Topic outline

  • Perpindahan Panas

    Info Penting 

    Pastikan peserta kuliah harus mengupdate profile, alamat email untuk notifikasi perkuliahan, dan photo supaya dikenali dalam diskusi.
    Pastikan peserta kuliah sudah membaca dan memahami Panduan Penggunaan Student Centered E-Learning

     Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    1. Kemampuan memahami, melakukan perhitungan dan menganalisa prinsip perpindahan panas yang mencakup perpindahan panas konduksi satu dimensi (CPL 1, 2, 3, 4).
    2. Kemampuan memahami, melakukan perhitungan dan menganalisa mekanisme fisik konveksi pada berbagai boundary layer dan aliran serta menghitung laju perpindahan panas konveksi pada berbagai geometri untuk menganalisis dan menyelesaikan persoalan keteknikan, dengan tingkat keberhasilan minimal 85 %. (CPL 1, 2, 3, 4, 5, 6. 7).
    3. Kemampuan menjelaskan, memahami, melakukan perhitungan perpindahan panas radiasi.
    4. Kemampuan menjelaskan dan melakukan perhitungan terhadap fenomena pendidihan (boiling) dan kondensasi (condensation).
    5. Kemampuan mendesain komponen, sistem dan atau proses perpindahan panas untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan dengan pendekatam analitis rekayasa berbasis ilmu dan teknologi mutakhir dan mepertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, serta kemudahan penerapan dan atau memanfaatkan potensi sumber daya lokaL dan nasional dengan wawasan global (CPL 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7)
     Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK)

    1. Sub CPMK 1 Mahasiswa mampu mengklasifikasikan metode-metode dan prinsip-prinsip perpindahan panas konduksi, konveksi dan radiasi beserta parameter-parameter perpindahan panas dan karakteristiknya.
    2. Sub CPMK 2 Mampu menghitung perpindahaan panas konduksi keadaan steady satu dimensi pada plat/bidang datar, pipa dan bejana berbentuk bola.
    3. Sub CPMK 3 Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konduksi pada plat datar komposit, pipa komposit dan bejana bola komposit dengan parameter koefisien panas keseluruhan.
    4. Sub CPMK 4 Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konveksi paksa aliran laminar atau turbulen pada seluran terbuka atau saluran tertutup.
    5. Sub CPMK 5 Mahasiswa mampu menjelaskan, menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konveksi bebas beserta parameternya.
    6. Sub CPMK 6 Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan proses perpindahan panas radiasi beserta parameternya.
    7. Sub CPMK 7 Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan menganalisa fenomena pendidihan dan kondensasi.
    8. Sub CPMK 8 Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi  dan mendesain jenis penukar kalor dalam bentuk project.
    Deskripsi Mata Kuliah

    Bobot SKS: 

    Deskripsi Singkat Mata Kuliah :  Kuliah ini menjelaskan tentang prinsip-prinsip perpindahan panas konduksi, konveksi dan radiasi, fenomena pendidihan dan kondensasi dan penerapannya dalam sistem penukar kalor (heat exchanger) berdasarkan paremater-parameter desain.

    Materi Pembelajaran : 

    1.     Perpindahan konduksi keadaan steady satu dimensi pada pelat datar, pipa dan bejana bola pada lapisan tunggal atau komposit.
    2.     Perpindahan panas konduksi dengan pembangkit panas internal dan pada permukaan yaang diperluas (axpanded surface)
    3.     Perpindahan panas koveksi paksa forced convection) aliran laminar dan turbulen pada pelat datar, dalam pipa dan bejana bola.
    4.     Parameter karakteristik serta korelasi empiris pada konveksi bebas (natural convection)
    5.     Fenomena pendidihan (boiling) dan kondensasi (condensation) pada sistem.
    6.     Pemahaman dan desain penukar kalor atau heat exchanger dalam bentuk project base learning.


     Pustaka Utama

    • 1.      Rajput R. K., Heat and Mass Tranfer, Ram Nagar New Delhi, 2012
    • 2.      Theodore L. Bergman, Adrienne S. Lavine, Frank P. Incropera, David P. DeWitt. 2011, Fundamentals of Heat and Mass Transfer, Purdue, Ed.7th., John Wiley ans Sons, Inc.
    • 3.      Cengel Y. A & Boles M. A. 2015., Heat and Mass Transfer: Fundamental & Applications, Ed. 5th, McGraw-Hill Book Company.
    • 4.      William Kays, Michael Crawford, Bernhard Weigand, 2012, Convective Heat and Mass Transfer, Ed.4th, McGraw-Hill Book Company, Toronto.
    • 5.      Frank Kreith and Mark S. Bohn, Principles of Heat Transfer, Harper & Row, Publishers, New York

