PENGEMBANGAN FISIK-MOTORIK AUD
Nama : NOOR BAITI, M.Pd Email: noorbaiti055@gmail.com No Hp: 085157693011 Jabatan: Dosen Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
||
Mata Kuliah | : | PENGEMBANGAN FISIK-MOTORIK AUD |
Kode | : | AUD3113 |
Program Studi | : | S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Perguruan Tinggi | : | Universitas Muhammadiyah Banjarmasin |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Metode Pengembangan Fisik Motorik AUD3113
Selamat datang pada mata kuliah AUD3113 Metode Pengembangan Fisik Motorik. Serangkaian kegiatan akan Anda lalui pada mata kuliah ini. Dosen pada mata kuliah ini akan menjadi fasilitator selama Anda malaksanakan kegiatan melalui perkuliahan. Proses pembelajaran bersama Anda akan dilaksanakan melalui perkuliahan. Pertemuan perkuliahan ini akan dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan, 1 kali UTS dan 1 kali UAS. Pada pertemuan pertama silakan mahasiswa mempelajari peta konsep dari materi yang Anda pelajari. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan fisik motorik anak Taman Kanak kanak (TK). Di samping mengkaji Modul dan program video serta mengikuti perkuliahan tatap muka, mahasiswa dituntut pula untuk mempraktikkan materi yang telah dikuasainya. Mata kuliah ini mengkaji tentang Dalam perkuliahan ini dibahas hakikat dan tahapan pengembangan fisik motorik anak usia dini, strategi pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak.
CPMK1 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan bidang keahliannya secara mandiri (CPL1) CPMK2 Menguasai konsep teoritis asesmen dalam pendidikan anak usia dini secara mendalam terutama pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik AUD (CPL2) CPMK3 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (CPL3) CPMK4 Mampu mendesain asesmen anak usia dini sesuai tahapan perkembangan fisik motorik AUD melalui metode dan teknik penilaian secara tepat (CPL4).
Bahan Kajian
Mata kuliah ini dilengkapi dengan video pembelajaran pada mata kuliah. Bahan Kajian:
1. Hakikat dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan perkembangan fisik motorik anak
2. Tahap perkembangan fisik motorik untuk anak usia dini dan peran guru dalam mengembangkannya
3. Ruang lingkup dan jenis perkembangan fisik motorik halus dan kasar anak usia dini
4. Strategi umum dan khusus kegiatan pengembangan motorik halus dan kasar
5. Ragam gerak dasar pada anak
6. Variasi dan kombinasi gerak dasar pada anak
7. Gerak ritmis anak usia dini dan Unsur unsur kesegaran jasmani dan strategi membelajarkannya
8. Permainan fisik motorik untuk anak usia dini
9. Rancangan kegiatan pengembangan fisik motorik anak usia dini melalui permainan kreatif
Sebelum memulai pembelajaran, harap perhatikan petunjuk berikut agar Anda dapat memahami Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan baik dan memaksimalkan pengalaman belajar:
-
Baca RPS Secara Menyeluruh: Luangkan waktu untuk membaca RPS secara keseluruhan. Pastikan Anda memahami setiap bagian, mulai dari deskripsi mata kuliah hingga kompetensi yang diharapkan.
-
Pahami Tujuan Pembelajaran: Identifikasi tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan ini akan menjadi acuan bagi Anda dalam memahami apa yang perlu dicapai selama semester ini.
-
Perhatikan Materi dan Topik: Catat daftar materi dan topik yang akan dibahas selama perkuliahan. Ini akan membantu Anda mempersiapkan diri sebelum setiap pertemuan.
-
Jadwal dan Kehadiran: Perhatikan jadwal perkuliahan dan kebijakan kehadiran. Pastikan Anda hadir secara rutin dan mengikuti setiap sesi dengan aktif.
-
Evaluasi dan Tugas: Kenali sistem evaluasi yang akan digunakan, termasuk jenis tugas, kuis, dan ujian. Pahami kriteria penilaian untuk setiap kegiatan evaluasi.
-
Bahan Bacaan dan Sumber Belajar: Siapkan diri untuk membaca bahan bacaan yang direkomendasikan. Ini termasuk buku, artikel, dan sumber-sumber lain yang relevan dengan topik
-
Partisipasi Aktif: Jadilah peserta yang aktif dalam diskusi kelas. Ajukan pertanyaan dan berbagi pandangan Anda terkait materi yang dibahas.
-
Lakukan Refleksi: Setelah setiap pertemuan, luangkan waktu untuk merenungkan apa yang telah dipelajari. Pikirkan tentang bagaimana konsep-konsep tersebut dapat diterapkan
-
Siapkan Diri untuk Diskusi dan Kerja Kelompok: Siapkan diri untuk terlibat dalam diskusi kelompok dan kolaborasi dengan teman sekelas. Ini adalah kesempatan untuk memperdalam pemahaman dan mendapatkan sudut pandang yang berbeda.
-
Komunikasi dengan Dosen: Jangan ragu untuk menghubungi dosen jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan klarifikasi mengenai materi atau RPS. Komunikasi yang baik akan membantu Anda dalam proses belajar.
Dengan mengikuti petunjuk ini, Anda akan lebih siap untuk memahami dan mengikuti mata kuliah Selamat belajar!
-