Weekly outline

  • General

  • Kontrak Kuliah

  • Karakteristik Seni dan Budaya di Berbagai Wilayah di Indonesia

  • Penguatan Konsep Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa dan Keterampilan

  • Penyusunan Konsep Pengembangan Teknologi Dalam Pembentukan Kreativitas Seni Dan Budaya Sekolah Dasar

  • Refleksi Penyusunan Konsep Pengembangan Teknologi Dalam Pembentukan Kreativitas Seni Dan Budaya Sekolah Dasar

    pertemuan 5

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Sahabat Mahasiswa berikut merupakan video pembelajaran di pertemuan ke-5. Silahkan saudara/i menyaksikan video pembelajaran MK Pengembangan Kreatrivitas Seni Budaya di SD. Materi ini merupakan kelanjutan dari pertemuan 4. Teman-teman mahasiswa pada pertemuan ini merupakan kegiatan refleksi dari pertemuan ke-4. Berikut deskripsi Matakuliah ini.

    Deskripsi Topik Materi Ajar : Pada materi di pertemuan ke-4 yaitu mahasiswa mampu menjelaskan, menyebutkan, megidentifikasi, memberi contoh, serta merancang video tentang pemanfaatan teknologi dalam pembentukan Kreativitas Seni dan Budaya

    CPMK :

    CPMK-1

    Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious (S-1)

    CPMK-2

    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain (S-5)

    CPMK-3

    Menunjukkasikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)

    CPMK-4

    Menguasai pengetahuan konseptual kreativitas seni dan budaya SD yang meliputi gabungan antara seni musik, senitari, seni rupa dan keterampilan (P-3)

    CPMK-5

    Menguasai pengetahuan seni musik,seni tari, seni rupa dan prakarya  yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal (P-8)

    CPMK-6

    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa dalam ranah sekolah dasar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU-1)

    CPMK-7

    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam berkreativitas seni khususnya untuk SD.(KU-2)

    CPMK-8

    Mampu menerapkan pengetahuan seni dan budaya melalui perancangan dan pelaksanaan kreativitas seni dan budaya yang dihasilkan (KK-3)


    Indikator :

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan teknologi
    2. Mahasiswa mampu menyebutkan jenis-jenis teknologi yang dimanfaatkan dalam kegaiatan kreativitas seni budaya
    3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan teknologi dalam kreatifitas seni budaya di SD
    4. Mahasiswa mampu memberikan contoh pemanfaatan teknologi
    5. Mahasiswa mampu merancang video pemanfaatan teknologi dalam kegiatan seni dan budaya

    PENYUSUNAN KONSEP PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM PEMBENTUKAN KREATIVITAS   SENI DAN BUDAYA SEKOLAH DASAR

    1. Definisi teknologi
    2. Jenis-jenis teknologi
    3. Pemanfaatan teknologi dalam kreativitas seni dan budaya di SD
    4. Memberikan contoh teknologi
    5. Membuat video pemanfaatan teknologi dalam pembentukan kreativitas seni dan budaya di sekolah dasar

  • Penyusunan Rancangan Konsep Materi Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa dan Ketrampilan dalam Rancangan Kreativitas Seni dan Budaya

    pertemuan 6

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Sahabat Mahasiswa berikut merupakan video pembelajaran di pertemuan ke-6. Silahkan saudara/i menyaksikan video pembelajaran MK Pengembangan Kreatrivitas Seni Budaya di SD. Materi ini merupakan kelanjutan dari pertemuan 5.  Berikut deskripsi Matakuliah ini.

    Deskripsi Topik Materi Ajar : Pada materi di pertemuan ke-6 yaitu mahasiswa mampu menyusun Rancangan Konsep Materi Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa dan Ketrampilan dalam Rancangan Kreativitas Seni dan Budaya. Mahasiswa mampu merancang seni tari kreasi baru secara berkelompok.

