Topic outline

  • IDENTITAS UMUM STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

    Selamat datang para mahasiswa pada mata kuliah “Strategi Belajar Mengajar”. Mata kuliah Strategi Belajar Mengajar mengkaji konsep-konsep strategi pembelajaran di sekolah khusunya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Teori dan pengajarannya membahas secara mendalam mengenai strategi belajar mengajar. Mata kuliah ini untuk membekali mahasiswa untuk mampu merancang desain pembelajaran yang efektif. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengusai, merancang, dan mengaplikasikan berbagai stategi, metode, teknik, dan model pembelajaran. Secara umum mata kuliah ini membahas tentang; (1) hakikat strategi belajar mengajar; (2) karakteristik peserta didik; (3) teori belajar, (4), keterampilan dasar mengajar (5) tahapan mengajar, (6) pendekatan, metode, dan model pembelajaran, (7) sumber belajar, (8) pengelolaan kelas, dan (9) keberhasilan belajar mengajar. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami, menyusun dan menganalisis strategi belajar mengajar dalam pengajaran Bahasa Indonesia dengan tepat.

    • KONTRAK KULIAH File 417.9KB PDF document
    • RPS File 344.6KB PDF document
  • TOPIK 1: HAKIKAT BELAJAR MENGAJAR

    • HAKIKAT BELAJAR File 494.6KB Powerpoint 2007 presentation
    • HAKIKAT BELAJAR MENGAJAR File 675.3KB Powerpoint 2007 presentation
  • TOPIK 2: KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

    • KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK File 499.4KB Powerpoint 2007 presentation
  • TOPIK 3: TEORI BELAJAR

    • TEORI BELAJAR File 519.8KB Powerpoint 2007 presentation
  • TOPIK 4: APLIKASI TEORI BELAJAR DALAM PENGAJARAN

    • APLIKASI TEORI BELAJAR DALAM PENGAJARAN File 519.8KB Powerpoint 2007 presentation
  • TOPIK 5: KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

  • TOPIK 9: MODEL, METODE, STRATEGI, PENDEKATAN, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN

    • BAHAN AJAR File 326.4KB Powerpoint 2007 presentation
  • TOPIK 10: MODEL, METODE, STRATEGI, PENDEKATAN, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN

  • TOPIK 11: SUMBER BELAJAR