Topic outline

  • General

    Header Depan

    DESKRIPSI MATA KULIAH

    Matakuliah ini mencakup bahan kajian pengertian, tujuan, dan fungsi pembelajaran inovatif yang digali dari unsur, proses, dan nilai yang terkandung dalam budaya kearifan  lokal. Pengetahuan tentang matematika kearifan  lokal dibangun melalui roadmap penelitian etnomatematika setelah membangun pemahaman objek QRS (Quantitative, Relational, and Spatial Realities) yang diteliti dalam etnomatematika, Aktivitas Fundamental Matematika (AFM) yaitu eksplorasi dalam unsur-unsur dan nilai-nilai kearifan  lokal yang meliputi Counting, locating, Measuring, Designing, Playing, dan Explaining. 

    Selamat datang, Adik Mahasiswa! 🎉

    Siap-siap untuk menyelami dunia Etnomatematika yang seru dan penuh warna! Dalam perjalanan ini, kita akan menggali bagaimana budaya dan matematika saling berkaitan. Siapkan diri untuk berinteraksi, berdiskusi, dan mengeksplorasi berbagai praktik matematis dari berbagai komunitas di seluruh dunia. Mari kita bersama-sama menemukan keindahan dan keberagaman cara berpikir matematis! Siap untuk berpetualang? Let’s go! 🌍📐

    TAu Tidak?

    Etnomatematika adalah mata kuliah yang menarik dan penuh warna, mengajak kita menjelajahi hubungan antara budaya dan matematika. Bayangkan kita melangkah ke berbagai komunitas di seluruh dunia, melihat bagaimana mereka mengembangkan konsep matematika berdasarkan tradisi dan kebutuhan unik mereka. Dalam mata kuliah ini, kita tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga praktik nyata—seperti bagaimana penghitungan dalam kerajinan tangan atau teknik pengukuran dalam pertanian mencerminkan pemikiran matematis yang kaya. Selain itu, kita akan membahas bagaimana pengetahuan ini bisa diintegrasikan ke dalam pendidikan, menjadikan pelajaran matematika lebih relevan dan bermakna bagi siswa. Dengan penelitian lapangan atau proyek praktis, kita akan merasakan langsung betapa beragamnya cara berpikir matematis.

    Kami yang Membersamai Kalian

    Sebelum kita mulai petualangan kita dalam Etnomatematika, izinkan saya memperkenalkan tim pengajar kita: Dr. Asdar, M.Pd., Ja'faruddin, Ph.D., Muhammad Ammar Naufal, Ph.D., dan Nur Wahidin Ashari, M.Pd..

    dOSEN

    Masing-masing dosen memiliki kepakaran yang mendalam dalam bidang etnomatematika dan pendidikan matematika. Mereka akan membimbing kita untuk memahami bagaimana berbagai budaya mengembangkan konsep dan praktik matematis mereka, serta bagaimana pengetahuan ini dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan. Dengan pengalaman mereka yang beragam dan wawasan yang luas, kita akan menjelajahi keindahan dan kompleksitas etnomatematika secara menyeluruh.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

    Berikut adalah capaian pembelajaran untuk mata kuliah Etnomatematika:

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan makna etnomatematika
    2. Mahasiswa memahami konsep dasar Etnomatematika
    3. Mahasiswa mampu menerapkan metodologi penelitian Etnomatematika
    4. Mahasiswa mampu menjelaskan pembelajaran berbasis Etnomatematika
    5. Mahasiswa mampu menguraikan aktifitas fundamental matematika Melalui studi kasus etnomatematika
    6. Mahasiswa mampu menguraikan pengaruh etnomatematika terhadap pengembangan matematika modern
    7. Mahasiswa mampu menghasilkan karya berdasarkan proyek berbasis etnomatematika

    Petunjuk Belajar Etnomatematika

    1. Pendalaman Materi: Mulailah dengan membaca buku teks dan artikel yang direkomendasikan. Dosen akan memfasilitasi diskusi dan presentasi mengenai topik-topik penting dalam etnomatematika, serta memberikan tugas tambahan untuk memperdalam pemahaman. Pilih satu atau dua topik yang menarik untuk diteliti lebih dalam, guna memahami konsep dasar etnomatematika dan praktiknya dalam berbagai budaya.

