisional

    Buatlah Infografis dari Konsep Matematika Pada Alat Kesenian Tradisional dari artikel atau jurnal yang anda ketahui!

  • Pert Ke-11: Pembuatan Infografis dari Artikel jurnal Tentang Konsep Matematika Pada Permainan Tradisional

  • Pert Ke-12: Pembuatan Infografis dari Artikel jurnal Tentang Konsep Matematika Pada Tempat Ibadah

  • Pert Ke-13: Pembuatan Infografis dari Artikel jurnal Tentang Konsep Matematika Pada Seni

    B

    uatlah Infografis dari Konsep Matematika Pada Seni dari artikel atau jurnal yang anda ketahui!

  • Pert Ke-14: Desiminasi Hasil

    Desiminasikan hasil infografis dari konsep etnomatematika pada rumah adat dan permainan tradisional

  • Pert Ke-15: Desiminasi Hasil

    Pada Pertemuan ini, mahasiswa mendesiminasikan hasil infografis dari konsep etnomatematika pada alat kesenian, tempat ibadah dan seni.

  • UAS

    Siapkan pemahaman konsep yang anda pahami setelah menganalisis artikel jurnal yang diperoleh dalam menginterpretasikan hasilnya di dalam infografis