     Pustaka Pendukung

    1. Basic Heat Transfer; D. H. Bacon; October 22, 2013; Elsevier
    2. Fundamental Principles of Heat Transfer; Stephen Whitaker; October 22, 2013; Elsevier 

    3.  Thomas Lestina Robert W., Process Heat Transfer: Principles, Applications and Rules of Thumb, 5, Serth; July 28, 2010

    4.  J.R. Simonson, Engineering Heat Transfer, Edition 2, July 28, 1988; Springer

    5. Donald R Pitts dan Leighton E. Sissom, “Heat Transfer”, Mc Graw-Hill     Book Company.


    Penilaian Perkuliahan

    Default nilai Perkuliahan : Kehadiran = 10 %,  Tugas / PBL = 65%,  UTS = 10%, UAS = 15%. 

  • This topic

    Pertemuan 1 - (21 September 2023)

     Topik Perkuliahan : 

    Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

    • LO 1 : Learning outcome / Sub-CPMK dari topik atau pertemuan ini: Mahasiswa mampu mengklasifikasikan metode-metode dan prinsip-prinsip perpindahan panas konduksi, konveksi dan radiasi beserta parameter-parameter perpindahan panas dan karakteristiknya

    Sub Topik :

    • Sub topik 1: 

      Aspek umum perpindahan panas yang berhubungan dengan termodinamika dan parameter-parameter yang berkaitan (konduktivitas termal, koefisien konveksi, densitas, kalor spesifik, difusivitas termal, viskositas)

    • Sub topik 2: 

      Dasar-dasar perpindahan panas steady satu dimensi secara konduksi, konveksi dan radiasi.


    Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
    Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

    Indikator Penilaian :

    Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan.

    Bentuk dan Bobot Penilaian:

    Kriteria: 

    Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

    Teknik:

    Non-test :

    Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.

    Referensi :

    [Chapter 1-Pustaka 1]

    [Chapter 1-Pustaka 2]


    Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran: Tanya Jawab dan Diskusi di kelas


  • Pertemuan 2 - (5 Oktober 2023)

     Topik Perkuliahan : 

    Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

    • LO 1 : Mampu menghitung perpindahaan panas konduksi keadaan steady satu dimensi pada plat/bidang datar, pipa dan bejana berbentuk bola.

    Sub Topik :

    • Sub topik 1: 

      Konduksi panas satu dimensi melalui dinding datar dan dinding komposit.

    • Sub topik 2: 

      Konduksi panas satu dimensi melalui pipa hollow dan pipa hollow komposit.

    • Sub topik 3: 

      Konduksi panas satu dimensi melalui bejana berbentuk bola hollow dan bola komposit.


    Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 

    Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

    Indikator Penilaian :

    Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan

    Bentuk dan Bobot Penilaian:

    Kriteria: 

    Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

    Teknik:

    Non-test :

    Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.

    Referensi :

    • Chapter 2-Pustaka 1
    • Chapter 2,3-Pustaka 2

    Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran: 


  • Pertemuan 3 - (12 Oktober 2023)

     Topik Perkuliahan : 

    Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

    • LO 1 : Mampu menghitung perpindahaan panas konduksi keadaan steady satu dimensi pada plat/bidang datar, pipa dan bejana berbentuk bola.

    Sub Topik :

    • Sub topik 1: 

      Ketebalan kritis insulasi.

    • Sub topik 2: Konduksi panas dengan pembangkitan panas internal.
    • Sub topik 3: Perpindahan panas untuk permukaan yang diperluas/extanded surfaces (mis: sirip/fin)

    Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
    Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

    Indikator Penilaian : 

    Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan

    Bentuk dan Bobot Penilaian:

    Kriteria: 

    Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

    Teknik:

    Non-test :

    Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.

    Bobot Penilaaian: 5%

    Referensi :

    • Chapter 2-Pustaka 1
    • Chapter 2,3-Pustaka 2

    Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:


  • Pertemuan 4 - (19 Oktober 2023)

     Topik Perkuliahan : 

    Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

    • LO 1 : Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konveksi paksa aliran laminar atau turbulen pada seluran terbuka atau saluran tertutup.

    Sub Topik :

    • Sub topik 1: 

      Konveksi paksa aliran laminar pada Plat datar (saluran terbuka).

    Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
    Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

    Indikator Penilaian :

    Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan

    Bentuk dan Bobot Penilaian:

    Kriteria: 

    Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

    Teknik:

    Non-test :

    Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.

    Bobot Penilaian: 4%

    Referensi :

    • Chapter 7-Pustaka 1
    • Chapter 7,8-Pustaka 2

    Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:


  • Pertemuan 5 - (26 Oktober 2023)

     Topik Perkuliahan : 

    Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

    • LO 1 : Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konveksi paksa aliran laminar atau turbulen pada seluran terbuka atau saluran tertutup

    Sub Topik :

    • Sub topik 1: 

      Konveksi paksa aliran laminar pada pipa (saluran tertutup).

    Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
    Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

    Indikator Penilaian :

    Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan

    Bentuk dan Bobot Penilaian:

    Kriteria: 

    Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

    Teknik:

    Non-test :

    Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab

    Referensi :

    • Chapter 7-Pustaka 1
    • Chapter 7,8-Pustaka 2

    Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:


  • Pertemuan 6 - (2 November 2023)

     Topik Perkuliahan : 

    Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

    • LO 1 : Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konveksi paksa aliran laminar atau turbulen pada seluran terbuka atau saluran tertutup

    Sub Topik :

    • Sub topik 1: 

      Konveksi paksa aliran turbulen pada pipa (saluran tertutup).

    Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
    Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

    Indikator Penilaian :

    Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan

    Bentuk dan Bobot Penilaian:

    Kriteria: 

    Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

    Teknik:

    Non-test :

    Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.

    Referensi :

    • Chapter 7-Pustaka 1
    • Chapter 7,8-Pustaka 2

    Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:


  • Pertemuan 7 - (9 November 2023)

     Topik Perkuliahan : 

    Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

    • LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konveksi bebas/alami beserta parameternya.

    Sub Topik :

    • Sub topik 1:  Transisi dan turbulensi dalam konveksi bebas.
    • Sub topik 2:  Korelasi empiris konvesi bebas.
    • Sub topik 3:  Kombinasi konveksi paksa dan konveksi bebas untuk external flow dan internal flow.

    Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
    Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

    Indikator Penilaian :

    Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan

    Bentuk dan Bobot Penilaian:

    Kriteria: 

    Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

    Teknik:

    Non-test :

    Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.

    Bobot Penilaian: 5%

    Referensi :

    • Chapter 8-Pustaka 1
    • Chapter 9-Pustaka 2

    Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:


  • Pertemuan 8 - UTS - (9 November 2023)

     Informasi UTS

    Related Learning Outcome / Capaian Pembelajaran :

    • LO 1 : Mampu menghitung perpindahaan panas konduksi keadaan steady satu dimensi pada plat/bidang datar, pipa dan bejana berbentuk bola.
    • LO 2 : Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konduksi pada plat datar komposit, pipa komposit dan bejana bola komposit dengan parameter koefisien panas keseluruhan

    Materi Yang Di UTS-kan / Kisi - Kisi

    • Materi/Sub topik 1: Konduksi panas satu dimensi melalui dinding datar dan dinding komposit.
    • Materi/Sub topik 2: Konduksi panas satu dimensi melalui pipa hollow dan pipa hollow komposit.
    • Materi/Sub topik 3: Perpindahan panas untuk permukaan yang diperluas/extanded surfaces

    Pelaksanaan UTS

    • Hari / Tanggal : Kamis, 9 November 2023
    • Waktu : 120 menit
    • Sifat Ujian : Tutup Buku
    • Pertemuan 9 - (16 November 2023)

       Topik Perkuliahan : 

      Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

      • LO 1 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan proses perpindahan panas radiasi beserta parameternya.

      Sub Topik :

      • Sub topik 1:  Hubungan mendasar radiasi thermal.
      • Sub topik 2: Perpindahan panas radiasi antara permukaan benda


      Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
      Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

      Indikator Penilaian :

      Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan

      Bentuk dan Bobot Penilaian:

      Kriteria: 

      Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

      Teknik:

      Non-test :

      Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.


      Referensi :

      • Chapter 11, 12-Pustaka 1
      • [Chapter 12-Pustaka 2]

      Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:


    • Pertemuan 10 - (23 November 2023)

       Topik Perkuliahan : 

      Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

      • LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan menganalisa fenomena pendidihan dan kondensasi

      Sub Topik :

      • Sub topik: 

        Perpindahan panas pada pendidihan (boiling): boiling regime; bentuk, ukuran, pertumbuhan dan colapse dari bubble; faktor-faktor penyebab nucleate boiling dan boiling correlation.

      Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
      Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

      Indikator Penilaian :

      Kriteria: 

      Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

      Teknik:

      Non-test :

      Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.

      Bentuk dan Bobot Penilaian:

      Tuliskan bentuk dan bobot  penilaian pada pertemuan ini

      Referensi :

      • Chapter 9-Pustaka 1]
      • Chapter 10-Pustaka 2]

      Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:


    • Pertemuan 11 - (30 November 2023)

       Topik Perkuliahan : 

      Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

      • LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan menganalisa fenomena pendidihan dan kondensasi

      Sub Topik :

      • Sub topik: 

        Perpindahan panas pada proses kondensasi:

        ·     Kondensasi lapisa film laminar pada plat vertikal.