    CPMK : 

    CPMK-1

    Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious (S-1)

    CPMK-2

    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain (S-5)

    CPMK-3

    Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)

    CPMK-4

    Menguasai pengetahuan konseptual kreativitas seni dan budaya SD yang meliputi gabungan antara seni musik, senitari, seni rupa dan keterampilan (P-3)

    CPMK-5

    Menguasai pengetahuan seni musik,seni tari, seni rupa dan prakarya  yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal (P-8)

    CPMK-6

    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa dalam ranah sekolah dasar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU-1)

    CPMK-7

    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam berkreativitas seni khususnya untuk SD.(KU-2)

    CPMK-8

    Mampu menerapkan pengetahuan seni dan budaya melalui perancangan dan pelaksanaan kreativitas seni dan budaya yang dihasilkan (KK-3)

    CPMK-9

    Mampu menerapkan dan mengembangkan pembelajaran seni  yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan kereativitas seni dan budaya  untuk SD (KK-4)


    Indikator : Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengidentifikasi dan mengembangkan rancangan konsep materi kreativitas seni dan budaya

    PENYUSUNAN RANCANGAN KONSEP MATERI SENI MUSIK, SENI TARI, SENI RUPA DAN KETRAMPILAN DALAM RANCANGAN KREATIVITAS SENI DAN BUDAYA.

    1. Konsep merancang seni tari



  • Penyusunan Rancangan Konsep Materi Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa dan Ketrampilan dalam Rancangan Kreativitas Seni dan Budaya

    pertemuan 7

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Sahabat Mahasiswa berikut merupakan video pembelajaran di pertemuan ke-7. Silahkan saudara/i menyaksikan video pembelajaran MK Pengembangan Kreatrivitas Seni Budaya di SD. Materi ini merupakan kelanjutan dari pertemuan 5-6.  Berikut deskripsi Matakuliah ini.

    Deskripsi Topik Materi Ajar : Pada materi di pertemuan ke-7 yaitu mahasiswa mampu menyusun Rancangan Konsep Materi Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa dan Ketrampilan dalam Rancangan Kreativitas Seni dan Budaya. Mahasiswa mampu merancang seni tari kreasi baru secara berkelompok.

    CPMK :

    CPMK-1

    Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious (S-1)

    CPMK-2

    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain (S-5)

    CPMK-3

    Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)

    CPMK-4

    Menguasai pengetahuan konseptual kreativitas seni dan budaya SD yang meliputi gabungan antara seni musik, senitari, seni rupa dan keterampilan (P-3)

    CPMK-5

    Menguasai pengetahuan seni musik,seni tari, seni rupa dan prakarya  yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal (P-8)

    CPMK-6

    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa dalam ranah sekolah dasar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU-1)

    CPMK-7

    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam berkreativitas seni khususnya untuk SD.(KU-2)

    CPMK-8

    Mampu menerapkan pengetahuan seni dan budaya melalui perancangan dan pelaksanaan kreativitas seni dan budaya yang dihasilkan (KK-3)

    CPMK-9

    Mampu menerapkan dan mengembangkan pembelajaran seni  yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan kereativitas seni dan budaya  untuk SD (KK-4)

    Indikator : Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengidentifikasi dan mengembangkan rancangan konsep materi kreativitas seni dan budaya

    PENYUSUNAN RANCANGAN KONSEP MATERI SENI MUSIK, SENI TARI, SENI RUPA DAN KETRAMPILAN DALAM RANCANGAN KREATIVITAS SENI DAN BUDAYA.

    1. Konsep merancang seni tari

  • Ujian Tengah Semester (UTS)

    UTS

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Hello mahasiswa PGSD bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga dalam keadaan sehat dan semangat untuk menjalankan aktivitas. Selamat datang dipertemuan ke-8 yaitu Ujian Tengah Semester (UTS). Dalam pertemuan ke-8 merupakan minggu teman-teman mahasiswa untuk praktik membuat tari kreasi baru. Silahkan membuat video seni tari kreasi baru secara berkelompok. Penilaian dari kegiatan ini yaitu keluwesan dalam menari, kekompakan antar kelompok, makna dalam tari, kostum, makeup, kesesuaian musik, dan manajemen pementasan. Upload video pada laman Youtube dengan #UTSSeniTariKreasiBaruPDK. 