    2. Proyek dan Observasi (Pengganti UTS): Lakukan observasi lapangan untuk mengamati praktik matematis dalam kehidupan sehari-hari di komunitas lokal. Gunakan temuan dari observasi ini untuk menyusun laporan yang mencakup halaman judul, pendahuluan, deskripsi lokasi, metode observasi, temuan dan analisis, kesimpulan, serta referensi. Proyek ini akan berfungsi sebagai evaluasi Anda di tengah semester.

    3. Diskusi dan Kolaborasi: Aktif berpartisipasi dalam diskusi kelas secara offline dan online melalui LMS SYAM OK. Bentuk kelompok belajar dengan teman-teman sekelas untuk mendiskusikan hasil observasi dan ide-ide untuk proyek. Gunakan platform online untuk berbagi pandangan dan memperkaya pemahaman tentang materi yang telah dipelajari.

  • Mengenal Etnomatematika

    1

    Saya senang sekali bisa bertemu dengan kalian di perkuliahan hari ini. Hari ini, kita akan membahas topik yang sangat menarik: etnomatematika. Seperti yang kita tahu, matematika bukan hanya sekadar teori di dalam buku, tetapi juga hidup dan berkembang dalam berbagai budaya di seluruh dunia. Etnomatematika menghargai keragaman cara berpikir dan pendekatan terhadap masalah matematis. Ini menunjukkan bahwa matematika bukan hanya tentang angka dan rumus, tetapi juga tentang cara manusia berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka.

    Tujuan Pembelajaran

    Pada topik ini adik adik diharpkan mampu memahami sejarah etnomatematika, menggali pengertian budaya serta hubungan antara budaya dan matematika, dan menjelaskan konsep etnomatematika beserta aplikasinya. Dengan memahami ketiga aspek ini, diharapkan kita dapat melihat bagaimana matematika terintegrasi dalam berbagai konteks budaya dan menerapkannya dalam pembelajaran yang lebih inklusif.

     

    Ice Break

    Apa yang terlintas di benak adik adik sekalian ketika mendengar istilah 'matematika dan budaya'? 

    • Materi Mengenal Etnomatematika File
      Restricted Not available unless: The activity Matematika dan Budaya is marked complete
    • Quiz Mengenal Etnomatematika
      Restricted Not available unless: The activity Materi Mengenal Etnomatematika is marked complete
  • Konsep dasar Etnomatematika

    3

    Gambaran Umum

     

    Konsep dasar Matematika

    Selamat datang kembali, teman-teman! Pada pertemuan kali ini, kita akan melanjutkan eksplorasi kita mengenai etnomatematika. Setelah adik adik Mengenal Etnomatematika, kita akan fokus pada Konsep Dasar Etnomatematika.

    Kita akan membahas bagaimana kita dapat mengintegrasikan elemen budaya ke dalam pengajaran matematika, serta melihat contoh konkret dari praktik etnomatematika di berbagai komunitas. Kita juga akan berdiskusi tentang tantangan dan peluang dalam menerapkan pendekatan ini di kelas.

     

    Saya berharap kalian siap untuk berbagi ide dan pengalaman, karena partisipasi aktif sangat penting dalam pembelajaran kita. Mari kita siapkan diri untuk menggali lebih dalam dan menemukan cara-cara baru untuk membuat matematika lebih relevan dan menyenangkan bagi semua orang.

    Adapun materi ayang akan kita kaji pada pertemuan ini adalah

    1. Konsep Budaya dalam Matematika
    2. Sistem Bilangan Budaya
    3. Teknik Pengukuran Tradisional
    4. Pola dan Geometri dalam Budaya

     

    Tujuan Pembelajaran

    Setelah mempelajari materi tersebut diharapkan adik adik sekalian mampu memberikan contoh hubungan antara matematika dan budaya

  • Konsep dasar Etnomatematika Lanjutan


    3

     

    Konsep Dasar Etnomatematika

    Hari ini, kita akan melanjutkan eksplorasi kita tentang hubungan antara matematika dan budaya dengan fokus pada tiga subtopik penting: penggunaan matematika dalam praktik sosial, pendidikan matematika berbasis budaya, dan perbandingan budaya dalam matematika.

