Topic outline

  • PENGANTAR MATA KULIAH

    1. SALAM PEMBUKA

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat Datang adik-adik mahasiswa pada halaman pembelajaran daring Universitas Muhammadiyah Kupang, semoga kita semua mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT sehingga perjuangan Adik-adik dalam menuntut ilmu memperoleh manfaat bagi diri pribadi serta bagi Nusa dan Bangsa. 

    2. DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata kuliah Mikrobiologi Dasar berisi pokok-pokok bahasan mengenai sejarah perkembangan mikrobiologi, pengetahuan dasar-dasar mengenai bakteri, protozoa, fungi, flora normal, virus, metabolisme dan genetika mikroba serta pengetahuan tentang imunologi yang membahas tentang sistem tanggap kebal, kekebalan spesifik dan non spesifik, serta reaksi antigen dan antibodi.

    3. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

    CPL-1 (S6): Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

    CPL-2 (P1): Memahami materi esensial biologi yang mencakup:

    a. Keanekaragaman dan keseragaman

    b. Pertumbuhan, perkembangan dan didiferensiasi

    c. Organisme dan lingkungan

    d. Struktur dan fungsi dalam makhluk hidup

    e. Pengaturan dan perilaku

    f. Keberlangsungan genetis (pewarisan sifat)

    g. Evolusi : pola dan hasil perubahan

    h. Bioteknologi dan biologi terapan

    i. Biologi sebagai proses inkuiri (penemuan)

    CPL-3 (KU4): Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

    CPL-4 (KK5): Memiliki kemampuan dasar untuk merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah

    CPL-5 (KK8): Memiliki keterampilan terkait prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium biologi

    4. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

    a. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6)

    b. Menguasai materi esensial biologi yang mencakup struktur dan fungsi mikroorganisme dan peranannya bagi kehidupan (P1)
    c. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir berkaitan dengan kajian manfaat dan kerugian mikroorganisme pada manusia (KU4)
    d. Menguasai teknik dan prosedur dasar laboratorium dalam mempelajari mikroba sebagai dasar dalam merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah (KK5)

    5. SUBSTANSI (TOPIK) MATERI AJAR 

    Pendahuluan, Sejarah mikrobiologi, Morfologi Sel Bakteri, Pewarnaan Gram, Nutrien dan kurva Pertumbuhan Mikroorganisme, Protozoa, Metabolisme Mikroorganisme (Glikolisis, Siklus Krebs, Transport Elektron, dan fermentasi), Genetika Mikroorganisme (Replikasi-Translasi, Transformasi DNA), Flora normal, Virus, fungi, Sistem Immun.

    6. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

    Rencana Pembelajara Semester dapat di lihat pada link berikut:

    https://drive.google.com/file/d/1QtfN7ZMyIDbRhgIjKOFGmsqGCvn5mFu6/view?usp=sharing

    7. SKEMA PERKULIAHAN 

    Rencana skema perkuliahan dengan pendekatan blended learning strategi flipped learning, yaitu:

    1. Mahasiswa belajar mandiri melalui laman mata kuliah pada LMS ini, dengan mengkaji, menelaah sumber belajar yang tersedia dan menyelesaikan berbagai bentuk aktivitas lainnya
    2. Mahasiswa bersama dosen dalam kelas tatap muka/tatap maya mengkonfirmasi pengetahuan yang diperoleh atau berdiskusi

    8. SISTEM PENILAIAN

    Sistem penilaian pada mata kuliah ini bersumber dari aktivitas belajar mandiri pada LMS ini dan pertemuan tatap muka/tatap maya. Nilai dapat diperoleh dari:

    1. Rekam aktivitas belajar pada LMS, seperti forum diskusi, tugas, kuis, tes formatif
    2. Tes hasil belajar, seperti tugas proyek dan tes sumatif
    3. Unjuk kerja, dll