  • Manajamen Pagelaran Seni di SD

    pertemuan 9

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Sahabat Mahasiswa berikut merupakan video pembelajaran di pertemuan ke-9. Silahkan teman-teman mahasiswa belajar dahulu menggunakan Power Point pada MK Pengembangan Kreatrivitas Seni Budaya di SD materi manajemen pagelaran seni di SD. Berikut deskripsi Matakuliah ini.

    Deskripsi Topik Materi Ajar : Pada materi di pertemuan ke-9 yaitu mahasiswa mampu menjelaskan definisi, fungsi, manfaat, serta mampu merancang manajemen pagelaran seni di SD. Materi ini perlu teman-teman dalami karena untuk membelajarkan diri ketika kelak menjadi seorang guru dalam merancang kegiatan pembelajaran di SD yang berhubungan dengan pementasan.

    CPMK :

    CPMK-1

    Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious (S-1)

    CPMK-2

    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain (S-5)

    CPMK-3

    Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)

    CPMK-4

    Menguasai pengetahuan konseptual kreativitas seni dan budaya SD yang meliputi gabungan antara seni musik, senitari, seni rupa dan keterampilan (P-3)

    CPMK-5

    Menguasai pengetahuan seni musik,seni tari, seni rupa dan prakarya  yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal (P-8)

    CPMK-6

    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa dalam ranah sekolah dasar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU-1)

    CPMK-7

    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam berkreativitas seni khususnya untuk SD.(KU-2)

    Indikator :

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian manajemen pagelaran di SD
    2. Mahasiswa mampu menjelaskan Fungsi manajemen pagelaran di SD
    3. Mahasiswa mampu menjelaskan  Manfaat manajemen pagelaran di SD
    4. Mahasiswa mampu Menyusun manajemen pagelaran di SD

    MANAJEMEN PERGELARAN SENI SEKOLAH DASAR

    1. Pengertian manajemen pagelaran di SD
    2. Fungsi manajemen pagelaran di SD
    3. Manfaat manajemen pagelaran di SD
    4. Menyusun manajemen pagelaran di SD

  • Implementasi Konsep Kreativitas Seni dan Budaya di SD

    pertemuan 10

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Sahabat Mahasiswa berikut merupakan video pembelajaran di pertemuan ke-10. Silahkan teman-teman mahasiswa belajar dahulu menggunakan Power Point pada MK Pengembangan Kreatrivitas Seni Budaya di SD materi Ketepatan melakukan proses dan implementasi konsep kreativitas seni dan budaya SD. Berikut deskripsi Matakuliah ini.

    Deskripsi Topik Materi Ajar : Pada materi di pertemuan ke-10 yaitu mahasiswa mampu menjelaskan definisi, fungsi, manfaat, serta melaksanakan observasi di sekolah terkait kegiatan Kreativitas seni budaya di SD

    CPMK :

    CPMK-1

    Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious (S-1)

    CPMK-2

    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain (S-5)

    CPMK-3

    Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)

    CPMK-4

    Menguasai pengetahuan konseptual kreativitas seni dan budaya SD yang meliputi gabungan antara seni musik, senitari, seni rupa dan keterampilan (P-3)

    CPMK-5

    Menguasai pengetahuan seni musik,seni tari, seni rupa dan prakarya  yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal (P-8)

    CPMK-6

    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa dalam ranah sekolah dasar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU-1)

    CPMK-7

    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam berkreativitas seni khususnya untuk SD.(KU-2)


    Indikator :

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kreativitas budaya di SD
    2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi kreativitas budaya di SD
    3. Mahasiswa mampu membedakan kegiatan kreatifitas di SD melalui wawancara dengan guru kelas
    4. Merancang video analisis kegiatan kreativitas di SD

    IMPLEMENTASI KONSEP KREATIVITAS SENI DAN BUDAYA SD

    1. Definisi konsep kreativitas budaya di SD
    2. Jenis-jenis kegiatan kreativitas di SD
    3. Perbedaan kegiatan kreativitas seni budaya di SD melalui wawancara
    4. Merancang hasil observasi dari sekolah

  • Ketepatan Menerapkan Evaluasi Selama Proses Pengkaryaan

    1

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Sahabat Mahasiswa berikut merupakan video pembelajaran di pertemuan ke-11. Silahkan teman-teman mahasiswa belajar dahulu menggunakan Power Point pada MK Pengembangan Kreatrivitas Seni Budaya di SD materi Ketepatan melakukan proses dan implementasi konsep kreativitas seni dan budaya SD. Perlu teman-teman mahasiswa ketahui bahwa materi ini merupakan kelanjutan dari pertemuan 10. Berikut deskripsi Matakuliah ini.

