Topic outline

  • PENGEMBANGAN FISIK-MOTORIK AUD



     

    Nama : NOOR BAITI, M.Pd

    Email: noorbaiti055@gmail.com

    No Hp: 085157693011

    Jabatan: Dosen Pendidikan Islam Anak Usia Dini


    Mata Kuliah   :   PENGEMBANGAN FISIK-MOTORIK AUD
    Kode   :   AUD3113
    Program Studi   :   S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    Perguruan Tinggi   :   Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    Metode Pengembangan Fisik Motorik AUD3113

    Selamat datang pada mata kuliah AUD3113 Metode Pengembangan Fisik Motorik. Serangkaian kegiatan akan Anda lalui pada mata kuliah ini. Dosen pada mata kuliah ini akan menjadi fasilitator selama Anda malaksanakan kegiatan melalui perkuliahan. Proses pembelajaran bersama  Anda akan dilaksanakan melalui perkuliahan. Pertemuan perkuliahan ini akan dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan, 1 kali UTS dan 1 kali UAS. Pada pertemuan pertama silakan mahasiswa mempelajari peta konsep dari materi yang Anda pelajari.  Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan fisik motorik anak Taman Kanak kanak (TK). Di samping mengkaji Modul dan program video serta mengikuti perkuliahan tatap muka, mahasiswa dituntut pula untuk mempraktikkan materi yang telah dikuasainya. Mata kuliah ini mengkaji tentang Dalam perkuliahan ini dibahas hakikat dan tahapan pengembangan fisik motorik anak usia dini, strategi pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak.

    CPMK1 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan bidang keahliannya secara mandiri (CPL1) CPMK2 Menguasai konsep teoritis asesmen dalam pendidikan anak usia dini secara mendalam terutama pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik AUD (CPL2) CPMK3 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (CPL3) CPMK4 Mampu mendesain asesmen anak usia dini sesuai tahapan perkembangan fisik motorik AUD melalui metode dan teknik penilaian secara tepat (CPL4).

    Bahan Kajian

    Mata kuliah ini dilengkapi dengan video pembelajaran pada mata kuliah. Bahan Kajian:
    1. Hakikat dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan perkembangan fisik motorik anak 
    2. Tahap perkembangan fisik motorik untuk anak usia dini dan peran guru dalam mengembangkannya
    3. Ruang lingkup dan jenis perkembangan fisik motorik halus dan kasar anak usia dini 
    4. Strategi umum dan khusus kegiatan pengembangan motorik halus dan kasar
    5. Ragam gerak dasar pada anak
    6. Variasi dan kombinasi gerak dasar pada anak
    7. Gerak ritmis anak usia dini dan Unsur unsur kesegaran jasmani dan strategi membelajarkannya
    8. Permainan fisik motorik untuk anak usia dini
    9. Rancangan kegiatan pengembangan fisik motorik anak usia dini melalui permainan kreatif


  • Pertemuan ke 1

                                                  Hakikat dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan perkembangan fisik motorik anak

    Selamat berjumpa mahasiswa Program SI Pendidikan Islam Anak Usia Dini, pada pertemuan pertama. Materi yang akan dibahas tentang: 

    • Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan tentang Hakikat dan faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik (C2,A3)

          1.1 Ketepatan Hakikat perkembangan fisik motorik anak

          1.2 Ketepatan menjelaskan perkembangan fisik motorik halus dan kasar

          1.3 Ketepatan menjelaskan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik anak

    Pada  pertemuan ini, Anda kembali akan mempelajari materi dalam bentuk power point. Power ponit yang disertakan akan membantu anda mempelajari materi bahan ajar utama Anda dalam bentuk modul. Silakan pula anda mengisi forum diskusi untuk aktivitas Anda dalam perkuliahan ini dan akan mempunyai kontribusi nilai.

                                       

  • Pertemuan ke 2

                                              Tahap perkembangan fisik motorik untuk anak usia dini dan peran guru dalam mengembangkannya   

    Selamat berjumpa kembali pada pertemuan kedua, Anda diharapkan sudah mempelajari dengan seksama modul. Untuk menambah wawasan Anda ikuti diskusi yang terdapat pada pertemuan kedua. Selain itu, mahasiswa dapat  mempelajari materi dalam bentuk power point. Power point yang disertakan akan membantu anda mempelajari materi bahan ajar utama Anda dalam bentuk modul. Silakan pula anda mengisi forum diskusi untuk aktivitas Anda dalam perkuliahan ini dan akan mempunyai kontribusi nilai. Capaian pembelajaran yang dapat Anda kuasai adalah 

    Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan tahap pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik anak usia dini (C2,A3) 

    2.1 Ketepatan menjelaskan tahap pertumbuhan fisik motorik anak

    2.2 Ketepatan menjelaskan perkembangan fisik motorik anak

    2.3 Peran guru dalam Mengembangk an fisik 

                              
  • Pertemuan ke 3

                                                Ruang lingkup perkembangan fisik motorik halus dan kasar anak usia dini

    Assalammu’alaikum Warahmatuallahi Wabarakatuh

    Selamat berjumpa kembali mahasiswa S1 PIAUD Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada pertemuan kali mata kuliah Metode Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini.

    Pengembangan Fisik Motorik AUD merupakan adalah satu aspek penting yang perlu diperhatikan oleh pendidik anak usia dini termasuk orang tua karena pengembangan Fisik Motorik AUD membutuhkan stimulasi serta berpengaruh terhadap keberhasilan anak di masa yang akan datang. 