    9. IDENTITAS DOSEN PENGAMPU 

    Identitas dosen pada mata kuliah Mikrobiologi Dasar, yaitu:

    1. Ernawati, S.Si., M.Si., NIDN:0821028402 , Program Studi Pendidikan Biologi, ewati0792@gmail.com, Universitas Muhammadiyah Kupang
    2. Asmiati, S.Si., M.Sc., NIDN: 0826028803, Program Studi Pendidikan Biologi, asmiati.latif@gmail.com, Universitas Muhammadiyah Kupang
    3. Mariana Sada, M.Si., Program Studi Pendidikan Biologi, E-mail, Universitas Muhammadiyah Maumere

    10. REFERENSI

    Buku rujukan utama yang digunakan:

    1. Madigan M T., John M M., David A S., David P C., 2012. Brock Biology of Microorganisms 13 edition. Benjamin Cummings. London.

    2. Atlas R M., 2005. Hand Book of Media for Environmental Microbiology second edition. CRC Press Taylor and Francis Group. London.

    3. Barton L L., Diana E N., 2011. Microbial Ecology. Willey-Blackwell. Canada.

    4. Willey J M., Linda M S., Christopher J W., 2008. Prescott, Harley and Klein’s Microbology Seventh edition. Mc Graw Hill Companies. Inc.

    Buku Rujukan Pendukung:

    1.     Campbell, N.A; Reece, J.B; Mitchell, L.G. 2003. Biologi. Edisi kelima Jakarta: Erlangga

    2.    Campbell, N.A; Reece, J.B; Mitchell, L.G. 2004. Biologi. Edisi kelima Jakarta: Erlangga

    Jurnal Rujukan:

    Ernawati, Ana M.S. Milan B, Yoristu T.2023. Agensi Hayati Jamur Endofit Batang dan Daun Apel Timor. Jurnal Biologi universitas Andalas. 11(2): 22-28

    • Topik 1: Pendahuluan

      PENGANTAR PENDAHULUAN 

      1. Sapaan Mahasiswa

      السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

      Selamat datang mahasiswa kreatif, kami sangat senang anda bergabung dalam mata kuliah Mikrobiologi Dasar.. sebelum kita memasuki materi pembelajaran, mari kita berinteraksi sejenak. Ceritakan di forum diskusi LMS apa yang kamu ketahui tentang mikrobiologi. 

      Mari kita mulai dengan semangat dan antusiasme! pertama-tama tuliskan pengantar singkat tentang diri anda dan apa yang anda harapkan dari mata kuliah ini.  jangan ragu untuk bertanya dan berdiskusi di forum diskusi.

      2. Deskripsi Pendahuluan
      Karakteristik mikroorganisme diantaranya berukuran sangat kecil yang hanya dapat dilihat dengan menggunajan mikroskop. contoh berbagai jenis bakteri, jamur mikro, virus, protozoa yang dapat memberikan manfaat serta dapat merugikan bagi kehidupan.  ilmu atau pengetahuan yang mengkaji tentang mikroorganisme masuk dalam kajian mikrobiologi.
      3. Capaian Pembelajaran Lulusan

      Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan adik-adik mahasiswa mampu memahami definisi mikrobiologi dan mengetahui objek kajian dalam mikrobiologi

      4. Skenario Pembelajaran

      a. Skenario Belajar Mandiri

      b.Skenario Belajar Tatap Muka

      Anda dapat mengeksplorasi materi ini dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course ini. Seluruh materi dapat diunduh dan dipelajari. Jangan lupa menjawab pertanyaan pada akhir video pada lembar kerja yang telah disediakan. Silahkan gunakan forum diskusi untuk berdiskusi dengan teman lain atau bertanya terkait materi yang belum dipahami. Selamat belajar. 

