Salam dan Selamat Datang di Mata Kuliah Manajemen Pemasaran I
Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera untuk kita Semua.
Selamat datang para mahasiswa/i yang kami banggakan. Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam Lindungan Allah SWT.
Selamat datang di Mata kuliah Manajemen Pemasaran I dengan Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring).
Perkenalkan kami dosen pengampu mata kuliah: Dr. Muslimin, SE., M.Si dari Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sulawesi Tenggara, Isalman, SE., M.M dari Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Halu Oleo dan Lucia Evianti Patulak, SE., MM dari Prodi S1 Bisnis Digital FEB Universitas Sulawesi Tenggara.
Manajemen Pemasaran I ini, menjadi salah satu matakuliah implementasi Pembelajaran
Daring Kolaboratif (PDK) kerjasama dan Prodi S1 Manajemen FEB
Universitas Sulawesi Tenggara Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Halu
Oleo Tahun 2023
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik, tetap setia pada proses dan tetap semangat,,!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Dosen Pengampu
Deskripsi Mata Kuliah
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemen pemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan penyampaian nilai, pemasaran yang bertanggung jawab, serta pemasaran global.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu menguraikan teori-teori manajemen pemasaran.
Mahasiswa mampu menguraikan wawasan pemasaran.
Mahasiswa mampu menguraikan hubungan dengan pelanggan
Mahasiswa mampu menguraikan merek yang kuat
Mahasiswa mampu menguraikan penciptaan nilai
Mahasiswa mampu menguraikan penyampaian nilai
Mahasiswa mampu menguraikan pemasaran yang bertanggung jawab
Mahasiswa mampu menguraikan pemasaran global.
Materi Pembelajaran
Mendefinisikan Pemasaran untuk Realitas Baru
Mengembangkan Rencana dan Strategi Pemasaran
Mengumpulkan Informasi dan Meramalkan Permintaan
Menciptakan Hubungan Jangka Panjang
Menganalisis Pasar Bisnis dan Pasar Konsumen
Mengidentifikasi Segmentasi dan Pasar Sasaran
Melatih Keterampilan Membuat Positioning Merek
Memperkenalkan Penawaran Pasar Baru
Menetapkan Strategi Produk
Mendesain dan Mengelola Layanan
Mendesain dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terintegerasi
Mengelola Ritel, Grosir, dan Logistik
Mengelola Organisasi Pemasaran Holistik untuk Jangka Panjang
Membuka Pasar Global
Referensi
Kotler, P. and Keller, K.L. 2016, Marketing Management 15th edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey
Grup WhatsApp PDK Manajemen Pemasaran
Link : https://chat.whatsapp.com/FuXbuVjyN0q6TC7zrHL0St
Struktur Pelaksanaan Perkuliahan matakuliah Manajemen Pemasaran 1 ini, diharapkan seluruh peserta didik dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu antara +- 5 bulan (1 Semester). Adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut:
- Peserta didik diwajibkan membaca setiap materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan, yang diikuti dengan secara aktif berpartisipasi serta dapat mengerjaan kuis yang telah tersedia.
- Peserta didik dapat mengikuti UTS dan UAS dengan waktu yang telah ditentukan.
- Semua bentuk aktivitas selama perkuliahan harus terdata di LMS ini.
Dalam mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa harus mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu:
(a) menggunakan referensi yang tersedia;
(b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet;
(c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa;
(d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan;
(e) menghadiri sesi temu daring dengan dosen pengampu mata kuliah; dan
(f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Paradigma pembelajaran daring adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.
Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi.
Dalam penyelenggaraan matakuliah Pemsaran 1 ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti:
(a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi;
(b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai;
(c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen;
(d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan;
(e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan
(f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester.
Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.
Model Assessment dalam perkuliahan ini, dapat dilihat pada tabel dibawah ini:
Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:
1. Diskusi, Latihan Soal, Tugas per Pokok Bahasan, Project Base Learning, Case Method dan Kuis (30%)
2. Ujian Tengah Semester (30%)
3. Ujian Akhir Semester (40%)