TUGAS 11. PERILAKU KELOMPOK

MODUL 11 PERILAKU KELOMPOK

 

TUJUAN:

Setelah mengikuti praktek mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang aspek-aspek dalam kelompok yang mempengaruhi perilaku manusia di dalam organisasi.

 

ALAT DAN BAHAN:

Alat & Bahan yang digunakan adalah hardware berupa laptop/ mobile phone/ tablet dan koneksi internet yang akan digunakan untuk observasi secara daring.

 

DASAR TEORI:

Dasar-Dasar Perilaku Kelompok dan Memahami Tim Kerja

Kelompok adalah dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling mencapai sasaran tertentu. Kelompok formal adalah suatu kerja yang ditandai yang didefinisikan oleh struktur organisasi. Kelompok informal adalah suatu kelompok yang atau tidak terstruktur secara formal atau tidak ditetapkan secara organisasi, muncul sebagai tanggapan terhadap kebutuhan akan kontak sosial. Tim kerja adalah kelompok yang upaya-upaya individunya menghasilkan suatu kinerja lebih besar daripada jumlah dari masukan-masukan individual. Perbedaan antara tim dengan kelompok yaitu kelompok tidak perlu atau berkesempatan untuk melakukan kerja kolektif yang menurut upaya gabungan. Tidak ada sinergi positif yang akan menciptakan suatu tingkat keseluruhan kerja yang lebih besar daripada jumlah masukan-masukan. Sedangkan tim membangkitkan sinergi positif lewat upaya yang koordinasi. Upaya-upaya individual mereka menghasilkan suatu tingkat kinerja yang lebih besar daripada jumlah masukan individual.