    Pertama, kita akan membahas bagaimana matematika digunakan dalam berbagai praktik sosial, seperti perdagangan dan pertanian, yang mencerminkan penerapan konsep matematis dalam kehidupan sehari-hari. Ini akan memberi kita wawasan tentang bagaimana matematika berfungsi dalam konteks budaya yang berbeda.

    Selanjutnya, kita akan menggali konsep pendidikan matematika berbasis budaya. Kita akan melihat bagaimana mengintegrasikan elemen budaya dalam pengajaran dapat meningkatkan relevansi dan pemahaman siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif.

    Akhirnya, kita akan melakukan perbandingan antara berbagai budaya dalam pendekatan mereka terhadap matematika. Ini akan memberikan kita pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana latar belakang budaya mempengaruhi cara orang berpikir dan berpraktik matematika.


  • Metodologi Penelitian Etnomatematika

    4

    Etnomatematika merupakan bidang studi yang mengkaji hubungan antara budaya dan praktik matematis dalam berbagai komunitas. Dalam penelitian etnomatematika, metodologi yang digunakan dapat dibagi menjadi dua pendekatan utama: kuantitatif dan kualitatif. Kedua pendekatan ini memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda, namun dapat saling melengkapi untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang fenomena yang diteliti.

    Metode Kuantitatif

    Pendekatan kuantitatif dalam penelitian etnomatematika biasanya melibatkan pengumpulan data numerik dan analisis statistik. Metode ini digunakan untuk mengukur variabel tertentu, seperti tingkat pemahaman matematika dalam komunitas atau frekuensi penggunaan teknik matematis tradisional. Peneliti dapat menggunakan survei, kuesioner, atau eksperimen untuk mendapatkan data yang dapat diukur. Kelebihan metode ini adalah kemampuannya untuk menghasilkan data yang objektif dan dapat digeneralisasi, namun seringkali kurang mampu menjelaskan konteks budaya yang mendasarinya.

    Metode Kualitatif

    Sebaliknya, pendekatan kualitatif lebih berfokus pada pemahaman mendalam terhadap praktik dan perspektif individu atau kelompok dalam konteks budaya mereka. Metode ini sering kali melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mengeksplorasi makna di balik praktik matematis, serta bagaimana nilai dan norma budaya mempengaruhi cara berpikir matematis dalam komunitas.


  • Pembelajaran Berbasis Etnomatematika

    5

    Apa Kabar Kalian Hari ini?

    Hari ini kita akan membahas topik yang sangat menarik dan relevan, yaitu 'Integrasi Etnomatematika dalam Kurikulum di Indonesia.' Dalam diskusi ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana kita dapat mengaitkan konsep etnomatematika dengan pendidikan di Indonesia, serta pentingnya mengakui dan menghargai keberagaman budaya dalam proses belajar matematika.

    Saya berharap kalian dapat aktif berpartisipasi dengan berbagi ide dan pengalaman. Mari kita sama-sama menggali cara-cara untuk membuat pembelajaran matematika lebih kontekstual dan relevan bagi siswa di seluruh penjuru tanah air.

    Capaian Pembelajaran

    1. Mampu mengintegrasi Etnomatematika dalam Kurikulum
    2. Pengembangan Materi Ajar Etnomatematika
    3. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Etnomatematika
  • Megenal Aktifitas Fundamental Matematika

    6

    Aktifitas Fundamental Matematika

    Hari ini, kita akan membahas topik yang sangat penting dalam pembelajaran matematika, yaitu 'Aktivitas Fundamental Matematika.' Aktivitas ini mencakup dasar-dasar yang menjadi pondasi bagi pemahaman konsep-konsep matematis yang lebih kompleks. Kita akan mengeksplorasi berbagai kegiatan yang dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan dasar, seperti penghitungan, pengukuran, serta pemecahan masalah.