      Wassalamu'alaikum Wr.Wb

      • sub bab 1: Sejarah perkembangan mikrobiologi Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Data diri dan harapan is marked complete
      • sub bab 2: sejarah perkembangan mikrobiologi Lesson
        Restricted Not available unless: The activity sub bab 1: Sejarah perkembangan mikrobiologi is marked complete
    • Topik 2: Morfologi Bakteri dan Pewarnaan Gram


      A. PENGANTAR MORFOLOGI DAN PEWARNAAN GRAM

      1. SAPAAN MAHASISWA

      Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sehat untuk adik-adik mahasiswa. Pada sesi perkuliahan kali ini, kita akan membahas tentang morfologi bakteri serta teknik dasar pewarnaan Gram pada bakteri. Untuk morfologi sel bakteri, kita akan mempelajari bentuk, ukuran dan struktur sel bakteri. Sedangkan teknik dasar pewarnaan Gram pada bakteri selain dalam bentuk materi kuliah juga akan disajikan dalam bentuk video. Jangan lupa simak video proses pewarnaan Gram yang disajikan pada course ini. 

      2. DESKRIPSI MORFOLOGI BAKTERI DAN PEWARNAAN GRAM
      Bakteri merupakan organisme prokaryotik yang berukuran kecil, sehingga hanya dapat diamati menggunakan mikroskop. Bentuk sel bakteri sangat beragam. Struktur selnya sangat sederhana namun terdapat perbedaan struktur pada dinding sel bakteri Gram positif dan Gram negatif.
      3. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

      Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan adik-adik mahasiswa dapat menjelaskan bentuk, ukuran, struktur sel bakteri serta menguasai teknik dasar pewarnaan Gram Bakteri.

      4. SKENARIO PEMBELAJARAN

      a. Skenario Belajar Mandiri

      b.Skenario Belajar Tatap Muka

      Anda dapat mengeksplorasi materi ini dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course ini. Seluruh materi dapat diunduh dan dipelajari. Jangan lupa menjawab pertanyaan pada akhir video pada lembar kerja yang telah disediakan. Silahkan gunakan forum diskusi untuk berdiskusi dengan teman lain atau bertanya terkait materi yang belum dipahami. Selamat belajar. Wassalamu'alaikum Wr.wb.

      • video pewarnaan Gram URL
        Restricted Not available unless: The activity Sub Topik: Morfologi Bakteri is marked complete
      • Sub Topik: Pewarnaan Gram Lesson
        Restricted Not available unless:
    • Topik 3: Peranan bakteri

      Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sehat untuk adik-adik mahasiswa. Pada sesi perkuliahan kali ini, kita akan membahas tentang peranan bakteri.  Bakteri memiliki peranan yang menguntungkan dan merugikan.  diskusikan bersama teman apa saja peranan bakteri yang adik-adik ketahui.

      untuk membantu pemahaman adik-adik pada pertemuan kali ini, silahkan mengerjakan LKPD melalui virtual laboratory tentang pembuatan Nata de corn. setelah mengerjakan silahkan berdiskusi kaitan LKPD dengan materi peranan bakteri. sebelum mengerjakan silahkan mempelajari petunjuk penggunaan LKPD virtual laboratory terlebih dahulu.

      Anda dapat mengeksplorasi materi ini dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course ini. Silahkan gunakan forum diskusi untuk berdiskusi dengan teman lain atau bertanya terkait materi yang belum dipahami. Selamat belajar. Wassalamu'alaikum Wr.wb.



    • Topik 4: Nutrien dan Pertumbuhan Bakteri

      A. PENGANTAR NUTRIEN DAN PERTUMBUHAN

      1. SAPAAN MAHASISWA

      Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sehat untuk adik-adik mahasiswa. Pada sesi perkuliahan kali ini, kita akan membahas tentang nutrien dan Pertumbuhan Bakteri. Pada materi nutrien kita akan membahas mengenal macam-macam nutrien dan fungsinya, sistem transportasi nutrien, pengelompokan mikroorganisme berdasarkan jenis nutriennya. Sedangkan untuk materi pertumbuhan kita akan membahas tentang kurva pertumbuhan, media pertumbuhan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan mikroorganisme.

