MK Pengembangan Kreativitas Seni Budaya di SD

MK

Assalamu'alaikum. Wr. Wb sahabat mahasiswa yang berbahagia
Selamat bergabung pada LMS SPADA Indonesia pada matakuliah Pengembangan Kreativitas Seni Budaya di SD Program Studi PGSD dengan saya Bapak Moh. Farid Nurul Anwar, M.Pd dari Universitas Tribhuwana Tunggadewi dan Bapak Marsela Luruk Bere, M.Pd dari STKIP Sinar Pancasila. Sahabat mahasiswa bisa memanggil kami Pak Farid dan Bu Mega. Matakuliah ini di ampu oleh dua dosen untuk pertemuan 1 sampai 8 kuliah bersama Pak Farid sedangkan pertemuan 9 sampai 16 bersama ibu Mega.

Sahabat sebelum belajar hendaknya berdoa sesuai keyakinan masing-masing.
Mata Kuliah ini, merupakan MK Wajib bagi mahasiswa Prodi PGSD Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Matakuliah ini mengajak sahabat PGSD untuk mampu mengkreasikan kesenian tari, musik di sekolah dasar. Karena pada hakikatnya guru SD merupakan guru yang serba bisa. Kemampuan mahasiswa juga harus dikembangkan melalui matakuliah ini. 

Deskripsi MK : Mata kuliah ini memberikan bekal pada mahasiswa untuk membuat karya atau pertunjukan sederhana bagi siswa sekolah dasar. Materi didalamnya merupakan perpaduan antara seni musik, seni tari, seni rupa dan keterampilan yang dikemas dalam satu sajian pergelaran seni.

CPL MK :

CPL – 1 (S)

Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious.

CPL – 5 (S)

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

CPL – 9 (S)

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

CPL – 3 (P)

Menguasai pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK.

CPL – 8 (P)

Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal

CPL – 1 (KU)

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

CPL – 2 (KU)

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

CPL – 3 (KK)

Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.

CPL – 4 (KK)

Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar


CPMK MK :

CPMK-1

Bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious (S-1)

CPMK-2

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain (S-5)

CPMK-3

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S-9)

CPMK-4

Menguasai pengetahuan konseptual kreativitas seni dan budaya SD yang meliputi gabungan antara seni musik, senitari, seni rupa dan keterampilan (P-3)

CPMK-5

Menguasai pengetahuan seni musik,seni tari, seni rupa dan prakarya  yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal (P-8)

CPMK-6

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa dalam ranah sekolah dasar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. (KU-1)

CPMK-7

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam berkreativitas seni khususnya untuk SD.(KU-2)

CPMK-8

Mampu menerapkan pengetahuan seni dan budaya melalui perancangan dan pelaksanaan kreativitas seni dan budaya yang dihasilkan (KK-3)

CPMK-9

Mampu menerapkan dan mengembangkan pembelajaran seni  yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan kereativitas seni dan budaya  untuk SD (KK-4)


Bahan Kajian MK :

Karakteristik seni dan budaya di berbagai wilayah di Indonesia

Penguatan konsep seni musik, seni tari, seni rupa dan ketrampilan

Penyusunan konsep pengembangan teknologi dalam pembentukan kreativitas seni dan budaya sekolah dasar

Penyusunan rancangan konsep materi seni musik, seni tari, seni rupa dan ketrampilan dalam rancangan kreativitas seni dan budaya.

Manajemen pergelaran seni sekolah dasar

Implementasi konsep kreativitas seni dan budaya SD

Pergelaran seni Sekolah Dasar                                

laporan dan evaluasi akhir pergelaran seni dan budaya SD


(No announcements have been posted yet.)