    Deskripsi Topik Materi Ajar : Pada materi di pertemuan ke-11 yaitu mahasiswa mampu menjelaskan definisi, fungsi, manfaat, serta melaksanakan observasi di sekolah terkait kegiatan Kreativitas seni budaya di SD

    CPMK :

    CPMK-1

    Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious (S-1)

    CPMK-2

    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain (S-5)

    CPMK-3

    Menunjukkasikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)

    CPMK-4

    Menguasai pengetahuan konseptual kreativitas seni dan budaya SD yang meliputi gabungan antara seni musik, senitari, seni rupa dan keterampilan (P-3)

    CPMK-5

    Menguasai pengetahuan seni musik,seni tari, seni rupa dan prakarya  yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal (P-8)

    CPMK-6

    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa dalam ranah sekolah dasar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU-1)

    CPMK-7

    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam berkreativitas seni khususnya untuk SD.(KU-2)


    Indikator :

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kreativitas budaya di SD
    2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi kreativitas budaya di SD
    3. Mahasiswa mampu membedakan kegiatan kreatifitas di SD melalui wawancara dengan guru kelas
    4. Merancang video analisis kegiatan kreativitas di SD

    IMPLEMENTASI KONSEP KREATIVITAS SENI DAN BUDAYA SD

    1. Definisi konsep kreativitas budaya di SD
    2. Jenis-jenis kegiatan kreativitas di SD
    3. Perbedaan kegiatan kreativitas seni budaya di SD melalui wawancara
    4. Merancang hasil observasi dari sekolah

  • Ketepatan Melakukan Refleksi Diri Terkait Proses Kreativitas Seni Dan Budaya SD

    1

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Sahabat Mahasiswa berikut merupakan video pembelajaran di pertemuan ke-12. Silahkan teman-teman mahasiswa belajar dahulu menggunakan video pembelajaran pada MK Pengembangan Kreatrivitas Seni Budaya di SD materi Pergelaran Seni di SD. Perlu teman-teman mahasiswa ketahui bahwa materi ini merupakan kelanjutan dari pertemuan 11. Berikut deskripsi Matakuliah ini.

    Deskripsi Topik Materi Ajar : Pada materi di pertemuan ke-12 mahasiswa akan belajar kegiatan reflesi diri setelah melakukan pagelaran seni di SD, serta melaksanakan evaluasi kegiatan guna mendapatkan masukan sehingga pagelaran dapar berjalan dengan baik. 

    CPMK :

    CPMK-1

    Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious (S-1)

    CPMK-2

    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain (S-5)

    CPMK-3

    Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)

    CPMK-4

    Menguasai pengetahuan konseptual kreativitas seni dan budaya SD yang meliputi gabungan antara seni musik, senitari, seni rupa dan keterampilan (P-3)

    CPMK-5

    Menguasai pengetahuan seni musik,seni tari, seni rupa dan prakarya  yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal (P-8)

    CPMK-6

    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa dalam ranah sekolah dasar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU-1)

    CPMK-7

    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam berkreativitas seni khususnya untuk SD.(KU-2)

    CPMK-8

    Mampu menerapkan pengetahuan seni dan budaya melalui perancangan dan pelaksanaan kreativitas seni dan budaya yang dihasilkan (KK-3)

    CPMK-9

    Mampu menerapkan dan mengembangkan pembelajaran seni  yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan kereativitas seni dan budaya  untuk SD (KK-4)

    Indikator :

    1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis kreativitas budaya di SD melalui wawancara di sekolah
    2. Mahasiswa mampu Menyusun pagelaran seni di sekolah dasar
    3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi budaya jawa timuran
    4. Mahasiswa mampu merancang pagelaran budaya jawa timuran