      2. DESKRIPSI NUTRIEN DAN PERTUMBUHAN

      Semua makhluk hidup memerlukan bahan makanan untuk keperluan hidupnya. Bahan makanan ini diperlukan untuk sintesis komponen sel dan untuk mendapatkan energi. Demikian juga dengan mikroorganisme, untuk kehidupannya membutuhkan bahan-bahan organik dan anorganik dari lingkungan, bahan-bahan tersebut disebut dengan nutrien.

      Anda dapat mempelajari materi ini dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course ini. Seluruh materi dapat diunduh dan dipelajari. Proses pembuatan media Nutrien Agar disajikan dalam bentuk video. Silahkan gunakan forum diskusi untuk berdiskusi dengan teman lain atau bertanya terkait materi yang belum dipahami. Selamat belajar. Wassalamu'alaikum Wr.wb.

      • Sub-Bab Pertumbuhan Bakteri Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Sub-Bab Media Pertumbuhan Bakteri is marked complete
      • Sub-Bab Kurva Pertumbuhan Bakteri Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Sub-Bab Pertumbuhan Bakteri is marked complete
    • This topic

      Topik 5: Protozoa

    • Topik 6: Metabolisme Mikroba

      A. PENGANTAR

      Salam Sehat rekan-rekan mahasiswa! hari ini kita akan melaksanakan sesi pembelajaran synchronous melalui zoom meeting, dan topik kita adalah "Metabolisme Mikroorgansime". Topik ini akan kita bagi menjadi dua pertemuan, pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang "Katabolisme Karbohidrat pada Kondisi Aerob atau yang biasa dikenal dengan nama Respirasi Aerob".

      Penting untuk kita memahami bagaimana rangkaian reaksi kimia dalam sel hidup yang menghasilkan dan menggunakan energi, berapa jumlah energi yang dihasilkan serta senyawa-senyawa lain yang dihasilkan pada setiap tahapan reaksinya.

      Sesi ini memberikan kesempatan untuk berdiskusi, bertanya dan berbagi pengetahuan tentang katabolisme karbohidrat pada kondisi aerob. kami harap rekan-rekan mahasiswa dapat mengikuti sesi pembelajaran ini dan mendapatkan ilmu dan wawasan yang berharga.
      Jangan lupa siapkan pertanyaan atau pemikiran anda selama sesi pembelajaran berlangsung. 

      Semangat Belajar!!!

      • Sub-bab Dekarboksilasi Oksidatif Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Sub-bab Glikolisis is marked complete
      • Sub-bab Siklus Krebs Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Sub-bab Dekarboksilasi Oksidatif is marked complete
      • Sub-bab Transport Elektron Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Sub-bab Siklus Krebs is marked complete
      • Sub-bab Katabolisme Lemak Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Sub-bab Transport Elektron is marked complete
      • Sub-bab Fermentasi Asam Laktat Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Sub-bab Katabolisme Lemak is marked complete
      • SUb-bab Fermentasi Alkohol Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Sub-bab Fermentasi Asam Laktat is marked complete
    • Topik 7: Genetika Mikroba

      A. PENGANTAR

      Salam Sehat rekan-rekan mahasiswa! hari ini kita akan melaksanakan sesi pembelajaran synchronous melalui zoom meeting, dan topik kita adalah "Genetika mIkroorganisme". Topik ini akan kita bagi menjadi dua pertemuan, pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang "Struktur materi genetik, proses replikasi, traskripsi dan translasi".

      penting untuk kita pahami mengenai aliran informasi genetik dari organisme yang dibawa atau diwariskan dalam bentuk molekul DNA kemudian ditraskripsi menjadi RNA lalu diterjemahkan menjadi protein untuk diekspresikan pada organisme anakan.