    Bagaimana kabar Anda? Tetap semangat ya. Anda pasti sudah mempelajari dengan seksama modul Anda bukan? pada petemuan ini, disampaikan pula power point yang dapat membantu Anda menguasai materi dengan baik. Selamat Belajar! 

    Pada pertemuan ini kita akan bahas terkait dengan Capaian Pembelajarannya ialah:

    Sub-CPMK3: mampu membedakan ruang lingkup perkembangan fisik motorik halus dan kasar anak usia dini (C2,A3) 

    Metode pembelajaran yang digunakan ialah • Kuliah • Discovery learning diskusi • Case Methode • dalam kelompok (PB: 1x (3x50 menit)

    Informasi Sumber Belajar Utama (Modul), Modul 3: Ruang lingkup perkembangan fisik motorik halus dan kasar anak usia dini

    Penjelasan Singkat Materi yang Akan Dipelajari yaitu Kemampuan dasar atau potensi adalah suatu kesanggupan/kecakapan/kekuatan seorang anak manusia untuk berkembang yang merupakan pembawaan sejak lahir, Fisik Motorik anak usia 3-6 tahun adalah semua aktivitas/ kegiatan yang ditampakkan oleh anak berusia 3-6 tahun yang merupakan tanggapan reaksi terhadap rangsangan atau lingkungan

    Selamat Belajar , semoga sukses !

    Adapun penjelasan singkat materi pada pertemuan kali ini ialah:

    1. Perkembangan Motorik Kasar

    Perkembangan Motorik Kasar: Berkembang lebih awal pada anak dan meliputi keterampilan yang memungkinkan anak untuk bergerak secara bebas, seperti berdiri, berjalan, berlari, melompat, dan menendang bola. Pada usia 2-3 tahun, anak biasanya sudah mulai mampu menaiki tangga, melompat, dan bermain permainan fisik yang melibatkan otot besar.  Motorik kasar melibatkan otot-otot besar dan kemampuan untuk mengontrol gerakan tubuh yang lebih luas. Ruang lingkupnya meliputi:

    • Keseimbangan dan Koordinasi:
      • Berjalan, berlari, dan melompat.
      • Memanjat dan menyeimbangkan diri di berbagai permukaan.
    • Kekuatan dan Ketahanan:
      • Mengangkat, mendorong, dan menarik objek.
      • Bermain di luar ruangan yang melibatkan aktivitas fisik seperti bermain bola atau bersepeda.
    • Kemampuan Berlari dan Melompat:
      • Berlari dengan cepat dan menghindari rintangan.
      • Melompat dari ketinggian tertentu dan mendarat dengan aman.
    • Aktivitas yang Melibatkan Keseimbangan Dinamis dan Statis:
      • Berdiri dengan satu kaki.
      • Berjalan di atas garis lurus atau di atas balok keseimbangan.

    2. Perkembangan Motorik Halus

    Perkembangan Motorik Halus: Biasanya berkembang setelah motorik kasar, dan melibatkan kontrol otot-otot kecil, seperti memegang pensil, menggambar garis lurus, merangkai manik-manik, atau menyusun balok. Motorik halus ini sangat penting untuk persiapan keterampilan akademik dan tugas sehari-hari. Motorik halus melibatkan otot-otot kecil dan kemampuan untuk melakukan gerakan yang lebih presisi dan detail. Ruang lingkupnya meliputi:

    • Koordinasi Tangan-Mata:
      • Menangkap dan melempar bola.
      • Bermain dengan balok, puzzle, dan mainan konstruksi.
    • Keterampilan Manipulatif:
      • Menggambar, mewarnai, dan menulis.
      • Menggunakan gunting untuk memotong kertas.
      • Meronce manik-manik atau menggunakan alat makan.
    • Penggunaan Alat dan Objek Kecil:
      • Menggunakan alat makan seperti sendok dan garpu.
      • Membuka dan menutup kancing, ritsleting, dan tali sepatu.

  • Pertemuan ke 4

                                                        Strategi umum dan khusus kegiatan pengembangan motorik halus dan kasar

    Selamat berjumpa kembali mahasiswa S1 PIAUD Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada pertemuan kali ini mata kuliah Metode Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini.

    Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan oleh pendidik anak usia dini Dalam perkuliahan ini dibahas hakikat dan tahapan pengembangan fisik motorik anak usia dini, strategi pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak. Pada sesi ke-4 ini Saudara diharapkan dapat menjelaskan tentang:

    4.1 ketepatan menetapkan strategi umum perkembangan fisik motorik halus dan kasar anak usia dini

    4.2 ketepatan menetapkan strategi khusus perkembanga n fisik motorik halus dan kasar anak usia dini

    Materi pendukung untuk mematangkan pemahaman Saudara tersaji dalam bentuk video dan materi inisiasi. Di akhir sesi, Saudara diminta untuk berdiskusi menganalisis pengembangan moral dan nilai agama serta sosial-emosional anak usia 3-4 tahun melalui tayangan video yang disediakan di halaman pengantar sesi 4. Jangan lupa untuk mengerjakan kuis yang tersedia di sesi 4 ini ya

    Selamat berjumpa pada pertemuan ke empat. Bagaimana kabar Anda? Tetap semangat ya. Anda pasti sudah mempelajari dengan seksama modul Anda bukan? pada petemuan ini, disampaikan pula power point yang dapat membantu Anda menguasai materi dengan baik. Selamat Belajar!  Pada pertemuan ini kita akan bahas terkait 
    Sub-CPMK4: Mampu menetapkan strategi umum dan khusus perkembangan fisik motorik halus dan kasar anak usia dini (C3,A3)
    Penjelasan Singkat Mengenai Materi yaitu : 

