General
DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah ini mencakup bahan kajian pengertian, tujuan, dan fungsi pembelajaran inovatif yang digali dari unsur, proses, dan nilai yang terkandung dalam budaya kearifan lokal. Pengetahuan tentang matematika kearifan lokal dibangun melalui roadmap penelitian etnomatematika setelah membangun pemahaman objek QRS (Quantitative, Relational, and Spatial Realities) yang diteliti dalam etnomatematika, Aktivitas Fundamental Matematika (AFM) yaitu eksplorasi dalam unsur-unsur dan nilai-nilai kearifan lokal yang meliputi Counting, locating, Measuring, Designing, Playing, dan Explaining.
Selamat datang, Adik Mahasiswa! 🎉
Siap-siap untuk menyelami dunia Etnomatematika yang seru dan penuh warna! Dalam perjalanan ini, kita akan menggali bagaimana budaya dan matematika saling berkaitan. Siapkan diri untuk berinteraksi, berdiskusi, dan mengeksplorasi berbagai praktik matematis dari berbagai komunitas di seluruh dunia. Mari kita bersama-sama menemukan keindahan dan keberagaman cara berpikir matematis! Siap untuk berpetualang? Let’s go! 🌍📐
TAu Tidak?
Etnomatematika adalah mata kuliah yang menarik dan penuh warna, mengajak kita menjelajahi hubungan antara budaya dan matematika. Bayangkan kita melangkah ke berbagai komunitas di seluruh dunia, melihat bagaimana mereka mengembangkan konsep matematika berdasarkan tradisi dan kebutuhan unik mereka. Dalam mata kuliah ini, kita tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga praktik nyata—seperti bagaimana penghitungan dalam kerajinan tangan atau teknik pengukuran dalam pertanian mencerminkan pemikiran matematis yang kaya. Selain itu, kita akan membahas bagaimana pengetahuan ini bisa diintegrasikan ke dalam pendidikan, menjadikan pelajaran matematika lebih relevan dan bermakna bagi siswa. Dengan penelitian lapangan atau proyek praktis, kita akan merasakan langsung betapa beragamnya cara berpikir matematis.
Kami yang Membersamai Kalian
Sebelum kita mulai petualangan kita dalam Etnomatematika, izinkan saya memperkenalkan tim pengajar kita: Dr. Asdar, M.Pd., Ja'faruddin, Ph.D., Muhammad Ammar Naufal, Ph.D., dan Nur Wahidin Ashari, M.Pd..
Masing-masing dosen memiliki kepakaran yang mendalam dalam bidang etnomatematika dan pendidikan matematika. Mereka akan membimbing kita untuk memahami bagaimana berbagai budaya mengembangkan konsep dan praktik matematis mereka, serta bagaimana pengetahuan ini dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan. Dengan pengalaman mereka yang beragam dan wawasan yang luas, kita akan menjelajahi keindahan dan kompleksitas etnomatematika secara menyeluruh.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Berikut adalah capaian pembelajaran untuk mata kuliah Etnomatematika:
- Mahasiswa mampu menjelaskan makna etnomatematika
- Mahasiswa memahami konsep dasar Etnomatematika
- Mahasiswa mampu menerapkan metodologi penelitian Etnomatematika
- Mahasiswa mampu menjelaskan pembelajaran berbasis Etnomatematika
- Mahasiswa mampu menguraikan aktifitas fundamental matematika Melalui studi kasus etnomatematika
- Mahasiswa mampu menguraikan pengaruh etnomatematika terhadap pengembangan matematika modern
- Mahasiswa mampu menghasilkan karya berdasarkan proyek berbasis etnomatematika
Petunjuk Belajar Etnomatematika
-
Pendalaman Materi: Mulailah dengan membaca buku teks dan artikel yang direkomendasikan. Dosen akan memfasilitasi diskusi dan presentasi mengenai topik-topik penting dalam etnomatematika, serta memberikan tugas tambahan untuk memperdalam pemahaman. Pilih satu atau dua topik yang menarik untuk diteliti lebih dalam, guna memahami konsep dasar etnomatematika dan praktiknya dalam berbagai budaya.
-
Proyek dan Observasi (Pengganti UTS): Lakukan observasi lapangan untuk mengamati praktik matematis dalam kehidupan sehari-hari di komunitas lokal. Gunakan temuan dari observasi ini untuk menyusun laporan yang mencakup halaman judul, pendahuluan, deskripsi lokasi, metode observasi, temuan dan analisis, kesimpulan, serta referensi. Proyek ini akan berfungsi sebagai evaluasi Anda di tengah semester.
-
Diskusi dan Kolaborasi: Aktif berpartisipasi dalam diskusi kelas secara offline dan online melalui LMS SYAM OK. Bentuk kelompok belajar dengan teman-teman sekelas untuk mendiskusikan hasil observasi dan ide-ide untuk proyek. Gunakan platform online untuk berbagi pandangan dan memperkaya pemahaman tentang materi yang telah dipelajari.