      Sesi ini memberikan kesempatan untuk berdiskusi, bertanya dan berbagi pengetahuan tentang struktur materi genetik, proses replikasi, transkripsi dan translasi DNA menjadi protein. 

      Kkami harap rekan-rekan mahasiswa dapat mengikuti sesi pembelajaran ini dan mendapatkan ilmu dan wawasan yang berharga.
      Jangan lupa siapkan pertanyaan atau pemikiran anda selama sesi pembelajaran berlangsung. 

      Semangat Belajar!!!

    • Topik 8: Flora Normal



      PENGANTAR MATERI

      1. Sapaan Mahasiswa

      السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

      Selamat datang mahasiswa kreatif, kami sangat senang anda bergabung dalam mata kuliah Mikrobiologi Dasar.. Sebelum kita memasuki materi pembelajaran, mari kita berinteraksi sejenak. Ceritakan di forum diskusi LMS apa yang kamu ketahui tentang Flora normal. 

      Mari kita mulai dengan semangat dan antusiasme! pertama-tama tuliskan pengantar singkat tentang diri anda dan apa yang anda harapkan dari mata kuliah ini.  jangan ragu untuk bertanya dan berdiskusi di forum diskusi.

      2. Deskripsi Flora Normal
      Flora normal merujuk pada populasi mikroorganisme, terutama bakteri, yang secara alami hidup di dalam atau pada tubuh manusia tanpa menyebabkan penyakit dalam kondisi normal. Mikroorganisme ini biasanya ditemukan di berbagai permukaan tubuh, seperti kulit, mulut, saluran pencernaan, saluran pernapasan atas, dan saluran kemih. Masing-masing daerah ini menyediakan lingkungan unik yang mendukung pertumbuhan spesies mikroba tertentu. Misalnya, usus besar memiliki populasi bakteri yang sangat padat karena menyediakan lingkungan yang kaya nutrisi dan relatif stabil.
      3. Capaian Pembelajaran Lulusan

      Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan adik-adik mahasiswa mampu peran flora normal, jumlah dan jenis flora normal dalam tubuh, masalah yang ditimbulkan dari flora normal.

      4. Skenario Pembelajaran

      a. Skenario Belajar Mandiri

      b.Skenario Belajar Tatap Muka

      Anda dapat mengeksplorasi materi ini dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course ini. Seluruh materi dapat diunduh dan dipelajari. Jangan lupa menjawab pertanyaan pada akhir video pada lembar kerja yang telah disediakan. Silahkan gunakan forum diskusi untuk berdiskusi dengan teman lain atau bertanya terkait materi yang belum dipahami. Selamat belajar. 

      Wassalamu'alaikum Wr.Wb


    • Topik 9: Virologi



      PENGANTAR 

      1. Sapaan Mahasiswa

      Assalamualaikum Wr. Wb

      Salam Sehat rekan-rekan mahasiswa! hari ini kita akan melanjutkan sesi pembelajaran synchronous melalui zoom meeting, dan topik kita adalah mengenai Virologi.  mencakup pengertian virus, bentuk, struktur, reproduksi, dan peranan virus bagi kehidupan.

      Sesi ini memberikan kesempatan untuk berdiskusi, bertanya dan berbagi pengetahuan tentang virologi. 

      Kami harap rekan-rekan mahasiswa dapat mengikuti sesi pembelajaran ini dan mendapatkan ilmu dan wawasan yang berharga.
      Jangan lupa siapkan pertanyaan atau pemikiran anda selama sesi pembelajaran berlangsung.

      selamat belajar, dan tetap semangat

      2. Deskripsi Virologi
      Virologi adalah cabang ilmu mikrobiologi yang mempelajari virus, yaitu agen infeksi yang sangat kecil yang hanya dapat bereplikasi di dalam sel inang hidup. Virologi mencakup berbagai aspek, termasuk struktur dan komposisi virus, siklus hidupnya, interaksi dengan sel inang, mekanisme infeksi, dan dampaknya pada organisme. Selain itu, virologi juga mempelajari respons imun terhadap virus, evolusi virus, serta pengembangan vaksin dan terapi antiviral untuk mencegah atau mengobati infeksi virus. Studi ini penting dalam memahami penyakit viral seperti influenza, HIV/AIDS, hepatitis, dan COVID-19.
      3. Capaian Pembelajaran Lulusan

      Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan adik-adik mahasiswa mampu menjelaskan struktur klasifikasi dan siklus perkembangbiakan virus dan mengetahui pola penyebaran dan penularan virus.