        ·     Kondensasi lapisan film turbulen.

        ·     Kondensasi lapisan film pada pipa horisontal.

        ·     Kondensasi lapisan film dalam pipa horisontal. 

      Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
      Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

      Indikator Penilaian :

      Tuliskan indikator penilaian dilakukan pada pertemuan ini

      Bentuk dan Bobot Penilaian:

      Tuliskan bentuk dan bobot  penilaian pada pertemuan ini

      Kriteria: 

      Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

      Teknik:

      Non-test :

      Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.

      Referensi :

      [Chapter 9-Pustaka 1]

      Chapter 10-Pustaka 2]

      Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:


    • Pertemuan 12 - (7 Desember 2023)

       Topik Perkuliahan : 

      Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

      • LO 1 :Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi  dan mendesain jenis penukar kalor dalam bentuk project.

      Sub Topik :

      • Sub topik 1: Jenis-jenis heat exchanger.
      • Sub topik 2: Analisa heat exchanger
      • Sub topik 3: Logarithmic Mean Temperature Difference
      • Sub topik 4: Pembagian tugas PBL


      Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
      Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

      Indikator Penilaian :

      Kriteria: 

      Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

      Teknik:

      Non-test :

      Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.

      Bentuk dan Bobot Penilaian:

      Tuliskan bentuk dan bobot  penilaian pada pertemuan ini

      Referensi :

      • Chapter 10-Pustaka 1

      • Chapter 11-Pustaka 2

      Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:


    • Pertemuan 13 - (14 Desember 2023)

       Topik Perkuliahan : 

      Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

      • LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi  dan mendesain jenis penukar kalor dalam bentuk project

      Sub Topik :

      • Sub topik 1: Koefisen perpindahan panas keseluruhan.
      • Sub topik 2: Faktor-faktor koreksi multipass arrangment
      • Sub topik 3: Efektivitas Heat exhanger dan number of transfer unit (NTU)


      Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
      Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

      Indikator Penilaian :

      Tuliskan indikator penilaian dilakukan pada pertemuan ini

      Bentuk dan Bobot Penilaian:

      Kriteria: 

      Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

      Teknik:

      Non-test :

      Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.

      Referensi :

      • Chapter 10-Pustaka 1
      • Chapter 11-Pustaka 2

      Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:


    • Pertemuan 14 - (21 Desember 2023)

       Topik Perkuliahan : 

      Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

      • LO 1 :  Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi  dan mendesain jenis penukar kalor dalam bentuk project.

      Sub Topik :

      • Sub topik 1: Pressure drop dan pumping power.
      • Sub topik 2:  Evaporator


      Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
      Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

      Indikator Penilaian :

      Tuliskan indikator penilaian dilakukan pada pertemuan ini

      Bentuk dan Bobot Penilaian:

      Kriteria: 

      Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

      Teknik:

      Non-test :

      Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.


      Referensi :

      • Chapter 10-Pustaka 1

      • Chapter 11-Pustaka 2

      Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:


    • Pertemuan 15 - (28 Desember 2023)

       Topik Perkuliahan : 

      Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) :

      • LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi  dan mendesain jenis penukar kalor dalam bentuk project

         Skema : Project/Problem Based Learning (PBL)


      Sub Topik :

      • Sub topik 1:  Asistensi Project

      Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): 
      Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL)

      Indikator Penilaian :

      Kriteria: 

      Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif

      Teknik:

      Non-test :

      Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab.

      Referensi :

      1.      Rajput R. K., Heat and Mass Tranfer, Ram Nagar New Delhi, 2012

      2.      Theodore L. Bergman, Adrienne S. Lavine, Frank P. Incropera, David P. DeWitt. 2011, Fundamentals of Heat and Mass Transfer, Purdue, Ed.7th., John Wiley ans Sons, Inc.

      3.      Cengel Y. A & Boles M. A. 2015., Heat and Mass Transfer: Fundamental & Applications, Ed. 5th, McGraw-Hill Book Company.

      William Kays, Michael Crawford, Bernhard Weigand, 2012, Convective Heat and Mass Transfer, Ed.4th, McGraw-Hill Book Company, Toronto.


      Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:


    • Pertemuan 16 - UAS - (25 Januari 2024))

       Informasi UAS

      Related Learning Outcome / Capaian Pembelajaran :

      • LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi  dan mendesain jenis penukar kalor dalam bentuk project.

      Materi Yang Di UAS-kan / Kisi - Kisi

      • Materi/Sub topik 1: Perancangan heat exchanger
      • Materi/Sub topik 2: Presentasi

      Pelaksanaan UAS

      • Hari / Tanggal : 25 Januari 2024
      • Waktu : 120 menit
      • Sifat Ujian : Presentasi Rancangan