    Strategi pengembangan fisik motorik pada anak usia dini perlu dirancang dengan memperhatikan keseimbangan antara motorik kasar dan halus, lingkungan yang aman, serta keterlibatan aktif anak dalam kegiatan yang menyenangkan. Dengan pendekatan ini, anak akan mendapatkan fondasi yang kuat untuk perkembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional di masa depan. Strategi umum mencakup prinsip-prinsip dasar yang diterapkan dalam berbagai kegiatan untuk mengembangkan keterampilan motorik pada anak usia dini:

    • Lingkungan yang Aman dan Menstimulasi: Menyediakan ruang yang aman dan bebas hambatan bagi anak untuk bergerak bebas dan mengeksplorasi gerakan tubuhnya.
      • Pastikan lingkungan bermain aman untuk menghindari cedera.
      • Sediakan mainan dan alat permainan yang merangsang gerak dan eksplorasi.
    • Kegiatan yang Menyenangkan dan Bermakna: Menggunakan pendekatan bermain yang kreatif agar anak merasa tertarik dan terlibat dalam kegiatan fisik, seperti bermain lompat tali, lari, atau menggambar.
      • Gunakan permainan yang membuat anak aktif secara fisik, seperti bermain bola, bersepeda, atau bermain air.
      • Sertakan aktivitas yang mengembangkan koordinasi mata-tangan, seperti melempar dan menangkap bola
    • Keseimbangan antara Motorik Kasar dan Halus: Merancang kegiatan yang mendukung pengembangan motorik kasar (misalnya, berlari, melompat) serta motorik halus (misalnya, meronce, mewarnai).
      • Ajak anak bermain di luar ruangan seperti berlari, melompat, dan memanjat.
      • Rencanakan waktu bermain yang cukup setiap hari untuk aktivitas fisik.
  • Pertemuan ke 5

                                                              Strategi umum dan khusus kegiatan pengembangan motorik halus dan kasar

    Assalamualaikum Warahmatuallahi Wabarakatuh, Selamat berjumpa kembali mahasiswa S1 PIAUD Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada perlkuliahan MK Pengembangan Fisik Motorik AUD.

    Pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak

    Materi pendukung untuk mematangkan pemahaman Saudara tersaji dalam bentuk video dan materi inisiasi. Di akhir sesi, Saudara diminta untuk berdiskusi menganalisis tentang pengembangan Fisik motorik AUD serta studi sosial anak usia 3-4 tahun melalui tayangan video yang disediakan di halaman pengantar sesi 5. Jangan lupa untuk mengerjakan kuis yang tersedia di sesi 5:

    4.1 ketepatan menetapkan strategi umum perkembangan fisik motorik halus dan kasar anak usia dini 4.2 ketepatan menetapkan strategi khusus perkembanga n fisik motorik halus dan kasar anak usia dini

    Metode pembelajaran yang digunakan ialah • Kuliah • Discovery learning diskusi dalam kelompok, case methode

    Penjelasan Singkat Materi yang Akan Dipelajari 

    • Lingkungan yang Aman dan Menstimulasi: Menyediakan ruang yang aman dan bebas hambatan bagi anak untuk bergerak bebas dan mengeksplorasi gerakan tubuhnya.
    • Kegiatan yang Menyenangkan dan Bermakna: Menggunakan pendekatan bermain yang kreatif agar anak merasa tertarik dan terlibat dalam kegiatan fisik, seperti bermain lompat tali, lari, atau menggambar
    • Pemberian Dukungan dan Arahan yang Tepat: Pendidik harus memberikan panduan yang jelas, namun juga memberikan kebebasan kepada anak untuk bereksplorasi sesuai kemampuan mereka.
    • Melibatkan Semua Indera: Aktivitas yang melibatkan berbagai indera (penglihatan, pendengaran, peraba) dapat meningkatkan keterampilan motorik, seperti kegiatan bermain air atau pasir.

    Strategi khusus ditujukan untuk mengembangkan aspek tertentu dari motorik kasar atau halus, dengan kegiatan yang lebih spesifik:

    • Motorik Kasar:
      • Bermain di Luar Ruangan: Mengajak anak bermain di taman, berlari, bermain bola, atau bersepeda untuk meningkatkan kekuatan otot dan keseimbangan.
      • Permainan Keterampilan Gerak: Aktivitas seperti berlari, melompat, memanjat, dan permainan keseimbangan seperti berjalan di atas garis atau meniti papan keseimbangan membantu anak meningkatkan keterampilan lokomotor.
      • Olahraga Ringan: Mengikuti permainan sederhana yang melibatkan gerakan tubuh secara penuh, seperti lompat tali, bola voli, atau permainan tangkap bola.
      • Latihan Keseimbangan: Ajak anak berjalan di atas garis lurus, melompat di atas satu kaki, atau menggunakan permainan keseimbangan seperti papan keseimbangan.
      • Latihan Kekuatan: Ajak anak untuk melakukan aktivitas seperti mengangkat barang ringan, bermain tarik tambang, atau bermain di taman bermain yang melibatkan panjat-memanjat.
    • Motorik Halus:
      • Aktivitas Seni dan Kerajinan: Mengajak anak menggambar, mewarnai, menggunting kertas, atau membuat bentuk dari tanah liat untuk melatih kontrol otot tangan dan jari.
      • Permainan Manipulatif: Memberikan permainan yang membutuhkan keterampilan tangan, seperti meronce manik-manik, menyusun balok, atau bermain puzzle, untuk melatih koordinasi mata dan tangan.
      • Kegiatan Sehari-hari: Mengajarkan keterampilan praktis seperti mengancingkan baju, mengikat tali sepatu, atau memegang sendok dan garpu untuk meningkatkan kemandirian dan keterampilan motorik halus.
      • Aktivitas Menggambar dan Mewarnai: Berikan anak alat menggambar dan pewarnaan untuk melatih koordinasi tangan dan mata.

