Topic outline

  • Teknologi Digitalisasi Pendidikan

    Dosen Pengampu

      Nama : HIKMAH RUSDI
    Email: hyrusme07@umma.ac.id

     

    Nama : NURHIDAYAH
    Email: nurhidayahnu2@gmail.com


     

    Nama : SRI WAHYUNI
    Email: alifaxwahyuni68@gmail.com


    Mata Kuliah   :   Teknologi Digitalisasi Pendidikan
    Kode   :   12KPU712
    Program Studi   :   S1 Pendidikan Biologi
    Perguruan Tinggi   :   Universitas Muslim Maros

    Halo rekan-rekan mahasiswa…….Selamat datang di perkuliahan Teknologi Digitalisasi Pendidikan. Secara umum tujuan mata kuliah pembelajaran digital pendidikan adalah agar mahasiswa memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam rekayasa aplikasi dalam konteks pembelajaran. Secara khusus mahasiswa ditargetkan agar memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam bidang desain, pengembangan, pemanfaatan, evaluasi dan kajian pembelajaran digital. Materi yang dikaji dalam mata kuliah ini meliputi:konsep dasar pembelajaran digital, komputer dan pembelajaran digital, internet dan pembelajaran digital, model pembelajaran digital, kompetensi pembelajaran digital, konten pembelajaran digital, pengembangan aplikasi pembelajaran digital berbasis presentasi (tahap analisis dan desain), pengembangan aplikasi pembelajaran digital berbasis presentasi (tahap pengembangan dan pemanfaatan), pengembangan aplikasi pembelajaran digital berbasis video (tahap analisis dan desain), pengembangan aplikasi pembelajaran digital berbasis video (tahap pengembangan dan pemanfaatan), pengembangan evaluasi pembelajaran berbasis digital (tahap analisis dan desain), pengembangan evaluasi pembelajaran berbasis digital (tahap pengembangan dan pemanfaatan), pengembangan pembelajaran digital multimedia interaktif berbasis sistem operasi android dan ios (tahap analisis dan desain), pengembangan pembelajaran digital multimedia interaktif berbasis sistem operasi android dan ios (tahap pengembangan dan pemanfaatan). pengembangan pembelajaran berbasis Augmented Reality (tahap analisis dan desain), pengembangan pembelajaran berbasis Augmented Reality (tahap pengembangan dan pemanfaatan)

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    1. Menguasai konsep dasar konsep dasar pembelajaran digital.

    2. Menguasai komputer dan pembelajaran digital

    3. Menguasai internet dan pembelajaran digital

    4. Menguasai model pembelajaran digital

    5. Menguasai kompetensi pembelajaran digital

    6. Mahasiswa mampu menganalisis alat dan platform digital yang digunakan dalam pendidikan.


  • Pertemuan ke 1

     

    Halo teman-teman Mahasiswa......Pertemuan hari ini, kita akan membahas kontrak perkulihaan. Kontrak perkuliahan ini berfungsi sebagai panduan lengkap mengenai aturan, tugas, dan evaluasi selama semester berlangsung. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa seluruh mahasiswa memiliki pemahaman yang sama mengenai tanggung jawab masing-masing dan harapan yang ada.

    Dengan adanya kontrak ini, diharapkan tercipta lingkungan belajar yang kondusif, di mana mahasiswa dapat berpartisipasi secara aktif dan mendapatkan pengalaman akademik yang optimal. Anda diminta untuk membaca dan memahami seluruh isi kontrak perkuliahan ini. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menanyakannya kepada dosen.

    Terima kasih, dan semoga semester ini menjadi waktu yang produktif dan bermakna bagi kita semua.

    Hormat Kami,

    Dosen

  • Pertemuan ke 2

    Halo semuanya teman-teman mahasiswa, selamat datang kembali di pertemuan kedua perkuliahan kita. Saya senang melihat antusiasme dan semangat kalian di pertemuan sebelumnya. Hari ini, kita akan membahas topik yang sangat relevan dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini, yaitu Konsep Pembelajaran Digital.

    Pembelajaran digital telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pendidikan modern. Tidak hanya sebagai alat bantu pengajaran, tetapi juga sebagai platform yang membuka peluang baru dalam cara kita belajar dan mengajar. Kita akan mengeksplorasi bagaimana teknologi telah mengubah lanskap pendidikan, mulai dari platform e-learning, penggunaan media sosial dalam pembelajaran, hingga adaptasi AI dalam dunia pendidikan.

    Pertanyaannya adalah, bagaimana kita bisa memaksimalkan potensi dari pembelajaran digital ini? Apa kelebihan dan tantangan yang kita hadapi di era serba digital ini?

    Dalam sesi hari ini, kita akan:

    1. Menggali konsep dasar pembelajaran digital dan perbedaannya dengan metode pembelajaran tradisional.
    2. Melihat berbagai platform dan teknologi yang telah mengubah cara kita mengakses informasi dan pengetahuan.
    3. Sebagai mahasiswa dan pengajar, bisa beradaptasi dengan lingkungan pembelajaran yang semakin terhubung secara virtual.