    PERGELARAN SENI SEKOLAH DASAR

    1. Jenis-jenis kegiatan kreativitas budaya di SD
    2. Menyusun pagelaran seni di SD
    3. Mengidentifikasi budaya jawa timuran
    4. Merancang pagelaran budaya jawa timuran
    5. Mempraktikan seni budaya jawa timuran


  • Ketepatan Dalam Menyajikan Kreativitas Seni Dan Budaya Siswa Sekolah Dasar Dalam Bentuk Pergelaran Seni Secara Kolektif

    1

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Sahabat Mahasiswa berikut merupakan video pembelajaran di pertemuan ke-13. Silahkan teman-teman mahasiswa belajar dahulu menggunakan video pembelajaran pada MK Pengembangan Kreatrivitas Seni Budaya di SD materi Pergelaran Seni di SD. Perlu teman-teman mahasiswa ketahui bahwa materi ini merupakan kelanjutan dari pertemuan 12. Berikut deskripsi Matakuliah ini.

    Deskripsi Topik Materi Ajar : Pada materi di pertemuan ke-13 mahasiswa akan belajar kegiatan refleksi diri setelah melakukan pagelaran seni di SD, serta melaksanakan evaluasi kegiatan guna mendapatkan masukan sehingga pagelaran dapar berjalan dengan baik. 

    CPMK :

    CPMK-1

    Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious (S-1)

    CPMK-2

    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain (S-5)

    CPMK-3

    Menunjukkasikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)

    CPMK-4

    Menguasai pengetahuan konseptual kreativitas seni dan budaya SD yang meliputi gabungan antara seni musik, senitari, seni rupa dan keterampilan (P-3)

    CPMK-5

    Menguasai pengetahuan seni musik,seni tari, seni rupa dan prakarya  yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal (P-8)

    CPMK-6

    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa dalam ranah sekolah dasar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU-1)

    CPMK-7

    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam berkreativitas seni khususnya untuk SD.(KU-2)

    CPMK-8

    Mampu menerapkan pengetahuan seni dan budaya melalui perancangan dan pelaksanaan kreativitas seni dan budaya yang dihasilkan (KK-3)

    CPMK-9

    Mampu menerapkan dan mengembangkan pembelajaran seni  yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan kereativitas seni dan budaya  untuk SD (KK-4)

    Indikator :

    1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis kreativitas budaya di SD melalui wawancara di sekolah
    2. Mahasiswa mampu Menyusun pagelaran seni di sekolah dasar
    3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi budaya jawa timuran
    4. Mahasiswa mampu merancang pagelaran budaya jawa timuran

    PERGELARAN SENI SEKOLAH DASAR

    1. Jenis-jenis kegiatan kreativitas budaya di SD
    2. Menyusun pagelaran seni di SD
    3. Mengidentifikasi budaya jawa timuran
    4. Merancang pagelaran budaya jawa timuran
    5. Mempraktikan seni budaya jawa timuran

  • Merancang Pagelaran Jawa Timuran

    1

    Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Sahabat Mahasiswa berikut merupakan video pembelajaran di pertemuan ke-14. Silahkan teman-teman mahasiswa belajar dahulu menggunakan video pembelajaran pada MK Pengembangan Kreatrivitas Seni Budaya di SD materi Pergelaran Seni di SD. Perlu teman-teman mahasiswa ketahui bahwa materi ini merupakan kelanjutan dari pertemuan 13. Berikut deskripsi Matakuliah ini.

    Deskripsi Topik Materi Ajar : Pada materi di pertemuan ke-14 mahasiswa diminta untuk merancang pagelaran seni tari jawa timuran secara berkelompok.

