Topic outline

  • General

  • Introduction to social entrepreneurship

    Social Entrepreneurship Course Overview


    Learning Outcomes

    Pada akhir perkuliahan, peserta didik akan:
    • Memahami konsep social entrepreneurship
    • Memahami perbedaan kewirausahaan sosial dengan kewirausahaan secara umum
    • Membangun jiwa kewirausahaan sosial
    • Mengenal dan mengetahui hal yang diperlukan untuk membangun kewirausahaan sosial
  • Entrepreneurial Orientation of Social Enterprises

    Learning Outcomes - Social Entrepreneurship

    (Gambar dibuat dengan menggunakan GenAI)
    Learning Outcomes: Building Sustainable Enterprises for Social Change
    Pada akhir perkuliahan, peserta didik akan:
    • Memahami pentingnya mengidentifikasi dan menciptakan nilai dari kebutuhan sosial.
    • Mengenal dan memahami konsep CSR (Corporate Social Responsibility).
    • Memahami dual objective dari Social Enterprise yang berorientasi pada keuntungan dan dampak sosial.
    • Menentukan dan menganalisis praktik-praktik baik dari Social Enterprise yang sukses.
  • Design Thinking in the Context of Social Enterprise

    (Gambar dibuat dengan menggunakan GenAI)

    Pada akhir sesi ini peserta didik akan mampu:

    1. Memahami pemakaian kerangka berpikir design thinking dalam kewirausahaan sosial.

    2. Menggunakan prinsip design thinking untuk mempertajam permasalahan sosial yang dipilihnya minggu lalu.

    3. Merancang rencana validasi terhadap ide bisnis sosialnya.

  • Social Impact Measurement

    Halo teman-teman! Di sesi ini, kita akan mendalami topik Social Impact Measurement atau pengukuran dampak sosial yang dihasilkan oleh inisiatif organisasi. Kita akan mulai dengan analisis pemangku kepentingan untuk memahami siapa saja yang berperan dalam perubahan sosial. Kemudian, kita akan belajar tentang indikator kinerja sosial dan metode Social Return on Investment (SROI) yang menghitung nilai ekonomi dari dampak yang tercipta.

    Sebagai penutup, ada teka-teki silang interaktif untuk membantu kalian menguji pemahaman tentang konsep ini.

     

  • Digital Innovation in Social Entrepreneurship

    Halo teman-teman! Di sesi ini, kita akan mempelajari bagaimana inovasi digital dapat mendorong kewirausahaan sosial menjadi lebih efektif dan berdampak luas. Melalui materi ini, kalian akan memahami peran penting digitalisasi dalam konteks sosial, serta mengenali akses dan peluang yang dihadirkan oleh teknologi informasi. Pada akhir sesi, kalian diharapkan mampu mengidentifikasi bagaimana teknologi dapat bertindak sebagai akselerator bagi inisiatif kewirausahaan sosial, membuka jalan bagi solusi inovatif yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

  • Emerging Trends and Technologies in Social Impact

    Halo teman-teman! Di sesi ini, kita akan membahas tren terbaru dalam kewirausahaan sosial dan teknologi yang mendorong perubahan sosial. Kalian akan mengenal berbagai tren global yang sedang berkembang di sektor ini, dari pendekatan inovatif hingga teknologi baru yang memperkuat dampak sosial. Pada akhir sesi, kalian akan didorong untuk membayangkan seperti apa bentuk bisnis sosial di masa depan dan keunggulan apa yang dapat dihadirkan oleh tren-tren ini untuk menciptakan perubahan yang lebih luas dan berkelanjutan.

  • Challenges Faced by Social Entrepreneurs: Financial Constraints

    Halo teman-teman! Di sesi ini, kita akan mengupas tantangan finansial yang sering dihadapi oleh social enterprise. Kalian akan belajar tentang aspek-aspek penting seperti kapasitas keuangan, berbagai sumber pendanaan, dan strategi untuk menggalang dana. Topik ini juga mencakup pendanaan melalui modal ventura, pendanaan mandiri, serta pendekatan crowdfunding. Dengan memahami tantangan dan solusi finansial ini, kalian akan lebih siap mengelola aspek keuangan dalam mendukung misi sosial secara berkelanjutan.

  • Challenges Faced by Social Entrepreneurs: Scalability

    Halo teman-teman! Di sesi ini, kita akan membahas salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bisnis sosial, yaitu skalabilitas. Skalabilitas dalam bisnis mengacu pada kemampuan untuk tumbuh dan menangani permintaan yang meningkat tanpa menurunkan kualitas, kinerja, atau menaikkan biaya secara tidak proporsional. Kalian akan belajar tentang berbagai masalah yang dapat muncul ketika bisnis sosial ingin berkembang, serta strategi untuk merancang sistem dan proses yang efisien guna mengelola pertumbuhan secara berkelanjutan.

  • Sertifikat Penyelesaian Course

    Restricted Not available unless: The activity Upload PPT is marked complete