    Pengalaman Anda dalam menggunakan teknologi akan menjadi masukan yang sangat berharga. Selain itu, jangan lupa bahwa pembelajaran digital bukan hanya soal teknologi, tapi juga tentang bagaimana kita merancang pengalaman belajar yang lebih inklusif dan efisien.

    Saya sangat menantikan ide-ide kreatif dan pemikiran kritis dari kalian semua. Mari kita buat pertemuan hari ini interaktif dan penuh wawasan!

    Selamat belajar dan sampai jumpa dalam diskusi!

    Hormat Kami,

    Dosen

  • Pertemuan ke 3

    Halo semuanya temen-teman Mahasiswa. Selamat datang kembali di pertemuan Ketiga kita. Setelah di pertemuan sebelumnya kita membahas Konsep Pembelajaran Digital, kali ini kita akan menggali lebih dalam tentang Peran Teknologi Digital dalam Proses Belajar.

    Pernahkah kalian berpikir bagaimana teknologi digital bukan hanya memudahkan akses informasi, tetapi juga merubah cara kita belajar? Dari penggunaan video pembelajaran, platform e-learning, hingga alat bantu kolaborasi online, teknologi telah menjadi elemen penting dalam mendukung proses belajar, baik formal maupun informal.

    Hari ini, kita akan membahas beberapa poin penting:

    1. Transformasi Proses Belajar: Bagaimana teknologi mengubah pendekatan tradisional dalam pembelajaran? Mulai dari ruang kelas fisik hingga ke ruang belajar virtual.
    2. Manfaat dan Tantangan Teknologi Digital: Kita akan mengeksplorasi manfaat besar teknologi dalam meningkatkan akses, fleksibilitas, dan personalisasi pembelajaran, tetapi juga meninjau tantangan yang muncul, seperti kesenjangan digital dan distraksi teknologi.
    3. Aplikasi Nyata Teknologi dalam Pembelajaran: Diskusi akan mencakup contoh-contoh konkret bagaimana teknologi digunakan, seperti penggunaan augmented reality (AR), gamifikasi, dan kecerdasan buatan (AI) untuk membuat proses belajar lebih interaktif dan menyenangkan.

    Saya mendorong kalian semua untuk berbagi pengalaman pribadi tentang penggunaan teknologi dalam belajar, serta ide-ide inovatif yang mungkin bisa diterapkan di masa depan. Mari jadikan diskusi ini sebagai tempat untuk memperkaya wawasan kita tentang bagaimana teknologi bisa menjadi mitra dalam perjalanan belajar kita.

    Selamat mengikuti pertemuan ini dan semoga diskusi kita hari ini penuh wawasan dan inspirasi!

    Hormat Kami,


    Dosen

  • Pertemuan ke 4

    Halo semua teman-teman Mahasiswa. Selamat datang kembali di pertemuan hari ini. Bagaimana kabarnya? Semoga kalian semua masih antusias dan siap untuk tantangan baru dalam pembelajaran ini. Setelah membahas peran teknologi digital secara umum dalam pendidikan, hari ini kita akan lebih fokus pada Komputer dan Pembelajaran Digital, khususnya bagaimana komputer digunakan dalam konteks pengajaran dan pembelajaran.

    Seperti yang kita tahu, komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat akses informasi, tetapi juga sebagai platform utama untuk menciptakan materi pembelajaran, simulasi, dan media interaktif yang membuat proses belajar lebih menarik dan efektif. Hari ini, kita akan mempraktikkan keterampilan dasar dalam menggunakan komputer untuk pendidikan dengan sebuah proyek praktis.

    Tugas Utama: Pada pertemuan ini, kalian akan ditugaskan untuk membuat produk digital sederhana yang dapat digunakan dalam konteks pengajaran atau pembelajaran. Produk ini bisa berupa:

    1. Presentasi interaktif untuk menjelaskan suatu topik pembelajaran.
    2. Video tutorial menggunakan perangkat lunak sederhana.
    3. Modul digital yang dapat diakses dan dipelajari secara mandiri oleh siswa.

    Produk yang kalian buat bertujuan untuk mengukur dan mengembangkan keterampilan dasar komputer, seperti menggunakan perangkat lunak pengolah kata, pengeditan video, presentasi, atau desain grafis, semuanya dalam konteks pendidikan. Tugas ini bukan hanya soal kreativitas, tetapi juga bagaimana kalian bisa merancang alat yang efektif dan bermanfaat bagi proses belajar-mengajar.

    Saya ingin kalian menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan kreativitas dan pemahaman dalam penggunaan komputer sebagai alat pengajaran yang efektif. Tugas ini juga akan membantu kalian mengenal berbagai aplikasi yang dapat memperkaya metode pembelajaran di masa depan.

    Mari kita mulai pertemuan ini dengan semangat, dan saya tidak sabar melihat produk-produk inovatif yang akan kalian hasilkan. Selamat belajar, dan semoga kalian menikmati proses ini!

    Hormat Kami,


    Dosen

  • Pertemuan ke 5

  • Pertemuan ke 6