    CPMK :

    CPMK-1

    Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious (S-1)

    CPMK-2

    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain (S-5)

    CPMK-3

    Menunjukkasikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)

    CPMK-4

    Menguasai pengetahuan konseptual kreativitas seni dan budaya SD yang meliputi gabungan antara seni musik, senitari, seni rupa dan keterampilan (P-3)

    CPMK-5

    Menguasai pengetahuan seni musik,seni tari, seni rupa dan prakarya  yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal (P-8)

    CPMK-6

    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa dalam ranah sekolah dasar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU-1)

    CPMK-7

    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam berkreativitas seni khususnya untuk SD.(KU-2)

    CPMK-8

    Mampu menerapkan pengetahuan seni dan budaya melalui perancangan dan pelaksanaan kreativitas seni dan budaya yang dihasilkan (KK-3)

    CPMK-9

    Mampu menerapkan dan mengembangkan pembelajaran seni  yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan kereativitas seni dan budaya  untuk SD (KK-4)

    Indikator :

    1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis kreativitas budaya di SD melalui wawancara di sekolah
    2. Mahasiswa mampu Menyusun pagelaran seni di sekolah dasar
    3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi budaya jawa timuran
    4. Mahasiswa mampu merancang pagelaran budaya jawa timuran

    PERGELARAN SENI SEKOLAH DASAR

    1. Jenis-jenis kegiatan kreativitas budaya di SD
    2. Menyusun pagelaran seni di SD
    3. Mengidentifikasi budaya jawa timuran
    4. Merancang pagelaran budaya jawa timuran
    5. Mempraktikan seni budaya jawa timuran



  • Ketepatan Menyusun Laporan dan Evaluasi Seni Tari

    1Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat mahasiswa pada hari ini? Semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME dan selalu diberi keberkahan nikmat sehat dan semangat dalam menjalankan perkualiahan. Sahabat mahasiswa jangan lupa untuk selalu berdoa setiap akan melaksanakan perkuliahan agar ilmu yang diperoleh menjadi keberkahan pada saat menjadi mahasiswa maupun ketika sudah menjadi guru SD. Sahabat Mahasiswa berikut merupakan video pembelajaran di pertemuan ke-15. Silahkan teman-teman mahasiswa belajar dahulu menggunakan materi pembelajaran pada MK Pengembangan Kreatrivitas Seni Budaya di SD materi Pergelaran Seni di SD. Perlu teman-teman mahasiswa ketahui bahwa materi ini merupakan kelanjutan dari pertemuan 14. Berikut deskripsi Matakuliah ini.

    Deskripsi Topik Materi Ajar : Pada materi di pertemuan ke-1 mahasiswa diminta untuk merancang pagelaran seni tari jawa timuran secara berkelompok serta memberikan laporan serta evaluasi dari seni tari

    CPMK :

    CPMK-1

    Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious (S-1)

    CPMK-2

    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain (S-5)

    CPMK-3

    Menunjukkasikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)

    CPMK-4

    Menguasai pengetahuan konseptual kreativitas seni dan budaya SD yang meliputi gabungan antara seni musik, senitari, seni rupa dan keterampilan (P-3)

    CPMK-5

    Menguasai pengetahuan seni musik,seni tari, seni rupa dan prakarya  yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal (P-8)

    CPMK-6

    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa dalam ranah sekolah dasar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU-1)

    CPMK-7

    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam berkreativitas seni khususnya untuk SD.(KU-2)

    CPMK-8

    Mampu menerapkan pengetahuan seni dan budaya melalui perancangan dan pelaksanaan kreativitas seni dan budaya yang dihasilkan (KK-3)

    CPMK-9

    Mampu menerapkan dan mengembangkan pembelajaran seni  yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan kereativitas seni dan budaya  untuk SD (KK-4)

    Indikator :

    1. Mahasiswa mampu merancang pagelaran budaya jawa timuran
    2. Mahsiswa mampu melaporkan dan mengevaluasi seni tari

    PERGELARAN SENI SEKOLAH DASAR

    1. Merancang pagelaran budaya jawa timuran
    2. Merancang laporan dan evaluasi seni tari


  • Ujian Akhir Semester (UAS)

    1

    Assalamu'alaikum, wr. wb. Hello sahabat mahasiswa. Tidak terasa sudah memasuki pertemuan ke-16 yaitu akhir dari perkuliahan. Pada minggu UAS ini mahasiswa diharapkan telah menyelesaikan segala tugas atau tagihan dari pertemuan sebelumnya. Jangan sampai nilai teman-teman mahasiswa masih kosong. Matakuliah merupakan bagian dari keilmuan teman-teman mahasiswa kelak menjadi guru SD.