    Selamat Belajar , semoga sukses !

    Selamat berjumpa pada pertemuan ke lima. Bagaimana kabar Anda? Tetap semangat ya. Anda pasti sudah mempelajari dengan seksama modul Anda bukan? pada petemuan ini, disampaikan pula power point yang dapat membantu Anda menguasai materi dengan baik. Selamat Belajar!  Pada pertemuan ini kita akan bahas terkait 
    Sub-CPMK4: Mampu menetapkan strategi umum dan khusus perkembangan fisik motorik halus dan kasar anak usia dini (C3,A3)
  • Pertemuan ke 6

         Pengertian, jenis Ragam gerak dasar pada anak Gerak lokomotor, nonlokomotor, lokomotor dan nonlokomotor, manipulatif 

    Assalamualaikum Warahmatuallahi Wabarakatuh, Selamat berjumpa kembali mahasiswa S1 PIAUD Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada perlkuliahan MK Pengembangan Fisik Motorik AUD.

    Pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak

    Materi pendukung untuk mematangkan pemahaman Saudara tersaji dalam bentuk video dan materi inisiasi. Di akhir sesi, Saudara diminta untuk berdiskusi menganalisis tentang pengembangan Fisik motorik AUD serta studi sosial anak usia 3-4 tahun melalui tayangan video yang disediakan di halaman pengantar sesi 6. Jangan lupa untuk mengerjakan kuis yang tersedia di sesi 6:

    5.1 ketepatan menjelaskan pengertian ragam gerak dasar anak 5.2 ketepatan membedakan jenis ragam gerak dasar anak 5.3 ketepatan menganalisis ragam gerak dasar anak

    Selamat berjumpa kembali mahasiswa pada pertemuan ke enam. Tentunya Anda sudah membaca modulnya bukan? sebagai bahan memperkuat pemahaman Anda, silakan pelajari power pointnya dan juga berdiskusi dengan teman dan tutor Anda. Pada pertemuan ini juga Anda harus mengerjakan tugas kedua berupa esai dan mengunduhnya pada tempat tugas yang telah disediakan 
    Sub-CPMK5: Mampu menganalisis ragam gerak dasar anak (C4,A4)
    Penjelasan Singkat Materi pada pertemuan kali ini ialah: 
    Ragam gerak dasar anak usia dini memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan fisik, keterampilan motorik, serta perkembangan kognitif dan sosial-emosional anak. Keterampilan ini memberikan dasar yang kuat bagi anak untuk menghadapi tantangan fisik dan aktivitas sehari-hari di masa depan. Pemberian stimulasi yang tepat melalui permainan dan aktivitas fisik akan membantu anak mengembangkan keterampilan ini dengan baik.

    Ada beberapa jenis Ragam Gerak Dasar yaitu sebagai berikut:

    1. Gerak Lokomotor. Gerak lokomotor melibatkan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Contoh gerak lokomotor meliputi:

    • Berjalan yaitu aktivitas berjalan membantu anak-anak mengembangkan keseimbangan dan koordinasi dasar.
    • Berlari yaitu berlari membantu meningkatkan kekuatan otot dan stamina.
    • Melompat yaitu melompat membantu mengembangkan kekuatan otot kaki dan koordinasi.

    2. Gerak Non-Lokomotor

    Gerak non-lokomotor dilakukan di tempat tanpa perpindahan lokasi. Contoh gerak non-lokomotor meliputi:
    a. Membungkuk dan meregangkan: Gerakan ini membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh.
    b. Berputar: Berputar membantu anak-anak mengembangkan kesadaran ruang dan orientasi tubuh.
    c. Menyeimbangkan: Kegiatan menyeimbangkan meningkatkan kemampuan kontrol tubuh dan stabilitas.
    3. Gerak Manipulatif
    Gerak manipulatif melibatkan penggunaan objek. Contoh gerak manipulatif meliputi:
    a. Menggiring bola: Menggiring bola membantu mengembangkan koordinasi antara tangan/kaki dan mata.
    b. Menendang bola: Menendang bola membantu meningkatkan kekuatan dan koordinasi kaki.
    c. Menangkap dan melempar bola: Aktivitas ini meningkatkan koordinasi mata-tangan dan keterampilan motorik halus.

  • Pertemuan ke 7

                                                            Pengertian, jenis Ragam gerak dasar pada anak Gerak lokomotor, nonlokomotor, lokomotor dan nonlokomotor, manipulatif 

    Assalamualaikum Warahmatuallahi Wabarakatuh, Selamat berjumpa kembali mahasiswa S1 PIAUD Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada perlkuliahan MK Pengembangan Fisik Motorik AUD.

    Pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak

    Materi pendukung untuk mematangkan pemahaman Saudara tersaji dalam bentuk video dan materi inisiasi. Di akhir sesi, Saudara diminta untuk berdiskusi menganalisis tentang pengembangan Fisik motorik AUD serta studi sosial anak usia 3-4 tahun melalui tayangan video yang disediakan di halaman pengantar sesi 7. Jangan lupa untuk mengerjakan kuis yang tersedia di sesi 7 adapun materi berkaitan dengan:

    5.1 ketepatan menjelaskan pengertian ragam gerak dasar anak

    5.2 ketepatan membedakan jenis ragam gerak dasar anak

    5.3 ketepatan menganalisis ragam gerak dasar anak

    Selamat berjumpa kembali mahasiswa pada pertemuan ke enam. Tentunya Anda sudah membaca modulnya bukan? sebagai bahan memperkuat pemahaman Anda, silakan pelajari power pointnya dan juga berdiskusi dengan teman dan tutor Anda. Pada pertemuan ini juga Anda harus mengerjakan tugas kedua berupa esai dan mengunduhnya pada tempat tugas yang telah disediakan 
    Sub-CPMK5: Mampu menganalisis ragam gerak dasar anak (C4,A4)
     
    Penjelasan Singkat Materi pada pertemuan kali ini ialah: 
    Ragam gerak dasar anak usia dini memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan fisik, keterampilan motorik, serta perkembangan kognitif dan sosial-emosional anak. Keterampilan ini memberikan dasar yang kuat bagi anak untuk menghadapi tantangan fisik dan aktivitas sehari-hari di masa depan. Pemberian stimulasi yang tepat melalui permainan dan aktivitas fisik akan membantu anak mengembangkan keterampilan ini dengan baik.

    Ada beberapa jenis Ragam Gerak Dasar yaitu Kegiatan Gerak Dasar Melompat dan Mendarat. Tingkat pra pengendalian: aktivitas untuk eksplorasi

    a.Berpindah dalam ruangan umum (general space)
    b.Berpindah tempat dengan imaginasi     
    c.Berpindah tempat melalui jalur tali atau rintangan
    d.Melompat dengan jarak
    e.Melompat untuk ketinggian
    f.Lompat tanpa awalan
    g.Lompat satu kaki mendarat dua kaki
    h.Lompat melewati rintangan rendah
    i.Lompat melewati rintangan agak tinggi( gawang)
    j.Lompat melewati beberapa gawang
  • Pertemuan ke 8

                                                                                                    UJIAN TENGAH SEMSTER

    Selamat berjumpa kembali mahasiswa pada pertemuan ke delapan . Tentunya Anda sudah membaca modulnya bukan? sebagai bahan memperkuat pemahaman Anda, silakan pelajari power pointnya dan juga berdiskusi dengan teman dan tutor Anda. Pada pertemuan ini juga Anda harus mengerjakan ujian tengah semster. Semoga berhasil !
  • Pertemuan ke 9

                                                                                          Pengertian, macam dan perbedaan variasi dan kombinasi gerak dasar anak

    Assalamualaikum Warahmatuallahi Wabarakatuh, Selamat berjumpa kembali mahasiswa S1 PIAUD Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada perlkuliahan MK Pengembangan Fisik Motorik AUD.

    Pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak

    Materi pendukung untuk mematangkan pemahaman Saudara tersaji dalam bentuk video dan materi inisiasi. Di akhir sesi, Saudara diminta untuk berdiskusi menganalisis tentang pengembangan Fisik motorik AUD serta studi sosial anak usia 3-4 tahun melalui tayangan video yang disediakan di halaman pengantar sesi 9. Jangan lupa untuk mengerjakan kuis yang tersedia di sesi 9. Dalam pertemuan kali akan membahas terkait berikut:

    6.1 ketepatan menjelaskan variasi dan kombinasi gerak dasar anak

    6.2 ketepatan membedakan macam dan perbedaan variasi dan kombinasi gerak dasar anak

    6.3 ketepatan menganalisis variasi dan kombinasi gerak dasar anak

    Penjelasan Singkat Materi yang Akan Dipelajari 

    Ragam gerak dasar memainkan peran krusial dalam perkembangan motorik dan fisik anak usia dini. Dengan menerapkan variasi dan kombinasi gerakan yang sesuai, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan motorik, meningkatkan koordinasi, keseimbangan, dan kesehatan fisik secara keseluruhan. Penting bagi pendidik dan orang tua untuk menyediakan lingkungan yang mendukung aktivitas fisik yang beragam bagi anak-anak.

    1. Perkembangan Fisik: Gerakan fisik membantu perkembangan otot, tulang, dan kesehatan jantung.
    2. Koordinasi dan Keseimbangan: Ragam gerak dasar meningkatkan kemampuan koordinasi dan keseimbangan tubuh anak.
    3. Keterampilan Sosial: Kegiatan berkelompok seperti permainan bola membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan kerjasama.
    4. Kesehatan Mental: Aktivitas fisik berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional anak dengan mengurangi stres dan meningkatkan mood

    Selamat Belajar , semoga sukses !

    Selamat berjumpa pada pertemuan ke lima. Bagaimana kabar Anda? Tetap semangat ya. Anda pasti sudah mempelajari dengan seksama modul Anda bukan? pada petemuan ini, disampaikan pula powerpoint yang dapat membantu Anda menguasai materi dengan baik. Selamat Belajar!  Pada pertemuan ini kita akan bahas terkait 
    Sub-CPMK6: Mampu menganalisis variasi dan kombinasi gerak dasar anak (C4,A4)
  • Pertemuan ke 10

                                               

                                                                        Pengertian, macam dan perbedaan variasi dan kombinasi gerak dasar anak

    Assalamualaikum Warahmatuallahi Wabarakatuh, Selamat berjumpa kembali mahasiswa S1 PIAUD Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada perlkuliahan MK Pengembangan Fisik Motorik AUD.

    Pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak

    Materi pendukung untuk mematangkan pemahaman Saudara tersaji dalam bentuk video dan materi inisiasi. Di akhir sesi, Saudara diminta untuk berdiskusi menganalisis tentang pengembangan Fisik motorik AUD serta studi sosial anak usia 3-4 tahun melalui tayangan video yang disediakan di halaman pengantar sesi 10. Jangan lupa untuk mengerjakan kuis yang tersedia di sesi 10. Dalam pertemuan kali akan membahas terkait berikut:

    6.1 ketepatan menjelaskan variasi dan kombinasi gerak dasar anak

    6.2 ketepatan membedakan macam dan perbedaan variasi dan kombinasi gerak dasar anak

    6.3 ketepatan menganalisis variasi dan kombinasi gerak dasar anak

    Penjelasan Singkat Materi yang Akan Dipelajari 

    Ragam gerak dasar memainkan peran krusial dalam perkembangan motorik dan fisik anak usia dini. Dengan menerapkan variasi dan kombinasi gerakan yang sesuai, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan motorik, meningkatkan koordinasi, keseimbangan, dan kesehatan fisik secara keseluruhan. Penting bagi pendidik dan orang tua untuk menyediakan lingkungan yang mendukung aktivitas fisik yang beragam bagi anak-anak.

    1. Perkembangan Fisik: Gerakan fisik membantu perkembangan otot, tulang, dan kesehatan jantung.
    2. Koordinasi dan Keseimbangan: Ragam gerak dasar meningkatkan kemampuan koordinasi dan keseimbangan tubuh anak.
    3. Keterampilan Sosial: Kegiatan berkelompok seperti permainan bola membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan kerjasama.
    4. Kesehatan Mental: Aktivitas fisik berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional anak dengan mengurangi stres dan meningkatkan mood

    Selamat Belajar , semoga sukses !

    Selamat berjumpa pada pertemuan ke lima. Bagaimana kabar Anda? Tetap semangat ya. Anda pasti sudah mempelajari dengan seksama modul Anda bukan? pada petemuan ini, disampaikan pula powerpoint yang dapat membantu Anda menguasai materi dengan baik. Selamat Belajar!  Pada pertemuan ini kita akan bahas terkait 
    Sub-CPMK6: Mampu menganalisis variasi dan kombinasi gerak dasar anak (C4,A4)
  • Pertemuan ke 11

                                                   Gerak ritmis anak usia dini dan Unsur unsur kesegaran jasmani dan strategi membelajarkannya

    Assalamualaikum Warahmatuallahi Wabarakatuh, Selamat berjumpa kembali mahasiswa S1 PIAUD Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada perlkuliahan MK Pengembangan Fisik Motorik AUD.

    Pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak

    Materi pendukung untuk mematangkan pemahaman Saudara tersaji dalam bentuk video dan materi inisiasi. Di akhir sesi, Saudara diminta untuk berdiskusi menganalisis tentang pengembangan Fisik motorik AUD serta studi sosial anak usia 3-4 tahun melalui tayangan video yang disediakan di halaman pengantar sesi 11. Jangan lupa untuk mengerjakan kuis yang tersedia di sesi 11. Dalam pertemuan kali akan membahas terkait berikut:

    7.1 ketepatan merancang gerak ritmis anak usia dini

    7.2 ketepatan merancang unsur kesegaran jasmani dan strategi membelajarkann ya

    Penjelasan Singkat Materi yang Akan Dipelajari 

    Ragam gerak dasar memainkan peran krusial dalam perkembangan motorik dan fisik anak usia dini. Dengan menerapkan variasi dan kombinasi gerakan yang sesuai, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan motorik, meningkatkan koordinasi, keseimbangan, dan kesehatan fisik secara keseluruhan. Penting bagi pendidik dan orang tua untuk menyediakan lingkungan yang mendukung aktivitas fisik yang beragam bagi anak-anak.

    Gerak ritmik pada anak usia dini merupakan bagian integral dalam pengembangan motorik dan kognitif mereka. Aktivitas ini tidak hanya memperkaya pengalaman sensorik anak tetapi juga memfasilitasi perkembangan sosial, emosional, dan bahasa mereka. Dalam hal ini, strategi pembelajaran yang tepat menjadi krusial untuk memaksimalkan manfaat gerak ritmik bagi perkembangan anak. Gerak ritmik melibatkan koordinasi antara gerakan tubuh dengan irama musik atau bunyi-bunyian. Hal ini dapat melalui gerakan seperti melompat, berputar, dan mengikuti pola gerakan, anak memperkuat otot-otot besar dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Anak-anak belajar merespons rangsangan auditori dan kinestetik, yang memperkaya pengalaman sensorik mereka.

    Selamat Belajar , semoga sukses !

    Selamat berjumpa kembali. Pada pertemuan ini, Mahasiswa diharapkan  sudah mempelajari modul dengan sebaik-baiknya. Sebagai pemantapan Anda juga dapat mempelajari power point  yang disertakan pada pertemuan ini.  Capaian Pembelajaran yang akan diperoleh mahaiswa pada pertemuan.
    Sub-CPMK7: Mampu merancang gerak ritmis anak usia dini dan mempresentasikann ya dengan tangungjawab (C6,A3,P3). Selamat belajar!
  • Pertemuan ke 12

                                                                              Gerak ritmis anak usia dini dan Unsur unsur kesegaran jasmani dan strategi membelajarkannya

    Assalamualaikum Warahmatuallahi Wabarakatuh, Selamat berjumpa kembali mahasiswa S1 PIAUD Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada perlkuliahan MK Pengembangan Fisik Motorik AUD.

    Pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak

    Materi pendukung untuk mematangkan pemahaman Saudara tersaji dalam bentuk video dan materi inisiasi. Di akhir sesi, Saudara diminta untuk berdiskusi menganalisis tentang pengembangan Fisik motorik AUD serta studi sosial anak usia 3-4 tahun melalui tayangan video yang disediakan di halaman pengantar sesi 11. Jangan lupa untuk mengerjakan kuis yang tersedia di sesi 11. Dalam pertemuan kali akan membahas terkait berikut:

    7.1 ketepatan merancang gerak ritmis anak usia dini

    7.2 ketepatan merancang unsur kesegaran jasmani dan strategi membelajarkann ya

    Penjelasan Singkat Materi yang Akan Dipelajari 

    Ragam gerak dasar memainkan peran krusial dalam perkembangan motorik dan fisik anak usia dini. Dengan menerapkan variasi dan kombinasi gerakan yang sesuai, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan motorik, meningkatkan koordinasi, keseimbangan, dan kesehatan fisik secara keseluruhan. Penting bagi pendidik dan orang tua untuk menyediakan lingkungan yang mendukung aktivitas fisik yang beragam bagi anak-anak.

    Gerak ritmik pada anak usia dini merupakan bagian integral dalam pengembangan motorik dan kognitif mereka. Aktivitas ini tidak hanya memperkaya pengalaman sensorik anak tetapi juga memfasilitasi perkembangan sosial, emosional, dan bahasa mereka. Dalam hal ini, strategi pembelajaran yang tepat menjadi krusial untuk memaksimalkan manfaat gerak ritmik bagi perkembangan anak. Gerak ritmik melibatkan koordinasi antara gerakan tubuh dengan irama musik atau bunyi-bunyian. Hal ini dapat melalui gerakan seperti melompat, berputar, dan mengikuti pola gerakan, anak memperkuat otot-otot besar dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Anak-anak belajar merespons rangsangan auditori dan kinestetik, yang memperkaya pengalaman sensorik mereka.

    Selamat Belajar , semoga sukses !

    Selamat berjumpa kembali. Pada pertemuan ini, Mahasiswa diharapkan  sudah mempelajari modul dengan sebaik-baiknya. Sebagai pemantapan Anda juga dapat mempelajari power point  yang disertakan pada pertemuan ini.  Capaian Pembelajaran yang akan diperoleh mahaiswa pada pertemuan.
    Sub-CPMK7: Mampu merancang gerak ritmis anak usia dini dan mempresentasikann ya dengan tangungjawab (C6,A3,P3). Selamat belajar!
  • Pertemuan ke 13

    Permainan fisik motorik untuk anak usia dini dan Rancangan kegiatan pengembangan fisik motorik anak usia dini melalui permainan kreatif

    Assalamualaikum Warahmatuallahi Wabarakatuh, Selamat berjumpa kembali mahasiswa S1 PIAUD Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada perlkuliahan MK Pengembangan Fisik Motorik AUD.

    Pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak

    Materi pendukung untuk mematangkan pemahaman Saudara tersaji dalam bentuk video dan materi inisiasi. Di akhir sesi, Saudara diminta untuk berdiskusi menganalisis tentang pengembangan Fisik motorik AUD serta studi sosial anak usia 3-4 tahun melalui tayangan video yang disediakan di halaman pengantar sesi 13. Jangan lupa untuk mengerjakan kuis yang tersedia di sesi 13. Dalam pertemuan kali akan membahas terkait berikut:

    8.1 ketepatan merancang kegiatan pengembangan fisik motorik anak usia dini melalui permainan kreatif

    8.2 ketepatan mempresentasi kannya dengan tanggung jawab

    Penjelasan Singkat Materi yang Akan Dipelajari 

    Permainan fisik motorik memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak usia dini, karena aktivitas ini tidak hanya membantu mereka tumbuh secara fisik, tetapi juga mempengaruhi perkembangan kognitif, sosial, dan emosional mereka. Urgensi permainan bagi perkembangan fisik seperti berlari, melompat, dan bermain bola membantu dalam pengembangan keterampilan motorik kasar anak-anak. Ini melibatkan penggunaan besar otot-otot tubuh mereka dan membantu mereka mengontrol gerakan tubuh secara keseluruhan. Selain motorik kasar, permainan fisik juga mendukung pengembangan keterampilan motorik halus seperti mengayuh sepeda kecil, memotong dengan gunting, atau merangkai mainan. Hal ini penting untuk kemampuan anak dalam melakukan gerakan yang halus dan presisi.

    Selamat Belajar , semoga sukses !

    Selamat berjumpa kembali pertemuan kali ini, Mahasiswa diharapkan  sudah mempelajari modul dengan sebaik-baiknya. Sebagai pemantapan Anda juga dapat mempelajari power point  yang disertakan pada pertemuan ini.  Capaian Pembelajaran yang akan diperoleh mahaiswa pada pertemuan ini ialah 

    Sub-CPMK8: Mampu merancang kegiatan pengembangan fisik motorik anak usia dini melalui permainan kretif dan mempresentasikann ya dengan tanggung jawab(C6,A3,P5). Selamat belajar !

  • Pertemuan ke 14

                        Permainan fisik motorik untuk anak usia dini dan Rancangan kegiatan pengembangan fisik motorik anak usia dini                                                                                                    melalui permainan kreatif

    Assalamualaikum Warahmatuallahi Wabarakatuh, Selamat berjumpa kembali mahasiswa S1 PIAUD Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada perlkuliahan MK Pengembangan Fisik Motorik AUD.

    Pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak

    Materi pendukung untuk mematangkan pemahaman Saudara tersaji dalam bentuk video dan materi inisiasi. Di akhir sesi, Saudara diminta untuk berdiskusi menganalisis tentang pengembangan Fisik motorik AUD serta studi sosial anak usia 3-4 tahun melalui tayangan video yang disediakan di halaman pengantar sesi 14. Jangan lupa untuk mengerjakan kuis yang tersedia di sesi 14. Dalam pertemuan kali akan membahas terkait berikut:

    8.1 ketepatan merancang kegiatan pengembangan fisik motorik anak usia dini melalui permainan kreatif

    8.2 ketepatan mempresentasi kannya dengan tanggung jawab

    Penjelasan Singkat Materi yang Akan Dipelajari 

    Permainan fisik motorik memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak usia dini, karena aktivitas ini tidak hanya membantu mereka tumbuh secara fisik, tetapi juga mempengaruhi perkembangan kognitif, sosial, dan emosional mereka. Urgensi permainan bagi perkembangan fisik seperti berlari, melompat, dan bermain bola membantu dalam pengembangan keterampilan motorik kasar anak-anak. Ini melibatkan penggunaan besar otot-otot tubuh mereka dan membantu mereka mengontrol gerakan tubuh secara keseluruhan. Selain motorik kasar, permainan fisik juga mendukung pengembangan keterampilan motorik halus seperti mengayuh sepeda kecil, memotong dengan gunting, atau merangkai mainan. Hal ini penting untuk kemampuan anak dalam melakukan gerakan yang halus dan presisi.

    Selamat Belajar , semoga sukses !

    Selamat berjumpa kembali pertemuan kali ini, Mahasiswa diharapkan  sudah mempelajari modul dengan sebaik-baiknya. Sebagai pemantapan Anda juga dapat mempelajari power point  yang disertakan pada pertemuan ini.  Capaian Pembelajaran yang akan diperoleh mahaiswa pada pertemuan ini ialah 

    Sub-CPMK8: Mampu merancang kegiatan pengembangan fisik motorik anak usia dini melalui permainan kreatif dan mempresentasikann ya dengan tanggung jawab(C6,A3,P5). Selamat belajar !

     

  • Pertemuan ke 15

                                                                       Rancangan dan evaluasi program pengembangan fisik motorik anak usia dini

    Assalamualaikum Warahmatuallahi Wabarakatuh, Selamat berjumpa kembali mahasiswa S1 PIAUD Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada perlkuliahan MK Pengembangan Fisik Motorik AUD.

    Pengembangan motorik kasar dan halus melalui pendidikan jasmani, merancang ragam gerak dasar anak, menyusun program pengembangan motorik kasar dan halus anak serta merancang dan menyediakan bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus anak serta mengevaluasi perkembangan motorik kasar dan halus anak

    Materi pendukung untuk mematangkan pemahaman Saudara tersaji dalam bentuk video dan materi inisiasi. Di akhir sesi, Saudara diminta untuk berdiskusi menganalisis tentang pengembangan Fisik motorik AUD serta studi sosial anak usia 3-4 tahun melalui tayangan video yang disediakan di halaman pengantar sesi 15. Jangan lupa untuk mengerjakan kuis yang tersedia di sesi 15. Dalam pertemuan kali akan membahas terkait berikut:

    9.1 ketepatan membuat asesmen penilaian aspek perkembang fisik motorik halus anak

    9.2 ketepatan membuat asesmen penilaian aspek perkembang fisik motorik kasar anak

    Penjelasan Singkat Materi yang Akan Dipelajari 

    Pengembangan  fisik  motorik  anak  usia  dini  melalui  permainan  kreatif  merupakan  aspek  penting  dalam  pendidikan  anak  usia  dini.  Motorik  kasar  dan  motorik  halus  adalah  dua  jenis  keterampilan  fisik  yang  perlu  diperhatikan.  Motorik  kasar  melibatkan  otot-otot  besar  untuk  aktivitas  seperti  berlari  dan  melompat,  sementara  motorik  halus  melibatkan  otot-otot  kecil  untuk  aktivitas  seperti  menggambar  dan  meronce. Permainan  kreatif  memainkan  peran  kunci  dalam  merangsang  perkembangan  fisik  anak.  Permainan  ini  tidak  hanya  memperkuat  otot-otot  dan  meningkatkan  koordinasi  serta  keseimbangan,  tetapi  juga  memperkaya  pengalaman  belajar  anak  melalui  interaksi  sosial  dan  eksplorasi  kognitif.

    Pendidik  dan  orang  tua  memiliki  peran  penting  dalam  mengintegrasikan  permainan  kreatif  ke  dalam  kegiatan  sehari-hari  anak.  Pemahaman  tentang  tahapan  perkembangan  motorik  anak  membantu  dalam  memilih  dan  merancang  aktivitas  yang  sesuai,  memastikan  bahwa  setiap  permainan  memberikan  tantangan  yang  tepat  dan  manfaat  yang  maksimal  bagi  perkembangan  anak.

    Selamat Belajar , semoga sukses !

    Selamat berjumpa kembali pertemuan kali ini, Mahasiswa diharapkan  sudah mempelajari modul dengan sebaik-baiknya. Sebagai pemantapan Anda juga dapat mempelajari power point  yang disertakan pada pertemuan ini.  Capaian Pembelajaran yang akan diperoleh mahaiswa pada pertemuan ini ialah Mampu merancang evaluasi dan asesmen program pengembangan fisik motorik anak usia dini (C6,A3,P3) Selamat belajar!

     
  • Pertemuan ke 16

                                                                                                          UJIAN AKHIR SEMESTER
    Selamat berjumpa kembali mahasiswa pada pertemuan ke delapan . Tentunya Anda sudah membaca modulnya bukan? sebagai bahan memperkuat pemahaman Anda, silakan pelajari power pointnya dan juga berdiskusi dengan teman dan tutor Anda. Pada pertemuan ini juga Anda harus mengerjakan ujian tengah semster. Semoga berhasil !