General
Assalamu'alaikum. Wr. Wb sahabat mahasiswa yang berbahagia
Selamat bergabung pada LMS SPADA Indonesia pada matakuliah Pengembangan Kreativitas Seni Budaya di SD Program Studi PGSD dengan saya Bapak Moh. Farid Nurul Anwar, M.Pd dari Universitas Tribhuwana Tunggadewi dan Bapak Marsela Luruk Bere, M.Pd dari STKIP Sinar Pancasila. Sahabat mahasiswa bisa memanggil kami Pak Farid dan Bu Mega. Matakuliah ini di ampu oleh dua dosen untuk pertemuan 1 sampai 8 kuliah bersama Pak Farid sedangkan pertemuan 9 sampai 16 bersama ibu Mega.Sahabat sebelum belajar hendaknya berdoa sesuai keyakinan masing-masing.
Mata Kuliah ini, merupakan MK Wajib bagi mahasiswa Prodi PGSD Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Matakuliah ini mengajak sahabat PGSD untuk mampu mengkreasikan kesenian tari, musik di sekolah dasar. Karena pada hakikatnya guru SD merupakan guru yang serba bisa. Kemampuan mahasiswa juga harus dikembangkan melalui matakuliah ini.Deskripsi MK : Mata kuliah ini memberikan bekal pada mahasiswa untuk membuat karya atau pertunjukan sederhana bagi siswa sekolah dasar. Materi didalamnya merupakan perpaduan antara seni musik, seni tari, seni rupa dan keterampilan yang dikemas dalam satu sajian pergelaran seni.
CPL MK :CPL – 1 (S)
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
CPL – 5 (S)
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
CPL – 9 (S)
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
CPL – 3 (P)
Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK.
CPL – 8 (P)
Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal
CPL – 1 (KU)
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
CPL – 2 (KU)
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
CPL – 3 (KK)
Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.
CPL – 4 (KK)
Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar
CPMK MK :CPMK-1
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious (S-1)
CPMK-2
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain (S-5)
CPMK-3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)
CPMK-4
Menguasai pengetahuan konseptual kreativitas seni dan budaya SD yang meliputi gabungan antara seni musik, senitari, seni rupa dan keterampilan (P-3)
CPMK-5
Menguasai pengetahuan seni musik,seni tari, seni rupa dan prakarya yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal (P-8)
CPMK-6
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa dalam ranah sekolah dasar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU-1)
CPMK-7
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam berkreativitas seni khususnya untuk SD.(KU-2)
CPMK-8
Mampu menerapkan pengetahuan seni dan budaya melalui perancangan dan pelaksanaan kreativitas seni dan budaya yang dihasilkan (KK-3)
CPMK-9
Mampu menerapkan dan mengembangkan pembelajaran seni yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan kereativitas seni dan budaya untuk SD (KK-4)
Bahan Kajian MK :Karakteristik seni dan budaya di berbagai wilayah di Indonesia
Penguatan konsep seni musik, seni tari, seni rupa dan ketrampilan
Penyusunan konsep pengembangan teknologi dalam pembentukan kreativitas seni dan budaya sekolah dasar
Penyusunan rancangan konsep materi seni musik, seni tari, seni rupa dan ketrampilan dalam rancangan kreativitas seni dan budaya.
Manajemen pergelaran seni sekolah dasar
Implementasi konsep kreativitas seni dan budaya SD
Pergelaran seni Sekolah Dasar
laporan dan evaluasi akhir pergelaran seni dan budaya SD
Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Hello mahasiswa yang berhagia, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga dalam Lindungan Tuhan YME dan senantiasa giat dalam belajar. Mahasiswa yang berbahagia sebelum mulai perkuliahan silahkan download terlebih dahulu RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang telah Bapak Farid dan Ibu Mega kembangkan. Jika ada hal yang kurang bisa dipahami, mahasiswa hebat bisa diskusi melalui LMS.