      4. Skenario Pembelajaran

      a. Skenario Belajar Mandiri

      b.Skenario Belajar Tatap Muka

      Anda dapat mengeksplorasi materi ini dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course ini. Seluruh materi dapat diunduh dan dipelajari. Jangan lupa menjawab pertanyaan pada akhir video pada lembar kerja yang telah disediakan. Silahkan gunakan forum diskusi untuk berdiskusi dengan teman lain atau bertanya terkait materi yang belum dipahami. Selamat belajar. 

      Wassalamu'alaikum Wr.Wb


    • Topik 10: Imunologi



      PENGANTAR MATERI

      1. Sapaan Mahasiswa

      السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

      Selamat datang mahasiswa kreatif, kami sangat senang anda bergabung dalam mata kuliah Mikrobiologi Dasar.. Sebelum kita memasuki materi pembelajaran, mari kita berinteraksi sejenak. Ceritakan di forum diskusi LMS apa yang kamu ketahui tentang imunologi

      Mari kita mulai dengan semangat dan antusiasme! pertama-tama tuliskan pengantar singkat tentang diri anda dan apa yang anda harapkan dari mata kuliah ini.  jangan ragu untuk bertanya dan berdiskusi di forum diskusi.

      2. Deskripsi Imunologi
      Imunologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari sistem kekebalan tubuh dan responsnya terhadap patogen, seperti bakteri, virus, dan parasit, serta zat asing lainnya. Materi imunologi mencakup pemahaman tentang komponen-komponen utama sistem kekebalan, termasuk sel-sel imun (seperti limfosit T dan B, makrofag), molekul seperti antibodi dan sitokin, serta organ-organ limfoid (seperti kelenjar getah bening dan limpa). Imunologi juga membahas mekanisme imun bawaan dan adaptif, proses imunisasi, reaksi alergi, penyakit autoimun, serta pengembangan vaksin dan imunoterapi untuk melawan penyakit. Studi ini penting dalam menjaga kesehatan dan mengembangkan strategi untuk melawan berbagai penyakit infeksi dan gangguan imun.
      3. Capaian Pembelajaran Lulusan

      Setelah mengikuti sesi ini, diharapkan adik-adik mahasiswa mampu memahami komponen-komponen utama sistem kekebalan, mekanisme imun bawaan dan adaptif, proses imunisasi, reaksi alergi, penyakit autoimun, serta pengembangan vaksin dan imunoterapi untuk melawan penyakit. Studi ini penting dalam menjaga kesehatan dan mengembangkan strategi untuk melawan berbagai penyakit infeksi dan gangguan imun.

      4. Skenario Pembelajaran

      a. Skenario Belajar Mandiri

      b.Skenario Belajar Tatap Muka

      Anda dapat mengeksplorasi materi ini dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course ini. Seluruh materi dapat diunduh dan dipelajari. Jangan lupa menjawab pertanyaan pada akhir video pada lembar kerja yang telah disediakan. Silahkan gunakan forum diskusi untuk berdiskusi dengan teman lain atau bertanya terkait materi yang belum dipahami. Selamat belajar. 

      Wassalamu'alaikum Wr.Wb

      • Sub bab 1: Imunologi Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Materi Imunologi is marked complete
      • Sub bab 2: Imunologi Lesson
        Restricted Not available unless: The activity Sub bab 1: Imunologi is marked complete