    Tujuan Pembelajaran

    Mahasiswa mampu menguraikan aktifitas fundamental matematika

  • Aktifitas Fundamental Matematika Melalui Studi Kasus Etnomatematika

    7

  • UJIAN TENGAH SEMESTER

    8UJIAN TENGAH SEMESTER

    Hari ini, kita akan melaksanakan Ujian Tengah Semester berupa presentasi hasil observasi di Balla Lompoa. Setiap kelompok akan memiliki waktu 20 menit untuk memaparkan temuan dan analisis mereka. Urutan presentasi akan dimulai dari Kelompok Bagian Bawah, dilanjutkan dengan Kelompok Bagian Tengah, kemudian Kelompok Pusaka, dan terakhir Kelompok Bagian Atap.

    Saya berharap setiap kelompok dapat menyampaikan informasi dengan jelas dan terstruktur, serta bersiap untuk menjawab pertanyaan setelah presentasi. Ini adalah kesempatan yang baik untuk menunjukkan pemahaman kalian tentang etnomatematika dalam konteks yang telah kalian amati. Mari kita mulai dengan Kelompok Bagian Bawah!

  • Pengaruh Etnomatematika Terhadap Pengembangan Matematika Modern

    9

    Hari ini kita akan membahas topik yang sangat menarik dan relevan, yaitu "Pengaruh Etnomatematika Terhadap Pengembangan Matematika Modern." Etnomatematika, yang mengkaji hubungan antara budaya dan praktik matematis, telah memberikan kontribusi signifikan dalam memahami bagaimana konsep matematika berkembang di berbagai masyarakat. Kita akan mengeksplorasi bagaimana praktik dan pengetahuan matematis yang muncul dari konteks budaya dapat mempengaruhi dan memperkaya konsep matematika yang kita kenal saat ini.

    Melalui diskusi ini, kita akan melihat contoh nyata dari pengaruh etnomatematika dalam pengembangan teori dan aplikasi matematika modern. Saya berharap kalian dapat berpikir kritis tentang bagaimana keberagaman budaya dapat memperkaya pemahaman kita tentang matematika dan bagaimana kita dapat mengintegrasikan wawasan ini dalam pengajaran dan pembelajaran. Mari kita mulai!

  • Perencanaan Proyek Berbasis Etnomatematika

    10

    Berikut adalah langkah-langkah persiapan untuk observasi lapangan etnomatematika:

    1. Penentuan Tujuan Observasi

    • Tentukan apa yang ingin dicapai dari observasi. Apakah fokusnya pada penggunaan konsep matematika dalam budaya tertentu, atau bagaimana praktik budaya mencerminkan pemahaman matematis?

    2. Studi Literatur

    • Lakukan riset awal mengenai etnomatematika dan budaya yang akan dikunjungi. Bacalah sumber-sumber yang relevan untuk memahami konteks dan konsep yang akan diamati.

    3. Penyusunan Rencana Observasi

    • Buat rencana yang jelas mengenai apa yang akan diamati, seperti alat atau simbol matematis yang digunakan dalam budaya tersebut, serta kegiatan yang relevan.

    4. Pembuatan Daftar Pertanyaan

    • Siapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan memandu observasi. Pertanyaan ini dapat berkaitan dengan penggunaan matematika dalam aktivitas sehari-hari masyarakat setempat.

    5. Pengorganisasian Tim

    • Tentukan peran masing-masing anggota tim. Siapkan pembagian tugas untuk menghindari kebingungan di lapangan.

    6. Persiapan Peralatan

    • Siapkan peralatan yang diperlukan, seperti alat tulis, kamera, atau perangkat perekam untuk mendokumentasikan hasil observasi.

    7. Koordinasi dengan Pihak Terkait

    • Jika perlu, koordinasikan dengan pihak yang akan dikunjungi, seperti tokoh masyarakat atau pengelola lokasi, untuk memastikan akses dan memahami etika dalam berinteraksi.

    8. Simulasi dan Diskusi Sebelum Observasi

    • Lakukan simulasi atau diskusi dengan anggota kelompok untuk mempersiapkan diri dan saling berbagi informasi tentang apa yang diharapkan selama observasi.