Hello mahasiswa, berikut ini merupakan link untuk WAG masing-masing kelas. Bapak/ibu dosen pengampu berharap teman-teman mahasiswa bisa bergabung ke link WAG.
Teman-teman mahasiswa tentunya dalam setiap perkuliahan teman-teman akan memperoleh nilai baik tugas, praktikum, proyek, UTS, UAS, dan kehadiran dalam setiap perkuliahan. Sama halnya dengan matakuliah yang lain pada MK Pengembangan Kreativitas Seni Budaya di SD tema-teman harus senantiasa mengikuti perkuliahan serta mengumpulkan tugas sesuai arahan dosen pengampu. Dalam proses perkuliahan ini dosen pengampu juga akan memberikan remidi jika nilai mahasiswa di bawah rata-rata. Mahasiswa yang baik ketika tidak bisa mengikuti perkuliahan secara Zoom Meeting, mahasiswa wajib untuk Chat dosen pengampu untuk meminta izin tidak bisa menghadiri perkuliahan. Selama perkuliahan mahasiswa wajib menggunakan bahasa yang santun dan baku.
- Teman-teman mahasiswa perlu di ketahui bahwa ada beberapa cara untuk menghubungi dosen pengampu. Berikut tata cara menghubungi dosen yang wajib diperhatikan!
- Perhatikan waktu Perhatikan kapan waktu yang tepat saat ingin menghubungi dosen. Hindari menghubungi di luar jam kerja. Sebab, dosen pun punya waktu untuk keluarga atau istirahat. Cobalah menghubungi di pagi hari atau siang hari selepas jam istirahat kampus.
- Ucapkan salam untuk mengawali pesan. Contoh teks untuk awalan pesan WA misalnya “Selamat pagi atau Assalamu’alaikum Bapak/Ibu”, jangan disingkat seperti “ass” dan bentuk singkatan lainnya.
- Maaf di awal, untuk respon izin Setelah salam, jangan dulu langsung sebut apa keperluan kamu. Ucapkan “Maaf” terlebih dahulu. Mengapa mengucapkan maaf bila tak ada kesalahan? Sebetulnya, tujuan mengucapkan maaf saat berkirim pesan ke dosen adalah untuk menunjukkan kesopanan. Contoh teksnya seperti ini: “Mohon maaf mengganggu waktu Bapak/Ibu."
- Menyampaikan identitas, jangan cuma menyebutkan nama, tapi sebutkan Program Studinya dan dari angkatan berapa.
- Gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam konteks formal dan juga gunakan tanda baca yang tepat. Jangan gunakan kata “otw, sy, tdk, yg, dmn, dll”.
- Sampaikan keperluan dengan singkat, padat dan jelas. Beberapa dosen punya jam terbang tinggi. Jadi sampaikan keperluan dengan dosen secara singkat, padat dan jelas. Tidak perlu berbelit-belit dan banyak basa-basi.
- Jangan memerintah dosen. Kalau mahasiswa ingin janjian untuk ketemu dosen, sebaiknya jangan kamu yang menentukan waktunya. Tanyakan dulu waktu atau hari yang pas kepada dosen.
- Tutup percakapan. Supaya lebih sopan usahakan akhiri setiap pesan yang kamu kirimkan ke dosen di akhiri dengan ucapan “terima kasih”. Jika dosen sudah membalas pesanmu juga jangan lupa sampaikan “Baik Pak, terima kasih”.
- Jangan mengirim pesan yang sama berulang. Kadangkala dosen bukan lupa membalas WA mu. Bisa saja, beliau mengurutkan satu persatu WA yang harus dibalas.
- Matikan (mute) microphone selama pembelajaran online kecuali diminta menghidupkan.
- Jika ingin bertanya gunakan fitur angkat tangan yang terletak di panel peserta.
- Hormatilah orang lain saat mereka berbicara.
- Berpakaianlah yang nyaman dan rapi.
- Nyalakan kamera selama perkuliahan.