TELAAH MATERI BAHASA INDONESIA
SRI WAHYUNI

TELAAH MATERI BAHASA INDONESIA

Materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Materi yang ditentukan untuk kegiatan pembelajaran hendaknya materi yang benar-benar menunjang tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta tercapainya indikator . Agar guru dapat membuat persiapan yang baik, guru dituntut memahami berbagai aspek yang berkaitan dengan bagaimana menelaah dan mengembangkan materi pembelajaran, baik berkaitan dengan hakikat, fungsi, prinsip, maupun prosedur pengembangan materi serta mengukur efektivitas persiapan tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, mata kuliah ini perlu dipahami oleh mahasiswa dengan baik agar memiliki kompetensi dalam mengembangkan materi pembelajaran di sekolah,

PUISI INDONESIA
AGUS MILU SUSETYO, M.PD Spada Dosen

PUISI INDONESIA

Assalamulaikum wr, wb

Prosa merupakan jenis karya tulis bebas yang tidak terikat diksi, irama dan rima. Karya tulis ini berkembang pesat di Indonesia. Prosa sendiri bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu prosa lama dan prosa baru. Pernahkan mendengar istilah hikayat, dongeng, mitos, fabel dll, itu semua merupakan sebagian kecil dari jenis prosa. Belum lagi disaat penikmat sastra yang sedang jalan-jalan ke toko buku, akan ditemuan beragam novel, cerpen, komik, kumpulan dongeng dll. Pernahkah juga di antara kita menonton bioskop yang filmnya teradaptasi dari novel best seller. Hal ini membuktikan prosa dan segala perkembangannya telah hidup di antara kesibukan manusia dan terus berkembang seiring perkembangan jaman. Belum lagi mungkin sebagian di antara kita pernah menangis, terharu, sedih, marah, tersenyum hingga tertawa setelah membaca prosa (novel, cerpen, komik dll). 

Adanya mata kuliah prosa Indonesia diharapkan mahasiswa mampu menguasai dan mengapresiasi konsep teoretis karya sastra prosa dan ruang lingkup kajiannya sebagai dasar dalam pembelajaran sastra secara kritis. Dengan luasnya kajian dan materi tentang prosa Indonesia tidak akan cukup jika mengandalkan pembelajaran konvesional

Mata kuliah ini menyajikan  (1) hakikat dan tujuan apresiasi prosa fiksi, (2) ragam dan struktur prosa fiksi Indonesia, (3) pendekatan apresiasi prosa fiksi; (4) bekal apresiator; (5) tahapan apresiasi,  dan (6) apresiasi ragam prosa fiksi Indonesia. Sistem perkuliahan pada matakuliah ini menggunakan sistem Hybrid/Blended artinya ada kolaborasi antara pertemuan di kelas dan di e-learning.


SELAMAT BELAJAR DAN SEMOGA SUKSES