    9. Penjadwalan Waktu

    • Tentukan waktu dan durasi observasi. Pastikan semua anggota tim mengetahui jadwal dan lokasi pertemuan.
  • Pelaksanaan Proyek Berbasis Etnomatematika

    11

    Hari ini, kita akan melaksanakan observasi etnomatematika secara langsung di [lokasi observasi]. Kegiatan ini bertujuan untuk memahami bagaimana konsep matematika berinteraksi dengan budaya masyarakat setempat. Pengamatan langsung akan memberi kita wawasan mendalam tentang penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

    Selama observasi, setiap kelompok diharapkan untuk mengikuti template yang telah disediakan. Template ini mencakup bagian deskripsi lokasi, observasi matematis, analisis, dan refleksi. Pastikan kalian mencatat semua temuan dengan teliti dan mendokumentasikan setiap aspek yang relevan. Penggunaan template ini akan membantu kalian dalam menyusun laporan yang sistematis dan terstruktur.

    Setelah observasi selesai, kita akan berkumpul untuk mendiskusikan hasil temuan dari setiap kelompok. Diskusi ini akan memberikan kesempatan untuk berbagi wawasan dan merefleksikan bagaimana hasil observasi dapat diterapkan dalam pengajaran matematika. Mari kita jaga sikap profesional dan hormati budaya yang kita amati. Selamat berobservasi!

  • Penyusunan Laporan Proyek Berbasis Etnomatematika

    12

    Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan laporan ini adalah satu minggu. Pastikan kalian mengikuti format dan panduan yang telah disediakan, agar laporan dapat tersusun dengan baik dan sistematis. Gunakan data yang telah kalian kumpulkan selama observasi untuk mendukung analisis dan kesimpulan. Jangan ragu untuk menyertakan grafik, foto, atau ilustrasi yang relevan untuk memperkaya laporan kalian.

    Setelah menyelesaikan laporan, kita akan mengadakan sesi presentasi untuk membagikan hasil temuan kepada teman-teman yang lain. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan pemahaman kalian tentang hubungan antara matematika dan budaya, serta kemampuan kalian dalam menyampaikan informasi secara jelas. Semoga sukses dalam penyusunan laporan, dan mari kita manfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya

  • Paparan Kemajuan Laporan Proyek Berbasis Etnomatematika

    13

    Hari ini, kita akan melakukan sesi penyampaian kemajuan laporan proyek berbasis etnomatematika. Setiap kelompok diharapkan melaporkan kemajuan mereka melalui chat di LMS SYAM OK. Ini adalah kesempatan bagi kalian untuk berbagi perkembangan yang telah dicapai, termasuk temuan, analisis, dan tantangan yang dihadapi dalam proses penyusunan laporan.

  • Diseminasi Proyek Berbasis Etnomatematika

    14

    Hari ini, kita akan melakukan diseminasi proyek berbasis etnomatematika yang telah kalian kerjakan. Kegiatan ini bertujuan untuk membagikan temuan, analisis, dan pengalaman yang didapat selama proyek kepada seluruh peserta. Diseminasi ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman kita tentang hubungan antara matematika dan budaya, serta untuk berbagi wawasan yang dapat bermanfaat bagi pengajaran dan pembelajaran di masa depan.

    Setiap kelompok akan diberikan waktu 20 Menit untuk mempresentasikan hasil proyek, diikuti dengan sesi tanya jawab. Pastikan untuk menyampaikan informasi secara jelas dan ringkas, serta menggunakan media yang sesuai untuk mendukung presentasi kalian.

  • UJIAN AKHIR SEMESTER

    16

    Selamat datang di Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Etnomatematika. Pada kesempatan ini, Anda akan diajak untuk mengeksplorasi hubungan yang mendalam antara matematika dan budaya dalam berbagai konteks masyarakat. Etnomatematika tidak hanya mencakup teknik dan metode matematis yang digunakan oleh berbagai komunitas, tetapi juga nilai-nilai, norma, dan cara berpikir yang mendasari praktik tersebut.

    Dalam ujian ini, Anda akan dihadapkan pada berbagai pertanyaan yang dirancang untuk menguji pemahaman konsep, analisis kritis, dan kemampuan Anda dalam menerapkan pengetahuan tentang etnomatematika. Anda akan diharapkan untuk menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas dalam menjawab soal, serta mampu menghubungkan teori dengan praktik nyata di masyarakat.